Kartu Kredit

Kartu Kredit, Membantu Atau Menyusahkan ?

Oleh : Arief Maulana

Setelah sekian kali mencoba dan menunggu, akhirnya aplikasi kartu kredit saya pun disetujui oleh salah satu bank penyedia layanan kartu kredit. Apalagi ini kartu kredit pertama, biasanya cenderung agak susah. Kalau sudah ada satu dan penggunaannya dinilai baik menurut bank, biasanya tidak sulit untuk mengajukan kartu kredit ke 2, 3 dst. atau menaikkan batas limitnya.

Jujur saja, dulu saya termasuk orang yang anti dengan kartu kredit. Saya berasumsi bahwa memiliki kartu kredit hanya akan membuat kita menjadi konsumtif. Jauh lebih baik kartu debit, dimana uang yang dipotong untuk pembelanjaan kita menggunakan kartu debit diambil dari tabungan yang kita miliki. Jadi kalau isi tabungan habis, ya kartu debit otomatis tidak bisa digunakan lagi.

Tapi semua berubah…  

Manfaat Kartu Kredit
Manfaat Kartu Kredit

Semakin kesini saya jadi semakin yakin bahwa memiliki kartu kredit adalah penting. Memang tidak bisa dipungkiri kalau kita tidak pandai mengelola dan menahan diri untuk tidak konsumtif, kehadiran kartu kredit malah akan menyusahkan saja.

Ada beberapa keuntungan yang saya rasakan ketika memiliki kartu kredit, berapa diantaranya :

1. Cadangan Dana Untuk Keadaan Darurat

Kalau kartu debit sifatnya adalah menggunakan uang di tabungan kita ketika transaksi, maka kalau kartu kredit setiap penggunaan kartu untuk transaksi akan dianggap sebagai hutang. Inilah yang saya katakan sebagai dana darurat, manakala mungkin tabungan kita tidak cukup untuk membiayai kebutuhan yang sifatnya mendadak dan melebihi sisa tabungan kita di Bank.

Tentu saja tidak bisa sembarangan. Tetap ada pembatasan limit penggunaan kartu kredit kita. Namun, tidak hanya itu. Bila kita kesulitan dalam membayar hutang kartu kredit sepenuhnya secara cash, biasanya layanan kartu kredit ini menawarkan kemudahan dengan mencicil tagihan kartu kredit. Tentu saja kalau tagihan dicicil, akan ada tambahan bunga kredit sekian persen.

2. Kemudahan Bertransaksi

Ini manfaat berikutnya yang saya rasakan, terutama kalau saya harus mendapatkan tugas survey ke luar negeri. Tentu akan sangat merepotkan bila kita harus membawa uang cash sedemikian banyaknya ketika bepergian ke luar negeri. Akan jauh lebih mudah bila menggunakan kartu kredit. Disamping itu ketika dana cash kita habis, lagi-lagi terselamatkan oleh fungsi pertama kartu kredit yaitu sebagai cadangan dana darurat. Dan lagi pula, pun misalnya dana tersisa yang kita miliki dalam kurs mata uang rupiah, tidak di setiap lokasi yang kita kunjungi ada money changer.

Tidak hanya itu, untuk membooking hotel, travel, dll yang berkaitan dengan wisata atau perjalanan akan sangat dimudahkan transaksinya dengan menggunakan kartu kredit. Jadi bagi Anda yang hobi travelling, khususnya ke luar negeri sebaiknya memang memiliki kartu kredit.

Traveling Credit Card
Traveling Credit Card

3. Manfaat Tambahan

Anda pernah melihat iklan potongan harga untuk layanan jasa atau barang ketika membeli dengan menggunakan kartu kredit? Ya, itu salah satu manfaat tambahan yang saya rasakan. Toh pada akhirnya ketika tagihan kartu kredit datang dan kita bayar lunas langsung, tidak ada tambahan bunga. Tapi, saya sudah diuntungkan dengan adanya potongan harga ini. Di beberapa SPBU sekarang pun sudah ada yang memberikan potongan sekian persen bila menggunakan kartu kredit tertentu.

itu tiga keuntungan yang saya rasakan. Oh iya, ngomong-ngomong buat rekan-rekan yang bingung mau mengajukan aplikasi kartu kredit apa, kemarin saya kebetulan menemukan sebuah website yang bisa membantu kita menemukan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan kita. Main saja ke web : cekaja.com.

Ada yang sudah punya kartu kredit? Menguntungkan atau malah menyusahkan? Share yuk!

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 472,385 bad guys.