Kontes Menulis : Tujuan Ngeblog

Oleh : Arief Maulana

Kontes Menulis
Kontes Menulis

Akhirnya sempat juga saya menulis untuk meramaikan kontes menulis yang diselenggarakan oleh Iwan Kus. Setelah sebelumnya disibukkan dengan urusan kampus mulai dari Tugas Merancang Kapal III, Tugas Akhir hingga persiapan untuk wisuda Oktober besok.

Menarik tema yang diangkat, karena mau tidak mau memaksa saya untuk membuka brankas memori, menemukan sepak terjang tujuan saya ngeblog sejak awal menggoreskan kata di lembaran digital ini. Mari kita mulai…

Semuanya dimulai pada awal Mei 2008 *membuka diary dalam ingatan*…

Pada saat itu adalah saat dimana saya mulai melangkahkan kaki di jagat internet marketing. Walaupun jalan setapak sudah dibukakan oleh para master melalui panduannya, tetap saja saya harus melaluinya seorang diri menghadapi segala tantangan yang ada.

Petunjuk pertama yang turun adalah … Buatlah Blog Bisnis!

Ya, itu tujuan pertama saya membangun blog, untuk menunjang bisnis, demi mengais penghasilan dari ladang internet marketing.

Hanya saja waktu itu saya bingung apa yang mau dituliskan. Bagi saya tidak mungkin menuliskan hal-hal yang berbau bisnis internet. Secara ilmu belum mumpuni dan saya juga merasa punya tanggung jawab moral atas setiap posting yang dipublikasikan. Bagaimana nanti bila saya ditanya, bagaimana dan bagaimana, terutama lagi bagaimana mempertanggung jawabkan apa yang sudah saya tulis.

Akhirnya saya memutuskan untuk menuliskan apa-apa yang menjadi hobi sekaligus merupakan bidang yang saya kuasai, seputar dunia motivasi dan manajemen diri. Walaupun tujuannya masih tetap, untuk bisnis. Sehingga meski blognya motivasi dan manajemen diri, di sidebar bertebaran banner-banner promosi yang menyesakkan mata karena ketidak teraturannya. Masih kurang? Saya tambahkan juga PPC. Intinya menulis demi uang.

Lambat laun saya berjalan, satu prinsip lagi saya pelajari. “Makin banyak memberi, makin banyak menerima.” Apalagi sabda Rasulullah, “Sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain” (correct me if I wrong). Disini orientasi tujuan ngeblog saya mulai berubah. Tidak lagi 100% bisnis, melainkan sebagian dengan tujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat.

Mindset mulai saya ubah. Fokus saja pada semangat berbagi nanti uang akan datang dengan sendirinya. Yang terpenting bagaimana menghadirkan posting yang berkualitas dan bermanfaat. Meski dalam prakteknya masih saja sering saya sisipkan unsur marketing di dalamnya hingga jadilah artikel marketing yang memberikan manfaat. Setidaknya para pembaca meski tidak membeli produknya, mendapatkan manfaat dari postingnya.

Pun banner saya rapikan dan iklan PPC saya lepas karena hanya memberatkan loading blog padahal hasilnya juga tidak seberapa. Saya ingin membuat pengujung merasa nyaman dan betah untuk menyerap informasi yang bermanfaat.

Dalam hati saya juga ingin, siapapun yang kesasar ke blog ini setidaknya mendapatkan manfaat meskipun sedikit. Mungkin bisa diibaratkan seperti halnya kita menyediakan tempat berteduh bagi para musafir, siapapun itu meski hanya sekedar memberikan mereka minum.

Saya hanya berharap semoga diberi kekuatan dan kesempatan oleh Allah untuk bisa terus berbagi meski dalam carut marut tulisan yang mungkin masih sering mbulet dan membingungkan serta gaya tulisan yang cenderung kaku. Yah, namanya juga masih belajar menulis. Bagaimana dengan tujuan anda ngeblog?

NB : Artikel ini ditulis dalam rangka mengikuti Kontes Menulis Blog IwanKus.com. Monggo yang mau ikutan bisa lihat infonya disini.

Salam Sukses,
arief maulana
space

  1. mudah-mudahan pertamaxx..hehe
    mencoba menanggapi sebagian isi artikel mas yang berbunyi..(halah kok ada bunyinya..ya,,hehe)
    “Saya ingin membuat pengujung merasa nyaman dan betah untuk menyerap informasi yang bermanfaat.”

    tujuan sekarang-sekarang itu yang masih saya benahi mas,, ^_^ kan sebaik-baiknya teman adalah teman yang memberikan suatu manfaat bagi teman lainnya bukan begitu mas?? copas pernyataan mas arief (Correct Me If I Wrong) ^_^

  2. ehm…..
    keren…
    sekali dayung 2 sampe 3 pulau terlampaui buat mas arif,
    sharing yang berujung pada mudahnya risqi dan banyaknya koneksi,,
    selamat…

  3. Makin banyak memberi, makin banyak menerima

    yes, alhamdulilah sekarang pun satrya sudah berpikir ke situ mas.

    Uang itu I.Allah akan mengikuti dan bahkan datang tiba2 bila keran rejeki kita sudah di buka kan lebar-lebar oleh Yang Maha Kuasa.

