Meluncur dan Sukses Bersama Pesawat Ulang Alik NASA

Oleh : Arief Maulana

Meluncur dan Sukses Bersama Pesawat Ulang Alik NASA
Atlantis

Di sela-sela liburan cuti yang saya ambil, terbersit sedikit keinginan untuk mengetahui lebih lanjut tentang pesawat ulang alik yang biasa digunakan oleh NASA pergi ke luar angkasa untuk misi-misi terntentu. Rasanya teknologi mereka begitu mengagumkan. Tidak perlu menunggu waktu lama, saya pun menyalakan laptop, memasang modem, dan mulai berseluncur di dunia maya. Wikipedia adalah situs pertama yang saya kunjungi.

Dalam sejarahnya, NASA sudah membuat 6 pesawat ulang alik, antara lain : Enterprise, Columbia, Challenger, Endeavour, Discovery, dan Atlantis. Masing-masing tentu saja mengemban misi yang beragam, meski dua diantaranya (Challenger dan Columbia) harus hancur dengan mengenaskan.

Saya juga membaca bagaimana kronologis pembuatan pesawat ulang alik sampai dengan peluncurannya. Sekilas saya menemukan ada benang merah yang sangat jelas bila dikaitkan dengan perjalanan sukses kita. Dari sini kita bisa belajar untuk bisa lebih memaknai dan menyikapi proses demi proses pencapaian sukses kita.

PERAKITAN PESAWAT ULANG ALIK

Proses perakitan pesawat ulang alik NASA terbilang rumit sekali. Yah, maklumlah pesawat ini didesain untuk memiliki ketangguhan sekaligus memberikan jaminan keselamatan untuk para crew. Salah sedikit saja bisa berakibat fatal. Persiapan begitu penting, seperti yang dikatakan oleh Benyamin Franklin : By failing to prepare, you are preparing to fail.”

Meluncur dan Sukses Bersama Pesawat Ulang Alik NASA
Perakitan Pesawat Ulang Alik NASA

Meskipun ada banyak yang bilang learning by doing alias yang penting lakukan saja, tetap saja tidak bisa melakukan segala sesuatunya tanpa persiapan. Dengan persiapan, resiko kegagalan pun bisa diminimalkan. Terutama ketika Anda membangun sebuah bisnis. Persiapan tentu sangat diperlukan, meski kata Ippho ‘Right’ dalam buku 7 Keajaiban Rezeki jangan terlalu berlebihan dalam persiapan, nanti malah tidak jalan.

Meluncur dan Sukses Bersama Pesawat Ulang Alik NASA
Pemasangan Pesawat Dengan Roket Peluncur

PROSES PELUNCURAN

Ketika pesawat ulang alik NASA diluncurkan, berton-ton bahan bakar diproses untuk menghasilkan daya dorong yang kuat dan mampu membawa pesawat ulang alik menembus batas atmosfer dan sampai ke luar angkasa. Energi yang tidak sedikit, mengingat beban dari pesawat ulang alik yang berat dan melawan gaya gravitasi bumi yang cenderung menarik ke bawah. Ini sesuai dengan hukum Newton I : “Benda yang dalam keadaan diam akan mempertahankan keadaannya untuk tetap diam selama tidak ada gaya yang bekerja padanya”.

Langkah pertama seringkali adalah hal yang paling sulit kita lakukan, meski bertahan dan terus melanjutkan perjuangan juga tidak kalah sulitnya ketika kita berjuang untuk menggapai kesuksesan. Selain pengambilan keputusan yang kerap membuat kita banyak berpikir, butuh banyak energi untuk mulai bergerak pertama kali.

Mau tidak mau di awal kita harus berani mengerahkan segala sesuatunya. Berbagai pengorbanan perlu dilakukan, mulai dari pikiran, tenaga, waktu, bahkan mungkin uang. Mengerahkan energi yang besar seperti pesawat ulang alik tersebut pertama kali terbang. Kalau hanya setengah-setengah, yang ada malah pesawatnya jatuh. Perjalanan kita pun terhenti. Jatuh terpuruk. Kalau berani bangkit sih bagus, meski biasanya energi yang dibutuhkan untuk memulai kembali jauh lebih besar.

Peluncuran Pesawat Ulang Alik NASA

GUNCANGAN DEMI GUNCANGAN

Tidak seperti di awal, makin ke atas pesawat ulang alik NASA makin enteng melaju karena sudah bergerak dan memiliki kecepatan. Jadi tinggal menambahkan energi sedikit demi sedikit demi mempertahankan laju pesawat. Meski demikian, akan sampai pada suatu lapisan atmosfer bumi dimana pesawat mengalami guncangan demi guncangan. Mulai dari guncangan kecil hingga yang skalanya cukup mengganggu dan bisa membuat crew pingsan.

