Kekuatan Sebuah Harapan

Oleh : Arief Maulana

Kekuatan Sebuah HarapanDengan Harapan, Mari Jadikan Hidup Kita Lebih Indah

Masih terekam di benak saya ketika awal mulai menjadi Pemandu LKMM dan membawakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa di kampus. Pada waktu itu, saya sering membawakan pelatihan duet dengan Mbak Erlin (mentor saya yang sangat luar biasa dan sangat menginspirasi).

Satu hal yang paling saya kagumi dari beliau adalah separah apapun kondisi raw material (peserta), beliau selalu punya harapan yang tinggi bahwa peserta akan menjadi lebih baik seusai mengikuti pelatihan yang diberikan.

Dan hasilnya memang benar, hampir sebagian besar para peserta yang pernah ikut dalam pelatihan yang diberikan oleh Mbak Erlin (termasuk saya), berubah menjadi lebih baik. 

Seakan-akan ada sebuah kekuatan tidak terlihat dalam setiap harapan yang dimiliki oleh mbak Erlin, yang sanggup menggerakkan hati dan raga untuk selalu bergerak dan memberikan yang terbaik hingga hasilnya pun maksimal. Sekali lagi kekuatan sebuah harapan.

Berbicara soal harapan, ada sebuah cerita menarik tentang lilin harapan. Mungkin Anda ada yang sudah pernah mendengarnya.

Dikisahkan ada 4 buah lilin yang menyala, sedikit demi sedikit habis meleleh. Suasana begitu sunyi hingga terdengarlah percakapan mereka.

Lilin pertama berkata, ”Aku adalah DAMAI… Namun manusia tidak mampu menjagaku, maka lebih baik aku matikan diriku saja!” Demikian sedikit demi sedikit Sang Lilin padam.

Lilin kedua berkata, ”Aku adalah IMAN… Sayang aku tak berguna lagi. Manusia tak mau mengenalku. Untuk itulah tak ada gunanya aku tetap menyala.” Begitu selesai bicara, tiupan angin pun memadamkannya.

Dengan sedih giliran lilin ketiga bicara, ”Aku adalah CINTA… Tak mampu lagi aku tetap menyala. Manusia tidak lagi memandang dan menganggapku berguna. Mereka saling membenci, bahkan membenci mereka yang mencintainya, membenci keluarganya.”

Tanpa menunggu waktu lama, maka matilah lilin ketiga.

Tanpa terduga… seorang anak saat itu masuk ke dalam kamar dan melihat ketiga lilin telah padam. Karena takut akan kegelapan itu ia berkata, ”Ekh… apa yang terjadi? Kalian harus tetap menyala! Aku takut akan kegelapan!”

Lalu anak itu pun menangis tersedu-sedu…

Kemudian dengan terharu Lilin keempat berkata, ”Jangan takut, janganlah menangis, selama aku masih ada dan menyala, kita tetap dapat menyalaka ketiga lilin lainnya yang telah mati. Akulah Sang HARAPAN…!”

Dengan mata bersinar, sang anak mengambil Lilin Haparan lalu menyalakan kembali ketiga Lilin lainnya.

Nah… rekan-rekan… jika sepanjang tahun ini Anda berada dalam keadaan yang gelap dan serba susah, maka  peganglah satu hal, yaitu LILIN HARAPAN Anda. Jangan pernah berhenti berharap! Selalu ada jalan keluar yang lebih baik. Karena harapan adalah anugerah dari Sang Pencipta yang disisipkan dalam hati setiap umat manusia.

Harapan ini akan terus bersinar dan menjadi penghubung Anda dengan Sang Khalik. Hingga, Anda sendirilah yang mematikannya.

Jagalah harapan yang senantiasa ada di dalam hati Anda. Dan jadilah seperti sang Anak yang senantiasa membawa Lilin Harapan nya untuk menghidupkan lilin-lilin yang lain juga menerangi kegelapan yang berada di sekeliling kita. Selama api lilin harapan dalam diri Anda tetap menyala, maka akan selalu ada penerang jiwa yang akan menuntun perjalanan panjang Anda.

2009 adalah pintu gerbang baru. Kesempatan baru untuk kita berjuang selama 1 tahun kedepan. Berjuang untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik. Dan jangan lupa, jagalah nyala api Lilin Harapan Anda.

Semoga yang sedikit ini bermanfaat,

Salam Sukses,
Photobucket
space

  1. TEGAR >

    *Tak perduli bagaimanapun ganasnya badai kehidupan..

    *Tak peduli bagaimana beratnya tantangan hidup…

    *semua cobaan itu takkan mampu menggoyahkan seseorang yang memiliki
    KETEGUHAN, KEMAUAN, HARAPAN dan KEYAKINAN

    Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1430 H.

    Salam sukses selalu….

