Oleh : Arief Maulana

Langkah kecil untuk sukses, agenda, list to doLakukan ini dengan konsisten …

Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan kiriman email dari Andrie Wongso, Sang Motivator No.1 Indonesia (saya subscribe email di webnya). Di email tersebut beliau mengingatkan saya satu hal penting yang sering dilupakan oleh banyak orang dalam menempuh perjalanan suksesnya. Apa itu? HARI INI.

Sukses adalah sebuah perjalanan panjang yang melelahkan baik itu secara fisik, pikiran, maupun mental. Dan perjalanan itu tidak akan terjadi bila tidak dimulai dengan hari ini. Pertanyaannya seberapa efektifkah Anda menghabiskan waktu hari ini? Biar gampang kita mulai dengan renungan singkat, hehehe…

Ketika Anda bangun tidur pagi tadi, sudahkan Anda memikirkan apa yang akan Anda lakukan selama 24 jam kedepan? Ataukah Anda hanya mengalir saja dalam menjalani kegiatan selama seharian ini.

Mengapa saya menanyakan ini, tidak lain karena kebanyakan orang menjalani hari-harinya tanpa sebuah perencanaan yang matang. Akhirnya yang terjadi adalah hari itu habis dengan kegiatan yang tidak terfokus (tidak jelas arahnya) dan cenderung tidak efisien. Kalo ini terjadi produktivitas kerja pun menurun.

Anda pernah ngga mendengar ungkapan, ”Keputusan Anda hari ini, akan menentukan dimana dan bagaimana keadaan Anda 2-3 tahun ke depan…”. Kalau Anda punya side job MLM, kata-kata ini akan terdengar familiar sekali. Tapi kalau kita renungkan ya ada benarnya juga. Bukankah kondisi kita saat ini adalah hasil dari semua tindakan dan keputusan kita 2-3 tahun yang lalu.

Artinya apa, ketika Anda memutuskan untuk memiliki kualitas kehidupan yang lebih baik ke depannya, maka Anda harus memulainya dari hari ini. Satu-satunya cara untuk meramal masa depan adalah dengan menciptakannya, dan itu dimulai dari hari ini.

Nah, langkah sederhana apa yang saya maksudkan untuk mengefektifkan hari ini? BUATLAH LIST TO DO atau LIST KEGIATAN YANG HARUS DILAKUKAN. Buatlah beserta dengan waktu pelaksanaannya. Sederhana bukan? Namun langkah kecil dan sederhana ini ternyata memiliki manfaat besar yang juga akan menunjang kesuksesan kita. Apa itu?

Membuat Kerja Menjadi Fokus

Dengan list ini kerja akan lebih fokus karena Anda tahu apa saja yang harus Anda lakukan dan seberapa penting aktivitas itu. Bukankah dalam membuat list to do kita juga memikirkan kira-kira apa saja yang perlu kita lakukan selama satu hari ini.

Semua yang akan Anda lakukan sudah terstruktur dengan rapi. Anda tidak perlu lagi kehilangan energi sia-sia hanya untuk memikirkan apa yang akan Anda lakukan bila satu pekerjaan sudah selesai. Dan ini adalah gaya kerja para manajer sukses di perusahaan. Tahu dari mana mas? Saya punya kenalan mantan manajer PT. Alstom Power yang sekarang pindah jadi manajer di HSBG. Jadi kadang-kadang kalau ketemu beliau suka sharing sama saya.

Mengefisienkan Waktu Kerja

Dari segi pengaturan waktu kegiatan, list ini akan sangat membantu Anda. Dalam membuat list ini, Anda bisa mengatur sendiri perkiraan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk setiap unit aktivitas. Dengan demikian, Anda bisa memaksimalkan setiap waktu yang ada.

Saya yakin, dengan list to do ini akan kelihatan sekali nantinya bahwa ternyata banyak sekali waktu-waktu non produktif yang kita habiskan dalam satu hari. Andai itu diubah menjadi aktivitas yang produktif tentu akan luar biasa hasilnya.

Ingat, Allah memberikan waktu yang sama untuk semua orang (24 jam). Namun, yang membedakan antara orang sukses dan orang gagal adalah bagaimana cara mereka memanfaatkan dan mengelola waktunya.

