Kuliah Tamu : Strategi Marketing Bisnis Online

Oleh : Arief Maulana

Strategi Marketing Bisnis Online

Kemarin, saya baru saja mengikuti Kuliah Tamu “Strategi Marketing Bisnis Online“. Sebenarnya kuliah tamu ini khusus ditujukan untuk temen-temen yang ikut mata kuliah technopreneur makanya gratis. Saya coba daftar aja berhubung untuk mata kuliah entrepreneurship udah lulus dengan nilai bagus. Eh ternyata dari pihak panitia diizinkan.

Pembicaranya Mas Brian Arfi, pemenang Wirausaha Mandiri tahun 2009. Yang mana saat ini hidupnya full time dari bisnis online digelutinya dengan sangat profesional dan bahkan memiliki perusahaan sendiri DheZign Online Solution. Tidak main-main, pasar yang dibidiknya juga kelas premium. Paling tidak, Anda mesti punya budget minimal 5 juta jika ingin menggunakan jasa DheZign. Disamping itu, bersama istrinya beliau juga mengeloa Web Online Store “Pernik Muslim”.

Acara dimulai pukul 09.30 WIB. Agak terlambat sebenarnya dan berefek pada sempitnya sesi tanya jawab di akhir (karena disesuaikan dengan jam mata kuliah). Mestinya jatah beliau hanya 30 menit untuk presentasi materi dan sisanya sesi tanya jawab, namun mengingat materi ini basic dan dasar maka perlu waktu lebih banyak untuk presentasi. Hingga pada akhirnya sesi tanya jawab hanya disisakan 15 menit saja.

Sebagaimana acara seminar, kuliah tamu tentu dibuka dengan perkenalan diri Mas Brian dan berbagai prestasinya. Bukan untuk pamer sih, cuma sebagai impact agar peserta bisa lebih perhatian dan fokus. Kan biasanya kalau bukan siapa-siapa yang berbicara, kita cenderung kurang menghargai.

Materi dibuka dengan ulasan berbagai alasan kenapa mesti online marketing. Ada beberapa fakta dipaparkan disana dan cukup mencengangkan juga. Kemudian dilanjutkan dengan manfaat mempelajari online marketing. Cukup bagus lah sebagai pembuka.

Materi dilanjutkan dengan 3 inti pokok dari online marketing versi Mas Brian : SEO, Paid Advertising, dan Social Media Site. Pada bagian paid advertising, lebih menjelaskan beberapa jenis paid advertising dan cara kerjanya. Termasuk apa-apa yang perlu diperhatikan dari masing-masing system.

Untuk SEO, tidak banyak dibahas secara mendetail sebagaimana yang diulas di Cafe Bisnis. Maklum karena keterbatasan waktu, terpaksa hanya mengulas pengertian-pengertian dasar dari SEO, On Page Optimization, Off Page Optimization, dan juga 3 faktor penting dari SEO. Kata beliau sih, untuk SEO sendiri kalau didetilkan bisa seminar 3 hari.

Dari ketiga komponen online marketing, pembahasan justru lebih detil di masalah Social Media Site. Karena menurut beliau pangsa besar market online justru ada di social media site. Yang dikupas disini mulai dari pengertian apa itu social media site dan social networking site, prinsip-prinsip dasar dan karakter social media site serta alasan bisa begitu cepatnya berkembang, serta ditutup dengan bagaimana strategi menggunakan social media site untuk mendongkrak bisnis kita.

Beberapa hal yang menarik selama kuliah tamu. Hampir mayoritas peserta sepertinya baru mengenal konsep ini, termasuk para dosen tehcnopreneur. Entah ya, mereka cuma sekedar dosen yang mengajar teori bisnis atau praktisi bisnis yang sebenarnya. Sepertinya cuma saya dan beberapa temen-temen informatika yang mengerti apa yang disampaikan Mas Brian, tapi ngga tahu juga sih.

Kemudian, di awal sempat juga disinggung dan dilontarkan pertanyaan “Siapa  yang pernah membeli formula bisnis?”. Cuma saya yang mengacungkan tangan. Respon Mas Brian? “Satu orang kena tipu.” Dan beliau juga mengatakan bisnis affiliate marketing / reseller model beginian yang pada akhirnya membuat dunia online marketing sulit dipercaya. Marketing yang bombastis tidak diiringi dengan kualitas produk yang memadai. Meski demikian tidak semua produk jelek. Ada beberapa yang memang berkualitas.

