Oleh : Arief Maulana

Hari ini, saya iseng untuk melihat member-member yang membeli panduan ngeblog lewat referal saya. Ternyata banyak juga yang udah beli. Bisa dibilang puluhan lah, entah itu member dari Cafe Bisnisnya Lutvi Avandi, Panduan Membuat Website Menggunakan WordPress Dini Shanti, dan Blog Bisnis Internetnya David Odang. Mudah-mudahan ntar ke depan bisa meningkat jadi ratusan bahkan ribuan.

Nah, dari sekian banyak member itu berapa banyak yang eksis dan produktif dalam mengelola blognya? Bisa dibilang cuma 10% aja. Sisanya? Meneketehe… Ehm, saya jadi inget bahwa ngga sedikit newbie yang suka tanya :

Mas, kalau saya beli produk ini pasti berhasil ngga? Apa jaminannya?

Kalau udah keluar pertanyaan kaya gitu, saya biasanya bakal jawab tergantung mereka sendiri. Walau bagaimanapun produk-produk panduan yang banyak beredar di internet hanyalah alat bantu. Sukses tidaknya akan sangat tergantung dengan diri kita masing-masing.  

Seperti salah satu member yang membeli panduan blog dari saya, Bu Ninil dengan blognya Web Hidup Mulia. Anda tahu, hanya dalam beberapa bulan saja Bu Ninil berhasil menaikkan PR blognya dari 0 menjadi 3. Bahkan waktu kenaikkannya itu, jauh lebih cepat dari saya sendiri yang butuh lebih banyak waktu untuk membubuhkan PR3 di blog ini.

Email Bu Ninil Sudarmini

Apakah itu karena saya? Bukan. Itu semua karena kerja keras Bu Ninil sendiri. Saya hanya menjadi perantara beliau untuk menemukan panduan blog yang menjadi alat bantunya. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahkan saya sendiri saja membubuhkan PR3 jauh lebih lama dari Bu Ninil.

Ini tak ubahnya juga ketika Anda belajar memasak. Hanya membaca resep-resep enak tidak akan membuat Anda menjadi koki handal. Tapi praktek memasaklah yang akan mengasah kemampuan Anda. Bahkan kalau Anda tahu, para Chef Profesional seperti Farah Quinn dan Bara Pattiradjawane (2 ini yang suka saya lihat di TV, hehehe…), mereka tentu sudah menghabiskan banyak waktu untuk praktek dan praktek. Mencoba resep baru, berinovasi, dsb.

Jadi sebenarnya produk apapun itu, tidak bisa menggaransi kesuksesan Anda. Yang benar-benar bisa memberikan garansi adalah Anda sendiri. Dulu pertama memulai pun saya sedikit ada keraguan. Apa bisa blog yang hanya bertemakan motivasi dan manajemen diri (awalnya) bisa rame. Kan yang ngetop malah blog-blog soal bisnis internet. Sementara saya tahunya ya cuma 2 itu, kalau ngga soal motivasi ya manajemen diri.

Ternyata seiring dengan berjalannya waktu terbukti kan. Ya begini inilah Arief Maulana.com. Jadi kalau ada yang tanya apa panduan blog tersebut efektif, saya cuma jawab “You can see my blog, that’s may proof”.

Dan percayalah 1 hal, ketika Anda mempraktekkan panduan apapun yang Anda miliki dan mulai memetik hasil dari sana, entah itu berupa duit ataupun just branding semata, biasanya menjual ulang panduan tersebut (reseller / afiliasi) akan menjadi lebih mudah. Karena ada integritas.

Saya rasa cukup segini aja lah. Mudah-mudahan, kita semua bisa memetik pelajarannya. Sebuah impian yang kecil sekalipun, tidak akan pernah terwujud ketika kita tidak mulai bertindak. Maka dari itu, jangan jadikan panduan-panduan yang Anda beli sebagai file sampah belaka. Kalau perlu yang tadinya sampah, Anda daur ulang jadi produk bermanfaat.

