Oleh : Arief Maulana

Komitmen 100%

“Komitmen hanya ada dua 100% atau 0%. Yang mana yang berhasil, rasanya tidak perlu dijawab.” Kata-kata upline saya tersebut tiba-tiba saja terngiang manakala saya melihat Dirut tempat saya bekerja begitu bersemangat dalam mengembangkan perusahaannya. Tidak kenal lelah dan selalu bersemangat. Hari ini di Jakarta, besok ke Tegal. Balik lagi Jakarta, lanjut ke Cilegon, Surabaya, dll.

Berkomitmen untuk sukses, hal yang jarang dimiliki mereka yang mau berhasil apapun yang digelutinya. Kebanyakan sih pengen berhasil. Tapi begitu ditanyakan mengenai komitmen dalam setiap usaha untuk mencapai keberhasilan itu, cenderung setengah-setengah.

Komitmen bisa berarti banyak hal. Anda bisa baca selengkapnya disini, saya rasa sudah bisa memberikan gambaran secara lengkap apa itu komitmen. Mereka yang berkomitmen 100% terhadap apa yang diupayakan biasanya cenderung semangat, tidak setengah-setengah dan siap berkorban apapun bila diminta. Pertanyaannya bisakah kita seperti itu?

Misalnya dalam posisi sebagai karyawan, seberapa besar komitmen kita bekerja untuk perusahaan. Bekerja dengan penuh semangat dan siap memberikan kontribusi terbaik demi kemajuan perusahaan. Atau malah kita kerja apa adanya. Sungguh-sungguh hanya jika dilihat oleh atasan. Bila tidak, ya sudah. Jam kerja facebookan ataupun melakukan aktivitas yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan.

Contoh lain, komitmen dalam ngeblog. Mas Agus Siswoyo tentu bisa mengupas lebih dalam lagi mengenai hal ini. Bagi saya, komitmen dalam hal blogging adalah tetap berusaha untuk ngeblog secara konsisten. Meski kadang godaan untuk break dan mengakhiri petualangan di blogsphere besar sekali mengingat aktivitas pekerjaan mulai meningkat.

Satu lagi contoh di bisnis internet. Seberapa besar kita mau meluangkan waktu baik itu untuk belajar teknik-teknik penting di dalam bisnis internet seperti SEO, marketing, dll, ataupun untuk praktek dan mengembangkan sayap-sayap bisnis internet anda. Kalau setengah-setengah, ya hasilnya juga tidak akan maksimal.

Intinya mereka yang berhasil rata-rata berkomitmen tinggi dalam setiap upaya yang dilakukannya demi mencapai keberhasilan yang diinginkan. Ketekunan yang dipadukan dengan komitmen bisa menjadi resep maut yang membawa Anda kepada keberhasilan.

Jadi pertanyaan saya, komitmen anda berapa %?

Salam Sukses,
arief maulana
space

Komitmen 100% atau 0%
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:             

75 thoughts on “Komitmen 100% atau 0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,424 bad guys.