Oleh : Arief Maulana

Panduan DasarBila sebelumnya saya sudah pernah bertemu Mas Cosa secara personal dengan mas Ardy Pratama, maka tadi malam saya kembali bertemu dengan beliau dalam event yang agak resmi, yaitu Gathering Member Panduan Dasar yang berlokasi di Sonnen Café, Sinar Bintoro Surabaya.

Saya kebetulan tiba di café sekitar jam 19.30 (untung macet di jalan belum parah), dan rupanya masih seorang diri disana. Padahal acara dimulai jam 20.00. Sambil menunggu saya putuskan untuk memesan Capucino Art hingga beberapa menit kemudian ada 2 peserta datang. Satunya Mas Adit dari Malang dan satunya Mas Indra dari surabaya (ini yang beberapa hari lalu telpon saya, tanya waktu gatheringnya).

Selang tidak terlalu lama, Mas Cosa terlihat duduk di sudut café, santai dengan kaos orange. Duduk tenang sambil membawa buku gambar yang nantinya dipakai untuk presentasi materi special “Teknik Blackhat Bisnis Adsense dan Bisnis Amazon”, sebagaimana pemberitahuan Mas Cosa di situs Panduan Dasar. Saya dan teman-teman pun nyamperi kesana.

Sebagai obrolan pembuka, kita membicarakan seputar tour de Indonesianya Cosa Aranda. Termasuk cerita dia waktu kunjungan di daerah-daerah luar pulau yang notabene akses internetnya susah. Jadi kalau ada orang daerah yang sukses itu benar-benar luar biasa. Sambil ngobrol, satu persatu member Panduan Dasar mulai datang.

Total yang saya hitung member PDC yang datang kalau tidak salah ada 13 orang (termasuk saya), dari berbagai belahan kota : Sidoarjo, Surabaya, Gresik, Tulung Agung, Malang, dan Solo.

Acara sempat tertunda dan baru dimulai jam 20.30. Niatnya sih menunggu seorang teman yang jago bisnis Amazon, Iphin Chow, datang langsung dari Solo (niat banget). Ceritanya Mas Iphin kesasar di daerah Ampel, dekat Pelabuhan Tg.Perak. Daripada kemaleman menunggu akhirnya Mas Cosa memutuskan memulai sesi materi.

Sesi materi dibuka dengan disclaimer, yang intinya adalah Mas Cosa sudah pernah mencoba teknik tersebut dan berhasil (uang sudah diterima). Walau dia berhasil, belum tentu kita bisa berhasil juga. Jadi kalau gagal, agar ngga menuntut garansi (seperti di bisnis ebook). Adapun penjelasan materi ini adalah sebatas wacana saja sehingga tidak disarankan untuk dilakukan. Diberitahukan oleh Mas Cosa kepada kita, karena dia melihat ada beberapa situs menjual panduan blackhat yang mengarah pada metode ini.

NOTE : Untuk materi, maaf saya tidak bisa paparkan mengingat ini disampaikan khusus untuk member PDC yang datang di acara gathering tersebut. Bila ingin konsultasi (masih dalam batas general), Anda bisa kontak saya.

Pasca penjelasan soal disclaimer, materi pertama yang disampaikan adalah bagaimana bermain blackhat di Bisnis PPC, khususnya Google Adsense. Dalam hal ini, pelanggaran yang kita lakukan adalah 2 hal. Pertama, pelanggaran dari Bad Traffic dan pelanggaran dari Force Click. Peluang banned account google adsense tentu lebih besar, apalagi kalau account kita baru. Cosa sendiri mencobanya dengan account lamanya dan website yang dijadikan percobaan kebetulan sudah punya traffic SEO yang tinggi. Dengan demikian aman. Dan masih banyak lagi trick untuk mengamankan proses blackhat ini.

Yang jelas teknik blackhat google adsense tersebut sederhana, simpel, dan bisa dilakukan oleh semua orang (yang tahu tentunya). Bahkan lebih sederhana dari teknik Blackhat Google Adsense milik Wely Mulia. Walau dari segi naturalisme, lebih natural caranya Welly.

