Oleh : Arief Maulana

Tadi pagi sambil berangkat kerja saya sempat ngetweet : “Hidup ini singkat. Kita ga pernah tau, apakah besok masih ada kesempatan lagi atau ga. Jadi nikmati hari ini!”. Siangnya, saya mendapatkan kabar duka bahwa Dai Sejuta Umat, KH Zainuddin MZ meninggal dunia. Hidup benar-benar misteri kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi ke depannya.

Di waktu pagi, mungkin kita masih sempat bercanda dengan keluarga atau teman-teman. Siapa yang tahu, di hari yang sama di malam harinya keluarga atau teman kita kembali mengunjungi kita dengan suasana yang berbeda. Suasana berduka. Datang untuk melihat kita yang terakhir kalinya. Datang untuk mendoakan dan menshalati kita. Karena kita telah dipanggil oleh Allah SWT.

Kita tidak pernah tahu, berapa jatah yang Tuhan berikan untuk kita menjalani kehidupan. Sudah banyak kasus terjadi, yang muda malah pergi lebih dahulu dari yang tua. Tidak ada yang bisa menjamin kita semua mati di usia yang lanjut. Karena itu, setiap kesempatan yang ada selama kita hidup adalah kesempatan yang sangat berharga dan tidak boleh disia-siakan.

Jangan Menunda, Lakukan Yang Terbaik Hari Ini Juga
every second is a change

Waktu yang telah berlalu tidak akan pernah kembali. Sekali kita menunda apa yang ingin dikerjakan, belum tentu kedepannya kita memiliki kesempatan yang sama untuk menyelesaikannya. Hambatan macam-macam bisa saja terjadi. Lengah sedikit, hilang sudah tertinggal jauh.

Itu yang sering dicamkan kedua orang tua kepada saya. Jangan pernah meremehkan waktu yang rasanya kini berputar kian cepat. Baru kemarin hari minggu, eh tahu-tahu besok sudah minggu lagi. Cepat dan tidak terasa. Maka Maha Benarlah Allah dalam Al-Qur’an yang berfirman :

“Demi massa. Sesungguhnya manusia itu berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan melakukan amal sholeh dan saling menasihati dalam kebenaran, dan saling menasihati dalam kesabaran.” (QS Al-Ashr (103) : 1-3)

Maka dari itu, setiap hari yang diberikan oleh Tuhan kepada kita adalah kesempatan besar untuk melakukan yang terbaik. Apapun tujuan Anda, lakukan yang terbaik saat Anda masih diberikan kesempatan hidup satu hari lagi. Esok belum tentu tiba. Esok adalah misteri. Yang bisa kita maksimalkan hanyalah hari ini.

Bangunlah lebih pagi dan rencanakan kegiatan Anda agar lebih maksimal. Kemudian eksekusi rencana-rencana tersebut sebaik-baiknya dan bersemangatlah! Jangan menunda apa yang bisa dikerjakan hari ini. Bukankah lebih enak bersantai di akhir. Ini saya yang ingin saya tuliskan hari ini…

Semoga bermanfaat untuk Anda semua, Carpe Diem!

Jangan Menunda, Lakukan Yang Terbaik Hari Ini Juga!

32 thoughts on “Jangan Menunda, Lakukan Yang Terbaik Hari Ini Juga!

  • mantap sekali tulisannya…
    mengena dan dalam.
    memang seharusnya kita mengusahakan yang terbaik dalam kehidupan kita yang singkat di dunia ini.
    Salam…
    :))

  • Bener mas, semakin tambah usia sy merasa waktu semakin cpt berputar . Sering sy bertanya pada istri saya, “Hari apa skrng” Begitu dia menjawab sy hnya bisa bilang. Aduh, belum ini, blm itu, kok cpt ya?:hiks:

  • Kesibukan dunia kerap kali membuat qta lupa akan bekal untuk kehidupan abadi yang pasti terjadi. Hidup adalah keseimbangan. Hablum minaulloh hablum minnanas. itulah humum kehidupan.Ketika tidak seimbang pasti akan terjadi permasalahan. Sungguh indah Islam mengajarkan semua ini.

    arief maulana Reply:

    @Farid Lubiyantoro betul mas. Ketidakseimbangan ini pula yang mengakibatkan sering terjadinya kelelahan spiritual

  • Hidup tidak seperti yang kita bayangkan dan kita rencanakan, ada yang lebih besar dan lebih berhak untuk mengatur hidup kita, dialah Sang Maha Pencipta, Allah SWT. Kita tidak tahu kapan saatnya kan tiba, kita hanya boleh untuk melakukan yang terbaik yg kita bisa pada saat ini. Esok kita tidak tahu masih adakah waktu untuk kita?
    Sugiana Hadisuwarto recently posted..Uang tidak bisa membeli kebahagiaan.My Profile

  • Terkadang rencana hidup tak sesuai dengan keinginan. Yang nyata nya, kesempatan tak akan pernah datang untuk kedua kalinya. Syukuri yang datang lebih dulu kepada kita

  • Lakukan apa yang bisa dilakukan sekarang baik untuk kepentingan dunia maupun kepentingan akhirat kita.
    Bertaubatlah atas dosa yang kita berbuat, jangan ditunda.
    Penyesalan di dunia sungguh berguna, penyesalan di akhirat tidak berguna.

  • lakukan apa yg bisa kita lakukan hari ini, dan terkadang waktu terasa tdk cukup untuk menyelesaikan pekerjaan yg menumpuk. Solusinya maksimalkan kerjaan hari ini yg kita bisa

    arief maulana Reply:

    @Joko Muryanto, itu kenapa kita perlu yang namanya skala prioritas. Mana pekerjaan yang lebih penting dan mendesak untuk diselesaikan terlebih dahulu.

  • Sangat setuju Mas. . . ! waktu yang telah berlalu gak akan pernah kembali makanya harus pergunakan waktu yang ada dengan sebaik mungkin, karena kesempatan hari ini akan berbeda dengan hari esok. Terlebih lagi tidak ada satu orangpun yang tahu akhir hidupnya di dunia ini, jadi selama kita hidup harus diisi dengan kehidupan yang penuh arti. Sukses sealu Mas Arief GBU.

  • sangat menginspirasi dn memotivasi mas, terima kasih memang tidak baik menunda-nunda tapi faktor malaslah yang mebuat kita menunda pekerjn kita, nice info mas..timakasih

    arief maulana Reply:

    @Aeldie, nah berarti masalah ada di dalam diri kita. Saya juga aslinya pemalas loh mas. Justru karena saya pemalas makanya cari solusi biar bisa malas-malasan tapi rekening tetep penuh :p

  • Mas Arief,,jadi merinding saya membaca artikel mas yg satu inih,,lebih mengingatkan kita kembali agar selalu memanfaatkan waktu ini dengan perbuatan2 yang bermanfaat .amieen

  • Betul panjenengan mas! yang jualan, lagi berbisnis, dapat proyek miliyaran rupiah, dimata Allah tetap rugi kalau tidak beriman,melakukan amal soleh dan saling nasehat menasehati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,075 bad guys.