Melayani Orang Lain Dengan Tulus, Tidak Akan Pernah Rugi

Oleh : Arief Maulana

George Boldt
George Boldt

Pada suatu malam yang dingin dan hujan, ada seorang pria tua beserta istrinya memasuki lobi sebuah hotel kecil di Philadelphia.

“Semua hotel besar di kota ini telah terisi, bisakah kau memberi kami satu kamar saja?” kata pria tua itu kepada resepsionis hotel, seorang anak muda yang tampaknya cukup hangat dan ramah.

Resepsionis hotel tersebut menjawab, “Saya mohon maaf sebelumnya karena semua kamar telah terisi penuh akibat adanya 3 event besar yang diselenggarakan bersamaan di kota ini. Tapi, saya tidak bisa membiarkan pasangan yang baik seperti Anda untuk berhujan-hujan di luar sana di malam selarut ini. Bagaimana kalau Anda berdua tidur di kamar saya?”

Keesokan harinya pada saat membayar tagihan, pria tua tersebut berkata kepada pemuda resepsionis ini, “Kamulah orang yang seharusnya menjadi bos sebuah hotel terbaik di USA, karena kamu melakukan pekerjaanmu dengan hati yang mau melayani. Mungkin suatu hari saya bisa membangunkan sebuah hotel untukmu.

Pemuda itu hanya membalas dengan sebuah senyuman dan dengan segera melupakan kata-kata pria tua ini. Ia berpikir bahwa dirinya hanyalah pegawai biasa yang menjalankan tugas sebagaimana mestinya.

2 tahun kemudian, sebuah surat datang ke hotel kecil di Philadephia ini. Surat ini ditujukan kepada pemuda yang bekerja sebagai resepsionis. Pengirimnya adalah pria tua yang pernah ia layani dengan 2 tahun silam. Surat ini berisi sebuah tiket ke New York dan permintaan agar anak muda ini berkenan menjadi tamu pasangan tua tersebut.

Sesampainya di New York, pria tua mengajak pemuda itu ke sudut jalan antara Fifth Avenue Thirty Fourth Street. Ia menunjukkan sebuah bangunan baru yang luar biasa megah dan mengatakan, “Itulah hotel yang saya bangun untuk kamu kelola.”

Hotel Waldorf Astoria
Hotel Waldorf Astoria

Pemuda itu adalah George Charles Boldt, yang menerima tawaran William Waldorf Astor (pria tua). Kini Charles Boldt menjadi pimpinan dari Hotel Waldorf-Astoria yang menjadi hotel terbaik di dunia.

Kisah di atas adalah secuplik kisah nyata yang dikirimkan oleh teman saya via Blackberry Messenger. Well, kisah yang bagus dan tentu saja mengandung sebuah pelajaran berharga tentang arti dan hadiah dari sebuah pelayanan yang tulus.

Mari kita merenung sedikit. Tuhan memang memiliki kuasa atas segalanya. Namun untuk membantu melayani sekian banyak umatnya, Dia tidak akan repot-repot turun langsung bekerja sendirian. Dia tentu akan memilih hamba-hambaNya yang terpilih untuk dijadikan saluran berkat dan asistenNya dalam melayani umat.

Inilah kenapa kebanyakan orang yang memilih jalan melayani banyak orang, cenderung punya kehidupan besar yang berkualitas. Lihatlah para pengusaha yang dengan usahanya, membuka lapangan pekerjaan dan menghidupi banyak orang. Lihat juga para motivator yang tidak kenal lelah memberikan semangat kepada orang lain untuk terus bangkit dan meraih haknya menjadi sukses. Dan masih banyak lagi contoh orang-orang besar lainnya.

Pengusaha Yang Melayani Banyak Orang

Saya jadi ingat kalau dulu pernah ada yang bilang ke saya, entah siapa orangnya saya lupa. Intinya kalau ingin tujuan kita tercapai, jangan cuma menyertakan diri kita saja, tapi libatkan orang lain dalam tujuan baik tersebut sehingga ada alasan bagi Tuhan untuk mengabulkan apa yang menjadi tujuan kita, bahkan dengan lebih cepat.

