Manajemen Autoposting Artikel Blog

Oleh : Arief Maulana

Rekan-rekan, masih ingat kan artikel saya soal “Manajemen Posting Artikel Blog”? Kalau belum bisa dibaca lagi. Kalau sudah, ini adalah artikel lanjutannya. Saya akan sedikit beberkan rahasia yang sebenarnya bukan hal baru lagi. Bahkan beberapa internet marketer dan blogger top ada yang melakukannya. Apa itu? Manajemen Autoposting Artikel Blog.

Ide ini bermula saat dulu saya pernah cangkruk bareng, bertiga dengan Pak Mufli dan Mas Lutvi Avandi (founder of Café Bisnis). Waktu itu Pak Mufli sharing salah satu triknya mengola banyak blog (jumlahnya ratusan) yang termonetize dengan program penghasil uang, entah itu iklan PPC ataupun link referal affiliasi/reseller. Kebetulan Pak Mufli ada sedikit keahlian merekayasa sistem database wordpress di hosting. Akibatnya apa? Blog tersebut bisa melakukan rotasi artikel secara otomatis.

Cara kerjanya seperti ini. Pertama, Anda membuat dulu stok artikel yang banyak. Jumlahnya minimal 80an. Lebih banyak lebih bagus. Tidak perlu banyak kata setiap artikelnya, singkat-singkat saja sekitar 250-350 kata. Dan yang terpenting adalah artikel tersebut tidak boleh terikat waktu. Artinya kapan saja artikel tersebut dibaca orang, tidak ada istilah basi. Dan lebih bagus lagi artikel tersebut mengikuti kaidah SEO.

Selanjutnya dengan rekayasa database wordpress yang ada di hosting itu tadi, 80an artikel dibuat autoposting. Awalnya mungkin di set jadwal postingnya, seperti biasanya kalau kita suka stok artikel untuk dikeluarkan otomatis di saat sibuk. Nah, bedanya setelah 80 artikel publish untuk posting yang ke 81 secara otomatis blog wordpress Pak Mufli akan mengambil artikel no.1. Dan selanjutnya berurutan mulai dari 1 – 80 artikel tadi. Oh ya, setelah diambil maka artikel no.1 yang ada di awal tadi terhapus, sehingga terhindar dari duplikat konten.

Andaikata Pak Mufli ingin menambahkan, yang tinggal tulis artikel kemudian dimasukkan dalam sistem rotasi artikel tadi. Kuncinya yaitu tadi, tidak boleh terikat waktu. Jadi meski muter-muter sampai 10 tahun pun artikel ngga basi. Bagaimana dengan traffic atau pengunjung? Karena artikel mengikuti kaidah SEO dan selalu update, tentu traffic gratis dari google bisa ditarget.

Apakah berhenti sampai disitu? Tidak. Bila sistem sudah berjalan otomatis seperti itu, tinggal membuat blog kedua dan seterusnya. Disini program-pogram penghasil uangnya pun bisa optimal. Saya sendiri pernah melihat langsung berapa penghasilan Pak Mufli dari program iklan PPC yang beliau pasang. Besar, padahal itu masih kelas PPC lokal. Dan saya yakin Pak Mufli juga punya blog-blog bahasa inggris yang ada adsensenya.

Sudah menangkap maksud dari judul artikel saya? Kira-kira seperti itu. Namun yang akan saya ulas lebih sederhana, bisa dilakukan siapapun. Meski tidak secanggih cara Pak Mufli namun ada banyak keuntungan dari sistem semacam ini. Bagaimana? Ups, tidak saya ulas sekarang. Nanti artikel ini kepanjangan dan Anda bosan.

Ditunggu yah, “Manajemen Autoposting Artikel Blog Bagian 2”. Sudah terschedule kok. Tinggal menunggu waktu dan tanggal mainnya. Stay tune here!

Kelanjutan artikel bisa dibaca di : Manajemen Autoposting Artikel Blog (Bag.2)

Salam Sukses,
arief maulana
space

    • arief maulana says:

      @hisman, terima kasih sudah mengingatkan. Saya lupa menuliskan bahwa sistem tersebut akan menghapus otomatis artikel no.1, manakala dia diambil untuk dijadikan no.81.

        • arief maulana says:

          @hisman, bisa. Itu juga bisa. Tapi dalam hal ini, mekanismenya benar-benar otomatis mas.

          Jadi blog itu bener-bener bisa mas tinggal karena artikel muter sendiri.

          Asal jangan lupa bayar domain sama hosting (gara-gara ditinggal dan updating otomatis) hahaha..

    • arief maulana says:

      @Ahmad Subandono, kalo yg diatas biar keliatan sederhana kudu bisa bahasa pemrograman mas :sip:

      Yang di artikel lanjutannya, sedikit ribet tapi semua orang bisa karena pake autoresponder.

  1. Sugiana Hadisuwarto says:

    Kelihatanya sederhana aja ya mas tapi kalau dicermati rumit banget …. apalagi kalau blognya puluhan….

    • arief maulana says:

      @Saung Tani, tidak dirancang untuk meladeni komentar mas. Tujuan utama adalah traffic dari search engine dan pengunjung mengklik PPC / ke landing page affiliate.

  2. keknya cara ini bisa di gunakan untuk mengatasi kesibukan offline yah mas?

    cuman, tetap difikirkan utuk merespon pembaca

    • arief maulana says:

      @fadly muin, iya. Memang itu konsekuensinya mas. Makanya konsep dari web ini bukan sebagai blog yg kek biasanya.

