Oleh : Arief Maulana

Formula 1
Formula 1

Sebagian dari Anda mungkin sudah mengetahui mungkin saja juga tidak, bahwa dulu saya pernah berkecimpung di MLM.

Walau sekarang sudah tidak aktif, saya bersyukur karena disanalah pendidikan bisnis pertama yang langsung menuntut diri untuk terjun langsung ke lapangan dan menghadapi konsumen (prospek).

Nah, sering kali ketika ikut dalam meeting umum : OPP (Open Plan Presentation), NDT (Network Developtment Training) ataupun meeting ekslusif leader tertentu : EM (Exlusive Meeting), ada sejumlah pernyataan yang seringkali diulangi oleh pembicaranya.

Seperti kata Pak Tung Desem Waringin, perulangan sesuatu akan membuatnya nancep di benak kita. Pernyataan mana yang saya maksud? 

“Anda sudah berada di dalam kendaraan yang tepat menuju sukses.”

Betul? Kalau yang saat ini aktif di MLM pasti tidak asing lagi dengan kata tersebut. Bahkan di dalam sebuah pertemuan khusus leader bersyarat silver planner, diceritakan sebuah analogi sederhana mengenai “kendaraan yang tepat” ini.

Bayangkan Anda akan adu balap dengan pembalap senior F1, katakanlah Schumacher. Kira-kira yang akan memenangkan pertandingan siapa? Tentu Schumacher, bukan? Nah, dalam hal ini jawabannya adalah tergantung. Ya, tergantung dengan kendaraannya.

Kalau Anda yang naik F1 dan Schumacher cuma diberi bajai tentu Anda yang akan menang. Secepat-cepatnya bajai gas puol, bakal kesalip juga dengan F1. Secara mesin udah beda jauh. Intinya, siapapun orangnya asal kendaraannya tepat suksesnya pun cepat.

Seiring berjalannya waktu, saya melihat bahwa pernyataan itu tidak sepenuhnya tepat. Mari kita coba telaah masih dengan analogi yang sama, F1 vs Bajai.

Kira-kira dari sistem kemudi lebih simpel mana, bajai atau F1? Tentu lebih simpel bajai. Dengan kesederhanaan tersebut, mudah sekali bagi Schumacher untuk beradaptasi dan mulai tancap gas.

Disisi lain, orang lain yang naik F1 bingung setengah mati bagaimana mengemudikannya. Jangan-jangan untuk menyalakan mesinnya saja tidak bisa.

Kalau kondisinya seperti yang saya sebutkan di atas, tak ayal yang menang ya tetap Schumacher. Dan itu artinya, tidak hanya dibutuhkan kendaraan yang tepat melainkan juga pengemudi yang tepat.

Jadi meskipun MLM adalah kendaraan yang mantap (faktor kali + nilai tambahnya dahsyat), tetap kita sebagai pelaku di dalamnya harus mengupgrade diri sebagai “pengemudi profesional”.

Sekarang Anda pegang benang merahnya ya, karena saya akan coba tarik ke arah bisnis online.

Banyak yang bilang bisnis online adalah bisnis yang bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak mengenal latar belakang. Dengan segala kemudahannya bisnis ini tentu bisa menjadi kendaraan yang sangat canggih untuk mengantarkan Anda ke gerbang kesuksesan. Meskipun, yang namanya bisnis tetaplah bisnis. Tidak bisa dalam sekejap langsung kaya. Ingat hukum proses!

Karena canggih, maka pertanyaan berikutnya adalah apakah Anda sudah siap mengendarai kendaraan ini? Jangan-jangan karena canggihnya, Anda malah geleng-geleng lantas keok akibat kepala pusing. Kalau sudah begini apakah kendaraan ini tepat untuk Anda? Bagaimana solusinya?

Ada 2 solusi pastinya. Pertama, Anda ganti kendaraan. Dengan kata lain berhenti menjalankan bisnis online dan mencari kendaraan sukses yang lain, yang saya rasa mungkin tidak akan semudah bisnis ini.

Kedua, Anda mengupgrade kapasitas diri sebagai pengemudi. Tingkatkan wawasan, marketing skill, sikap, mental dan mindset yang tepat, dll. Misalnya kalau Anda menggeluti affiliate marketing / reseller, maka jadilah affiliate marketer ++. Jadilah affiliate marketer yang berani tampil beda (saya kupas di artikel selanjutnya).

Bisnis online dengan segala panduan di bidangnya masing-masing adalah kendaraan bisnis yang luar biasa. Paling tidak bisa membantu Anda mengumpulkan modal awal jika akhirnya memutuskan untuk membangun bisnis konvensional. Pertanyaannya justru apakah Anda sudah menjadi pengemudi yang tepat?

Semoga bermanfaat, mari jika ada yang ingin didiskusikan atau punya pendapat lain monggo disharingkan di bawah.

Salam Sukses,
Photobucket

Kendaraan Yang Hebat Bersama Pengemudi Yang Tepat
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:             

108 thoughts on “Kendaraan Yang Hebat Bersama Pengemudi Yang Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,556 bad guys.