Oleh : Arief Maulana

tim support, tim sukses, tim bisnisMereka Ada Untuk Mensupport Kita

Bagaimana kabar Anda hari ini rekan-rekan? Apakah hari ini Anda tersenyum karena berhasil menjual banyak produk affiliate / reseller? Ataukah Anda masih mengerenyitkan dahi dengan penuh keraguan apakah benar bisnis online bisa menghasilkan? Apapun kondisi Anda sekarang, tersenyumlah karena saat ini saya akan bongkar satu lagi rahasia untuk cepat mengembangkan bisnis Anda.

Sebelumnya saya ingin berterima kasih kepada rekan-rekan yang belakangan sering mengirim email kepada saya, entah itu sekedar bertanya ataupun konsultasi seputar masalah bisnis online. Karena Anda semua, saya jadi terinspirasi menulis artikel ini.

Rekan-rekan, menurut Robert T. Kiyosaki salah satu kunci untuk bisa sukses dalam waktu yang singkat dan memiliki bisnis yang kokoh adalah leverage atau daya ungkit. Semakin banyak daya ungkit yang dimiliki untuk mensupport, maka akan semakin baik pula perkembangan bisnis Anda. 

Salah satu daya ungkit yang ingin saya bahas kali ini adalah tim support. Namun, seperti biasa saya membahasnya dari segi affiliate marketingnya karena saat ini saya masih berkecimpung di dalamnya.

Kalau Anda perhatikan hampir semua web reseller / affiliasi yang menjual produk (barang / jasa) senantiasa memiliki tim support. Tim ini bekerja untuk tiga kepentingan. Pertama adalah kepentingan pemilik website, kedua adalah kepentingan para calon customer (dari pra hingga pasca pembelian), dan yang ketiga adalah kepentingan affiliate marketer selaku pemasar produk.

Nah, dari banyaknya email yang masuk ke saya bisa sedikit saya simpulkan bahwasanya para newbie yang terjun di bisnis online ternyata masih sedikit sekali yang memanfaatkan tim support yang disediakan untuk menjadi daya ungkit dalam bisnis mereka. Mereka lebih cenderung memanfaatkan tim support hanya sebagai tempat mengeluh atau komplain, bener ngga? Ayo… ada yang mau mengaku?

Padahal amat disayangkan karena sesungguhnya tim support memiliki kelebihan yang bisa kita manfaatkan untuk membantu kelancaran bisnis kita, entah itu dari segi teknis maupun non teknis.

space

# I L U S T R A S I

Untuk ilustrasi, saya ambilkan dari tim Formula Bisnis.

Rekan-rekan, Mas Joko Susilo sudah memulai bisnis online sejak tahun 2001. Artinya, pengalaman beliau di bisnis online tentu sudah banyak. Bila dibandingkan dengan saya (start Mei 2008), tentu saya tidak ada apa-apanya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ilmu saya tidak ada apa-apanya dibandingkan Mas Joko Susilo.

Sekarang tahukah rekan-rekan, bahwasanya tim support Formula Bisnis (tim@formulabisnis.com) tidaklah bekerja sendirian. Walaupun mereka banyak menjawab pertanyaan-pertanyaan baik itu dari prospek ataupun para affiliate marketer, tentu Mas Joko berdiri di belakang mereka untuk mensupport. Apalagi bila level pertanyaannya bisa dibilang advance.

Tim support sendiri kehadirannya tentu sudah lama (sesuai usia bisnis online tersebut). Artinya mereka paling tidak juga sudah memiliki wawasan yang luas dalam mengatasi permasalah seputar bisnis online. Mengapa bisa demikian? Karena setiap ada permasalahan baru, maka Mas Joko pun membantu mencari solusi. Itu artinya pengetahuan baru.

Sekarang pertanyaan saya kepada Anda, ”Kira-kira akan lebih baik mana bila kita akan berkonsultasi, kepada ahlinya atau kepada orang yang baru berusaha untuk menjadi ahli?”