Membiasakan Diri Bekerja Dengan Target / Goal

Hampir semua orang sukses di dunia ini bekerja dengan goal / target {visi itu penting}. Mereka mengetahui dengan jelas apa saja goal-goal yang harus mereka capai untuk bisa menjadi orang sukses. Mereka membuat goal bertahap mulai dari goal harian, goal bulanan, dan goal tahunan. Disamping itu mereka juga konsisten dalam setiap usaha untuk mencapai goalnya. Itulah yang membuat perjalanan sukses mereka mencapai finish.

Nah, dengan membuat list to do sama artinya dengan Anda membiasakan diri untuk melakukan kebiasaan orang sukses, yaitu membuat goal harian yang harus Anda capai. Bagaimana merancang goal yang efektif silahkan baca disini.

Memudahkan Anda Berprestasi

Ini masih erat kaitannya dengan efisiensi waktu kerja (point pertama). Ketika Anda bisa bekerja dengan efektif dan mengubah waktu non produktif menjadi lebih produktif maka biasanya hal itu secara otomatis akan meningkatkan kinerja yang optimal.

Kalau sudah begitu, apa ngga senang atasan Anda? Tentu dia akan memberikan nilai plus untuk Anda. Kalo udah gitu, siap-siap aja. Begitu ada promosi, peluang Anda untuk masuk besar sekali. Tapi jangan lupa imbangi dengan pengembangan diri Anda {pengembangan diri itu penting}.

Ternyata manfaat dan keuntungan dari membuat List To Do ini begitu besar bukan. Dan tahukah Anda untuk memperoleh semua manfaat besar itu yang Anda butuhkan hanyalah 10 – 15 menit saja setiap hari.

Buatlah daftar ini di malam hari ketika Anda akan beranjak tidur. Jadi keesokan harinya, Anda sudah bisa beraktivitas sesuai dengan program Anda. Lakukan kebiasaan ini secara konsisten selama 30 hari penuh (jangan absen). Maka hari ke-31, Anda akan melihat hasilnya.

Hari kemaren adalah cek yang sudah dicairkan. Hari esok adalah cek yang belum diberikan. Dan HARI INI adalah kesempatan terbaik Anda untuk memperbesar Cek yang akan Anda dapatkan esok.

Kita tidak pernah tahu apakah hari esok akan datang lagi sebagaimana ”hari ini” yang telah Anda habiskan. Maka rencanakan masa depan Anda dengan matang.

Kesimpulannya waktu Anda hanya HARI INI. Lakukan yang terbaik HARI INI. Bersemangatlah mulai HARI INI. Milikilah kehidupan bahagia Anda mulai HARI INI.

Selamat mencoba, semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk Anda.

Salam Sukses,
Photobucket
space

Langkah Kecil Untuk Sukses
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

46 thoughts on “Langkah Kecil Untuk Sukses

  • MEMBUAT KERJA MENJADI FOKUS
    kebanyakan orang melakukan pekerjaan diluar lingkupnya, nyambi ini-itu atau apalah sehingga konsentrasi jadi terbagi2

    MENGEFISIENKAN WAKTU KERJA
    Banyak dari kita-kita ini juga suka mengulur-ulur waktu kerja (biar dapet overtime …hehehe)

    MEMBIASAKAN DIRI ANDA BEKERJA DENGAN TARGET / GOAL
    Kalo target dept / perusahaan sih biasaya ada dan dgn sangat terpaksa dilaksanakan, tapi target personal jarang orang memiliki.

    MEMUDAHKAN ANDA UNTUK BERPRESTASI
    Nah..yg ini biasanya berprestasi kalo dekat dengan bulan2 kenaikan gaji.. dan diliat bos

    Ini yg saya amati dari lingkup kerja saya ya?..(sbg karyawan),
    Makanya dari seribu atau bahkan jutaan orang hanya satu atau dua orang yang meraih sukses…, padahal menurut artikel mas, hanya langkah kecil ya mas untuk meraihnya..hehehe

    Nice Article

  • Orang Indo ini sebenarnya pintar-pintar kan? coba kalo ada Olimpiade fisika / matematika, pasti indo dapat rangking 5 besar.

