Oleh : Arief Maulana

Tadi pagi waktu saya update status facebook, ada yang komen ”Mas, Ajari ilmunya dong!”. Jujur aja, saya suka bingung kalau ada yang nanyain “ilmu yang saya pakai itu apa”. Kenapa? Karena ngga spesifik banget. Ilmu kan banyak sekali. Dan yang saya tahu juga beragam, ada ilmu perkapalan, ada ilmu blogging, ada ilmu affiliate marketing, ada ilmu memberikan pelatihan, dll.

Itu sama juga kalau misalnya ada yang tanya sama Anda, tapi pertanyaannya ngga jelas. Kira-kira bingung ngga jawabnya. Paling-paling Anda lempar lagi ke yang tanya, untuk memperjelas maksud pertanyaannya. Betul ngga?

Balik lagi ke soal tanya-tanya. Ngga sedikit juga yang suka tanya lewat email apa dan bagaimana cara saya menjalankan bisnis internet, bagaimana cara saya ngeblog hingga traffic harian lumayan banyak, bagaimana dan bagaimana yang lainnya.

Sebenarnya sudah banyak yang saya bagikan. Sebagai contoh, The Simple Internet Selling” (upgrade version of “The Simple Affiliate Marketing”) yang saya bagikan gratis. Sebagian besar bagaimana cara saya melakukan bisnis afiliasi/reseller. Tinggal praktek dan lakukan saja sesuai yang ada disana.

They know what to do, but the don’t do what they know. Saya kita fenomena itu yang tengah terjadi saat ini. Banyak yang udah baca, masih aja tanya gimana langkah awal sukses berbisnis afiliasi. Ngga percaya kali ya, kalau yang saya tuliskan disana itu adalah apa yang saya lakukan di awal berbisnis internet dulu.

Secara logika, tentu saya ngga akan seconfidence itu menerbitkan buku “The Simple Internet Selling” kalau memang sekedar omong doang tanpa pernah melakukan apa yang ada di dalamnya. Jadi apa yang saya tulis disana adalah apa yang saya lakukan pertama kali dulu. Nah, kalau yang banyak saya share saat ini aja ngga dipraktekin, ilmu mana lagi yang mau saya share?

Sama juga dengan aktivitas blogging. Sering juga ada juga yang tanya, gimana cara punya traffic yang banyak ke blog? Saya biasanya jawab : konsisten ngeblog (meski minim komentar), blogwalking dan tinggalkan jejak di blog yang ramai, belajarlah SEO (untuk traffic gratis), gunakan autoresponder untuk membangun komunitas Anda sendiri (bikin opt in, berikan newsletter + bonus), manfaatkan social media site (facebook, twitter, dll). Selain itu miliki panduan wordpress complete guide yang dibuat sama Mas Lutvi. Itu bisa membuat kita jadi lebih advance utek-utek wordpress.

Setelah itu biasanya pertanyaannya saya balik, yang saya saranin udah dilakukan belum? Atau berhenti sebatas pertanyaan belaka? Jangan-jangan cuma NAAO (No Action, Ask Only). Kalau Anda NAAO, itu sama aja tak ubahnya mereka yang suka membeli panduan bisnis internet, tapi ngga pernah dipraktekin. Ujung-ujungnya ngga dapet hasil malah menjelek-jelekkan yang punya produk.

Mungkin mereka yang suka tanya itu berpikir, kok hasilnya ngga sama (ngga seperti yang dibayangkan) dengan apa yang saya atau temen-temen pebisnis internet lainnya bilang. Wajar, itu jawaban saya. Karena setiap orang berbeda. Beda orang, beda pemikiran, beda daya serapnya, beda cara bertindaknya, beda cara merespon suatu kejadian. Itu yang membuat hasilnya berbeda.

Lucunya lagi, ada yang mengatakan bahwa bisnis itu bakat-bakatan. Kalau Anda termasuk yang bilang seperti itu, saya akan bantah habis-habisan. Kenapa? Saya saat ini menekuni bisnis internet. Tahukah Anda, keluarga saya sampai kakek buyut ke atas, ngga ada sama sekali yang punya “darah bisnis”. Semuanya rata-rata adalah pegawai pemerintah. Nah, bakat bisnis saya dari mana?

Learning by doing and learning from the mistake, that’s the key!