Ingat, tim support didukung oleh orang ahli dan berpengalaman di belakangnya (pendiri bisnis). Jadi kenapa tidak kita manfaatkan untuk konsultasi perihal bisnis kita? Toh saya yakin jawaban mereka akan lebih pas dan mantap di hati daripada jawaban rekan-rekan yang mungkin saat ini sama-sama seperti Anda, sedang merintis kesuksesan masing-masing. Sekali lagi ingat mereka lebih AHLI.

Jangan sungkan-sungkan, curahkan saja segala permasalahan Anda, baik itu yang teknis maupun non teknis. Namun sebelumnya, ada baiknya juga Anda membaca FAQ (Frequently Asked Question) atau pertanyaan-pertanyaan yang biasa ditanyakan. Barangkali jawabannya ada disana.

Nah, bagaimana saya menggunakan tim support dalam membantu perkembangan bisnis affiliasi saya? Nantikan kelanjutan artikel ini.

Jangan sampai terlewat karena saya akan membocorkan sedikit kisi-kisi sistem luar bisa yang baru saja saya temukan dan bisa mendongkrak penjualan affiliasi Anda hingga 400-500%. Yah, hitung-hitung sebelum previewnya benar-benar saya tuliskan untuk Anda.

Salam Sukses,
Photobucket
space

Jadikan Tim Support Sebagai Leverage Bisnis Anda (1)
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

42 thoughts on “Jadikan Tim Support Sebagai Leverage Bisnis Anda (1)

  • PERTAMAX PLUS….. berapa ya??:hihi:

    Iya mas, nasihat atau saran dari ahli udah pasti bisa mengatasi masalah tentunya, karena mereka sudah mengalaminya. PERKATAANNYA sesuai dengan tindakannya. BENER GA SIH…???:hiks:

  • SUNGGUH MAHA PEMURAH (YA ALLAH)
    DENGAN PERANTARA MAS ARIEF INI ALLAH BUKTIKAN. WAH MENAMBAH WAWASAN N PENASARAN AJA.

    DAYA UNGKIT?!!!
    JADI TERUS TAMBAH SEMANGAT EUY
    :baca:

  • salah satu educated tentang edifikasi ,meriefew kembali tentang timsupport ,yang tentunya bisa merupakan daya ungkit untuk keberhasilan bersama,baik yang mensupport ataupun yang disupport…selamat beraktifitas kembali…kalau disini saya lagi menikmati weekend disiraman mentari nan kemilau dan kesejukan angin berhembus….B.N Fort Lauderdale Florida

    1. @Bambang Nugroho, :ngelamun: asik ya pak, menikmati indahnya dunia di belahan bumi sono. Ntar deh kalo passive income menyusul berlibur kesana.

  • jangan hanya terlalu mengandalkan tim support saja jika tak ingin menunggu. kalau mau dapat jawaban atas permasalahan yg cepat bisa mencarinya di google. bener ngga mas aief :hihi:

    1. @aruta, bener mas. Biar bagaimana pun kita perlu juga untuk mandiri dalam membangun bisnis. Namun bila kepepet, tim support bisa jadi sarana yang cukup efektif.:no:

  • Mandiri ya….bila ada rasa dorongan ingin mandiri itu bukan berarti bisa berdiri sendiri,melainkan harus terpercaya ,kokoh dalam sikap dan memulai suatu langkah ,action kata mas joko ….

  • Mas Arief,memanfaatkan tim support salah satu strategi untuk sukses,dan TRUSTY AND FRIENDLY juga hal yang tak kalah penting dalam berbisnis,saya banyak belajar dari dari anak2 muda terima kasih mas Arief.

    1. @Mohammad Aspuri Hz, Terima kasih tambahannya Pak Aspuri. Tanpa trustty and friendly, tim juga tidak akan bekerja dengan baik.

      Sering-sering kasih kita tambahan wawasan ya Pak! :baca:

  • Mas, saya setuju bahwa tim support sangat di perlukan dalam bisnis, karena ada saatnya kita down, dengan adanya tim support kita bisa bangkit lagi…so cari tim support yang berkualitas

  • ”Kira-kira akan lebih baik mana bila kita akan berkonsultasi, kepada ahlinya atau kepada orang yang baru berusaha untuk menjadi ahli?”