    Menurut saya sih, satu kekurangan kita adalah : Tidak Konsisten

    bahkan kata AA*** mengatakan mulailah dari yang kecil dan lakukan yg paling mudah, sebelum melakukan yang besar dan yang paling sulit., asal terus menerus …kalo saya nggak salah mengutip perkatan beliau (maaf kalo saya salah, habis udah lama gak muncul di TV) …hehehe

    Setuju dgn artikel mas yg mengatakan kuncinya harus Konsisten

  • Agh, gue uda seperti itu! tapi kog ga perubahannya

    wibie
    http://www.winet-online.com

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Udah berapa lama mas seperti itu? Yang namanya perubahan emang ngga bisa mendadak. Butuh waktu dan proses.

    Kalau yang mas maksud perubahan ekonomi, ya memang kudu cari side job yang bisa mendatangkan passive income. Saya yakin ketika metode list to do ini benar-benar diefektifkan akan ketemu waktu-waktu non produktif.

    Nah, di waktu-waktu non produktif tersebut, pakailah untuk membangun kerajaan bisnis Anda sendiri. Caranya bagaimana? Cara paling mudah (bukan berarti gampang) bisa dilihat di http://www.3Langkah.co.cc atau http://www.PenulisBestSeller.co.cc

  • jangan anggap yang kecil itu remeh :d, si kecil adalah langkah awal kita menuju yang besar (bener gk yah)

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Bener banget mbak. Segala sesuatu yang besar tersusun atas bagian-bagian kecil. Jangan sampai kita berangan-angan membangun sesuatu yang besar namun rapuh di elemen-elemen kecil gara-gara kita remehkan.

  • Well, mungkin itu yang membedakan kenapa kualitas pegawai di luar negeri jauh lebih baik. Apalagi skala penilaian untuk bisa meraih posisi tertentu adalah dari prestasi kerja dan kontribusi terhadap perusahaan.

    Yang saya amati, mereka cenderung untuk bersikap profesional dan bekerja sesuai aturan walau tidak ada yang mengawasi.

    Mungkin pola pikir rekan-rekan kita perlu dibenahi kali Pak. Hehehe…

    Dan satu lagi Pak, justru karena langkah kecil inilah orang terkadang meremehkannya. Padahal dalam perjalanan menuju sebuah kesuksesan tidak boleh ada hal sekecil apapun yang kita remehkan.

  • se7 sekali ….. cuma terkadang teori mudah tapi prakteknya itu lho yg susah … tapi semua tergantung niat dr individu itu sendiri juga khan ?

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Kalau ada godaan syaitan, maka ada juga godaan gagal. Kadang-kadang udah mulai, ditengah-tengah mulai deh berhenti… Kuncinya harus istiqamah.

  • setuju artikelnya bagus sekali. prestasi emang harus ditunjukkan dengan bukti. keadaan sekarang adalah bukti hasil kita yang kemarin. kalau dibiarkan seperti air mengalir, air nggak mungkin mengalir ke atas tanpa ada bantuan. makanya perlu perencanaan.

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Sepakat saya…

  • tul mas..banyak orang yg sukses hari ini itu udah diplaning beberapa tahun yg lalu…klo saya dari dulu planning tapi ngga tercapat so hasilnya juga kurang maksimal…tapi sekarang mencoba membuat planing di whiteboard ato agenda, tapi ya msh aja belum bisa fokus :D , mudah2an bisa terwujud..yang penting ada usaha untuk memulai…..betul ngga?hehehe…

    btw lg megaproyek online apa offline neh? :D

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Bener banget mas… selama ada kemauan yang kuat dan niat yang pas saya yakin bisa.

    Megaproyeknya online yg diharapkan ngefek ke offline… Mungkin nanti mas aruta bakal dapat undangan dan proposal dari saya. hehehe… ditunggu aja mas.

  • Sebuah perencanaan yang matang hari ini memang dampaknya sangat signifikan terhadap hari-hari yang akan kita lalui. Makanya jargon hari ini lebih baik dari kemarin, dan esok harus lebih baik dari sekarang, sebenarnya kalau kita bisa jalani dengan fokus dampaknya sangat bagus untuk mengarungi kehidupan.
    Oh ya mas, saya sudah jadi member masteradsense lewat sampean. Tapi masih ada kesulitan dalam copy code htmlnya utk dipasang di blogku.