Coba cermati dan renungkan quote di atas. Itulah cara saya belajar dan itulah yang sebenarnya menyebabkan satu sama lain memiliki hasil yang berbeda, meski panduan suksesnya sama. Cara kita bertindak + merespon proses pembelajaran dan praktek, akan membedakan hasilnya.

Dalam teori manajemen produksi, hal ini dipaparkan dengan sangat jelas. Ketika 2 perusahaan diberikan bahan baku yang sama, maka hasil akhirnya bisa saja berbeda. Kenapa? Karena mereka punya standar prosedur proses produksi yang berbeda. Dan tentunya yang membuat prosedur proses produksi itu kan beda-beda manusianya antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain. Paham maksud saya?

Jadi, misalnya Anda saat ini sedang memegang panduan bisnis internet, apapun itu. Lakukan saja! Praktekkan saja! Jangan takut mengalami kesalahan. Karena setiap kesalahan yang kita perbuat dalam proses dan perjalanan menuju sukses, akan memberikan satu pengalaman berharga. Dari pengalaman itulah, nantinya Anda akan menemukan gaya bisnis seperti apa yang sesuai untuk apa. Begitu business stylenya ketemu, saya yakin hasil yang Anda peroleh akan jauh lebih maksimal.

Ingat saja cerita yang sering saya dengungkan. 3 bulan pertama saya terjun di bisnis internet, tidak mendapatkan hasil apa-apa. Baru bulan ke-4 saya menikmati income pertama. Coba kalau saya berhenti mencoba dan berusaha di bulan ke-2 atau pertengahan bulan ke-3. Mungkin saya akan bilang berhenti dan bilang bisnis internet itu bohong karena saya tidak bisa mendapatkan hasil dari sana. Syukur Alhamdulillah saya tidak mudah menyerah!

Sekali lagi yang penting adalah terus berusaha. Fokus pada bagaimana meraih penghasilan pertama Anda. Begitu yang pertama Anda dapatkan, pasti akan termotivasi untuk mendapatkan yang kedua, ketiga, dst, hingga Anda pun menikmati punya penghasilan tambahan dari bisnis internte. Dan itulah cara kerja sistem kepercayaan dan keyakinan, membawa kita pada tindakan-tindakan positif. Silahkan baca “bagaimana keyakinan membawa kesuksesan”.

Intinya, jangan banyak bertanya dulu! Praktekkan saja dan nikmati setiap prosesnya. Karena itu adalah bagian dari kurikulum sekolah kehidupan. Jadi, sudah sejauh mana proses yang Anda lakukan?

Salam Sukses,
Photobucket
space

Jangan Banyak Tanya, Lakukan dan Nikmati Prosesnya
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

37 thoughts on “Jangan Banyak Tanya, Lakukan dan Nikmati Prosesnya

    1. Bentart mas… Siapin sales letternya dulu. Udah join free membership newsletter saya kan? Klo udah, ditunggu aja email link downloadnya. Hehehe… Yg pasti utk member GRATIS….

        1. Yap. Rada jengkel juga sih mas. Soalnya ada yg udah dikasih tau masih tanya terus. Itu sih bukan tanya, tapi mempertanyakan.

          Sikap belajar yg baik. Bertanya lalu praktekkan. Toh metodenya udah terbukti membantu mendapatkan income. Oh ya artikel BBnya mas menginspirasi tuh.

          Besok kalau ngga ada halangan saya post artikel terkait, ntar tak link ke artikel mas. Hehehe…

  • banyak tanya sih boleh aja untuk bisa lebih meyakinkan kita kalau bisnis yang akan kita geluti benar-benar akan bisa berjalan sesuai dengan harapan, apalgi bisnis di dunia maya yang semuanya hampir tidak jelas mana yang baik dan buruk.

    setelah yakin kita langsung take action dan jangan menunda lagi menjalankannya.
    penyakit menunda memang sedang mewabah Mas.

    1. Kalo beneran tanya and langsung dieksekusi sih gpp mas. Klo tanya2 terus tanpa ada tindakan, itu mempertanyakan namanya. Hehehe…

    1. @Wawan Purnama, betul mas….terlalu banyak nanya malah akhirnya ndak jalan-jalan

      @arief maulana,
      hem saya suka sekali mas dengan quote “learning by doing,and learning from the mistake” hehe

      1 hal lagi maju terus sampai apa yang kita inginkan tercapai….:sip:

  • Infonya sangat saya butuhkan mas, karena saya selama ini selalu bingung apa dan mau diapakan ini ? Terima kasih mas.

