Manajemen Posting Artikel Blog

Oleh : Arief Maulana

manajemen posting artikel blogRekan-rekan, saat saya menuliskan ini teman saya Agus “seleb blogger” Siswoyo tengah mengadakan sebuah kontes bertajuk “Mencari Bintang Co-Writer”. Sebuah kontes yang tidak terlalu besar, tapi lumayan lah hadiahnya. Untuk masing-masing pemenang ada Flashdisk, 2 Kaos, dan Buku Pengembangan Diri.

Sayangnya yang saya tangkap dari artikel “Blogging Adalah Pilihan, Kalau Tidak Cocok Silahkan Ditinggalkan” banyak teman-teman yang mau ikut, terkendala dengan kesibukan offline. Padahal kontes itu hanya meminta satu artikel saja, bukan konsistensi memposting artikel layaknya aktivitas blogging.

Berangkat dari kondisi itu, saya memutuskan untuk memposting ulang artikel yang pernah saya tuliskan di blog kawan saya Mas Agung Jatnika dengan judul “Blog Posting Management”. Hanya, agar tidak terjebak dalam duplikat content saya coba menghadirkan dengan gaya yang berbeda. Mungkin hanya sama di point-pointnya saja. Selengkapnya bisa Anda baca disana.

Yang akan saya berikan disini adalah langkah-langkah agar kita tetap bisa menghasilkan 1 artikel setiap minggunya. Dan ini bukanlah pakem yang mutlak harus Anda ikuti. Silahkan sesuaikan dengan kondisi masing-masing. Oke, langsung saja :  

# HARI 1 :Mencari Topik Artikel

Ada 2 aliran blog. Ada blog yang gado-gado (contoh : Catatan Arief Maulana) dan ada blog yang punya topik terarah (contoh : Blog Motivasi, Bisnis, Manajemen Diri). Untuk rekan-rekan yang blognya gado-gado, saya rasa tidak ada masalah. Bahkan Anda bisa membuat artikel dengan cara gampang-gampangan.

Sedangkan untuk yang beraliran khusus, Anda bisa gunakan bantuan mesin pencari Google. Masukkan saja tema blog Anda sebagai kata kunci dan Anda bisa telusuri satu persatu yang muncul disana untuk mencari ide atau topik postingan.

# HARI 2 : Kerangka Tulisan

Bagi yang sudah terbiasa menulis, saya rasa tanpa kerangka tulisan pun bisa menghasilkan tulisan yang mengalir. Namun, bagi yang baru belajar menulis ini bisa menjadi alat bantu yang cukup efektif. Anda bisa mengambil model kerangka tulisan dari blog teman-teman yang sudah biasa menulis. Biasanya sih ada kecenderungan tulisan para blogger membentuk satu pola tertentu.

# HARI 3 – 4 : Mencari Sumber Informasi

Topik sudah dipilih dan kerangka tulisan sudah terbentuk. Maka tahapan selanjutnya kita bisa mulai mencari informasi pendukung di mesin pencari. Untuk rekan-rekan yang blognya adalah share pengalaman saya rasa ini bisa di lewatkan. Namun, kalau teman-teman membahas satu topik yang ada diluar jangkauan pengalaman, langkah ini menjadi penting. Apalagi kalau topiknya berkaitan dengan fakta atau statistik tertentu.

# HARI 5 : Mulai Menulis Di Kerangka Karangan

Rekan-rekan sebelumnya sudah membuat kerangka karangan, nah mulailah menulis di sub kerangka karangan yang menurut Anda lebih mudah. Jangan berpikir bagaimana menyambung antar tulisan di tiap sub kerangka karangan. Itu ada bagiannya nanti. Tulis saja dulu. Anda juga sudah punya sumber yang sudah dicari pada hari sebelumnya kan? Gunakan itu sebagai alat bantu.

# HARI 6 : Menghubungkan Antar Kerangka Karangan

Hari keenam, saatnya merapikan tulisan Anda. Awalnya mungkin terlihat aneh saat menyusun paragraf di sub kerangka karangan. Tapi saya kira ngga terlalu parah, karena sejak awal sudah Anda tarik benang merahnya, mulai dari topik hingga kerangka karangannya.

