Internet Membuat Saya Xlangkah Lebih Maju Dalam Membangun Kualitas Diri

Oleh : Arief Maulana

Internet

Xlangkah Lebih Maju Dengan Internet

Berbahagialah mereka yang hidup di zaman dimana internet sudah menjadi teman akrab sekaligus jendela pengetahuan yang maha luas. Semua kemudahan yang disediakan oleh internet mampu mempercepat berbagai proses yang dulu membutuhkan waktu cukup lama, apapun itu bidangnya. Bagi saya pribadi, internet benar-benar membantu saya Xlangkah Lebih Maju mengembangkan kualitas diri dalam waktu yang relatif singkat.

Saya mengenal internet sejak masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas. Sebelumnya saya tak acuh dengan internet. Sampai akhirnya salah satu mata pelajaran di sekolah mengharuskan saya menjalin pertemanan dengan orang asing di luar negeri melalui situs pertemanan dan email. Penpals kalau tidak salah.

Mau tidak mau saya terpaksa belajar apa itu internet. Untung pada waktu itu, pacar saya sudah tahu lebih dulu tentang internet. Jadi saya belajar padanya. Karena pacar sendiri, tentu proses belajarnya jadi menyenangkan. Kalau sesuatu dilakukan dengan menyenangkan biasanya akan cepat dimengerti, bukan begitu? Kemudian saya belajar bagaimana membuat email, chatting (masih pakai MIRC waktu itu), dan juga situs pertemanan yang cukup sederhana dan dikhususkan untuk anak-anak sekolah. Disinilah awal perjalanan saya untuk menjadi Xlangkah Lebih Maju dalam membangun kualitas diri. 

Xlangkah Lebih Maju Dalam Mengembangkan Wawasan atau Pengetahuan

Ketika berbicara tentang membangun kualitas diri, maka ada dua hal utama yang menjadi fondasi apapun kualitas diri yang kita inginkan. Ketika dua fondasi ini benar-benar dikuasai, maka perubahan kualitas diri kita akan menjadi permanen. Apa itu?

Pengetahuan (knowledge) dan kemampuan (skill).

Keduanya saling berkaitan erat satu sama lain. Membangun basis pengetahuan yang hebat tanpa diiringi skill hanya akan menjadikan kita knowledge junkies yang tahu teori tanpa pernah melakukan apa yang kita ketahui. Dan ini bisa membuat kita kecanduan.

Xlangkah Lebih Maju Mengembangkan Wawasan

Xlangkah Lebih Maju Mengembangkan Pengetahuan

Sedangkan bila hanya mengembangkan skill saja tanpa diiringi dengan pengetahuan yang ada kita bisa salah dalam melangkah. Banyak orang punya skill hebat, namun karena pengetahuan yang kurang penggunaannya menjadi kurang tepat dan bisa jadi kurang maksimal.

Langkah awal saya Xlangkah Lebih Maju membangun kualitas diri terjadi secara tidak langsung dengan mengenal internet. Yang awalnya hanya untuk email, chatting, dan membangun hubungan sosial di dunia maya, kemudian berkembang untuk mencari berbagai pengetahuan terkait skill yang ingin saya bangun.

Karena saya waktu SMA cukup menggandrungi hal-hal berbau desain, maka internet banyak saya gunakan untuk mencari referensi bagaimana desain bisa dikatakan yang keren dan memiliki estetika yang bagus, sekalipun setiap orang memiliki standar penilaian yang berbeda atas sebuah desain.

Xlangkah Lebih Maju Dalam Mengembangkan Skill

Setelah pengetahuan dasarnya saya dapatkan, maka internet pun saya gunakan untuk mengembangkan skill desain. Saya banyak mencari artikel-artikel “How To”. Dengan bantuan internet akhirnya saya bisa mengusai Corel Draw dan Adobe Photoshop, dua software yang pada saat itu cukup populer untuk membuat desain. Bahkan tidak cukup hanya bisa mendesain, saya pun sudah bisa mencari uang hanya dengan berbekal kemampuan dasar dua software ini.

Begitu pun dengan skill lainnya yang ingin saya kembangkan. Gunakan internet untuk mencari pengetahuannya dan bagaimana cara mengembangkan skill yang ingin dijadikan bagian dari kualitas diri kita sendiri. Makin berkualitas diri kita, maka nilainya pun akan semakin naik dan tentunya Xlangkah Lebih Maju membangun profesionalitas yang penting untuk perkembangan karir kita.

Xlangkah Lebih Maju Mengembangkan Skill

Xlangkah Lebih Maju Mengembangkan Skill

Xlangkah Lebih Maju Menjadi Profesional

Waktu terus berjalan dan semakin hari rasanya semakin sulit untuk melepaskan diri dari internet. Bagaimana tidak, bila internet bisa menjadi leverage untuk mengembangkan diri dan Xlangkah Lebih Maju kenapa tidak digunakan secara maksimal? Saya termasuk tipikal fungsionalis. Bila sudah menemukan suatu hal yang positif, maka saya akan berpikir dan bertindak bagaimana mengoptimalkan fungsi tersebut.