    Maaf sebelumnya..saya kira jawaban atas pertanyaan tersebut bisa kedua-duanya.Masing2 memiliki kelebihan sendiri.
    Alasannya?
    Saya akan buat artikel tersendiri ya Mas..Thx inspirasi-nya..

    Penulis Blog | WawanPurnama.com

  • Lalu bagaimana dengan newbie seperti saya, yang masih mencari identitas, dan belum mempunyai jaringan dengan program bisnis online??? Apakah bisa memanfaatkan support team mereka untuk ikut konsultasi???

    1. @Madhysta, tentu bisa mas. Mas bisa manfaatkan team support dari penjual produk informasi yang mas beli.

      Rekan-rekan senior pun masih banyak kok yang bersedia membimbing rekan-rekan yang newbie, walau tidk setiap waktu. :uhuk:

  • kita tdak bsa bkrja sndrian dalam bbrpa hal yg ada ddlam ruang lngkup bisnis. Itulah knapa ada team support dstiap bisnis. Hnya saja kbrdaan team sppurt ini, sperti kata mas Arief, hnya djdikan tmpat mngeluh saja.

    slain itu team support, klo mnrut saya, bkan hnya support dari bisnis yg qt ikuti tpi jga dari orng2 atw shbat2 yg sjlana dan satu pmkiran dngn kita. Dngn mmliki tim support yg solid maka sdah bsa dpstikan bisnis akan mledak..

    sukses sllu buat mas Arief

    1. @Ardy Pratama, Trims supportnya mas Ardy. Mas benar, team support disini bisa berarti banyak dan luas, termasuk diantaranya orng2 ato sohib2 yg sejalan dan satu pemikiran dgn kita.

      Cuma memang yg sering kelewat adalah justru team support dari bisnis yang kita ikuti. Semoga kita bisa terus saling support! :sip:

    1. @munawar am, Terima kasih masukannya mas.

      Awalnya saya juga pakai model rata kanan kiri di blog lama. Sampai saya membeli sebuah panduan Penulis Best Seller di http://www.PenulisBestSeller.co.cc

      Disana dituliskan bahwa untuk tulisan yang sifatnya agak berat materinya dan cenderung panjang, ada baiknya menggunakan rata kiri.

      Ini terkait dengan masalah psikologi pembaca. Ini ada hasil risetnya. Dengan rata kiri, tulisan menjadi lebih dinamis sehingga tidak menimbulkan efek jenuh.

      Semoga bisa menjawab.:nyembah:

    1. Manfaatkan tim support, walau kadang handlenya relatif. Bisa cepat bisa lambat. Mungkin tergantung tingkat kesulitannya.
      Kalau sudah begini baru trial and error, yang penting akhirnya ada solusi.

      1. @sumartono, Kalau lama responnya harap maklum mas. Kan yang memanfaatkan tim support ngga cuma kita aja.

        Saya pun hingga kini masih menggunakan tim support untuk membantu bisnis saya…

        Menambah panjang daftar orang yang harus dilayani konsultasinya.:hihi:

  • tim support? sering terlupakan karena rupanya tersamarkan. padahal dia ada dekat sekali ya… sudah menjadi kebiasaan manusia untuk tertarik pada apa yang tampak menyala di depan mata. nice posting..

    1. @onabunga, Kenapa bisa terlupakan? Karena biasanya kita suka meremehkan dan membuat segala sesuatunya seakan sulit.

      Make it simple and you will find the answer (sok bijak :uhuk: mode : on)

    1. @syahru, ada mas… ganti templatenya! Terlalu standar dan membuat pengunjung agak bosan (ini menurut saya lho).

      Coba cari di google dengan keyword “free new blogger template”

  • supor team salah satu fakto penunjang suksesnya sebuah bisnis. dan lebih baik lagi jika support team menjadikan atau membuat sebuah system sehingga bisa berjalan lebih otomatis :sip::hore:

    1. @sukri, konfirmasi terus mas. Satu-satunya tindakan yg bisa dilakukan saat ini ya menunggu diaktivkan. Mungkin karena order banyak. Apalagi sekarang mas joko pegang produk keduanya.

      Sabar…

  • Pingback: Percayalah, Anda Sungguh Bernilai | ARIEF MAULANA .com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,551 bad guys.