Oleh : Arief Maulana

Kalau Ada Yang Bisa Mempermudah Kita, Buat Apa Mempersulit Diri

Rekan-rekan, sebagaimana yang saya janjikan di artikel sebelumnya tentang arti penting memanfaatkan tim support sebagai leverage bisnis Anda, maka artikel kali ini saya tinggal memaparkan 2 contoh dari sekian banyak manfaat yang saya peroleh dari tim support.

# CONTOH 1, LAHIRNYA BLOG MOTIVASI ARIEF

Sebagaimana yang pernah saya ceritakan terdahulu, perjalanan bisnis online saya beriringan dengan perjalanan Blog Motivasi Arief. Waktu itu saya masih menggunakan platform blogger.com (free).

Untunglah saya kenal dengan Mas Hengky. Di sekitar pertengahan Oktober 2008 (kalau tidak salah) melalui sebuah percakapan singkat via YM, Mas Hengky meracuni pikiran saya untuk pindah ke wordpress. Waktu itu saya bela mati-matian bahwa blogger cukup nyaman untuk dijadikan blog bisnis. Namun Mas Hengky mengeluarkan statemen yang menarik, bahwa wordpress memiliki banyak fitur-fitur canggih (plugin siap pakai). 

Disana saya mulai tertarik dan ujung-ujungnya saya beli Panduan Mesin Uang WordPress karya Mas Lutvi Afandi (sang master wordpress) yang direkomendasikan Mas Hengky. Begitu produk sampai dirumah (2 CD, diantar ke rumah), saya baca ternyata memang benar. WordPress, terutama yang hosting sendiri, memiliki bisa dipasangi fitur-fitur canggih yang luar biasa.

Dengan beberapa alasan, yakni :

  • Ingin memiliki blog yang canggih dan keren abis.
  • Ingin membangun kredibilitas sebagai seorang pebisnis online profesional (blog dengan domain .com).
  • Ingin menambah ilmu dengan praktek di dunia perbloggingan

maka pada awal bulan November 2008 saya memutuskan menyewa domain www.AriefMaulana.com dan sebuah hosting di Rumah Web. Saya punya target, AriefMaulana.com harus sudah launching perdana tanggal 3 Desember 2008.

Kesulitan saya dalam proses membangun blog ini adalah admin area wordpress yang berbeda 180 derajat dengan admin area blogger.com. Ini benar-benar menjadi hal baru buat saya. Tapi walau bagaimana pun sulitnya, saya tetap harus berjuang agar blog ini bisa launching tepat waktu karena goal saya sudah jelas. Waktu itu saya ingin kelahiran blog ini menjadi kado ulang tahun saya.

Bagaimana saya bisa mengatasi itu semua? Jawabannya adalah TIM SUPPORT dari Mas Lutvi Afandi.

Kalau Anda mengira saya membangun Blog Motivasi Arief sendiri Anda salah besar. Saya membangun blog ini bersama tim supportnya Mas Lutvi. Ketika saya menemui kendala dalam masalah teknis, saya tinggal email / sms tim untuk konsultasi. Begitu jawaban keluar, langsung praktek. Alhamdulillah dengan bimbingan Mas Lutvi dan timnya, Blog Motivasi Arief launching tepat pada tanggal yang ditentukan dan menjadi salah satu kado ulang tahun terindah saya.

# CONTOH 2, SISTEM WWW.*****************.COM

Kenapa saya berikan www.***.com? Hehehe… nantikan tanggal main review saya terhadap situs tersebut. Yang jelas sistem affiliate marketingnya luar biasa.

Dalam kasus kedua ini, bermula ketika saya mengenal ”D” melalui hobi blogwalking. Saya mendapatkan linknya dari blognya Mas Ardy Pratama. Siapa ”D”? Sekali lagi nantikan saja review saya di postingan mendatang. Yang pasti di usianya yang hanya terpaut beberapa bulan saja dari saya, beliau jauh lebih luar biasa dan profesional dalam menekuni bisnis online.

Saya pun menelusuri dan mencari tahu sosok profil D. Hingga akhirnya saya menemukan website bisnisnya yang luar biasa. Melihat peluang yang dahsyat tersebut, saya pun tidak berpikir terlalu lama untuk take action dan bergabung di dalamnya. Mengapa karena sistemnya sangat powerfull untuk mendongkrak sistem bisnis affiliasi yang saya jalani selama ini.

