Meluaskan Pangsa Pasar Dengan Daya Ungkit Hand Phone

Oleh : Arief Maulana

Mobile Browser

Mobile Browser

Terima kasih sebelumnya buat respon rekan-rekan yang ikut ngecek apakah sistem di blog ini sudah berjalan dengan baik atau belum. Dan juga terima kasih untuk Tim Kunci Host atas bantuan penuhnya dalam mengurus proses kepindahan blog ini, jadi saya ngga repot-repot.

Saat saya sibuk persiapan sidang Tugas Akhir, Tim Teknis Kunci Host yang urus semuanya. Saat saya selesai dengan sidang TA, pun blog ini sudah siap tempur kembali.

Kalau rekan-rekan baca posting saya sebelumnya mengenai alasan pindah hosting ke Kunci Host, Anda tentu akan mendapati salah satu alasan saya adalah agar blog ini bisa diakses oleh siapapun dan kapanpun orang mau mengunjungi. Karena sebelumnya, jujur saja yang bisa mengakses blog saya hanya mereka yang berada di Indonesia dan mengakses dengan komputer / laptop.

Sementara masih banyak rekan-rekan lain yang posisinya di luar negeri atau menggunakan VPN yang lokasinya di luar Indonesia mengeluh tidak bisa membuka blog ini. Termasuk juga teman-teman di Indonesia yang pake HP, karena biasanya browser di HP akan cenderung mengakses server di luar negeri dulu baru ke situs yang dituju. Artinya? Sama-sama ngga bisa buka blog saya. Lha wong dari Blackberry saya sendiri aja ngga bisa buka blog ini, hehehe…

Nah, kenapa saya segitu ngototnya? Karena mayoritas orang sekarang mengakses situs lewat handphone. Ngga perlu smartphone sekelas iPhone atau Blackberry. Handphone biasa aja, asal ada GPRS udah bisa dipake untuk buka situs apapun untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

Kenapa bisa begitu? Bisa jadi karena sifat dasar manusia yang ingin cepat dan praktis, tapi malas. Kalau bisa dimanapun kita berada bisa connect internet. Lagi nunggu antrian, ketimbang BT sendiri mending connect entah browsing, chatting, atau sekedar update situs di situs social networking. Males ribet di laptop dan butuh cepet akses, ya tinggal connect toh HP bisa buat online.

Kalau sebagian besar pengakses situs Anda ternyata membuka via mobile phone, apa lantas mau berdiam diri? Melewatkan begitu saja? Tentu sangat disayangkan sekali. Terlepas dari apa dan bagaimana bentuk informasi yang Anda sajikan di website / blog masing-masing. Entah sekedar info bermanfaat atau dengan tujuan berorientasi profit (marketing).

Saya sih ngga mau lepas begitu saja. Kalau bisa semua segmen mulai dari kelas atas hingga masyarakat yang ekonomi sulit bisa merasakan manfaat dari blog ini. Ngga perlu mahal-mahal harus langganan ISP yang ratusan ribu, cukup dari HP saja yang cenderung lebih murah.

Yang jelas, ada banyak hal dan tantangan baru yang mesti saya pelajari saat perluasan pangsa pasar ini sudah dilakukan. Misalnya, copywriting skill. Gimana caranya membuat tulisan marketing yang memikat, sehingga hanya dengan membaca dari HP (yang ngga banya gambar / animasi) tetep bisa menghasilkan nilai konversi yang tinggi. Itu hanya salah 1 contoh saja.

Nah rekan-rekan, ini langkah awal saya. Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda memposisikan diri dengan perubahan trend pengguna internet yang sekarang mayoritas dengan HP? Apa saja yang sudah Anda lakukan. Sharing yah!

Posted with WordPress for BlackBerry.

  1. Udin Hamd | Blogger 2 Inchi says:

    Ini yang sudah lama saya nantikan blog am.com bisa di akses via hp. Karena sy sendiri untuk blogwalking 100% via operamini hp.
    Bukan malas atau apa, namun memangnya belum punya pc ato lapie..:malu.

    Pangsa pasar yg luas dan ada kecenderungan mobilitas tinggi. .
    Kita memang harus pandai2 menggarapnya dan menyesuaikan dengan perkembangan sehingga makin banyak segmen pembacanya…:2thumbup

  2. Dhian bastiar says:

    Yups, betul mas arief,, tapi saya sendiri masih menggunakan warnet maklum lom punya lepi atau bb jadi klo connet ya ke warnet :thumbup

  3. betul sekali Mas Arief, sebaiknya blog kita bisa diakses dari piranti apa saja, oleh siapa saja (termasuk orang yang mempunyai kekurangan masalah disabilitas) dan tentu dimana saja.