    1. Bingung dimananya mas. Mungkin sy bisa bantu. PM aja ke saya. Tapi kudu action yah, jangan cuma tanya.

      Btw udah join free membership newsletter saya? Ntar lagi sy bagi2 buku the simple internet selling neeh…

  • untunglah banyak yang NATO mas, jadi bisnis online ini cuma dikuasai 1-2 orang hehehe… termasuk bisnis VCC, saya jual 5 juta aja gak ada yg mau.. padahal langsung menghasilkan tuh.. apa kata dunia??

    1. Hahaha… Masuk mas. Seleksi alam bekerja. Newbie yg g berkembang… akan berguguran. Buat yg eksis dan bertahan, mati satu tumbuh seribu. Peluang bisnis internet masih sangat besar…

  • MAS THANKS UNTUK INFONYA SAYA SDH BERHASIL MEMBUKA PAY PAL ACOUNT DAN SDH SAYA DAFTAR ISIKAN DIKOLOM JADI WAIT AND SEE NAMAYA REJEKI TAK AKAN LARI KEMANA KALAU MEMANG UNTUK KITA YA RELAX AJA ENJOY AJA OK

    1. Wah bagus itu mbak. Artinya mbak sudah selangkah lebih maju. Semoga account Paypalnya bisa berguna dan banyak manfaat untuk kedepannya.

  • iya bos bener banget, saya pernah merasakan seperti ini, ga dapet2….hampir putus asa. dapat sekali ga dapet lagi, pusiiiiing,,sampai suatu saat uji coba kesabaran, 1 bulan dua bulan, teryata muncul juga hi hi alhamdulillah

    1. Good. Kadang Tuhan itu suka main2 sama hambanya mas, Ngetes gitu modelnya. Dikasih… Ngga, dikasih… Ngga. Tapi klo kita ngotot, Dia akan buka jalannya. Karena sudah janji Dia untuk mengubah nasib suatu kaum jk kaum tsb mau berusaha dan tdk menyerah…

  • The Common people can be made to understand a path, but not to follow it.

    Membuat mereka mengerti bukan berarti membuat mereka mengikuti.

    Ini adalah pepatah ribuan tahun dan akan berlaku ribuan tahun mendatang.

    1. Nah… problem di masyarakat kita adalah terlalu banyak bertanya tanpa perimbangan action. Sehingga, cenderung tidak mengerti. Dalam satu materi psikologi belajar, saya pernah baca. Cara terbaik membuat orang mengerti adalah dengan meminta mereka melakukannya sendiri.

      Nah, panduan2 yang ada disini adalah guidance awal saja. Memberikan arahan, agar mereka bisa langsung praktek. Tentu tidak sama setiap orang. Tapi paling tidak, mereka menemukan satu pengalaman / pembelajaran yang pada akhirnya menuntun hingga menemukan gaya bisnisnya sendiri.

      Terima kasih masukannya.
      Salam kenal

  • terlalu banyak tanya tanpa action ternyata tidak baik juga yah mas arief…
    thanks for share..
    saatnya action… yeah!:sip:

    1. @andriristiawan, yah.Paling ngga balance mas. Banyak tanya, banyak action.

      Kalau banyak tanya, ngga action2 namanya mempertanyakan…hahaha :meledak:

      1. @arief maulana, mempertanyakan hingga akhirnya menjadi sebuah keraguan… dari keraguan menjadi kebuntuan… dan akhirnya menjadi penyesalan yang mendalam? lalu menangis semalam T_T :nangis::nangis::nangis:

  • ada pepatah mengatakan diam adalah emas, entah mas imitasi atau 24karat hee.. dulu awal2 mulai kenal IM saya tanya melulu sama penyedia layanan domainhosting,dijawab sih, tp kurang memuaskan, sekarang sih kayaknya lebih enak disimak baik2 ilmu IMnya, setelah itu langsung begaya eh praktek. ya kalau ada salah wajar, namanya juga baru belajar, betul begitu?

    1. Yap. Dari kesalahan kita belajar dan karena kesalahan itulah kita jadi mengerti. Asal jgn kesalahan yg sama diulang2 hehehe… Nanti ga sukses sukses…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,551 bad guys.