Sulit? Dicoba dulu. Awalnya mungkin terasa agak gimana gitu. Namun, ketika Anda sudah terbiasa nanti enak. Sebagaimana rekan-rekan lain yang sepertinya tidak pernah kesulitan dalam hal tulis menulis.

# HARI 7 : Pemeriksaan Terakhir + Posting

Di sini Kita bisa membaca kembali tulisan yang sudah jadi (antar sub karangan sudah terhubung). Kalau tulisannya terasa ngga enak dibaca, Anda bisa edit lagi. Pastikan tidak ada link yang broken ataupun kata-kata yang salah ketik. Begitu final check oke, tinggal post artikelnya.

Langkah-langkah di atas, masing-masing bisa dilakukan 15-30 menit perharinya. Anda bisa tambahkan atau kurangi jatah waktu untuk di setiap tahapan. Sesuaikan saja dengan kondisi.

Oh ya untuk efektifnya, ketika menuliskan artikel Anda bisa dalam keadaan offline. Why? Biar fokus dan ngga tergoda untuk yang lain mulai mainan social media site, chatting, check email dsb. Online seperlunya aja gitu. Kalau tulisan udah fix, tinggal copas aja . Hemat waktu dan biaya koneksi, namun tujuan tercapai dengan maksimal. Seperti prinsip manajemen : dengan sumber daya minimal, pencapaian maksimal.

Saya kira itu. Sekali lagi ini bukan pakem resmi. Anda bisa ikuti bisa tidak. Yang mana yang enjoy lah!

Salam Sukses,
arief maulana
space

  1. Catatan Hery says:

    Paling tidak mengikut pakem diatas bisa posting seminggu sekali ya mas?

    Kalau saya sih biasanya nulis pake 2 strategi :
    Menulis artikel pilar – Cari ide – lihat posisi keyword di google – baru nulis sambil sesekali masukin keyword – posting

    Menulis gaya curhat – Kepikiran ide – langsung tulis – benerin kalimat yang kurang tepat – posting

    • arief maulana says:

      @Catatan Hery, bisa (sudah pernah saya praktekkan). Dan memang cara di atas hanya sebatas “ancer-ancer” saja.

      Bukan hal yang saklek. Apalagi bagi yang sudah biasa menulis.
      :hihi:

      • Catatan Hery says:

        @arief maulana, waduh maaf ya mas.
        Mas fadly juga pernah berpendapat sama.

        Masa susah sih mas? bisa pake guest saja kok, atau pake account FB – niru sistem komentar blog2 luar nih ceritanya niru2 mashable nih saya :hehe: maaf merepotkan :sikut:

  2. Roi Lukman Saputra says:

    Tips yang sangat bermanfaat. Kebetulan saya baru mau berkomitmen blogging. Dulu sudah sih, tapi karena banyak masalah offline, akhirnya terlantar.

    Sekarang baru sungguh-sungguh berkomitmen, tapi pelan-pelan dulu. :D

    Thanks tipsnya mas…..

  3. Agus Siswoyo says:

    Step by step yang mas Arief tunjukkan sangat detail. Patut dijalankan bagi mereka yang masih kesulitan update artikel blog.

    (Profesi naval arc kelihatan sudah merasuk banget ke mindset mas Arief nih.)

