Oleh : Arief Maulana

Kontes Menulis
Kontes Menulis

Akhirnya sempat juga saya menulis untuk meramaikan kontes menulis yang diselenggarakan oleh Iwan Kus. Setelah sebelumnya disibukkan dengan urusan kampus mulai dari Tugas Merancang Kapal III, Tugas Akhir hingga persiapan untuk wisuda Oktober besok.

Menarik tema yang diangkat, karena mau tidak mau memaksa saya untuk membuka brankas memori, menemukan sepak terjang tujuan saya ngeblog sejak awal menggoreskan kata di lembaran digital ini. Mari kita mulai…

Semuanya dimulai pada awal Mei 2008 *membuka diary dalam ingatan*…

Pada saat itu adalah saat dimana saya mulai melangkahkan kaki di jagat internet marketing. Walaupun jalan setapak sudah dibukakan oleh para master melalui panduannya, tetap saja saya harus melaluinya seorang diri menghadapi segala tantangan yang ada.

Petunjuk pertama yang turun adalah … Buatlah Blog Bisnis!

Ya, itu tujuan pertama saya membangun blog, untuk menunjang bisnis, demi mengais penghasilan dari ladang internet marketing.

Hanya saja waktu itu saya bingung apa yang mau dituliskan. Bagi saya tidak mungkin menuliskan hal-hal yang berbau bisnis internet. Secara ilmu belum mumpuni dan saya juga merasa punya tanggung jawab moral atas setiap posting yang dipublikasikan. Bagaimana nanti bila saya ditanya, bagaimana dan bagaimana, terutama lagi bagaimana mempertanggung jawabkan apa yang sudah saya tulis.

Akhirnya saya memutuskan untuk menuliskan apa-apa yang menjadi hobi sekaligus merupakan bidang yang saya kuasai, seputar dunia motivasi dan manajemen diri. Walaupun tujuannya masih tetap, untuk bisnis. Sehingga meski blognya motivasi dan manajemen diri, di sidebar bertebaran banner-banner promosi yang menyesakkan mata karena ketidak teraturannya. Masih kurang? Saya tambahkan juga PPC. Intinya menulis demi uang.

Lambat laun saya berjalan, satu prinsip lagi saya pelajari. “Makin banyak memberi, makin banyak menerima.” Apalagi sabda Rasulullah, “Sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain” (correct me if I wrong). Disini orientasi tujuan ngeblog saya mulai berubah. Tidak lagi 100% bisnis, melainkan sebagian dengan tujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat.

Mindset mulai saya ubah. Fokus saja pada semangat berbagi nanti uang akan datang dengan sendirinya. Yang terpenting bagaimana menghadirkan posting yang berkualitas dan bermanfaat. Meski dalam prakteknya masih saja sering saya sisipkan unsur marketing di dalamnya hingga jadilah artikel marketing yang memberikan manfaat. Setidaknya para pembaca meski tidak membeli produknya, mendapatkan manfaat dari postingnya.

Pun banner saya rapikan dan iklan PPC saya lepas karena hanya memberatkan loading blog padahal hasilnya juga tidak seberapa. Saya ingin membuat pengujung merasa nyaman dan betah untuk menyerap informasi yang bermanfaat.

Dalam hati saya juga ingin, siapapun yang kesasar ke blog ini setidaknya mendapatkan manfaat meskipun sedikit. Mungkin bisa diibaratkan seperti halnya kita menyediakan tempat berteduh bagi para musafir, siapapun itu meski hanya sekedar memberikan mereka minum.

Saya hanya berharap semoga diberi kekuatan dan kesempatan oleh Allah untuk bisa terus berbagi meski dalam carut marut tulisan yang mungkin masih sering mbulet dan membingungkan serta gaya tulisan yang cenderung kaku. Yah, namanya juga masih belajar menulis. Bagaimana dengan tujuan anda ngeblog?

NB : Artikel ini ditulis dalam rangka mengikuti Kontes Menulis Blog IwanKus.com. Monggo yang mau ikutan bisa lihat infonya disini.

Salam Sukses,
arief maulana
space

Kontes Menulis : Tujuan Ngeblog
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:         

103 thoughts on “Kontes Menulis : Tujuan Ngeblog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,556 bad guys.