Oleh : Arief Maulana

Rekan-rekan, masih ingat kan artikel saya soal “Manajemen Posting Artikel Blog”? Kalau belum bisa dibaca lagi. Kalau sudah, ini adalah artikel lanjutannya. Saya akan sedikit beberkan rahasia yang sebenarnya bukan hal baru lagi. Bahkan beberapa internet marketer dan blogger top ada yang melakukannya. Apa itu? Manajemen Autoposting Artikel Blog.

Ide ini bermula saat dulu saya pernah cangkruk bareng, bertiga dengan Pak Mufli dan Mas Lutvi Avandi (founder of Café Bisnis). Waktu itu Pak Mufli sharing salah satu triknya mengola banyak blog (jumlahnya ratusan) yang termonetize dengan program penghasil uang, entah itu iklan PPC ataupun link referal affiliasi/reseller. Kebetulan Pak Mufli ada sedikit keahlian merekayasa sistem database wordpress di hosting. Akibatnya apa? Blog tersebut bisa melakukan rotasi artikel secara otomatis.

Cara kerjanya seperti ini. Pertama, Anda membuat dulu stok artikel yang banyak. Jumlahnya minimal 80an. Lebih banyak lebih bagus. Tidak perlu banyak kata setiap artikelnya, singkat-singkat saja sekitar 250-350 kata. Dan yang terpenting adalah artikel tersebut tidak boleh terikat waktu. Artinya kapan saja artikel tersebut dibaca orang, tidak ada istilah basi. Dan lebih bagus lagi artikel tersebut mengikuti kaidah SEO.

Selanjutnya dengan rekayasa database wordpress yang ada di hosting itu tadi, 80an artikel dibuat autoposting. Awalnya mungkin di set jadwal postingnya, seperti biasanya kalau kita suka stok artikel untuk dikeluarkan otomatis di saat sibuk. Nah, bedanya setelah 80 artikel publish untuk posting yang ke 81 secara otomatis blog wordpress Pak Mufli akan mengambil artikel no.1. Dan selanjutnya berurutan mulai dari 1 – 80 artikel tadi. Oh ya, setelah diambil maka artikel no.1 yang ada di awal tadi terhapus, sehingga terhindar dari duplikat konten.

Andaikata Pak Mufli ingin menambahkan, yang tinggal tulis artikel kemudian dimasukkan dalam sistem rotasi artikel tadi. Kuncinya yaitu tadi, tidak boleh terikat waktu. Jadi meski muter-muter sampai 10 tahun pun artikel ngga basi. Bagaimana dengan traffic atau pengunjung? Karena artikel mengikuti kaidah SEO dan selalu update, tentu traffic gratis dari google bisa ditarget.

Apakah berhenti sampai disitu? Tidak. Bila sistem sudah berjalan otomatis seperti itu, tinggal membuat blog kedua dan seterusnya. Disini program-pogram penghasil uangnya pun bisa optimal. Saya sendiri pernah melihat langsung berapa penghasilan Pak Mufli dari program iklan PPC yang beliau pasang. Besar, padahal itu masih kelas PPC lokal. Dan saya yakin Pak Mufli juga punya blog-blog bahasa inggris yang ada adsensenya.

Sudah menangkap maksud dari judul artikel saya? Kira-kira seperti itu. Namun yang akan saya ulas lebih sederhana, bisa dilakukan siapapun. Meski tidak secanggih cara Pak Mufli namun ada banyak keuntungan dari sistem semacam ini. Bagaimana? Ups, tidak saya ulas sekarang. Nanti artikel ini kepanjangan dan Anda bosan.

Ditunggu yah, “Manajemen Autoposting Artikel Blog Bagian 2”. Sudah terschedule kok. Tinggal menunggu waktu dan tanggal mainnya. Stay tune here!

Kelanjutan artikel bisa dibaca di : Manajemen Autoposting Artikel Blog (Bag.2)

Salam Sukses,
arief maulana
space

Manajemen Autoposting Artikel Blog
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:                 

122 thoughts on “Manajemen Autoposting Artikel Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,551 bad guys.