    Eniwei, makasih triple backlink-nya…

  4. Hmm, lama banget rasanya ega blog walking, hampir sebulan kayaknya, bertapa dulu nih mas.

    Masih konsentrasi cari duit, sama mencoba mempraktekan TSIS nya mas arif, lumayan ada yang nyantol juga akhirnya dari afiliasi :D

    Berkaitan dengan topik diatas, belom bisa dipraktekin deh kayaknya, masih amburadul mas ega karuan postingan saya :D

  5. waduh kug kayanya ribet yah…..
    coz saya biasanya cuma nulis dari apa yang sedang saya pikirkan, trus dikembangkan pemeriksaan sebentar trus posting, makanya pada akhirnya banyak update. hehehehe

  6. 7 Hari waktu yang sangat ideal untuk menghasilkan konten yang berkualitas. Bagaimana dengan yang cuman beberapa menit/jam yah? padahal saya suka spontan.. :hihi:

    • arief maulana says:

      @KangAsep, sebenarnya bukan ideal sih mas. Hanya saja ini jalan darurat untuk yg sibuk dan suka ngga punya ide buat nulis dan konsisten posting artikel minimal 1 minggu sekali.

    • arief maulana says:

      @Handoko Tantra, hahaha… blog ini masih punya banyak stok. Kalau saya males-malesan masih keluar otomatis :hihi:

  7. Wah jadi penulis yang baik dan benar ternyata susah ya :hiks:
    Mas Arief ngejalanin semua tahap-tahap itu ya? wah salut mas sama ketelatenannya :sip:

    • arief maulana says:

      @turisuna, awalnya sih gitu. Karena udah kebiasaan dan frekuensi menulis tinggi, kadang 1 hari bisa 2 artikel.

      Kalau udah begitu tinggal dijadwalkan saja terbitnya. Jadi pas kena event yg sibuk sesibuk-sibuknya, blog ini tetap update otomatis.:sip:

  8. kalo dah biasa nulis bisa 15-30 menit,, tapi kalo yang masih pemula seperti saya bisa 1-1,5 jam cuma untuk mikirin redaksi kata2 yang tepat.. :hehe:

  9. masukan yang bagus,nanti coba diterapkan step2nya.
    Sementara ini saya pake jurus SAKAINGET (sunda =seenak jidat),
    ok lah kalo begitu,terimakasih mas Arief.

  10. menurut saya kiat ini bagus untuk mengikis rasa malas. bagi orang yang terbiasa dengan pengaturan waktu. apalagi aktifitas ngantor yang masih padat. saran mas arief ini sangat pantas.

    namun, untuk masalah kerangka karangan, menurut saya di tiadakan dulu untuk sementara. karena ini bisa menghambat proses menulis bebas mas..

    apapun itu, kiat-kiat ini sangat cocok di jadikan pagar, agar kita terhindar dari rasa malas menulis:sip:

    • arief maulana says:

      @fadly muin, memang soal kerangka tulisan ini rada kontroversial. Saya juga pernah baca tulisan Mas Jonru soal ini.

      Hanya alat bantu saja. Kalau memang tidak membantu ya tidak usah dipake. Itu intinya.

  11. makasih banyak nih mas arief, artikelnya sangat membantu sekali khususnya bagi blogger pemula seperti saya yang kadang sangat susah untuk cari ide dan menuangkannya menjadi sebuah tulisan yang terstruktur dan menarik..

    salam kenal

  12. wah ide yang bagus dengan jadwal yang tersusun begitu tidak banyak waktu yang harus disisakan untuk ngeblog tapi blog tetap konsisten dengan postingan bermutu

    • arief maulana says:

      @Hangga Nuarta, jelas. Ini adalah cara menyiasati keterbatasan waktu dan juga keterbatasan kemampuan menulis secara bersamaan.

      jadi walau repot urusan offline, blog tetep update.

      Kalau yang udah expert sih, 1 hari bisa 2-3 tulisan distok. Jadi tinggal terschedule postingnya. Seperti halnya blog ini.:sip:

    • arief maulana says:

      @tetenw(blog sehat), itu otomatis mas. Kalau tujuannya ngeblog jelas. Pasti akan tetep semangat. Apalagi kalau blognya udah punya penghasilan (blog monetizing)

  13. waduh mas . . .ribet za. . .
    Itu ntuk mo yg jdi jurnalis kek nya. . .
    :hihi:
    Sy biasae oret oret ketik ketik klick
    hasilnya . . .
    Amburadul :ngakak:

    • arief maulana says:

      @Udin Hamd, ini untuk siapapun yang mau update blognya minimal 1 minggu sekali dengan kualitas artikel yang menunjang. :hihi:

  14. Kiat dan Resep/Konsep yang mantap…
    Mas.. mohon Izin artikelnya saya “Print”, biar saya rajin update.
    Makasih…

  15. Sugiana Hadisuwarto says:

    mas Arief, ini memang standar yang hharus dilakukan untuk menulis dengan baik,tidak heran tulisan mas Arief selalu OK.
    Trims dan Salam sukses.