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Sepakat mas. Btw about master adsense tak bales via email aja ya…

  • 1000 langkah kecil lebih berarti dari pada satu langkah besar kemudian berhenti… langkah kecil ini bisa dibuktikan dengan List To Do. Apa yang akan anda perbuat hari ini. Posting mas arif ini memberikan penyegaran pikiran saya… trims mas arif.. ini hanya saran… mas sudah baca buku DNA Recode. itu bagus mas untuk dukung posting ini.. trims..

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Sama-sama mas… Ntar deh coba saya anggarkan untuk beli buku tersebut. Trims untuk referensinya.

  • Jadi ingat pepatah Arab kuno yg berbunyi waktu seibarat telur yg berada di ujung sebilah pedang, kendalikanlah ia, jangan sampai terjatuh hingga pecah.

    Karena hari berarti waktu, maka manfaatkanlah dan kendalikanlah waktu amanat Tuhan sebaik mungkin agar ia tidak jatuh lalu pecah, yang akan membuat kita menyesal kemudian.

    Makasih untuk artikelnya mas Arief, tulisan2x anda memang berbobot dan enak untuk dibaca.

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Bener Mas Abi, saya setuju. Allah saja bersumpah demi waktu, bahwasanya manusia sesungguhnya berada dalam sebuah kerugian yang besar. Hanya mereka yang mau menggunakan waktunya sebaik mungkin untuk kebaikan yang akan memperoleh berkah dan nikmat baik di dunia maupun di akhirat.

  • yup yang menulis adalh seorang mahasiswa its yang berprestasi dibidang pengembangan diri dan manajemen diri juga sangat berpengaruh disetiap lingkungan dia berada.

    ini sudah pernah kulakukan tapi yang sebagian saja dan tidak konsisten, but akan saya susun lagi jadwal dan goa2l saya. thanks rief da ingetin kita semua

    related post

    http://adiwardana.blogspot.com/2008/12/keahlian-marketing-yang-harus-anda-tahu.html

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Yg dimaksud adalah yg menulis comment, yaitu Mas Adi Wardana sendiri rekan-rekan. Saya pun belajar banyak dari beliau.

    Seperti kata mentor kita dulu Di, konsistensi mengalahkan segalanya. Ayo… didengerin lagi Net-P nya. Hehehe… kadang-kadang aku masih suka dengerin Net-P, cari inspirasi dan semangat…

  • iya Mas. sepakat deh. tapi untuk jaga konsistensinya itu lho. kalau nggak ingat impian, udah ke laut kali………….

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Memang menjaga sebuah konsistensi itu tidak mudah. Diperlukan dream yang kuat untuk bisa melaksanakan itu semua. Seperti lagunya nidji :

    Mimpi… adalah kunci, untuk kita menaklukkan dunia
    Berlarilah tanpa lelah, sampai engkau meraihnya…

  • WEks, pertamaxx nya uda dipesen sama yg empunya blog.. heheh..

    Nice info bos, di saat seperti ini saya memang sedang membutuhkan support motivasi dan artikel2 sepert ini.. Saya saat ini cukup pusing dan bingung dengan pekerjaan saya, lagi masa nya down and down….. :(

    Salam kenal dari – s L i K e R s –

    Saya pasti sering mampir kesini…. :)

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Gampang deh boz… ntar di artikel berikutnya saya ngga jadi pertamax, premium aja hehehe… Makanya segera subscribe emailnya di pojok kanan atas. Jadi kalo ada artikel terbaru, bisa segera datang da jadi pertamax…

    Kenapa sayam jadi pertamax? pelampiasan karena ngga pernah jadi pertamax di blog orang. Hahaha

  • Agak nyambung dikit dengan posting lawas saya neeh, Mengapa Anda Tidak Memulainya Hari Ini…? Dari Training motivasi oleh James Gwee saya pernah diberi pepatah Cina-Tiongkok-Shanghay : Pu Pha Man, Ca Pha Can…. (Ada yang tahu artinya?). Nantikan, akan saya tulis di Posting blog saya, As Soon As Possible…
    Thnx Mas Arief, saya dapat ide dari kunjungan pagi ini di website anda…!

