Oleh : Arief Maulana

Sudah bukan rahasia lagi bahwa perkembangan social media site saat ini tengah boom. Selain kian bertambahnya pengguna layanan social media site, pun jumlah penyedia jasa layanannya semakin banyak saja. Dulu mungkin yang sempat boom adalah friendster, namun kini malah facebook dan twitter yang cukup mendominasi, meski ada yang lain juga.

Perkembangan ini tentunya harus disikapi dengan bijaksana. Karena walau bagaimanapun, kehadiran social media site bagai sebuah pisau bermata dua. Bisa menguntungkan atau bahkan merugikan kita sendiri.

Meski demikian, sangat disayangkan kalau kita ngga ikut ambil bagian di dalamnya, mengingat potensi penggunanya yang dahsyat jumlahnya (menjadi market pasar yang bagus) ataupun kekuatan news distribution yang tidak terbendung.

Saya sendiri sebenarnya dulu tidak terlalu suka dengan social media site (waktu itu masih zaman kejayaannya friendster). Hingga facebook hadir dengan format yang menurut saya waktu itu unik. Pun facebook sendiri awalnya saya gunakan untuk mengoptimize bisnis internet yang tengah dijalani. Sayangnya belum terlalu maksimal, hingga akhirnya saya menemukan cara menjadikan facebook sebagai mesin marketing yang dahsyat, yang sering didengung-dengungkan oleh orang sebagai facebook marketing.

Masih kurang? Pakai juga twitter. Ya, saya juga menggunakan twitter yang dalam aplikasinya jauh lebih sederhana dan simpel ketimbang facebook. Untuk twitter, alih-alih saya gunakan sebagai twitter marketing seperti facebook, saya lebih memilih menempatkan twitter untuk mendapatkan informasi cepat yang setiap harinya mengalir deras. Bukankah twitter terkenal dengan kecepatan penyebaran beritanya ketimbang facebook.

Di twitter pun saya sering juga memfollow beberapa top leader dan motivator dunia yang suka mengeluarkan quotes-quotes bijak ataupun nasihat yang cukup memotivasi. Gratis. Bahkan saya sendiri juga suka mencari qoutes dan mensharingkannya dalam hashtag #mindfreedom.

Meski demikian, seperti saya bilang sebelumnya kalau tidak bijak dalam menggunakan social media site, yang ada malah efek negatif dan penurunan produktivitas, apapun bidang yang Anda tekuni saat ini. Dan ini beberapa cara saya memanage penggunaan social media site.

# Fokus Selesaikan Tugas Utama Anda Terlebih Dahulu

Social media site tanpa disadari punya daya bius yang kuat. Apalagi kalau Anda sudah terhubung dengan teman-teman lama ataupun teman-teman baru yang asyik. Awalnya mungkin alasannya, break dulu sejenak dari kerjaan. Lama-kelamaan asyik facebook/ngetwit dan malah lupa sama kerjaannya. Waktu terbuang, kerjaan tidak selesai.

So, ketika Anda kerja dan terhubung dengan internet, hindari membuka social media site. Kalau perlu putus dulu koneksi internet Anda. Kerjakan apa yang harus dikerjakan hingga tuntas. Kalau sudah, silahkan bersenang-senang.

Sama juga ketika meluangkan waktu untuk belajar bisnis internet. Sambil belajar dan mempraktekkan panduan bisnis internet, jangan mengakses social media site. Kecuali, Anda sedang mempraktekkan panduan Facebook Marketing yang mau ngga mau harus mengakses facebook. Fokus.

# Tentukan Waktu Anda ‘Bermain’ di Social Media Site

Penyakit utama pengguna social media site adalah suka lupa waktu. Maka itu ada baiknya sejak awal kita menentukan, mau bermain di social media site berapa lama. Saya gunakan kata ‘bermain’ karena ada 2 tujuan orang mengakses social media site :

  1. untuk sekedar have fun
  2. untuk mengoptimalkan bisnis dalam koridor marketing.

Kalau untuk alasan kedua, maka itu bisa dimasukkan dalam kategori mendukung pekerjaan. Jadi bisa dianggap kerja juga. Lagipula setiap aktivitasnya memiliki tujuan dan arah, jadi tidak sekedar membuang waktu untuk hal-hal yang tidak jelas. Disiplinlah dalam menghabiskan waktu yang sudah Anda rencanakan sebelumnya.

# Hati-hati Dalam Mengaktualiasi Diri

Begitu bergabung di social media site, maka sebenarnya kita sudah masuk dalam ranah publik dimana semuanya bisa diakses, ditelaah dan dimanfaatkan oleh banyak orang. Memang, ada beberapa pengaturan privacy, tapi saya yakin tidak semua menggunakannya. Terang saja, kebanyakan alasan orang main-main social media site kan untuk ‘show off’ dan ‘ajang pamer’. Ngga percaya? Ayo, siap yang paling rajin update status?

Maka dari itu, jangan terlalu blak-blakan lah di situs-situs tersebut. Pun misalnya mengupload foto, pilih yang sifatnya netral dan tidak mengusik privacy Anda. Karena begitu foto diupload maka siapapun bisa mengambilnya.

Ini contoh ekstrim, tapi bisa saja terjadi. Misal : cewek cantik upload foto. Nah, kebetulan ada cowok yang naksir namun ditolak cintanya oleh si cewek. Bisa saja toh, si cowok tadi kalap kemudian mengambil foto si cewek kemudian main pelet ke dukun. Apapun bisa terjadi.

Silahkan baca juga notes facebook teman saya masalah upload mengupload ini, khususnya untuk yang perempuan. Klik disini untuk membaca dalam bentuk mobile dan klik disini untuk membaca dalam website aslinya.

# Sebaik-baik Pergaulan Dunia Maya, Jangan Lupakan Dunia Nyata

Banyak teman-teman merasa hebat ketika punya banyak relasi di social media site. Jumlah teman sampai ribuan. Merasa bangga seolah-olah komunikasinya oke, entah itu via message ataupun chatting. Tapi coba, ketika dihadapkan dalam kondisi yang menuntut berkomunikasi dan berinteraksi langsung dengan orang lain? Belum tentu sebaik di social media site.

Intinya imbangi pertemanan Anda. Jangan hanya ngelutek cari teman di dunia maya, tapi juga teman di dunia nyata. Karena walau bagaimanapun kehidupan kita ada di dunia nyata. Anda tentu ngga mau kan, ketika nanti ada apa-apa ternyata lingkungan sekitar Anda ngga ada yang peduli lantaran tidak pernah ada interaksi intensif.

Bijak-bijaklah dalam mengunakan social media site. Semoga yang saya sharingkan bermanfaat. Last, you can add me at my facebook and follow me at twitter, hahaha… (narsis + promosi MODE : ON).

Salam Sukses,
arief maulana
space

Memanage Diri Dalam Menggunakan Social Media Site
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:             

131 thoughts on “Memanage Diri Dalam Menggunakan Social Media Site

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,560 bad guys.