    Inspirational Article mas Arief :rate

    • @satrya,
      betul banget..
      >>Makin banyak memberi, makin banyak menerima<<
      tidak logis tapi ilmiah…
      karena apa?
      karena memberi itu suatu bentuk rasa syukur..
      dan kemudian rasa syukur tersebut akan Allah balas dengan menambahkan nikmatnya.
      (ada di Alqur'an)
      *cuma sharing doang*

  4. Ringkasan perjalanan NgeBlog seorang Arief Maulana ;)

    Meski ringkas tapi padat berisi

    Salah satu point yg akan saya ingat2 adalah NgeBlog untuk berbagi

    Meskipun saya juga ingin mengais penghasilan dari Blog, namun tujuan utamanya adalah memberikan info yg bermanfaat buat pengunjung
    perkara mereka mau beli/gabung atau tidak bukan masalah

    Secara pribadi, saya ucapin trima kasih banyak mas
    atas partisipasi anda

    Sebuah kehormatan bagi saya
    :nyembah::nyembah:

  5. Sejauh ini tujuan ngeblog saya (yang utama) masih sebatas menyalurkan hobi menulis saja sih. Kalau berbagi info masih belum dominan kayaknya, soalnya tulisan-tulisan blog saya kebanyakan model opini. Saya kurang begitu mahir mengemas/menulis tips, tutorial, maupun info :)

  6. Salam kenal mas arief dan kawan -kawan…
    Saya angkat 2 jempol utk tulisan mas arief…
    selama ini dalam pikiran saya mau bikin hanya utk mencari uang…cuma itu yang saya tau…wlu saya msh belum tau gimana caranya?!
    blog saya malah nyasar ke hoby saya yg suka bikin puisi..
    tpi blognya msh SUPER PREMATUR…
    (mohon petunjuknya mas arief dan kawan – kawan semua…)
    Tp setelah baca tulisan ini, saya seperti tersadar je…
    saya ingat ttg “hukum sebab akibat” kita tak akan menerima tanpa memberi terlebih dulu….(betul kan?!)
    Mudah -mudahan aja saya bisa berkaca dri blog mas arief ini… yg menurut saya keren abis….
    makasih….

  7. Awalnya saya ngeblog juga untuk cari penghasilan tambahan, tapi sayangnya semakin di kejar semakin gak dapet :mewek2
    Saya mulai bisa merasakan penghasilan online justru saat udah nggak ngoyo2 banget, nyantai aja yang penting nulis … nulis … nulis. Alhamdulillah lama-lama hasilnya keliatan juga :alay
    Btw moga menang kontesnya mas :thumbup

        • @turisuna, terus kapan pedenya mas? Justru sekarang ini waktu yang tepat. Temanya mudah, tentang alasan ngeblog. Syukur-syukur menang.

          waktu yang tepat tidak akan pernah datang. Karena waktu yang tepat justru kita ciptakan sendiri.

  8. awal saya ngeblog hanya iseng untuk isi waktu…
    selanjutnya arahnya menuju ke bisnis, krn tuntutan ingin menambah income sekaligus menebarkan produk2(kesehatan) yang barangkali bermanfaat buat yang lain…
    btw setiap individu pastilah punya visi dan misi tersndri saat awal, sedang dan akhir ngeblognya
    thx inspirasinya mas

  9. Imam Herlambang says:

    kurang lebih 2 tahun yah mas buat jadi Blog seperti ini .
    emang semua itu harus dari awal .

    saya ngeBlog juga masih ancur ancuran gitu .

    nanti saya nyusul Mas artikel nya :)

    • @Imam Herlambang, Meniti perlahan pastinya. Namun kurasa sebaiknya jangan lupa menyiapkan strategi. Karena kalau targetnya B2B pasti beda dengan B2C.

    • @Imam, ayo ditunggu artikel susulannya. 2 tahun itu ngga terasa lho. Aku cuma memotivasi diri dengan cara, “satu artikel lagi”. Setiap selesai membuat 1 artikel, maka kurang 1 artikel lagi. Gitu seterusnya. Tau-tau totalan udah ratusan artikel dan ternyata udah 2 tahun lebih. :hihi:

  10. mas arief ini adalah salah satu orang yang menjadi sumber motivasi saya belajar ngeblog…. dan sekarang terbukti mas ariefmaulana menjadi salah satu blogger yang sukses dalam membangun blog bisnisnya menurut pengamatan saya (macam pengamat saja.. ha ha ha)… sukses slalu mas arief.. :sip::sip::sip:

  11. Dulu, saya sempat nyoba script iklan kumpulblogger, dipikir-pikir ternyata manfaatnya tidak seberapa. Sekarang saya hanya masang iklan yang memang bermanfaat.

    Alhamdulillah, dari ngeblog tamu, penghasilan saya sudah lumayan. Tidak perlu lagi memikirkan iklan atau referral.

    • @antibanbocor, niatnya mas. Visi misi blog juga kudu ditanamkan sampe nancep. Sama toh seperti ibadah. Kira-kira apa yang bikin kita terus saja rajin beribadah dan tidak putus (istiqomah). Beberapa mungkin karena mereka punya tujuan yang jelas yaitu kehidupan yang lebih baik di akhirat kelak. Betul?

  12. Pingback: Hey, Ada Hadiah Lebaran: A Marketing Blueprint For Startup
  13. Tujuan utama dulu sama mas ingin mengais rejeki dari blog,tetapi seiring waktu malah opini dan beberapa tutorial saja yang berhasil terpublish :hihi:

  14. :hihi:
    ternyata hampir kebanyakan blog berawal dari keinginan cari tambahan penghasilan… tp it’s okey, yg ptg tali sillaturrahmi ttp terjaga

  15. Wah salut untuk mas Arief, memulai dengan niat tulus, saya juga baru mulai lagi nih mas Arief :malu

    Emang blog mas Arief bersih dari iklan-iklan PPC lokal :sip:

    Btw dah mau wisuda ya Oktober nanti, selamat mas Arief :cendolbig

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 472,007 bad guys.