Memaksimalkan 3 Aset Untuk Sukses

Jamil Azzaini


Tanggal 26 Januari 2019 kemarin saya bersama beberapa Mitra Bisnis Milagros berkesempatan untuk hadir di event Milagros Celebration Day #5 yang diselenggarakan oleh PT. Milagros Indonesia Megah dan Great System. Sebuah event yang cukup meriah dan dihadiri oleh kurang lebih 2000 Mitra Bisnis Milagros se-Indonesia.

Event ini merupakan perayaan atas prestasi para Mitra Bisnis Milagros yang telah membuktikan komitmen dan kerja kerasnya selama setahun terakhir. Untuk itu, selain rekognisi para peraih posisi dan reward, dihadirkan juga pembicara-pembicara kelas nasional seperti Pak Jamil Azzaini dan Pak Tung Desem Waringin.

Nah pada postingan ini, saya ingin berbagi kepada Anda tentang salah satu materi yang dibawakan oleh Pak Jamil Azzaini, khususnya pada bagian memaksimalkan 3 aset untuk sukses atau mencapai impian kita. Apa saja 3 aset tersebut? Aset fisik, aset pikiran dan aset hati.

#1 ASET FISIK – KERJA KERAS

Ini rumusan paling sederhana. Jika ingin hasil yang besar, maka lakukan kerja kerasnya. Anda tentu punya HP. Untuk dapat bekerja dengan baik HP membutuhkan 2 hal yang utama, yaitu baterai dan sinyal. Salah satu saja tidak ada, maka HP tidak dapat digunakan.

Nah, manusia itu mirip dengan HP. Baterai melambangnya stamina dan sinyal melambangkan fokus. Kerja dengan stamina penuh namun kehilangan fokus, maka tidak akan sampai pada tujuannya. Begitu pun sebaliknya, sangat fokus namun tidak memiliki stamina yang baik, maka juga tidak sampai pada tujuannya.

Salah satu rahasia agar stamina selalu terjaga saat kita melakukan kerja keras adalah bekerja dalam kondisi bahagia. Bahagia menikmati segala prosesnya. Dan kebahagiaan ini masalah internal bukan eksternal. Jika yang di dalam sudah beres alias kita sudah menemukan kedamaian batin, maka faktor eksternal apapun yang mengganggu tidak akan jadi masalah.

#2 ASET PIKIRAN – KERJA CERDAS

Rupanya untuk berhasil, tidak cukup hanya dengan kerja keras. Karena kalau kerja hanya sekedar kerja, maka kualitas kehidupan kita tidak akan membaik. Jika kita memiliki impian yang besar, goal yang besar, tujuan yang besar, maka suka tidak suka harus melakukan kerja cerdas.

Bicara soal kerja cerdas maka kita bicara soal STRATEGI. Maka untuk bisa melahirkan strategi yang ciamik, ada 4 pertanyaan yang perlu kita jawab:

  1. Hal-hal apa saja yang perlu DIELIMINASI dalam kehidupan ataupun bisnis kita?
  2. Hal-hal apa saja yang perlu DIKURANGI dalam kehidupan ataupun bisnis kita?
  3. Hal-hal apa saja yang bisa DITINGKATKAN dalam kehidupan ataupun bisnis kita?
  4. Hal-hal apa saja yang bisa DICIPTAKAN untuk lebih efektif dan efisien dalam menjalani kehidupan ataupun bisnis kita?

Ketika keempat pertanyaan ini bisa terjawab dan diaplikasikan seutuhnya, maka saat itulah Anda sedang melakukan yang namanya kerja cerdas.

#3 ASET HATI – KERJA IKHLAS

Anda memiliki impian, goal, cita-cita serta tujuan yang lebih besar lagi? Maka selain kerja keras dan kerja cerdas, kita perlu kerja ikhlas. Yakni membersihkan hati kita dari hal-hal yang mengotorinya. Negatif, prasangka buruk, iri, dengki dan sebagainya.

Ada 3 penyakit hati utama yang kerapkali membuat kesuksesan seseorang itu tertunda. Apa saja?

  1. BLAME alias menyalahkan semua hal di luar dirinya sendiri. Apa-apa dipandang negatif dan semua salah. Hanya dirinya yang paling benar.
  2. EXCUSE atau alasan. Setiapkali diajak untuk kerja keras dan kerja cerdas, ada saja alasannya. Ada aja dramanya. Sehingga ujung-ujungnya tidak bergerak ke mana-mana.
  3. DENIAL atau menyangkal. Keras kepala ketika diberitahu, diarahkan, dan dibimbing. Selalu menyangkal padahal sudah jelas-jelas melakukan hal yang salah.

Tiga penyakit hati ini mesti dibuang jauh-jauh. Sehingga ketika menghadapi kendala saat kerja kerjas dan kerja cerdas, kita tidak lagi menyalahkan orang lain atau semua hal di luar diri kita. Karena bisa jadi memang kita yang salah. Tidak juga menunda. Karena namanya kebaikan ya mesti disegerakan. Dan terakhir, tidak menyangkal jika salah dan rendah hati untuk menerima saran perbaikan.

Saya kira itu saja dulu sharing kali ini, oleh-oleh materi dari event Milagros Celebration Day #5 kemarin. Bukan sekedar hore-hore celebration saja, tapi juga ada materi dan oleh-oleh yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari, termasuk bisnis.

Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Salam,
Arief Maulana
Trainer Internet Marketing
Agen Milagros Indonesia

Milagros Celebration Day

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 473,036 bad guys.