Jangan Malas Buat Baca Dan Praktek!

Oleh : Arief Maulana

Sebelumnya terima kasih untuk Mas Yunus Bani yang udah memberikan pertanyaan sederhana ke saya dan Lutvi Avandi (founder Café Bisnis) via twitter. Pertanyaan serta jawabannya sudah saya tampilkan di gambar postingan ini. Kebetulan dalam hal ini kasus yang diangkat adalah mengenai Autoresponder.

Little Chat on Twitter
Little Chat on Twitter

Sebagaimana jawaban saya, ada 2 alasan kenapa saya tidak membuat tutorial autoresponder :

[1] Untuk setiap Autoresponder biasanya cara menggunakan atau tools yang ada di dalam member area cenderung berbeda meskipun secara prinsip sama. Misalnya sama-sama bisa mendesain follow up email ataupun mengirimkan broadcast mail.

[2] Biasanya setiap Autoresponder, sudah menyiapkan panduan menggunakan autoresponder. Hanya saja orang-orang kita malas untuk membaca dan mempraktekkannya.

Alasan kedua saya ini pun disetujui pula oleh Mas Lutvi. Apalagi kata Mas Lutvi untuk autoresponder yang panduannya bahasa inggris, lebih lengkap katanya. Bahkan Mas Lutvi banyak mengambil referensi dari sana. Nah loh.

Disini kebetulan saya menggunakan autoresponder Mulxim (asli Indonesia) dan untuk panduan menggunakan autoresponder mulxim sudah dituliskan dengan baik oleh Arif Patmainudin, bahkan dilengkapi dengan screen shot (silahkan baca disini).

Jadi sebenarnya tidak ada alasan dong untuk ngga tahu gimana menggunakan autoresponder. Bagaimana bila panduan yang ditulis dirasa kurang lengkap? Hei, kan ada tim supportnya. Biasanya setiap bisnis selalu menyediakan tim support untuk membantu kita. Pernah saya ulas juga mengenai tim support disini dan disini.

Saya pun demikian ketika pertama kali menggunakan Mulxim (hijrah dari Indoresponder, yang kala itu kolaps). Ada yang bingung, saya kontak mas Arif dan beliau pun membimbing saya dengan sabar dan telaten.

Itulah karakter kebanyakan dari kita. Sebenarnya semuanya sudah disediakan, hanya saja kita agak malas untuk mandiri dalam balajar. Beranilah mencoba segala sesuatu yang ingin anda kuasai. Jangan takut salah, justru karena salah kita bisa belajar untuk menjadi lebih baik lagi.

Dilema yang sama juga biasanya dialami para pebisnis internet pemula. Melihat panduan bisnis internetnya kayanya ribet, langsung patah semangat dan enggan mencoba alias praktek. Padahal boleh jadi ketika dipraktekkan, ngga seribet yang ada di bayangannya.

“Autoresponder ribet loh”. Itu kalau Anda belum biasa. Kalau udah biasa, mudah kok. Jangan malas untuk membaca panduan dan PRAKTEK! Gimana mau sukses kalau males-malesan melulu dari awal. Kalau udah punya sistem bisnis yang berjalan, baru deh males-malesan.

Udah itu aja sharing dari saya, semoga bermanfaat dan mencerahkan seperti film “Sang Pencerah”.

Ps. Kalau Anda punya twitter, silahkan follow akun-akun twitter ini : @qzoners, @yunusbelajar, dan tentu saja @ariefmw *promosi diri*.

Salam Sukses,
arief maulana
space

  1. awal masuk perdukunan ngeblog pun ane kira dolo susah banget,,eh setelah setaun bercokol ternyataa juga tetep aja susah :ngakak

    hhmmm, kalo soal AR ane sekarang mungkin belum butuh banget yak pake AR..belum pnya komunitas banyak :hehe:

    • @santet, AR yg di hosting / diinstal sendiri di hosting banyak kekurangannya.

      1. Keterbatasan pengiriman email, karena ini sangat memberatkan kinerja hosting.

      2. Jaminan email masuk ke inbox, bukan spam folder.

      3. Kebanyakan sih, kalau udah banyak subscribernya siap-siap aja disuspend dari hosting. :ngakak

  2. Saya si cuma ambil kesimpulan:

    1. Perhatikan atau di cermati apa yang ditunjukkan.

    2. Segera lakukan apa yang sudah ditunjukkan.

    Gitu ajah… :nyembah:

  3. Jika anda tetep males membaca dan nggak mau juga berubah.. JANGAN MAIN BISNIS ONLINE DEH!! Karena kegiatan bisnis online itu 80% membaca 20% menulis

  4. wah jadi inget kejadian kemarin, ada yang tanya gimana cara bikin blog. Trus saya pinjemin buku cara bikin blog, saya bilang klo dah baca-baca nanti saya ajarin prakteknya. Eeeeh belum di baca beneran cuma dibolak-balik halamannya dia langsung bilang, aaaah males ah ribet, mending langsung praktek aja. Capeeee deeeee, pada seneng cara instan gak mau usaha :puyeng:

  5. Yohan Wibisono says:

    Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

  6. yah, namanya juga manusia, berbeda tujuan dan alasan untuk menggapai kesuksesan, sehingga ada yang cepat menyerah ada yg gak, ada yg mau belajar lagi ada yg gak, hehehe.:sip:

  7. Baru saja mo nanya-nanya Mas Arief tentang AutoRespoder ini, ternyata artikel ini membahasnya. Makasih untuk link pembahasan ARnya juga Mas :sip:

    • @memulai bisnis internet, setau saya import subscriber bisa dari AR manapun.

      Hanya saja ini berlaku u/ paket-paket tertentu saja. Minimum gold / platinum, saya lupa silahkan cek sendiri di webnya :)

  8. Online Business Story says:

    baca lalu praktek…
    jangan kebanyakan baca, tapi lupa prakteknya….
    atau praktek melulu, tapi lupa bacanya….

    begitu mungkin ya mas :sip:

  9. Khalid Abdullah says:

    kadang malahan pas ada panduan…terus di scan secara cepat bacanya… eh habis itu langsung ditutup dan berkata : “ternyata tetep aja susah”..

    lah baca aja cepet2 ! boro2 mau praktek !:hihi:

  10. Klo ngomongin AR lia :puyeng:

    Tapi sesuai dengan judul… setuju banget.. apapun itu setelah kita baca/pelajari sebaiknya dipraktekkan.. krn memori itu akan tersimpan lebih lama… gimana mau tersimpan kalo baca aja malas :hihi:

    Terutama dalam bisnis.. usaha jangan pernah putus…:sip:

    Maaf klo gak nyambung ya mas:melet:

  11. Setelah lama rehat, berusaha balik lagi kedunia blog, mudahan-mudahan bisa ketularan suksesnya Mas Arief Maulana. Mampir di blog saya akang-akang…saya mohon bimbingan dan saran-sarannya terhadap blog saya semoga bisa dapat pembelajaran yang berguna.

    Salam semangat Berani !

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,745 bad guys.