Di masa-masa kuliah saya hampir tidak punya waktu untuk mengutak atik kegemaran saya di bidang desain. Terlalu banyak tugas. Apalagi saat itu bisnis MLM yang sedang saya bangun sedang membutuhkan fokus tinggi karena berada di titik kritis, walau pada akhirnya gagal juga. Di titik ini, saya mengalami kemerosotan finansial. Yang tadinya biasa pegang duit agak banyak, sekarang dompet jadi tipis.

Kondisi ini memaksa saya mencari sumber penghasilan baru. Lagi-lagi internet membantu saya. Lewat internet, saya jadi mengenal apa itu dunia internet marketing. Ting… seakan ada bohlam menyala di atas kepala saya. Waktunya kembali mengembangkan kualitas diri dan menjadi Xlangkah Lebih Maju dari teman-teman sebaya saya.

Internet marketing mau tidak mau memaksa saya untuk lebih profesional dalam bekerja. Kalau tidak demikian, sulit untuk mendapatkan penghasilan. Saya mulai belajar bagaimana memanage dan mengoptimalkan waktu. Belajar bagaimana mengelola keuangan dengan lebih baik. Belajar bagaimana menulis dengan baik, baik itu tulisan santai ataupun tulisan bermuatan persuasi yang ada unsur hypnowritingnya untuk tujuan marketing.

Xlangkah Lebih Maju Menjadi Profesional

Xlangkah Lebih Maju Menjadi Profesional

Tanpa terasa sudah banyak hal di dalam diri yang saya kembangkan. Bila teman-teman sebaya hanya mengenal dunia perkapalan semata, saya sudah mengenal lebih banyak bidang yang lain dari mereka dan lebih profesional tentunya. Bagi saya inilah modal awal Xlangkah Lebih Maju lagi dalam membangun kesuksesan.

Xlangkah Lebih Maju Membangun Kesuksesan

Sudah sejauh ini tulisan saya. Apa yang kita dapat dari awal? Internet bisa membuat kita Xlangkah Lebih Maju dalam mengembangkan wawasan, membangun skill, dan menjadi profesional dalam mengerjakan segala sesuatunya. Inilah kualitas diri yang diperlukan untuk membangun kesuksesan kita, apapun bidangnya.

Di awal Anda harus membuat goal yang ingin dicapai. Goal menjadi sangat penting karena akan membuat kita fokus dan bisa menyelesaikannya dengan lebih cepat. Setelah goalnya Anda dapatkan, gunakan internet sebagai leverage (daya ungkit) untuk membantu Anda dengan Xlangkah Lebih Maju kesuksesan.

Cari tahu yang hal-hal yang berkaitan dan bisa menunjang goal Anda. Kemudian cari tahu bagaimana caranya Anda bisa melakukan itu, kalau perlu cari mentor. Ketika sudah Anda dapatkan bagaimana jalannya, lakukan itu dengan profesional. Tidak perlu tergesa-gesa dan ingin cepat mendapatkan hasil. Itu hanya akan membuat Anda stres. Nikmati saja prosesnya karena biar bagaimana semua proses pasti butuh waktu. Kalau Anda tekun dan sabar, pasti hasilnya.

“Kesuksesan adalah hal sederhana yang kita lakukan berulang-ulang setiap hari.” Jim Rohn

Sesuatu yang dilakukan dengan tekun, sabar, dan profesional akan membuat Anda Xlangkah Lebih Maju pada kesuksesan yang diinginkan, meskipun harus menjalaninya selangkah demi selangkah.

Xlangkah Lebih Maju Membangun Kesuksesan

Xlangkah Lebih Maju Membangun Kesuksesan

Jangan pernah berhenti mengembangkan kualitas diri Anda. Apalagi dengan adanya internet, maka sudah seyogyanya generasi sekarang harus menjadi lebih baik dari generasi terdahulu yang belum mengenal internet. Karena internet membuat kita Xlangkah Lebih Maju dalam mengembangkan kualitas diri yang menjadi syarat mutlak untuk sukses. Saya sudah merasakan bagaimana internet membuat saya Xlangkah Lebih Maju dalam membangun kualitas diri. Bagaimana dengan Anda?

69 Responses to Internet Membuat Saya Xlangkah Lebih Maju Dalam Membangun Kualitas Diri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 440,261 bad guys.

Advertisement

Daftarkan diri Anda di newsletter saya secaca GRATIS & saya akan berikan informasi yang akan membantu bisnis pertama Anda, mulai dari sekarang.

First name

E-mail address

Privasi Anda sangat penting buat saya & Anda boleh mengundurkan diri setiap saa.t

Kategori Tulisan
Arsip