    Seperti pernyataan yang dikutip oleh bli Dani, yaitu :

    Minoritas di sini bukan hanya para penyandang disabilitas. Penyandang disabilitas pun bukan hanya tunanetra (maaf jika saya pakai lagi istilah ini). Termasuk minoritas diantaranya pengguna koneksi Internet terbatas, para senior atau lanjut usia, serta penyandang disabilitas panca indera, alat gerak, dan hendaya kognitif. Dulu, pengguna layar kecil semacam telepon seluler masih bisa disebut minoritas. Sepertinya tidak lagi untuk saat ini dan ke depannya.

  4. om… aku belon bisa posting pake wp 4 bb nihh :( apa yang kurang y??? hikss….. tulunginnn om :(

    :mewek :mewek :mewek

  5. bener tuh mas Arief, sekarang jamannya orang ga mau repot ‘n instan, semua-mua kalo bisa diakses pake hape…

    sekalian saya mau ungkapin rasa salut ‘n kagum saya sama mas Udin Hamd, beliau 90% lebih memanfaatkan hape untuk blogging (beneran kan ya mas Udin?)

    • Udin Hamd | Blogger 2 Inchi says:

      @abdoo, bener gan. .agan kan dah pernah kunjung ke blog saya jadi tahu..
      90% tuh buktie . .:toast

  6. kalau dengan adanya trend handphone sekarang ini, hanphhone hampir semua orang punya hape dan sekarang ini sms blast banyak di gunakan oleh banyak perusahaan-perusahaan yang ada. mungkin sekarang dengan adanya blackberry kedepanya akan ada bbm blast yang akan menggantikan sms blast karena lebih murah :)

    • @tireguard, ya kan ga terus2an mentengin HP. Radiasi HP terbilang aman kok. Apalagi klo pemakaiannya normal2 aja.

      Kan sudah melewati serangkaian test sebelum diluncurkan ke pasar.

  7. Andrik Sugianto says:

    nah….gini nih baru AM.COM selain bisa diakses lewat hp semenjak pindah kuncihost, blog ini juga mudah diakses dari luar negeri.

  8. Ardy Pratama says:

    wah masa gak bisa dibuka mas? pdahal blog2 saya yg di hostgator aja bisa dibuka via bb saya.. hmm.. .:ngelamun:

    • @Ardy Pratama, ga bs mas. Rumah Web klo udah di server iix, bandwith int’l ditutup mas. Jd ga bisa diakses dr luar negeri.

      Nah, klo kita akses dr hp itu arahnya ke server luar negeri dulu baru akses ke situs yg dituju.

      Spt bb, dia akan akses ke RIM dulu di Canada baru ke situs yg bersangkutan.

      Di kunci host, servernya di US semua mas.

  9. Suparti Ninengah says:

    Kalau saya sih masih baru belajar jadi belum .Untuk itu saya selalu mohon petunjuk dan bantuan Mas Arif.

  10. kalau sy jarang sekali pake Hp, karena hp sy jadul… :hiks: tpi utk blog hrus bisa di akses semua kalangan (baik HP, lptop, pc dll) sy sangat setuju sekali…tpi caranya gmn sih..hehe lum ngerti :puyeng:

    • @Anax Kolonx, kalau kitanya sih ga masalah pake HP atau ngganya. Yang penting pembaca yang pake HP bisa ga akses blog kita. Kalau di wordpress ada plugin khusus. Jadi klo dibuka pake HP yang sederhana, tampilannya minimalis dan ga makan BW banyak. Orang tentu jadi lebih nyaman. Tapi kalau dibuka pake HP canggih macam iPhone / iPad ya tampilan full web. :D

  11. formula bisnis mlm says:

    Berarti tidak semua web bisa di aksesdari HP ya mas, kalo gitu web yang bisa diakses dr HP tuh yang kayak gimana Mas?:puyeng:

    • @Formula Bisnis MLM. Kalau web ditaruh di hosting lokal indonesia, biasanya untuk HP yang pake browser macam opera mini bakal sulit buka web itu. Krn opera mini mengakses dari server luar negeri. Pengalamanku dulu gitu. Makanya AM.com aku pindah ke server US.

      Kedua, krn pake platform wordpress, ada plugin mobile yang bikin tampilan web kita jadi sangat minimalis dan ga ngabisin BW. Cocok dibuka untuk HP yang tipenya sederhana.

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,681 bad guys.