Setelah mendownload dan membaca ebooknya, saya langsung praktek. Saya kemudian menyewa domain dan hosting baru lagi selama setahun untuk mempraktekkan ilmu baru itu. Lagi-lagi background saya yang non informatika, membuat problem baru ketika meng-upload sistem baru itu (bagi saya, mungkin tidak buat Anda) ke database hosting. Saya pun kembali berkonsultasi dengan tim support dari D.

Berkali-kali gagal dalam proses instalasi sistem baru tersebut, akhirnya tim support meminta username and password hosting saya. Mereka akan membantu proses instalasinya. Dan janji itu pun dipenuhi. Sistem sudah berjalan dengan baik.

Karena ingin menambah skill dan pengetahuan, saya pun menanyakan dimana letak kesalahannya hingga saya gagal terus. Akhirnya tim pun sedikit pembelajaran teknis yang menjadi kesalahan saya. Hingga kini saya bisa tersenyum karena tidak ada lagi problem. Disamping itu saya tahu ini akan memberikan satu lagi kran penghasilan besar ke depannya. Hehehe… peluang yang amat sayang untuk dilewatkan.

Dari dua kisah nyata di atas, Anda dapat melihat sendiri bagaimana saya benar-benar memanfaatkan tim support dari website penjualan yang produk informasinya saya beli untuk dipraktekkan dalam membangun bisnis online.

Dan saya tidak banyak mengeluh seperti kebanyakan mereka yang konsultasi. Ingat, orang sukses sedikit mengeluh banyak bertindak. Sedangkan orang gagal sedikit bertindak dan banyak mengeluh.

Well, pilihan ada di tangan Anda semua. Apakah Anda akan memanfaatkan tim support sebaik mungkin, atau Anda hanya menjadikan mereka ”keranjang sampah” belaka (red. tempat mengeluh)

Salam Sukses,
Photobucket
space

Jadikan Tim Support Sebagai Leverage Bisnis Anda (2)
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

65 thoughts on “Jadikan Tim Support Sebagai Leverage Bisnis Anda (2)

  • benar mas Arief. tim support sangat penting dan sangat membantu tercapainya goal-goal kita.

    terbukti. sekarang saya sudah berhasil mendirikan sebuah blog baru.

  • semua memang berfungsi sesuai perannya ya

    mas arief memang selalu memposisikan begitu

    sedikit menyimpulkan tentang mas arief (maaf jika salah):baca:

    1. @rekanbisnisku, bener mas… itu bagian dari ilmu “managemen bisnis”. Rugi dong kalau saya jadi trainer management mahasiswa tapi ngga nerapin ilmunya :hihi:

    1. @Kahono, sebenarnya banyak mas, yang bisa diteladani selain saya.

      Kebetulan saja apa yang saya alami ini bisa disharingkan dan menambah semangat rekan-rekan yang baru start

  • Saya juga sering mengalami kesulitan teknis dalam hal baru,seperti pada saat membuat web dan blog.Dan mas Arif sangat beruntung karena memiliki tim support yang bertanggung jawab.tidak seperti yang saya alami.sampai saya berhasil melaunching web dan blog.jadi Take it and Do it

    1. @Rully Nugraha, untuk mengurangi resiko tim support yg tidak bertanggung jawab, mungkin bisa mencari informasi lebih dalam tentang profil penjual produk dan teamnya.

      Bila tahu infonya dari orang lain, coba minta informasi lebih lanjut dan minta kesediaan resellernya untuk membantu seandainya tim support ngga aktif.

      Bila reseller tadi dah tahu kualitas team support, maka biasanya dia akan bilang iya.

      Ini yang saya pakai untuk menyeleksi…:hihi:

    1. @Tri Agung, oke!
      Oh ya maaf ya masih belum sempet kirim email tentang rekomendasi saya selain SMUO.
      mungkin minggu tak kirimnya.

      Masih ribet sama kerja praktek

    1. @endro.s, kalo ngga mau repot ya tidur aja mas, hehehe…

      Jangan takut untuk repot masalah teknis. Kenapa? karena dari sana lah kita bisa mengembangkan bisnis kita lebih baik lagi.