Materi kemudian dilanjutkan dengan teknik blackhat untuk bermain di bisnis Amazon. Untuk teknik yang ini, jenis pelanggarannya jauh lebih berat karena menyangkut hukum internasional. Bisa-bisa rumah Anda nanti didatangi oleh FBI untuk menggerebek Anda. Ngeri? Pasti! Tapi komisi yang didapatkan bisa besar. Sayangnya strategi yang ini, benar-benar teknis (tidak semudah blackhat google adsense), dan membutuhkan keahlian coding html + PHP. Sehingga kudu mempelajari ilmu coding dari Produk Panduan Dasar Membuat Websitenya Cosa.

Penyampaian materi menggunakan buku gambar sebagai pengganti slide power point. Dan materi berakhir sekitar jam 21.15. Kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab masalah kedua materi ini ataupun strategi-strategi blackhat lainnya.

Hingga sekitar jam 22.00, usai mengabsen (tulis nama, username Panduan Dasar, saran kritik), Mas Cosa pun pamit pulang. Dia menutupnya dengan pesan-pesan bijak, “Kalau memang mau main blackhat, jangan serakah dan kudu siap mental kalau di banned.”

Kepulangan Mas Cosa diikuti pula dengan beberapa member lainnya. Yang tersisa : saya, mas Adit (malang), Yohanes (Surabaya), Mas Udin (Tulung Agung), Mas Iphin Chow (Solo). Kita sharing sampai jam 00.30.

Yohanes, mahasiswa semester 4, banyak bercerita tentang ribuan dollar yang sering didapatkannya dari blackhat adsense. Dan sempat saya tanyakan juga ke depannya, ternyata dia tetap akan konsisten di jalur blackhat. Lain dengan Mas Udin yang udah profesional di jalur white hat adsense (udah ribuan dollar juga / bulan), meski sesekali suka iseng coba blackhat.

Makin malam, yang tersisa cuma 3 orang : saya, Mas Udin, dan Mas Adit. Yang banyak tanya dan konsultasi sih mas Adit. Saya banyak mengamati saja, karena fokus bisnis saya kan affiliate marketing. Pun ketika masih ada Mas Cosa, di sesi tanya jawab saya hanya mengamati. Pasalnya yang datang disana pelaku bisnis adsense semua. Hanya saya yang affiliate marketing.

Inti dari semuanya ini, kesimpulan saya adalah…

Teknik blackhat itu benar-benar ada dan terbukti efektif untuk meraup income besar dalam waktu singkat. Hanya saja semua kembali ke nurani kita masing-masing, karena blackhat adalah CARA CURANG. Dan tiap orang tentu punya persepsi berbeda dalam menanggapi penghasilan yang diraih dengan cara curang atau dengan main di jalur lurus.

Sesi sharing selesai, saya pulang. Saking asiknya saya lupa belum makan malam, hingga di perjalanan pulang cari resto yang buka 24 jam. Sampai di rumah jam 01.30. Untungnya bawa mobil, jadi meski agak ngantuk masih lebih aman. Pun misal benar-benar ngga kuat bisa menepi dan tidur sejenak.

Semoga liputan ini bermanfaat!

SEKILAS INFO :

Untuk rekan-rekan pengunjung setia Blog Motivasi, Bisnis, dan Manajemen Diri (AriefMaulana.com), update blog ini sekitar 4-5 hari sekali. Saya memang sengaja tidak memposting setiap hari, walau stok materi ada. Semua sudah dischedule kecuali ada materi yang sifatnya insidentil.

Bia memang rekan-rekan ingin membaca tulisan saya yang lebih rajin update, silahkan mampir dan bergabung saja dengan dengan feednya untuk mendapatkan pemberitahuan update artikel di Catatan Arief Maulana (AriefMaulana.net).

Salam Sukses,
arief maulana
space

Liputan Gathering Member Panduan Dasar, Surabaya
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:                     

111 thoughts on “Liputan Gathering Member Panduan Dasar, Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,556 bad guys.