Oleh : Arief Maulana

Tadi pagi sambil berangkat kerja saya sempat ngetweet : “Hidup ini singkat. Kita ga pernah tau, apakah besok masih ada kesempatan lagi atau ga. Jadi nikmati hari ini!”. Siangnya, saya mendapatkan kabar duka bahwa Dai Sejuta Umat, KH Zainuddin MZ meninggal dunia. Hidup benar-benar misteri kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi ke depannya.

Di waktu pagi, mungkin kita masih sempat bercanda dengan keluarga atau teman-teman. Siapa yang tahu, di hari yang sama di malam harinya keluarga atau teman kita kembali mengunjungi kita dengan suasana yang berbeda. Suasana berduka. Datang untuk melihat kita yang terakhir kalinya. Datang untuk mendoakan dan menshalati kita. Karena kita telah dipanggil oleh Allah SWT.

Kita tidak pernah tahu, berapa jatah yang Tuhan berikan untuk kita menjalani kehidupan. Sudah banyak kasus terjadi, yang muda malah pergi lebih dahulu dari yang tua. Tidak ada yang bisa menjamin kita semua mati di usia yang lanjut. Karena itu, setiap kesempatan yang ada selama kita hidup adalah kesempatan yang sangat berharga dan tidak boleh disia-siakan.

Jangan Menunda, Lakukan Yang Terbaik Hari Ini Juga
every second is a change

Waktu yang telah berlalu tidak akan pernah kembali. Sekali kita menunda apa yang ingin dikerjakan, belum tentu kedepannya kita memiliki kesempatan yang sama untuk menyelesaikannya. Hambatan macam-macam bisa saja terjadi. Lengah sedikit, hilang sudah tertinggal jauh.

Itu yang sering dicamkan kedua orang tua kepada saya. Jangan pernah meremehkan waktu yang rasanya kini berputar kian cepat. Baru kemarin hari minggu, eh tahu-tahu besok sudah minggu lagi. Cepat dan tidak terasa. Maka Maha Benarlah Allah dalam Al-Qur’an yang berfirman :

“Demi massa. Sesungguhnya manusia itu berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan melakukan amal sholeh dan saling menasihati dalam kebenaran, dan saling menasihati dalam kesabaran.” (QS Al-Ashr (103) : 1-3)

Maka dari itu, setiap hari yang diberikan oleh Tuhan kepada kita adalah kesempatan besar untuk melakukan yang terbaik. Apapun tujuan Anda, lakukan yang terbaik saat Anda masih diberikan kesempatan hidup satu hari lagi. Esok belum tentu tiba. Esok adalah misteri. Yang bisa kita maksimalkan hanyalah hari ini.

Bangunlah lebih pagi dan rencanakan kegiatan Anda agar lebih maksimal. Kemudian eksekusi rencana-rencana tersebut sebaik-baiknya dan bersemangatlah! Jangan menunda apa yang bisa dikerjakan hari ini. Bukankah lebih enak bersantai di akhir. Ini saya yang ingin saya tuliskan hari ini…

Semoga bermanfaat untuk Anda semua, Carpe Diem!

Jangan Menunda, Lakukan Yang Terbaik Hari Ini Juga!
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

32 thoughts on “Jangan Menunda, Lakukan Yang Terbaik Hari Ini Juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,560 bad guys.