  • Dahulu saya seperti mas arief, sering ngandalkan support tim, karena saya nggak mau ribet dengan masalah-masalah teknis

    Tapi saya sadar bagaimanapun sulitnya…saya harus bisa mengatasi sendiri, selain itu juga nggak mau repotkan orang, wal hasil saat ini jika mengalamai kendala saya banyak minta bantuan oleh “OM GOOGLE” kecuali jika sangat terpaksa, baru tanya ama masternya

    Maju terus mas !!

    1. @Umar Hadi, wah beda lho mas konsepnya.

      Dalam hal ini saya bukan merengek minta tim yg selesaikan, melainkan saya minta petunjuk.

      Selebihnya saya lakukan sendiri mpe bisa.

      Jadi kita bisa mandiri. Kalo ke google melulu kelamaan and buang banyak waktu + duit. Ngga efisien menurut saya.

      Anyway, tiap orang emang punya cara masing2…:sip:

  • Waktu masih baru belajar internet marketing, kalau ada kesulitan saya juga suka nulis surat ke Asian Brain support team.
    Kalau speedy bermasalah saya juga sering nelpon 147. Lama-lama dari berbagai kesalahan mulai belajar mengatasi masalah sendiri. Dicoba dulu, kalau belum berhasil baru nanya.
    Setuju nih team support emang banyak membantu.

    1. @Belajar Internet Marketing, Yup bener mbak Yusi.
      Dari berbagai masalah itulah kita belajar dan akhirnya bisa menjadi mandiri…

  • Mas Arief nanti jadi team support saya ya soale saya senang IM tapi gaptek jadi ga tahu apa yang harus di kerjakan …. tapi tunggu kalau saya pulang ya…sekarang masih buoyyooooot ,maaaf ya gangguin terus alias comment ga nyambung..

      1. beli panduan tentang apa ya….kan saya dah jadi member smuo,tapi blm sempat daftar belajar di Asian Brain…saya hanya bisa blogwalking ,but someday i will ,

  • Ada dua yang ingin saya sampaikan di sini:
    1. Saya tunggu kabar poin keduanya! hehehe… sudah tidak sabar nih Mas! Tambah penasaran saja setelah membaca artikel ini.

    2. Banyak juga lho yang mau pindah dot com tahun ini. Mas Arief gak nimbrung di obrolan BISNIS GURU kemarin ya? Pak Joko saja sampai komen 2 kali.

    3. Ada yang hangat dan menantang di artikel BISNIS GURU hari ini.

    KLIK BISNIS GURU : Referensi Bisnis dan Info Pendidikan

    1. @Umar Puja Kesuma, sebenernya udah mampir mas… cuma ngga sempet komen aja!

      Diam2 saya blogwalking lho… cuma biar cepet ngga ninggalin koment.

      Untuk poin 2, hehehe… ditunggu aja dah!

  • Mas, kalau saya pengen seperti mas Arief, saya harus mengikuti step yang dilakukan mas arief atau bisa langsung ke mas Arief jadi team support (Leverage) saya?:puyeng:

    1. @Dodo Teguh, Lho mas dodo teguh kan bisnis VM Dynasisnya berkembang pesat. Bahkan pertumbuhannya mengalahkan saya.

      Jadi intinya setiap orang punya kelebihan dan kekurangan. Mari sama-sama saling support mas. Saya juga senang kok melihat tim saya sukses. :hihi:

  • waduh mas saya ngeluh keman ya..! abis blog saya gitu2 ajah see.. ya mungkin ngeluh sama mas arief ajah deh… sambil nanya bisa ga dari blogger pindah ke wordpress, kalau bisa gmana caranya ya..? karena saya terus terang tertarik dengan fitur2 WP namun di blogger postingnya sudah banyak.. ya jadi mikir 2x saya… tolong bantuannya ya mas Arief..!

    1. @torik, ooh… yg sekarang masih pake platform blogger ya mas. Cuma domainnya yg .com

      Kalo ngga salah di wp ada fasilitas impor artikel mas. Cuma mungkin hasilnya ngga serapi kalo nulis langsung.

      Mending copy paste aja. Tapi jangan lupa, setelah di paste di yg baru, yg lama di off. Biar ngga dianggap duplicate content :hihi:

  • Wah mas Arief udah mau ta kejar pake motor…ternyata udah naek sedan sport…

    Sip mas Blog-nya bisa jadi seperti sekarang…
    Memang betul sih Team Support seperti mas bilang…Selama ini masih otodidak nih…Pengen sih ada team support,tapi siapa ya??