Oh ya, mungkin nantinya ketika kita melayani orang lain, tidak ada balasan langsung yang kita terima. Ya jangan berharap dari manusia dong. Balasan dari Tuhan kan jauh lebih baik. Berbuat baik ya berbuat baik saja. Biar Tuhan yang memberikan balasannya untuk kita.

Jadi, jangan berhenti berbuat baik dan melayani orang lain. Pilihan selalu ada di tangan Anda, mau hidup untuk diri sendiri terus atau diberi kesempatan oleh Tuhan untuk melayani banyak orang, tentu saja dengan fasilitas dan sarana berupa kualitas kehidupan yang lebih baik. Pilih mana?

    • pakdey yanto says:

      @Lutvi Avandi, yup… asal jangan menabur benih ke banyak wanita, banyak dapatnya banyak celakanya… hehehe.
      btw artikel yang sangat menarik, mengingatkanku di kehidupan silam… mencari duit dulu baru mau berbuat baik yang seharusnya sebaliknya berbuat bai,baik,baik, duit akan datang.
      pakdey yanto recently posted..FOREDI GEL, PRODUK REKOMENDASI BOYKE DIAN NUGRAHA!My Profile

  1. mashengky | kaya dari bisnis vcc says:

    kita memang mahluk sosial, jadi gak bisa hidup sendirian. laki2 perlu perempuan dan sebaliknya… tp sekarang ada juga laki2 suka laki2 dan perempuan suka perempuan *ngakak berats
    mashengky | kaya dari bisnis vcc recently posted..Upsale Bisnis Anda!My Profile

  2. Wilianto Indrawan says:

    wah, sangat bermakna.
    Seorang reseptionis yg sangat terbatas, mau menolong orang lain. walaupun harus mengorbankan “sesuatu” miliknya. Greatt!! :hiks:
    Wilianto Indrawan recently posted..SEO-Analytics.infoMy Profile

  3. Betul Mas Arief, Saya jadi teringat saat saya bisa nge-blog pertama kali, saat itu ada member forbis yang mnta di ajari blog sederhana, dan akhirnya saya kasih ebook buatan saya, saya hanya niat membantu sama2 newbie, hehe,,, orangnya di jakarta, dan saat saya di jakarta, tanpa saya minta orangnya sangat bersedia membantu bila saya ada keperluan di jakarta.. kebaikan yang kita tanam itu akn ada hasilnya walaupun tidak selalu dari yang bersangkutan langsung… melayani dengan tulus, itu akan membuat kita merasa puas kita bisa bermanfaat bagi orang lain..:)
    andhika ahmad recently posted..Newbie Juga Bisa Berbisnis OnlineMy Profile

  4. berbuat baik emang banyak untungnya. apa yang kita tanam itu yang kita petik, hati iklas untuk berbuat baik,tidak mengharapkan imbalan itu kuncinya jika tidak di dunia kita dapat imbalanya, maka di akherat kita mendapatkanya
    donny recently posted..Redam Amarah AndaMy Profile

  5. Kisah di Amrik dalam cerita di atas sangat reflektif. Menarik sekali, Mas!

    Saya sampai sekarang bekerja di perusahaan jasa. Tiap hari tugas saya adalah melayani banyak orang. Di internet sama, saya melayani pengunjung blog dan sesekali melayani customer pembeli online.

    Dalam melayani prinsip seperti toko Joger Bali itu selalu saya pegang. Melayani dengan tulus. Belanja tidak belanja tetap Thank you.
    Joko Sutarto recently posted..FeedReader3, Free RSS Reader Untuk Berlangganan Artikel Blog di InternetMy Profile

  6. *siapin uang receh buat dibagi bagi besok lebaran* #eh

    Sip, berbagi tak pernah rugi, kata mamah @wiwikwae. Ada juga @akademiberbagi yang bisa buat contoh nyata.

  7. Cara Download says:

    Banyak kisah nyang bisa memotivasi diri kita untuk mau melayani dengan cara yang terbaik, namun inti dari semua itu adalah keihklasan tanpa pamrih…. maju terus mas Arief…
    Cara Download recently posted..Pointblank DownloadMy Profile

  8. Nilai sebuah perbuatan tergantung niat. Ikhlas membantu orang dan hanya berharap imbalan dari Tuhan, itulah perbuatan yang sangat bernilai. Nilai amal perbuatan yang paling tinggi bahkan tanpa berharap mendapatkan imbalan Tuhan. Namun pada akhirnya tidak ada amal perbuatan tanpa mendapatkan imbalan, setidaknya dari Tuhan.