Ps. Artikel ini saya dedikasikan untuk seluruh member referal saya, yang saat ini mulai memetik hasil dari perjuangan mereka. Berani bertindak dan tidak takut gagal

Salam Sukses,
arief maulana
space

Jangan Cuma Rajin Beli, Praktek Juga Dong!
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

133 thoughts on “Jangan Cuma Rajin Beli, Praktek Juga Dong!

  • :hiks:
    terharu dan sedikit kesal pada diri sendiri, kemaren saya sepat naik page rank satu lo mas, emang saya gak beli panduan dari mas arief tapi cuma ambil yang gratis2 aja dari beberapa marketer ! tapi sekarang turun lagi jadi nol karena kurang di urus ! semoga artikel ini bisa memacu saya lebih giat lagi !

    1. @muhammad Jumani, tetap semangat. ada hadiah di ujung jalan yang sudah di peruntukkan untuk kita. jika kita punya motivasi yang kuat untuk memetiknya

      1. @ Mas Arief, benar mas ! gak sampai satu jam bisa selesai malah. beberapa waktu lalu blog saya itu sepi, akhirnya saya putuskan buat blog satu lagi yang lebih spesifik dan ternyata lumayan baru beberapa hari pengunjungnya rata2 80-100an tiap hari, keasikan blog satunya lupa deh blog lama, pas di tengok dapat page rangk satu, sekarang udah hilang page rank nya
        @fadly muin, thanks supportnya mas, inilah liku hidup, tak apa karena life is never flat (kyak iklan aja)

          1. Hehehe… tatep harus dipertahankan dong mas sisi motivasinya. Kan awal berdiri brandingnya motivasi.

        1. Ehm… Ga cucok sm WP fantastisconya yah. Saya kalau update ngga langsung klik mas.

          Biasanya kontak hosting dulu. Liat kesesuaian wp di fantastisconya. Ternyata efeknya bisa kaya blognya MH.

          1. @arief maulana, kasusnya mirip2 yah.. saya kalau updaet wp otomatis pasti error. makanya selalu minta bantuan hosting mas

    1. @mashengky.com, Mulai kapan tu mas,,, Saya tadi malem abiz coment disino mo langsung meluncur kesana ternyata error ?!

      Turut prihatin dweh, :hihi:

  • Jadi inget Mas Arief:sip:Dulu sekitar 5 bulan yang lalu saat mau pindah ke wp.org, untuk panduannya saya beli CafeBisnis lewat reseller Mas Arief. Setelah transfer, ada 2 CD sudah dikirim dan sudah saya terima dengan baik.

    Cuman dikemudian hari saya lupa usernamenya :
    http://cafebisnis.com/masterku
    atau
    http://cafebisnis.com/?id=h1121pg

    Dan kebetulan lupa paswordnya juga, akibatnya keanggotaan saya sebagai reseller tidak bisa diaktifkan oleh pengelola, sudah konfirmasi via SMS dan dijawab oleh Mas Lutvi.

    Mas Arief bisa bantu gak, bagaimana supaya keanggotaannya diaktifkan sehingga bisa jadi reseller? Tks kawan, bantuannya:sip:

    1. saya coba pake yg link pertama bisa tuh mas. Untuk password mungkin ada baiknya mengontak mas lutvi kembali. Karena database cafe bisnis yg urus kan beliau.

      1. @arief maulana, untuk paswordnya sudah kontak juga dan dijawab lewat sms. Tetap tidak bisa diaktifkan oleh Mas Lutvi, mungkin sekarang dia sudah lupa pada kasus saya ini kali.

        Mungkin Mas Arief bisa bantu saya, karena ini menyangkut masalah kualitas pelayanan dari cafebisnis.com.

        Ohya lupa, Met Taun Baru Mas Arief:sip:

          1. @Tks kawan atas perhatiannya, masalah utama sebenarnya karena keanggotaannya tidak diaktifkan, jadi saya tidak bisa mengikuti update produknya yang harus lewat download.