Well, itu aja report dari saya. Alhamdulillah usai kuliah tamu ketika saya minta izin copy materi slide presentasi beliau mengizinkan hingga saya bisa sharingkan untuk Anda semua. Ini link downloadnya :

Salam Sukses,
arief maulana
space

  1. Khalid Abdullah says:

    salam kenal mas Arief……,:sip::sip::sip:

    perkenalan pertama, saya ijin download aja dulu ya mas Arief yang ganteng….,:hihi:

  2. abdoorahman says:

    Waktu mas Arif di bilang “Satu orang kena tipu”, reaksi yang lain gimana tuh mas :D…

    Tapi emang sih, tehnik marketing yang bombastis bisa bikin pemula bisnis online jadi punya mindset yang salah seperti cepat kaya,cepat sukses dll.

  3. kapan ya saya bisa mengikuti seminar2 bisnis seperti itu?..:hiks::hiks:

    Saya ingin sekali menjadi pebisnis meskipun saya tidak pernah dibekali ilmu bisnis semangat saya masih terus membara untuk menjadi sebagai pebisnis.

    Mau tanya pak, dari begitu banyaknya mentoring bisnis handal, bagaimana cara yang tepat untuk memilih mentoring yang sesuai dengan kita sebagai pemula. :hihi:

    • @ismail, undang dong mas. Jadi EOnya, trus undang pembicaranya. Kan ntar jadi bisa ikutan seminar bisnis.

      Sama juga kan dgn saya, ga ada background bisnis sama sekali.

      Kalau saya seorang pemula yg cari mentor, saya akan cari yang :

      1. Ga ribet. Dengan bahasa yang sederhana dia bisa membimbing.

      2. Ga mbulet. Dalam artian, kalau ngasih ilmu (meski bayar) ga tanggung2. Jangan dikit2 bayar dikit2 bayar.

      3. Siap membantu, pasca produknya terjual. Tidak lepas tangan gitu.

  4. Alhijr Adwitiya says:

    MasMaksudnya:“Satu orang kena tipu.” Dan beliau juga mengatakan bisnis affiliate marketing / reseller model beginian yang pada akhirnya membuat dunia online marketing sulit dipercaya. Marketing yang bombastis tidak diiringi dengan kualitas produk yang memadai.”

    ApaanYa??NgejekApamasBrian..?he

    • @Alhijr Adwitiya, silahkan di tanya sendiri ke Mas Briannya masalah “1 org kena tipu”.

      Kalau mengenai :

      affiliate marketing / reseller model beginian yang pada akhirnya membuat dunia online marketing sulit dipercaya. Marketing yang bombastis tidak diiringi dengan kualitas produk yang memada

      Memang benar kan. Sekarang banyak sekali produk2 ngga berkualitas yg dibungkus dengan sales letter memukau.

      Pada akhirnya membuat pembelinya kecewa betul dan menuduh “semua” bisnis affiliate marketing / reseller jelek.

      • @arief maulana, Sebuah pelajaran berharga buat saya yang sedang membangun bisnis afiliasi. Sebisa mungkin saya membuat panduan yang bermanfaat dan berbobot sesuai dengan kemampuan saya.
        Mohon doa dan dukungannya mas arief karena bagaimanapun saya sadar bahwa ilmu harus terus digali dan itulah prinsip saya membangun bisnis afiliasi.

        Saya ingin membantu orang lain dengan ilmu2 yang saya miliki. Bila tidak keberatan mas arif silahkan review produk saya. saya sangat butuh masukan dari orang2 seperti mas.

  5. Waduh rektor saya ta suruh baca ini deh..hehe..
    Siapa tau berminat ndatengin dosen tersebut.. Kan masih nyambung juga sama jurusannya.. :baca:

    • @kang romly, loh situ yg punya kota kok sy yang kabari :hihi:

      Yg aktif mas, cari informasinya. Coba cari info, siapa inet marketer terdekat di kota mas.