  2. Mas Arief, kalau saya artikan tentang lilin dalam versiku.
    Kegelapan karena lilin padam adalah jalan untuk menerangkan feeling. Karena dalam kegelapan, feeling kita akan dipacu untuk menyala sebagai jalan penerang.
    Sebab tanpa kegelapan di dunia ini, orang tidak akan bangun untuk mewujudkan mimpinya. Setuju gak mas?

    • Ngga masalah mas. Setiap orang bebas mengartikan dan memaknai lilin + kegelapan. Kebetulan dalam cerita ini, lilin terakhir yang harus bertahan adalah "HARAPAN". Tanpa harapan, mustahil manusia bisa bertahan dan mengembangkan peradaban.

      Thomas Alfa Edison bermimpi melihat malam yang terang bederang. Dalam setiap kegagalan dia selalu memiliki harapan bahwa someday, i will find my light. Dan jadilah dunia ini penuh dengan terangnya lampu berkat impian dan harapan Edison yang terus hidup…

  3. Pertamax sekarang brapa yaa? hihihihi….
    Artikelnya luar biasa mas, sangat memotivasi….Semoga kita tetap akan jadi lilin harapan yang dapat membuat dan menyalakan lilin-lilin lain, ketika mati, ketika redup, ketika udara sdh tak lagi mau membantu nyala apinya…
    salam…

  4. Singkat, tp mengena. Akan lebih greget lagi jika tdk hanya dikaitkan dg makna tahun baru 2009 tp TERLEBIH pada TAHUN BARU HIJRIYAH yang kebetulan pas jatuh pada hari ini. Siapapun tahu 1 Muharam adalah TONGGAK sejarah umat Islam atas Hijrahnya Rosulullah menuju HARAPAN baru, ke kota Madinah. Sebuah HARAPAN akan kehidupan yang lebih baik, yg pada akhirnya menjadi kenyataan sampai terbentuknya masyarakat MADADIAH. Maaf mas, cuma pengin nambahin dikit. O ya mas, HOPE ini mmg cuma 4 huruf, tp signifikansinya terhadap kehidupan setiap org sangat2 besar. Saran aja nih, mas arief nulis hal ini di posting2 berikutnya. Emmhh, misal posting mengenai kisah-kisah yg terkait harapan. Smg sukses unt semuanya…

  5. sungguh menyedihkan orang yang jidup tanpa di dampingi oleh "Sang Harapan"
    secerca harapan di tambah dengan keyakinan mampu menciptakan pribadi yang sukses luar biasa.

  6. Mas Arief, 2 langkah sukses sederhana yang luar biasa yang mas Arief email ke saya sungguh membuat saya berani bangkit dan insya Allah saya bersemangat lagi dikala beberapa waktu yang lalu sampai saat ini mengalami keterpurukan bathin yang luar biasa membuat saya hampir putus asa. Tapi sekarang banyak motivasi dari mas Arief dkk sungguh sangat berharga bagi saya apalagi setelah membaca Lilin kekuatan sebuah harapan. Tks banyak mas dan salam Sukses.

  7. Mohammad Aspuri Hz says:

    Mas Arief,memang bagi seorang yang optimis walaupun ada kesulitan,ada tantangan peluang pasti ada,dengan perhitungan yang realistis harapan pasti ada Insya Allah,mas Arief terima kasih atas nasehatnya yang bijak.

  8. "Kekuatan sebuah Harapan" mudah2an ditahun baru hijriah sekaligus masehi ini kita semua diberikan kekuatan untuk selalu Online terus… harapannya mudah-mudahan diberikan kesuksesan di Bisnis Online yg menjadi impian kita semua…amiiin

    Artikel yg bermanfaat mas, teruskan memotivasi kita semua agar tetap Online…hehehe

    • Disini sedia banyak lilin harapan mbak. Kalau mau yang lebih mantaps lagi, silahkan turun ke jalan dan lihatlah mereka yang hidup susah disana. Tatap wajah mereka dan lihatlah, di matanya selalu terpancar api harapan…

  9. Pingback: Hidup Tanpa Visi Bagai Tubuh Tanpa Jiwa | ARIEF MAULANA .com
  10. Pingback: Rahasia Bisnis Rasulullah (1) | ARIEF MAULANA - The Next Success Leader
  11. syukron…sesaat sebelum membaca opini ini..saya hampir mematikan lilin harapan saya lantaran sebuah masalah yg betul membuat saya bingung dan buntu.
    tetapi, alhamdulillah,,saya br disadarkan betapa pentingnya sebuah harapan..sekecil apapun..dan mungkin harapan itulah yg bisa membuat kita bertahan lebih kuat dan penuh semangat.Allah Akbar..sebesar apapun masalah kita tetapi, kita harus yakin bahwa Allah lebih besar dari apapun..jadi harapan itu harus ada…

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,855 bad guys.