Jangan Malas Baca TOS

Oleh : Arief Maulana

term of service

2 artikel Mashengky yang publish hari ini : Review Website Paid Review Read Bud dan Social Networking And National Security Advisory mengingatkan saya pada insiden Pay Per Lead dari Justin Michie. Dimana untuk lead yang berasal dari Indonesia, tidak dimasukkan dalam hitungan sehingga tidak dibayar. Meski demikian masih banyak aja yang mempromosikan ke orang Indonesia, pakai spam ke email lagi (tidak melalui opt in).

Apa penyebabnya? Kurang teliti atau bahkan tidak membaca Terms Of Service yang lebih sering didengung-dengungkan sebagai TOS. Entah kenapa ya, sudah menjadi semacam kebiasaan temen-temen kita untuk asal aja ngikut program tanpa membaca TOSnya terlebih dahulu. Padahal kalau kita telaah lebih lanjut, TOS itu dibuat untuk dibaca dan dipatuhi.

TOS ibaratnya seperti aturan main. Kalau melanggar ya kena penalti, atau kalau dalam bahasanya Mashengky kena Bata Big. Baca dulu aturannya baru kemudian ikut dalam permainan. Bahkan boleh jadi dengan lebih dulu membaca TOS yang diberikan, kita bisa mengoptimalkan pola permainan sehingga hasilnya maksimal.

Tidak hanya dalam bidang bisnis internet aja, TOS juga sebenernya sering kok kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam bidang asuransi, tentu ada segepok perjanjian yang mesti kita baca terkait premi ataupun pertanggungan biaya atas resiko yang kita terima.

Contoh lainnya garansi. Yang sering kita tanyakan kalau beli barang kan cuma sebatas, “Ada garansinya ngga?”. Begitu penjual bilang ada kita mangut-mangut aja. Tapi pernah ngga kita membaca, yang masuk dalam pertanggungan perusahaan untuk garansi produk itu mencakup apa aja. Dan tentunya selalu ada ketentuan-ketentuan yang membatalkan garansi.

Jadi jangan sampai kita malu sendiri gara-gara teriak-teriak menyebarkan isu negatif tentang a, b, c, d atau apapun. Padahal ketika diselidiki justru kesalahan ada pada diri kita yang malas meluangkan waktu untuk membaca TOS.

Bagaimana dengan program yang diselenggarakan oleh pihak asing, dimana TOSnya berbahasa inggris? Kan ada google translate mas/mbak, pak/bu. Kalau masih ngga bisa juga, ya ngga usah repot-repot ikut toh. Daripada ntar udah berusaha setengah mati eh, hasil yang didapatkan ternyata berlawanan dengan yang  diharapkan. Makanya Terms Of Service nya dibaca dulu yah!

Salam Sukses,
arief maulana
space

  1. belajar dari pengalaman kasus si justin michie

    bikin saya menyempatkan baca tos dulu kalo ada program / info yg baru

    tapi kalo gak lupa hehehe

  2. Agus Siswoyo says:

    Itu bagi yang sempat mas. Bagi yang males baca pasti main tabrak saja. Yang penting dapat dollar, nggak tahu dollar negara mana?
    :ngakak:

    • @Jamal, dalam hal kasusnya justin michie, seenggaknya produknya emang berkualitas.

      Jadi meskipun ngga komisi pay per lead sedikit berkurang, paling tidak masih dapet ilmu gratis.

    • @Maghfur Amin, trauma sih ngga mas. Karena biar gimana pun saya masih dapet dollar yg dari Justin Michie.

      Begitu TOS bilang ngga terima dari Indonesia, saya arahkan promosi ke market luar negeri di orang2 yg follow twitter saya.

  3. Kalau tak tahu aturan main karena belum baca Terms Of Service, sepakat itu adalah sebuah kesalahan. Dan satu hal lagi yang perlu dipahami lagi dan ini juga tak kalah penting, TOS juga sering berubah-ubah, update mengikuti perusahaan yang bikin TOS-nya tersebut. Jadi secara berkala TOS harus terus dibaca agar kita tak kecele di kemudian hari kalau ada perubahan. Bukan begitu, Mas?

  4. hendarblog says:

    Sering terjadi saat jual beli,customer biasanya suka mengabaikan TOS pada surat garansi barang,saat terjadi masalah biasanya penjual jadi sasaran empuk.setelah dianalisa berdasarkan data akhirnya nyengir sendiri…

  5. Iya mas banyak yang gak mau baca TOS. Mungkin baca pun gak tau artinya ya? Padahal kalo kita pahami soal TOS tadi bisa kita jadikan acuan jadi gabung apa enggak sama programnya. Tapi omong-omong soal ReadBud saya juga ikutan kok dibayar ya mas?

  6. resellerbisnis says:

    operator seluler sering menutupi tos dengan satu kalimat sakti: syarat dan ketentuan berlaku (tanda bintang)
    gimana tuh bos?:puyeng:

  7. itulah kita mas arif ketika melihat ada bisnis yang menggiurkan langsong ceplas ceplos daftar n promosiin tanpa lihat dulu aturan mainnya, ya jadinya rugi deh..:hehe:

  8. bisnis online, bisnisonline,formula bisnis, formulabisnis,bisnis joko says:

    Mas Arief,
    Ini saran yang sangat-sangat luarrrr biasa yang saya temui. Sungguh sangat bermanfaat sekali bagi kita semua,
    Terima kasih.

    Legimin

  9. Agung Prasetyo says:

    Betul mas Arief, dengan kejadian PPL itu walaupun saya gak ikutan. Lebih bersabar untuk membaca TOS dari setiap tawaran ke saya.

  10. bisnis online, bisnisonline,formula bisnis, formulabisnis,bisnis joko says:

    Ha…. Heee….. Hiii….,
    Mas saya baru aja selesai baca artikel mas Arif ttg TOS, saya buka klik dollar, Wauu saya sangat terkejut ? Karena begitu saya melihat dollar yang peroleh telah disunat oleh TOS.
    Dan kembali dari awal lagi, pada saya mulai dari bulan Juli 2009.
    Sekali lagi terima kasih
    atas informasinya.
    Legimin.

  11. Betul tuh. kita harus baca sampe tuntas. kalo TOS nya dalam bahasa inggris dan kita bingung, tinggal di google translate aja kan. biar apa yang menjadi usaha kita tidak sia-sia lah. thanks, nice post.

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,719 bad guys.