  9. Jangan berharap mendapakan imbalan dari setiap bantuan yang kita berikan, tidak juga hanya sekedar ucapan terima kasih. Karena pada hakekatnya berbuat baik kepada orang lain sama dengan menambah deposit pertolongan Tuhan. Bahkan kitalah yang semustinya berterima kasih karena telah diberi kesempatan membantu orang.

  10. Mas Arief, ini kata-kata yang sangat menyentuh:
    “Mari kita merenung sedikit. Tuhan memang memiliki kuasa atas segalanya. Namun untuk membantu melayani sekian banyak umatnya, Dia tidak akan repot-repot turun langsung bekerja sendirian. Dia tentu akan memilih hamba-hambaNya yang terpilih untuk dijadikan saluran berkat dan asistenNya dalam melayani umat.”

    Luar biasa! Entrepreuner memang urusan Tuhan. Sangat setuju! Salam kenal ya, postingannya selalu menggugah semangat dan mengupas banyak sisi yang jarang disadari.
    Lulu Kemaludin recently posted..Sudah Download Ebook Super Dahyat Di Tahun 2011 Ini?My Profile

  11. Penerjemah Bahasa Inggris says:

    Salah satu pembuka keran rezeki adalah dengan menjalin silaturahim.

    Silaturahim menjalin hubungan dengan landasan tolong menolong,bukan mencari profit semata.

  12. Yang pertama harus saya katakan “Amin . . . ! ” karena apabila setiap orang memiliki ketulusan hati untuk menolong sesama dalam segala keadaan dengan tidak mengharapkan imbalan, itulah perbuatan “kasih” yang Tuhan inginkan. Sukses selalu Mas Arief GBU,

  13. Agus Siswoyo says:

    Kami siap melayani kebutuhan artikel buat Anda. Just call our team. Ups! Keceplosan promo. Hehehe…

    Akan selalu ada akibat dari setiap perbuatan yang kita lakukan. Kalau nggak hari ini ya besok akan kita terima efeknya.
    Agus Siswoyo recently posted..Last Saturday Nite at SidoarjoMy Profile

    • @Om Onny, Yes. Dengan melibatkan orang lain, sama artinya dengan kita mengajukan ‘proposal’ kepada Allah untuk menjadi kaki tangannya dalam membagikan rahmat kepada manusia yang lain. Dan kalau kepercayaan itu sudah kita dapatkan, tidak mungkin kita di posisi yang susah. :)

  14. Cara Mengobati Penyakit Asam Urat says:

    subhanAllah,,saya sampai merinding mas bacanya,,pelayan itu begitu tulus membantu dan dia mendapat ganjaran atas ketulusannya,,
    terima kasih buat artikelnya mas,,kita harus berusaha menjadi pribadi yang tulus..
    Cara Mengobati Penyakit Asam Urat recently posted..Obat Penyakit Maag HerbalMy Profile

  15. sesungguhnya banyak membantu dan melayani orang banyak itu membawa kebaikan tersendiri yang akan dinikmati dalam jangka waktu yang lama. Artikelnya dapat memberikan inspirasi dan aspirasi bagi pembaca web ini. Terima kasih

  16. Oh… gitu ya…. Memang saya juga pernah merasakan hal yg sama. Waktu itu di saat menjelang bulan puasa, saya berdoa agar di beri limpahan rizqi yg banyak kemudian sebagian rizqi akan saya bagi2kan kepada teman dekat dan para pelanggan. Memasuki bulan ramadhan malam 15, alhamdulillah Allah memberikan rizqy yg luar biasa banyak dan saat itu pula segera saya bagikan ke teman dekat dan para pelanggan. Memang jika menyertakan orang banyak, doa mudah di kabulkan. Terima kasih

    Ter
    hyden recently posted..Bagaimana Cara Menjadi Seorang Penulis BlogMy Profile

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 472,007 bad guys.