            Tapi tak mengapa kok hanya sekedar intermezo, karena kalau ada masalah dengan WP saya bisa membaca di blog tutorial punya teman atau browsing di google.

            Sekali lagi tks kawan.

          2. @sumartono,
            Sudah saya cek, memang anda mendaftar 2x dengan username:

            – Sumartono
            – Sumartono, SE

            Yang saya aktifkan yaitu:

            Sumartono, SE

            Untuk passwordnya saya gak mungkin tahu, jadi anda harus gunakan menu lost password. Mudah-mudahan ini bisa bantu. Saya ingat dulu anda pernah menanyakan hal serupa. Maklum, username anda memang agak susah diingat.. hehehe..

            :sip:

  • Saya belum beli panduan apapun mas (ada kendala). Cuma tanya teman n mbah google, tpi tahun ini moga tercapai n dpt ngilangi kendalanya. Malu ma teman sy, tanya melulu. .he . .3x
    ato gak tahu malu za . .ha. .3x

      1. @belajar affiliate, hahaha… Yg kasih konsult gratis jg ada batas ksabaran toh. Disamping itu, ada jg batasan materi yg bs free, dan ada yg sudah saatnya diupsale ke produk berbayar.

      1. @arief maulana, setuju mas..

        “aplikasi produk penunjang akan sangat membantu kita mencapai tujuan dan impian” dengan daya juang yang hebat dan pantang putus asa, maka semua itu bisa di lalui dengan nikmat. walau terkadang harus mnum pil pahit sekalipun

  • Jadi terinpirasi mas … saya belum refferal mas Arief .. tapi saya belum termasuk ke 10% … harapan masih ada mas :sip:

    1. @asep, sbenernya bgtu kita punya blog secara ga langsung dah jd blogger tuh Mas.

      Cuma skarang pilihannya mo jadi blogger coca cola ato blogger plus plus… :hihi:

  • Aksi memang sesuatu yang harus dilaksanakan agar kita bisa menuai hasil. Namun, semuanya kembali ke tujuan semula, untuk apa mereka membeli panduan / ebook2 itu.

    1. @firman, rata2 yg cm beli ebook utk dijual kembali (tanpa didalami ilmunya) tdk lebih banyak volume penjualannya drpd yg dipraktekkan.

      Selain integritas, keyakinan dlm memasarkan pun ada pengaruhnya. Mereka yg dah praktek tentu merasa yakin itu produk bagus dan memasarkannya lebih mantaps…

  • Produk-produk yang ditawarkan di internet hanya sebagai alat bantu, jika kita tidak menekuninya bisnis tersebut mustahil kesuksesan akan di raih.

  • Mas Arief terima kasih atas kiriman2 artikelnya,walaupun sy blum menyempatkan bikin blog sebagaimana yang mas Arief sarankan,sekarang baru bisa baca artikelnya saja, tapi sy senang membacanya. Mas Arief doakan ya besok Rabu Insya Allah sy berangkat dulu ke spain dan portugal,hari pertamanya mau mampir dulu di Istanbul,disana Insya Allah sy masih bisa baca artikel kiriman mas Arief,ditas sy ada MacBookAir kesayangan setia menemani kemana sy pergi.

    1. @Mohammad Aspuri Hz, wah ada urusan apa Pak Aspuri ke Spain & Portugal? Apa ada kompetisi int’l?

      Bareng Mas Idris juga atau sendiri Pak?

      Saya sudah cukup senang, Pak Aspuri masih mau menyempatkan waktu utk membaca blog saya.

      :nyembah: :nyembah: :nyembah:

    1. @jayatana, dan jangan lupa, tepat sasaran. Walau udah banyak ngabisin peluru kalau ngga tepat sasaran juga kena orang mas… :hihi:

  • jadi ingat firman Allah SWT :
    Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum, kalau bukan mereka sendiri yang merubahnya.

    Salam Kreatif,
    Octa Dwinanda

    1. @Belajar Bisnis Online dan SEO | Arief Rizky Ramadhan, ya ngga usah dibilang saya tau kok kalau saya keren… :guayarek:.