Begitu juga dalam perjalanan sukses kita nantinya. Ketika proses dirasa makin mudah karena kita sudah meletakkan batu-batu pijakan dan tinggal melangkah dengan mulus, akan ada saja gangguan demi gangguan. Masalah datang bertubi-tubi. Tinggal bagaimana kita menyikapinya. Mau fokus pada masalah, atau fokus pada solusinya. Mau melanjutkan perjalanan sukses yang sudah cukup jauh atau berhenti dan keluar dari perjalanan sukses.

BERJALAN MULUS TANPA BEBAN DI ANGKASA LUAR

Pada akhirnya sampai juga pesawat ulang alik NASA di luar angkasa. Perjalanan disini semakin mulus dan tanpa beban, mengingat tidak ada lagi gaya gravitasi bumi yang mengganggu. Pun tenaga pendorong yang dibutuhkan amat sangat sedikit untuk bergerak.

 

Meluncur dan Sukses Dengan Pesawat Ulang Alik NASA
Atlantis in outer space

Sama halnya ketika kita sudah sampai di puncak sukses. Saat berbagai sistem yang kita rancang, kita bangun dengan susah payah di awal mulai bekerja tanpa campur tangan kita. Pekerjaan kita makin sedikit, namun berbagai hal yang kita terima makin besar. Berbanding terbalik dengan awal perjuangan, banyak yang dikerahkan tapi yang didapatkan cenderung sedikit.

Nah, perjalanan kita bersama pesawat ulang alik NASA sudah berakhir disini. Semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk Anda semua. Waktunya saya bersiap untuk kembali ke Cilegon, mengingat masa cuti sudah berakhir.

Image Source : UnikBoss.Blogspot.com

  1. pertamaxzzz

    sayang nya kebenaran yang terjadi di luar angkasa sana masih banyak yang disembunyikan dan sengaja di tutup tutupi sama pihak nasa untuk keperluan agar mereka saja yang tahu dan menguasai teknologi

  2. Agus Siswoyo says:

    Ternyata percakapan kita di CITO kemarin ditindak lanjuti toh. Hehehe. Memang, ide menulis kalau sudah di ubun-ubun nggak boleh ditahan lagi. Nanti bikin sakit kepala mas. :)

    Pertanyaannya, kalau sudah berjalan mulus di angkasa, bisa kembali menjejak bumi nggak ya. Saya khawatirnya para astronot keasyikan hidup merdeka di antariksa sampai nggak butuh lagi sama bakso dan nasi pecel di bumi.

    • @Agus Siswoyo, klo saya sih masih lebih doyan sama masakan tradisional macam nasi pecel ketimbang yang aneh-aneh. Hahaha…

      Tulisan ini idenya udah lama sebenernya mas. Udah jadi draft malah, cuma baru tadi pagi sempet ngelanjutin draftnya. Hahaha…

  3. Farid Primadi says:

    Jadi kepengen kelak bisa tamasya jalan-jalan ke luar angkasa… mudah-mudahan umat manusia di masa depan akan mampu menaklukan alam semesta yang maha luas nan indah bak laksana nirwana ini. Amien

  4. Berbicara tentang pesawat ulang alik jadi teringat film Armagedon…bukan hanya media (pesawat) yang harus disiapkan sedemikian rupa, orang yang mengendalikannya pun harus dipersiapkan ekstra super…dan itu tidak jauh berbeda dengan perjalanan kesuksesan manusia…:sip:
    Triagung recently posted..Cara Membuat Video Marketing Like PROMy Profile

    • @Tri Agung, ah iya. Film keren yang ga pernah ngebosenin untuk dilihat. Justru yg bikin asik di prosesnya. Mulai dari perekrutan sampai misi. Mengajarkan kita untuk menikmati setiap proses yang juga mesti dijalanin. Thanx tambahannya :)

  5. Pesawat columbus hancur lebur karena tidak kuat menahan panas yang sangat saat akan kembali ke bumi.

    Kesuksesan yang sebenarnya adalah saat mereka sudah kembali ke bumi. Jangan terlalu terbuai dengan kesuksesan yang sesaat (diluar angkasa) kita harus tetap fight dalam meraih sukses sebenarnya. Menjalankan misi dan membawa kembali crew ke pangkalan NASA. :)
    Arief Rizky Ramadhan recently posted..Ga Terasa Udah SMAMy Profile

  6. Fenny Ferawati says:

    Satu kemampuan yang tidak dimiliki pesawat NASA dibanding manusia,

    Manusia masih bisa bangkit dari kehancuran dengan niat dan usahanya selama perjalanannya sedangkan sekali PESAWAT NASA hancur maka hancurlah dia di perjalanan,

    ayO b’syukur :sip:

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,998 bad guys.