      Murni monetizing. Menjaring traffic dari SEO kemudian diarahkan ke PPC / Landing Page web affiliate

  3. Roi Lukman Saputra says:

    Selama ini saya bertanya-tanya soal blog pak Muflih yang banyak itu …..
    Sekarang akhirnya tahu juga teknik yang dipakai….
    Thanks mas Arief sudah bongkar rahasia di sini….

      • Roi Lukman Saputra says:

        @arief maulana, Saya nggak tertarik buat niru rotasi artikelnya pak Muflih koq mas. Saya cuma bertanya-tanya, pak Muflih itu punya blog segitu banyak gimana ngurusinya. Di sisi lain, saya malah pusing mengikuti blog pak Muflih, dari blog sini dilempar ke blog sana, entar dilempar lagi ke blog sono, terus dilempar lagi ke blog situ, dst…. Akhirnya malas berkunjung…. hehehe….

  4. Wah tadi baca emailmu mas Arief, kok ada istilah otomatisnya, jadi ingat waktu dapat kunjungan kehormatan dulu. Ternyata iya, ngebahas topik ini. hehe.. Yes, kalo untuk blog yang mau ditongrongin memang ngga perlu otomatis. Ada saya bahas juga kok tentang hal ini di carasukses.com dulu. Kalo ada yang lebih simple aku diajarin ya, aku pusing juga sih sebenarnya, hihihi..

    • arief maulana says:

      @Mufli, saya minta alamat artikelnya dong mas yg di cara sukses, biar bisa refer ke temen-temen disini.

      Kalau cara yang saya buat sebenarnya ga rotasi mas, cuma seolah-olah rotasi hehehe…

      • @Arief Maulana, oh ada di carasukses.com/tips-sukses-mengelola-banyak-website

        Memang ngga terlalu teknis sih yg saya tulis disana. Ya, cara ini bisa diterapkan khusus untuk blog yang set and forget, dan artikelnya tetap white hat kok, krn tulis sendiri dengan cepat, tapi ngga dalem bahasannya :)

        Mudah kok terapinnya, tinggal contoh spt ngisi iklan baris wordpress (kan ada di CafeBisnis, tetapi ambil contentnya bukan dari form isian melainkan bikinkan table sementara, hanya beda sedikit saja, ngga rumit, jauh lebih rumit bikin kapal, hehe..

  5. Halo Mas Arief… Makin rame aja blognya, dulu mau koment disini agak minder… :hiks: soalnya masih pake blog gratisan.. ohya soal P Mufli (juragan Blog) saya juga heran gimana bisa ternak blog segitu banyak ya…, kalo boleh tahu tuh yang hebat hosting service-nya atau usernya?

    • arief maulana says:

      @Andi Azhari, koment ya koment aja mas. Kenapa harus ga pede dengan blog gratisan. Saya juga dulu mulainya dengan blog gratisan.

      Yang hebat jelas usernya mas. Hosting kan cuma untuk tempat webnya aja. Jadi konseptor sama editing ya di user :D

    • arief maulana says:

      @belajar internet, nah kalau ada waktu luang bisa stok artikel Pak. Jadi ketika lembur2 terus tingga schedulekan aja.

      Semua artikel yg bapak liat di blog saya saat ini adalah terjadwal. Jadi saya cuma bales2 koment aja (klo sempat). :hihi:

    • arief maulana says:

      @d D4n, ya jangan ada unsur-unsur waktu di dalamnya. Contoh artikel yg ga akan bisa basi dan awet : motivasi, manajemen pengembangan diri.

      Seperti yang ada di blog ini. Mau sampai cucu mas, tetap saja ga akan basi. Be creative. hahaha….

  6. Dimas Angga says:

    wah, bagus nih artikelnya. Tapi ini legal gak ya? jangan-jangan kalau ketahuan google bisa di masukin sandbox.
    Tapi kira-kira google bisa tau gak ya??
    hehehe

    Nice info:sip:

  7. Mas Arief,saya baru buat blog afiliasi yang saya pasangkan banner2 afiliasi.
    Tapi gimana caranya supaya kata-kata dalam artikel buatan kita bisa terlink dgn link afiliasi kita y??
    Seperti artikel mas yg saya komentari ini. Mohon pengetahuannya..newbie c…:nyembah:

    • arief maulana says:

      @Lusiana, gunakan saja hyperlink yang ada di blog. Biasanya lambang iconnya seperti rantai.

      Mbak tinggal block tulisan yang mau di beri link, kemudian klik icon hyperlink, dan masukkan link affiliatenya
      :sip:

    • arief maulana says:

      @mas kadi, sudah bergabung dengan newsletter saya kan? Kalau sudah tiap ada update pasti saya beritahukan via email :sip:

    • arief maulana says:

      @Zaiful Anwar, malah sebaiknya min 150. Kalau terlalu sedikit, ada efek “Rasanya baru kemarin saya baca ini”

  8. Wah menarik banget nih infonya, tapi bisa gak ya jurus auto rotary posting itu diterapin di blogspot? Saya pernah baca dari blog Kang Rohman bahwa Blogger lagi gencar2nya menghapus blog ber platform blogspot.com yang melakukan auto posting. Betul gak sih?

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,671 bad guys.