      (Narsis Mode : ON)

  • :puyeng: makin banyak panduan malah pusiiiing hehehe, waduh mas, artikel ini nonjok banget, jadi nyadar…
    Yah memang yang perlu banget adalah usahanya, saya waktu pertama beli, ga langsung praktek, malah jadi lupa punya panduan. Tapi sekarang dah mulai deh dikit dikit.

    1. @belajar affiliate, :puyeng: jelas itu Bu. Lha wong langsung lahap skaligus.

      Saya sih bertahap. Misal, bulan ini produk tentang a. 3 bulan lagi tentang b. Dst. Jadi info sifatnya menambah wawasan bukan malah langsung informations’s storm…

  • Mas Arief,artikelnya bener-bener GUE BANGET..!!!!
    Cukup menohok dan nampol banget untuk seorang ‘information junkie’ seperti saia…:puyeng:

  • @ariefmaulana,Oh ternyata gt y mas, bnyak yang beli produk tp nggak eksis dan produktif. Trima ksh ms atas infonya, smoga ilmu hr ini jadi semangat sy kedepan u slalu eksis & produktif.
    @webhidupmulia, selamat bu ya, saya tadi main2 keblognya ibu, ternyata bagus dan berkualitas.Sekali lagi selamat!

    1. @arkum, banyak yg ngga sabar dan punya mindset yg salah pula. Bisnis internet bukan bisnis cepet kaya. Butuh waktu dan proses.

      Jadi kalau ada panduan bilang kaya dlm 2 hari bohong itu. Yg ada bisa dapet hasil, tapi ga bisa kaya mendadak gitu.

      1. @arief maulana, Betul ms, kesannya salesletter yg ada lebih hiperbola dan mnrt sy bener2 pembodohan apalagi yg menjanjikan kaya cepet.Smua butuh proses dan kerja keras tuh:pukulanseribu:

    1. @cosa, tenang bos… Ada waktunya. Nanti di TSIS kan saya kasih tambahan special utk PDC. Dan masuk di promosi otomatis by newsletter.

  • btul mas arief, :puyeng:
    Sukses atau tidaknya kita tergantung dari tindakan kita..
    yang penting beli ebook langsung aplikasi..

    salam sukses!

  • Benar mas saya rajin beli tapi kurang serius krn banyak urusan lain2 t api tadi saya nulis sedikit ternyata biog yang tak terawat tapi masih hidup Doakan th 2010 ini mulai bisa ditingkatkan ya

  • Halo mas Arief…
    Iya mas kata orang jangan NALO =No Action Learn Only.
    Mungkin termasuk saya NAlO he..heh
    Kalo saya malah loncat-loncat mas,beli itu,beli ini,dipelajari/dipraktekin kagak,pas ada waktu cukup,bingung yang mana dulu yaa yg mau dipelajari.
    Tapi sekarang agak punya waktu banyak,jadi sy bisa serius,dan sekarang udah ngutak-ngatik artikel untuk diposting di blog.
    Saya udah nyiapin paypal nya ,beli vcc nya lewat mas Arief kok he..he..,siapa tau mulai dapat kiriman nanti dari blog
    :ngelamun:
    Makasih,sukses selalu..

    1. @Adif, yup terima kasih beli vcc lewat referal saya. Kalau bingung, ambil 1 aja dulu (random). Seriusin. Kalo dah oke, lanjut yg lainnya.

  • Saya pun turut senang sekali mendengar berita ini. memang sih kebanyakan orang berharap hasil yang bagus namun tidak mau berusaha dengan keras mempraktekan apa yang mereka pelajari dan mereka beli

    Sukses selalu

    1. @Alfred, lebih dahsyat lagi, resepnya biasa tapi diolah menjadi sajian yg dahsyat dan bercitarasa tinggi. Itu baru mantaps…

    1. @IwanKus, itu biasa terjadi kalo pikiran kita udah ngebayangin sulitnya duluan.