    1. @Bachtiar Arifin, makanya mas… sering-sering main kesini…

      Ntar kalo mas udah naik sedan sport, saya naik pesawat jet lho…

  • Sebelum pindah ke dotCOM, memang alangkah baiknya beli panduannya dulu. Ibarat kata siap senjata sebelum perang. Pelajari dulu aah masterwordpress.co.cc nya mas Arief.

    1. @sumartono, jangan lama-lama kalau memang ingin serius mas Sumartono. Mas Fadly (www.FadlyMuin.com)sama Mas Wawan Purnama (www.wawanpurnama.com) sudah punya lho panduan yang saya rekomendasikan…

    1. @mashengky, justru saya berterima kasih sekali mas hengky :nyembah:

      Kalau tidak ada mas hengky, mungkin blog ini tidak akan pernah lahir. Saya pun tidak akan pernah merasakan nikmatnya punya blog .com

      Anda adalah bagian dari sejarah perjalanan sukses saya.

      Sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih! :matabelo:

  • siapa bilang wordpress susah… tunjuk jari…. mau saya ajariiiiin…. hehehehe….
    :hiks:
    kemarin 2 hari wordpressku error… binguuung… untung ada private support,,.. hehehehe
    :hiks:

    1. @rangga, mas pake apa? WP.com apa WP.org (hosting sendiri). Kalau memang mencari panduan yg pas bisa cek di http://www.MasterWordpress.co.c

      Beberapa yg mas dapetin ntar :
      1. Panduan WP lengkap
      2. Ratusan themes + plugin
      3. Software untuk server lokal (ini untuk uji coba wp di komputer rumah, tanpa terkoneksi internet. Jadi bisa buat belajar tanpa banyak keluar uang untuk koneksi internet).
      4. masih banyak lagi

      semua dikemas dalam 1 paket cd yg dikirim ke rumahnya mas. :sip:

  • memang benar apa yang dikatakan oleh Mas Arief tentang Tim Support ini, termasuk saya yang saat ini sedang membangun Blog, banyak sekali support mas Arief kepada saya, saya sering nanya via SMS kalau ada problem dan selalu di jawab dan diterangkan dengan sangat jelas. Makasih mas Arief…Salam sukses selalu (sugiana, http ://info-peluang-bisnis-internet.blogspot.com)

  • Pingback: Jadikan Tim Support Sebagai Leverage Bisnis Anda (2) | Nafasku Magazine
  • ass… mas saya pendatang bru dlm… dunia internet…

    saya ingin membuat blog yg baik tentang motivasi mohon komentarnya…

    cara-cara agar blog ad sub menu gmn ya mas???
    contohnya seperti… saya ingin memasukan menu produk, software, dll?

    tlg y bimbingannya…

    1. Terima kasih atas kunjungannya Mas Aan. Bila anda ingin membuat blog tentang motivasi yang baik, maka banyak-banyaklah melahap informasi terkait masalah motivasi. BIsa dari buku-buku, blog motivasi, dll.

      Saya pribadi bisa menyuguhkan informasi motivasi berdasarkan pengalaman pribadi baik itu sebagai pebisnis maupun trainer yang berkecimpung di bidang motivasi. Artinya ada skill disana.

      Untuk membuat menu-menu bila menggunakan blog berplatform blogger.com tidak bisa. Namun bila menggunakan wordpress.com bisa. Akan tetapi bila anda menggunakan wordpress.com, maka tidak bisa pasang iklan banner (hanya postingan belaka)! Kalau pengen berekspresi lebih baik dengan blog, lebih baik gunakan saja hosting dan domain bayar (platform wordpress.org).

      Bila anda adalah pemula di dunia blog, saya rekomendasikan kepada Anda untuk memiliki produk http://www.BlogBisnisInternet.co.cc
      Disana Anda akan diajari bagaimana membuat blog yang profesional sekaligus menghasilkan income. Produk tidak hanya panduan berupa ebook namun juga video yg bisa anda contoh dan praktekkan langsung.

      Salam Sukses

  • Pingback: Bisnis: Ide Cemerlang Itu Seperti Apa Sih Kak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,556 bad guys.