      Kalau perlu buat event undang pembicara dari luar. Ntar mas promosiin deh affiliate linknya selepas acara.

      Lumayan kan kalo seluruh peserta join di mas semua.

    • @promosi online internet, wah ga tau mas. Yg tau maksudnya ya si penanya. barangkali dia ada semacam pengalaman gitu.

      Saya sih ngga ngerasa tertipu. Malah awal dulu saya dapet duit ya praktekin apa yg diajarkan. Hingga akhirnya punya kebiasaan menulis.

  6. Muhammad Arifin says:

    :sip:n sedot dulu mas, itu kmren mas brian ada seminar di bandung mo dateng dah gada tempat :hiks:

    padahal bagus keknya materi seminarnya..

  7. Aku dah download via Ziddu lho mas… :hore:

    Kalo orang sudah sukses maka ngomong topik aja pasti menarik ya mas.. Coba kalo orang belum sukses bisnis online seperti saya lalu ngomong topik yang sama…wah pasti dilempari sepatu…:benjol::nyerah:

    • @Mirsatu, aduh terima kasih :mataduitan: :hore:

      Itu karena orang melihat bukti mas, bukan janji. Ga kaya politikus kita.

      Klo udah sukses, artinya yg disharingkan adalah pengalaman suksesnya, bukan bualan belaka.

  8. rauff risharasakti says:

    Benar tuh kata pemateri, bisnis MLM atau Afiliante tu membunuh bisnis internet marketing indonesia

    • @rauff risharasakti, sebenernya tidak semua mas. Bebeberapa produk affiliate marketing saya tahu sendiri kualitas produk dan komitmen foundernya.

      sayangnya jumlah yg jelek lah yang lebih mendominasi. Makanya saya jg sebagai affiliate marketer lebih mendorong konsumen ke produk yg berkualitas.

  9. Salam kenal mas Arief,
    Ga sengaja jalan-jalan eh… ketemu blog-nya mas Arief, menarik banget nih.
    Jadi saya numpang nongkrong ya disini barang 2-3 hari tuk baca-baca artikelnnya.
    Salam sukses dari petani
    AMIR HAMZAH

  10. Suarakelana says:

    dah selesai donlod mas, baru ngomong…:hihi: (gak sopan banget ya,,,)

    biz online udah masuk kampus juga ya mas, ternyata banyak juga anak kampus yg belum tahu

    • @Suarakelana, :ngakak: gpp mas, santai aja. Sebenernya udah lama masuk kampus mas.

      Cuma penetrasinya saya kira hanya di jurusan yg berbau komputer / IT aja.

      Dan itu pun ngga semua. Secara anak IT banyak juga yg ga percaya sama bisnis online.

      Padahal klo diseriusin, mestinya mereka bisa lebih ketimbang kita2 yg backgroundnya bukan IT

  11. well…
    keterbatasan waktu seminar tentunya akan sedikit yang dibahas…
    moga aja kalo mas Arief mau menyelenggarakan seminar yang serupa dengan pembahasan yang lebih menarik dan jelas agar mau termotivasi tuk bergerak…
    hehehe…
    :sip:

  12. mas,,,saya kok susah download yg ebook internet selling,,,,kenapa ya,,,udah ngisi name n email trus submit,,,kok ga bs2 knpa ya mas ??:nangis:

  13. yayayaya…sebagai pemula aku juga pernah tertipu dengan yang begituan….BOMBASTIS tapi MENGECEWAKAN SANGAT(CAPEDEH)..namun itu sebagai pembelajaran ….maju terus internet marketing Indonesia….I LOVE U FULL

  14. Mas Arief… akhirnya dengan minjam laptop kawan (lain provider) aq bisa komen disini:hore:

    Bagus sekali ya ada kuliah tamu yang hebat gitu…
    marketing hebat tanpa diiringi produk yg bagus gak akan berhasil ya mas?….

    sipp deh…aq bookmark dulu.. gk dikasi download ama teman nih :hehe:

  15. serius, belum lulus kuliah. Ini aja dah keancam DO.

    Padahal banyak banget universitas yang ‘minta’ supaya saya pindah kesana hihihi

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,853 bad guys.