Oleh : Arief Maulana

Strategi Marketing Bisnis Online

Kemarin, saya baru saja mengikuti Kuliah Tamu “Strategi Marketing Bisnis Online“. Sebenarnya kuliah tamu ini khusus ditujukan untuk temen-temen yang ikut mata kuliah technopreneur makanya gratis. Saya coba daftar aja berhubung untuk mata kuliah entrepreneurship udah lulus dengan nilai bagus. Eh ternyata dari pihak panitia diizinkan.

Pembicaranya Mas Brian Arfi, pemenang Wirausaha Mandiri tahun 2009. Yang mana saat ini hidupnya full time dari bisnis online digelutinya dengan sangat profesional dan bahkan memiliki perusahaan sendiri DheZign Online Solution. Tidak main-main, pasar yang dibidiknya juga kelas premium. Paling tidak, Anda mesti punya budget minimal 5 juta jika ingin menggunakan jasa DheZign. Disamping itu, bersama istrinya beliau juga mengeloa Web Online Store “Pernik Muslim”.

Acara dimulai pukul 09.30 WIB. Agak terlambat sebenarnya dan berefek pada sempitnya sesi tanya jawab di akhir (karena disesuaikan dengan jam mata kuliah). Mestinya jatah beliau hanya 30 menit untuk presentasi materi dan sisanya sesi tanya jawab, namun mengingat materi ini basic dan dasar maka perlu waktu lebih banyak untuk presentasi. Hingga pada akhirnya sesi tanya jawab hanya disisakan 15 menit saja.

Sebagaimana acara seminar, kuliah tamu tentu dibuka dengan perkenalan diri Mas Brian dan berbagai prestasinya. Bukan untuk pamer sih, cuma sebagai impact agar peserta bisa lebih perhatian dan fokus. Kan biasanya kalau bukan siapa-siapa yang berbicara, kita cenderung kurang menghargai.

Materi dibuka dengan ulasan berbagai alasan kenapa mesti online marketing. Ada beberapa fakta dipaparkan disana dan cukup mencengangkan juga. Kemudian dilanjutkan dengan manfaat mempelajari online marketing. Cukup bagus lah sebagai pembuka.

Materi dilanjutkan dengan 3 inti pokok dari online marketing versi Mas Brian : SEO, Paid Advertising, dan Social Media Site. Pada bagian paid advertising, lebih menjelaskan beberapa jenis paid advertising dan cara kerjanya. Termasuk apa-apa yang perlu diperhatikan dari masing-masing system.

Untuk SEO, tidak banyak dibahas secara mendetail sebagaimana yang diulas di Cafe Bisnis. Maklum karena keterbatasan waktu, terpaksa hanya mengulas pengertian-pengertian dasar dari SEO, On Page Optimization, Off Page Optimization, dan juga 3 faktor penting dari SEO. Kata beliau sih, untuk SEO sendiri kalau didetilkan bisa seminar 3 hari.

Dari ketiga komponen online marketing, pembahasan justru lebih detil di masalah Social Media Site. Karena menurut beliau pangsa besar market online justru ada di social media site. Yang dikupas disini mulai dari pengertian apa itu social media site dan social networking site, prinsip-prinsip dasar dan karakter social media site serta alasan bisa begitu cepatnya berkembang, serta ditutup dengan bagaimana strategi menggunakan social media site untuk mendongkrak bisnis kita.

Beberapa hal yang menarik selama kuliah tamu. Hampir mayoritas peserta sepertinya baru mengenal konsep ini, termasuk para dosen tehcnopreneur. Entah ya, mereka cuma sekedar dosen yang mengajar teori bisnis atau praktisi bisnis yang sebenarnya. Sepertinya cuma saya dan beberapa temen-temen informatika yang mengerti apa yang disampaikan Mas Brian, tapi ngga tahu juga sih.

Kemudian, di awal sempat juga disinggung dan dilontarkan pertanyaan “Siapa  yang pernah membeli formula bisnis?”. Cuma saya yang mengacungkan tangan. Respon Mas Brian? “Satu orang kena tipu.” Dan beliau juga mengatakan bisnis affiliate marketing / reseller model beginian yang pada akhirnya membuat dunia online marketing sulit dipercaya. Marketing yang bombastis tidak diiringi dengan kualitas produk yang memadai. Meski demikian tidak semua produk jelek. Ada beberapa yang memang berkualitas.

Well, itu aja report dari saya. Alhamdulillah usai kuliah tamu ketika saya minta izin copy materi slide presentasi beliau mengizinkan hingga saya bisa sharingkan untuk Anda semua. Ini link downloadnya :

Salam Sukses,
arief maulana
space

Kuliah Tamu : Strategi Marketing Bisnis Online
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

131 thoughts on “Kuliah Tamu : Strategi Marketing Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,551 bad guys.