  16. Bunda Dhilla says:

    Manajemen Posting Artikel Blog ini akan mampu menjaga konsistensi kita dalam ngoblog ya mas… saya lebih suka menulis artikel ketika offline dulu karena benar kata mas arif banyak godaan jika disambi ama online

    • arief maulana says:

      @Bunda Dhilla, salam kenal Bunda :sip:

      Insya Allah demikian. Meski begitu, ini tidak baku. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita.

      Ini hanya petunjuk dasar saja.
      :sip:

  17. yup, bisa tuh dijadikan teori baru mas..soalnya memang kesulitan untuk blogger2 baru kayak saya neh ya masalah topik postingan, kadang malah buntu sama sekali 2 minggu baru bisa posting1 atau kalau lagi ketemu bisa satu hari 2 posting.he.he.. makaca banget neh mas, terbantu jadinya aku…:nyembah:

  18. Ini metoda menulis yang urut dan lengkap. Saya biasa main tembak saja. Beruntung sekarang bekerja dengan komputer jadi bisa langsung menulis yang terlintas di kepala. Baru diedit belakangan. Metodenya tulis, baca, edit, baca, koreksi, baca, edit, baca, publish, baca, OK.
    :hehe:

  19. Hai…

    lama juga neh ga mampir…

    payah juga aku. bokek terus…
    sementara itu sedang mengembangkan website buatan sendiri…
    :hehe:

  20. Aries Kusuma|Tipssukseskarir says:

    Ini yg lagi sy pecahkan ms, ya yg penting nggak menyalahkan offline/apapun hal eksternal jadi sumber kesalahan, mending evaluasi diri dan tips ini nambah sy smakin mantab:sip:

  21. Boleh juga tipsnya, tapi sepertinya saya belum kesana, mungkin sedang proses. Yang ada sekarang ya hanya sket ide2 lalu tuangkan kalau ada mood :sip:

  22. jujur, buat tips terakhir, mengecek tulisan itu saya gak pernah loh. hehe, jadi dari awal mpe akhir saya amati terus, kalaupun masih ada yang salah ketik juga, yah maklum. hehe

  23. barang antik says:

    saya masih bingung dengan kerangka karangan yang baik mas, terkadang , karena belum terbiasa, sering nya saya malah melompat2 dan gak nyambung ,
    salam kenal ya mas

    • arief maulana says:

      @barang antik, nah kalau biasa nulis lompat-lompat justru kerangka karangan bagus banget mas. Mas bisa buat susunan ide-ide yang akan ditulis. Kemudian nanti tinggal nulis yang mana yang mudah. Baru kemudian di final checknya dibuatkan kata-kata penghubung yang sekiranya pas dan cocok.

  24. Dimas Angga says:

    Artikel yang sangat menarik. Kalau buat saya, hal yang paling sulit adalah menghubungkan antar kerangka karangan. Biasanya saya stuck di situ.

  25. halo mas arief salam kenal… postingnya ok juga. saya juga pernah bikin posting soal menulis. tapi biar mudahnya temen2 gampang bikin posting, coba review buku. tanpa sadar kita memperkaya khasanah kosa kata. Terima kasih.

  26. kesehatanpribadi says:

    thanks boss…
    artikel nya membuat kita punya semangat u ntuk ponsting content berkualitas.
    jangan lupa selalu jaga KesehatanPribadi Anda boss

  27. Pingback: Manajemen Blogging Dalam Format PDCA | Catatan Motivasi Blogging Indonesia

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,671 bad guys.