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Wah, senangnya kalau bisa memberi inspirasi ke orang lain. hehehe…

  • Tepat sekali sarannya mas,
    saya merupakan pemula yang harus banyak belajar dari mas arief.
    BUATLAH LIST TO DO : List yang dibuat rutinitas atau hal2 yang besar saja ?,

    Mengenai target ,saya setuju TArget itu penting sekali dalam hidup ini,
    bahkan di kerjaan ku sekarang, menentukan target standar harus 30 % lebih baik dari target awal.

    saya punya konsep hidup ini,” Jangan harap sempurna 5 % pun jadi
    lakukan dengan segera” lebih ke bersiap bidik tembak, namun terkadang saya harus memperbaik di saat jalannya pekerjaan,Menurut mas arief bagaimana ?

    Salam Sukses !

    ARIEF MAULANA menjawab :

    List to do yg biasa saya buat adalah semua kegiatan mas. Namun di tiap-tiap point saya berikan prioritas mana yg penting. Nah, yang masuk kategori ngga penting, ada kemungkinan bisa ditunda bila ada kebutuhan / kegiatan mendadak yg sifatnya mendesak dan merusak jadwal.

    Kalau saya, miliki goal yang tinggi. Kerja keras untuk mencapai goal tinggi tersebut. Anda meleset, hasilny masih besar…

    Daripada goal kecil, meleset tidak mendapatkan apa-apa…

  • ssalam.

    mas arief, saya affiliate anda baru kemarin rabu gabung. terus terang, saya masih mempelajari sistem SMUO itu, jg mempelajari referensi bisnis online yang dikasihkan mas arif kemarin. ada beberapa pertanyaan dan permasalah yang mau saya tanyakan tentang bisnis OL ini.

    1. saya dah punya blog di wordpress, tapi sekarang baru tahap built in, dulu punya di blogspot, multiply. tapi kurang serius digarap yaitu tentang produk-produk kelapa, bagaimana bs blog itu dikemas menjadi menarik, katakanlah seperti blognya http://www.3langkah.co.cc , http://www.penulisbestseller.co.cc, http://www.blogbisnisinternet.co.cc, bagaimana mengatur smuanya, fasilitas apa yang harus saya miliki..?

    2. bagaimana sesungguhnya uang itu bekerja untuk kita, manakala kita sudah punya blog? dengan cara apa uang itu dapat mampir ke rekening kita?

    3. tentang reseller, saya sedang mempelajarinya, how to create it… namun belum sampai pada tataran aksi…, coba saya ingin tahu step2nya…. dan

    4. terakhir, saya ingin tampilan di wordpress lebih cantik, belum lama saya buka2 wordpress, jadi belum menguasai fitur2 di wordpress, dan mas arif menawarkan dalam blognya ttg mempercantik wordpress, tapi mas, saya ndak punya uang tuh untuk beli bisnis OL… 150.000,- he2x abis untuk bayar SMUO kemarin…..boleh dong tipsnya…

    Sukses mas..!

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Saya jawab via email aja ya mas…

  • Kecil2 cabe rawit, kata orang. Tembok Cina yang kokoh dibuat dari sekumpulan butir-butir pasir KECIL, hingga kin tembok tersebut masih koko berdiri. Jadi jangan remehkan yang kecil. Ada yang besar karena dari yang kecil dulu. Jangan lupa membaca dari hal kecil … Ayo simak aja di http://www.investasi7.wordpress.com (No. Sponsor 8D16A121)

  • Saya sering menyebutnya sebagai hidup yang lebih “disengaja” untuk isi artikel ini. Rasanya seperti baru ikut seminar motivasi nih….:-)

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Dateng aja ke Sidoarjo mas… tak kasih seminar gratis… hehehe…

  • Sip banget mas arief, artikel yang sangat menarik dan menjadi pelajaran nich buat saya. Ngomong-ngomong waktu itu mas arif minta source untuk smiley ya..saya lupa linknya, mau yang seperti punya saya atau punya si ardy?ntar kalo dah ketemu saya kabari dech.

    :D

    Regards,

  • thank you mas Arif atas artikelnya
    soalnya selama ini saya binggung menghadapi kegagalan hidup. and thank you ones again.

    1. Sama-sama. Biar lebih mantap dalam menghadapi kegagalan, silahkan baca artikel PAKET SUKSES. Gunakan fasilitas search for this website di pojok kanan atas dengan keyword "paket sukses"

  • Pingback: Kiat Profesional Dalam Bekerja | ARIEF MAULANA | Success Is The Way Of My Life

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,431 bad guys.