      Padahal seharusnya ditelateni. Kalau ngga ngerti ya berusaha cari jawabannya. Orang2 kaya gitu yang akan berkembang. Contohnya, ngga jauh2 lah… :uhuk: :uhuk: :uhuk:

  • Iya nie, pantesan waktu sekolah dulu saya gak pinter2, la wong bukunya cuma untuk bantal tidur gak pernah dibaca :hihi: Yang penting dalam hidup emang harus praktek … praktek … praktek :sip:

    1. @rejeki, ngga secara langsung.

      Page Rank dan Alexa Rank udah biasa dijadikan tolok ukur popularitas blog / website.

      PR : Popularitas situs dimata google

      Alexa Rank : penilaian lebih ke arah traffic yang berkunjung

      Makin bagus kedua rank tersebut di situs kita, maka akan meningkatkan kepercayaan orang lain terhadap pemilik situs.

      Misalkan kita menjual space iklan. Maka yg pertama dilihat orang biasanya PR dan Alexa Rank.

      Pun kita berbisnis paid review, tinggi tidak bayarannya tergantung status web kita, PR dan Alexa nya berapa.

      Ingat, modal utama sukses berbisnis di internet adalah kepercayaan! :baca:

  • mantab bos …karena hanya dengan action semua cita cita bisa tercapai ..termasuk cita cita saat membeli produk online :-)

  • Sebaiknya beli produk informasi itu harus sesuai fokus kita. Jika ingin fokus adsense, cari panduan yang lain+take action, beli lagi+take action.

    Kata pak Petrus G. Hartono, uang hanya efek dari action kita.:sip:

    1. @A9YnD1LV3R, keren quotenya. Yap bener mas. Beli sesuai kebutuhan informasi kita for self upgrading. Kalau ada hak resellernya, maka itu nilai plus yg lain.

  • Benar apa yang dikatakan oleh mas arief kalau apa yang sudah kita capai itu,semuanya berkat kerja keras kita selama ini.Saya sendiri juga sudah berhasil membuat situs saya naik dari page rank 1 menjadi page rank 2.Semunya itu bisa kita capai kalau ada usaha dan kerja keras.

    1. @Cara Cari Duit, selamat mas. Yup, saya maupun affiliate marketer lainnya hanyalah jembatan saja. Tetap yg mesti menyebrang diri kita sendiri.

  • dalam sekali arti artikel ini memang jangan hanya d pendam ilmu dari ebook yg sudah kita beli tapi harus d jalankan..
    Tapi ada satu hal yg membuat saya tidak maksimal dalam menerapkan ilmu yang sudah saya dapat kan yaitu masalah Malas..
    Haduh bener pusing saya sama ntu persoalan..
    Maas tlong kasih pencerahan mas :puyeng::puyeng:
    gmana cara.y kita bisa memanajemen diri kita supaya tidak malas dalam menerapkan sesuatu

    1. @download software pc, Kaalau malas, artinya dream mas kurang kuat tuh.
      Saya sih biasanya :
      1. Break project yg digarap jadi beberapa bagian kecil yg jauh lebih mudah pencapaiannya. (termasuk dalam menerapkan sesuatu)

      2. Nah, masukkan dalam agenda kerja kita. Agenda mingguan apa dan agenda harian apa.

      3. Kerjakan. Kalau malas, inget aja tujuan akhirnya apa. Makanya lebih baik buat wishlist book. Biar inget terus tiap kali buka buku itu.

  • memang banyak orng spt itu mas, maunya beli aja tp mls mempraktekannya, member web sy aja uda 50 member, yg jadi membuat web tdk lebih dr 5%, parah khan, padahal sy sudah buka konsultasi gratis buat mereka :nangis: alasan mereka klise masih takut terjun terlalu dalam di bisnis online

    1. @script gratis, lebih parah dari hukum ceterus paribus (80:20). Itu makanya yg sukses lbh sedikit dari yg gagal…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,551 bad guys.