Oleh : Arief Maulana

Melanjutkan artikel sebelumnya, “Manajemen Autoposting Artikel Blog”, sekarang saya mau share versi AM.com. Mungkin sudah ada juga dari rekan-rekan yang mempraktekkannya. Dan bagi yang belum baca artikel pendahulunya, silahkan baca dulu agar Anda tidak bingung.

Juga sudah saya bilang sebelumnya, sistem versi saya tidak secanggih Pak Mufli sehingga ada 2 syarat utama yang harus Anda penuhi. Nanti saya jelaskan apa dan mengapa harus memenuhi 2 syarat ini. Apa syaratnya?

  1. Jumlah Stok Artikel Banyak
  2. Sudah Berlangganan Autoresponder

# Jumlah Stok Artikel Banyak

Seperti yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya, bahwa nantinya dalam sistem autoposting artikel ini yang akan dimuat ulang adalah artikel-artikel sejak awal Anda ngeblog. Jumlah artikel Anda sedikit, maka pengunjung akan mudah sekali bosan dijejali artikel-atikel yang menimbulkan kesan “Perasaan baru minggu lalu saya baca ini”.

Akan berbeda bila stok artikel Anda sudah di atas 100. Apalagi kalau Anda adalah tipikal blogger majalah yang artikelnya terbit 1 minggu sekali. Boleh jadi pengunjung Anda akan lupa-lupa ingat, hehehe… Bahkan untuk pengunjung baru blog Anda, artikel repost tersebut adalah artikel baru.

# Berlangganan Autoresponder

Kenapa harus? Karena lewat autoresponder lah kita akan memberi tahu artikel-artikel yang akan dipublish. Berarti hanya mereka yang terjaring dalam list subscriber saja dong, yang akan ‘terseret arus’ rotasi artikel? Dengan terpaksa saya jawab iya. Sementara ditelan dulu saja, karena penjelasan soal sistem ini versi saya ada di bawah.

Lagipula menggunakan autoresponder tidak ada ruginya. Anda bisa mulai membangun list subscriber. Nantinya bisa Anda apakan sesuka hati, mau dioptimalkan untuk meningkatkan penghasilan lewat email marketing, ataukah dipakai mengelola pengunjung setia blog, termasuk salah satunya sistem manajemen autoposting ini.

Oh ya, sebisa mungkin agar optimal pastikan autoresponder Anda bisa melakukan broadcast terjadwal. Karena belum tentu semua autoresponder bisa melakukan hal ini. Kalau email follow up sih, rasanya semua bisa hanya saja ada paket email follow up yang unlimited (disarankan) dan ada yang terbatas.

BAGAIMANA CARA KERJANYA

Sistem ini hanya berlaku pada subscriber blog kita. Jadi untuk pengunjung yang tidak masuk di dalam list tidak akan merasakan efek apa-apa. Mereka bahkan mungkin berpikir blog kita kok ya ngga pernah diupdate lagi. Jadi Anda tetap harus posting meski jarang kalau mau menambah jumlah kunjungan blog. Kecuali artikel Anda benar-benar ter-SEO dan selalu saja ada traffic gratis dari search engine. Inti sebenarnya sih memaintenance yang sudah masuk list.

Karena yang mendapatkan email-email pemberitahuan ada update artikel secara otomatis adalah pengunjung-pengunjung yang ada di list subscriber. Makanya sebisa mungkin settinglah blog Anda seoptimal mungkin agar pengunjung yang baru nyampai atau kesasar, paling tidak mereka meninggalkan jejak dengan mendaftar sebagai list subscriber Anda.

INI LANGKAH-LANGKAHNYA

PERTAMA, stoklah banyak artikel. Anda bisa memilih apakah dengan menulis semua stok di awal, ataukah berjalan seiring dengan waktu. Yang penting, artikel Anda tidak terikat dengan waktu.

Di wordpress, untuk meminimalisir terdeteksinya artikel tersebut sebagai artikel lama Anda bisa mengatur permalink dan mengedit themes agar tidak memunculkan waktu (tanggal) posting.

Untuk itu, Anda bisa belajar dari Cosa Aranda lewat produk “The Art of Stealing WordPress Themes”. Atau kalau malas, bisa juga cari themes yang menampilkan waktu posting artikel dengan tulisan yang kecil.

Dalam contoh kasus ini anggaplah stok artikel Anda 150. Lebih banyak lebih afdol, hehehe… Bisa-bisa ntar pensiun and ngga nulis lagi. Oke lanjut.

KEDUA, setelah 150 artikel sudah terpublish semua dan dengan asumsi Anda sudah punya member list subscriber, untuk posting-posting selanjutnya bisa Anda ambilkan dari artikel yang pertama Anda tulis (artikel no.1).

Segera buat 150 email broadcast terjadwal yang isinya adalah pemberitahuan update artikel baru. Tentu saja artikel yang dimaksud disini adalah artikel berurut dari no.1 s/d 150.

Jadwal email broadcast bisa Anda sesuaikan dengan jadwal posting rutin blog. Dan nantinya, dalam menuliskan email broadcast ini upayakan agar isinya tidak sama dengan ketika Anda broadcast pemberitahuan artikel yang dulu.

Misal, artikel no.1 isi emailnya bla bla bla… maka di artikel no.1 yang direpost isi email broadcastnya jangan sama!

KETIGA, sebenarnya ini alternatif special untuk orang-orang baru / subscriber baru Anda bisa manfaatkan email follow up.

Jadi sejak mereka mendaftarkan nama dan emailnya, maka secara konsisten mereka akan mendapatkan email follow up yang isinya adalah link artikel Anda mulai dari no.1.

Jadi nanti contoh polanya :

  • Email Follow Up 1 : ucapan terima kasih sudah bergabung dengan newsletter Anda
  • Email Follow Up 2 : artikel no.1
  • Email Follow Up 3 : artikel no.2 dan seterusnya

Nah, dengan demikian secara ngga langsung kita udah membidik 2 segmen.  Subscriber lama (dengan email broadcast terjadwal) dan subscriber baru (dengan email follow up).

MANFAATNYA?

Kalau soal manfaat balik ke masing-masing pribadi deh. Mungkin bisa juga Anda gunakan manakala sudah jenuh blogging dan ingin beristirahat untuk sementara waktu.

Cara ini juga bisa dikembangkan ketika Anda ingin mengalihkan fokus, misalnya dengan membangun blog baru atau bisnis baru tanpa meninggalkan para pengujung setia.

Saya pribadi ngga bisa optimal dengan cara ini. Why? Karena saya suka menulis. Kebiasaan, jadi berasa ngga enak kalau ngga nulis di blog. Makanya bisa sampai stok artikel. Hehehe…

Bagaimana dengan Anda rekan-rekan? Semoga ada manfaat dari posting ini.

Salam Sukses,
arief maulana
space

PS. Kalau ada yang kurang jelas, bisa didiskusikan lewat komentar di bawah. Oh ya, sambil diamati komentar-komentar sebelumnya. Barangkali yang Anda tanyakan sudah dijawab sebelumnya

Manajemen Autoposting Artikel Blog (Bag.2)
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:                 

118 thoughts on “Manajemen Autoposting Artikel Blog (Bag.2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,560 bad guys.