Oleh : Arief Maulana

Mobile Browser

Mobile Browser

Terima kasih sebelumnya buat respon rekan-rekan yang ikut ngecek apakah sistem di blog ini sudah berjalan dengan baik atau belum. Dan juga terima kasih untuk Tim Kunci Host atas bantuan penuhnya dalam mengurus proses kepindahan blog ini, jadi saya ngga repot-repot.

Saat saya sibuk persiapan sidang Tugas Akhir, Tim Teknis Kunci Host yang urus semuanya. Saat saya selesai dengan sidang TA, pun blog ini sudah siap tempur kembali.

Kalau rekan-rekan baca posting saya sebelumnya mengenai alasan pindah hosting ke Kunci Host, Anda tentu akan mendapati salah satu alasan saya adalah agar blog ini bisa diakses oleh siapapun dan kapanpun orang mau mengunjungi. Karena sebelumnya, jujur saja yang bisa mengakses blog saya hanya mereka yang berada di Indonesia dan mengakses dengan komputer / laptop.

Sementara masih banyak rekan-rekan lain yang posisinya di luar negeri atau menggunakan VPN yang lokasinya di luar Indonesia mengeluh tidak bisa membuka blog ini. Termasuk juga teman-teman di Indonesia yang pake HP, karena biasanya browser di HP akan cenderung mengakses server di luar negeri dulu baru ke situs yang dituju. Artinya? Sama-sama ngga bisa buka blog saya. Lha wong dari Blackberry saya sendiri aja ngga bisa buka blog ini, hehehe…

Nah, kenapa saya segitu ngototnya? Karena mayoritas orang sekarang mengakses situs lewat handphone. Ngga perlu smartphone sekelas iPhone atau Blackberry. Handphone biasa aja, asal ada GPRS udah bisa dipake untuk buka situs apapun untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

Kenapa bisa begitu? Bisa jadi karena sifat dasar manusia yang ingin cepat dan praktis, tapi malas. Kalau bisa dimanapun kita berada bisa connect internet. Lagi nunggu antrian, ketimbang BT sendiri mending connect entah browsing, chatting, atau sekedar update situs di situs social networking. Males ribet di laptop dan butuh cepet akses, ya tinggal connect toh HP bisa buat online.

Kalau sebagian besar pengakses situs Anda ternyata membuka via mobile phone, apa lantas mau berdiam diri? Melewatkan begitu saja? Tentu sangat disayangkan sekali. Terlepas dari apa dan bagaimana bentuk informasi yang Anda sajikan di website / blog masing-masing. Entah sekedar info bermanfaat atau dengan tujuan berorientasi profit (marketing).

Saya sih ngga mau lepas begitu saja. Kalau bisa semua segmen mulai dari kelas atas hingga masyarakat yang ekonomi sulit bisa merasakan manfaat dari blog ini. Ngga perlu mahal-mahal harus langganan ISP yang ratusan ribu, cukup dari HP saja yang cenderung lebih murah.

Yang jelas, ada banyak hal dan tantangan baru yang mesti saya pelajari saat perluasan pangsa pasar ini sudah dilakukan. Misalnya, copywriting skill. Gimana caranya membuat tulisan marketing yang memikat, sehingga hanya dengan membaca dari HP (yang ngga banya gambar / animasi) tetep bisa menghasilkan nilai konversi yang tinggi. Itu hanya salah 1 contoh saja.

Nah rekan-rekan, ini langkah awal saya. Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda memposisikan diri dengan perubahan trend pengguna internet yang sekarang mayoritas dengan HP? Apa saja yang sudah Anda lakukan. Sharing yah!

Posted with WordPress for BlackBerry.

Meluaskan Pangsa Pasar Dengan Daya Ungkit Hand Phone
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:             

63 thoughts on “Meluaskan Pangsa Pasar Dengan Daya Ungkit Hand Phone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,417 bad guys.