Oleh : Arief Maulana

Maulana Malik

Pada suatu sore, beberapa hari yang lalu, saya ngobrol-ngobrol santai dengan Maulana Malik. Pasti sudah pada tahu kan dia siapa? Mahasiswa yang udah bisa beli mobil Innova dll dengan penghasilan ribuan dollar, murni dari internet marketing. Maulana Malik juga populer lewat panduan internet marketing yang spesifik ke Website Flipping dan Forum Marketing.

Pembicaraan kami dibuka dari sebuah pertanyaan simpel dari Maulana Malik tentang website penjualan baru saya yang bergerak di bidang kesehatan dan tentunya masih berbasis blog. Kebetulan waktu itu saya sedang memasang status di BBM yang menuliskan alamat web penjualan tersebut beserta kalimat-kalimat pengundang traffic. Rugi dong punya Blackberry tapi ngga dioptimalkan untuk aktivitas marketing. Ali Akbar, Pakar SEO, aja mengajarkan untuk mengoptimalkan Blackberry Messenger Marketing

Obrolan terus berlanjut tentang bagaimana kondisi dan iklim internet marketing di Indonesia saat ini. Kami cukup senang, karena sekarang sudah mulai ada pergeseran produk yang dipasarkan. Walaupun masih dominasi produk-produk panduan mencari uang dari internet, namun mereka yang menjual produk-produk real pun sudah semakin banyak. Internet marketing itu ngga cuma jualan ebook atau video “How To” cari duit dari internet.

Kami juga sempat menyinggung betapa saat ini juga berkembang banyak pakar internet marketing abal-abal. Kenapa saya bilang demikian? Lha kan lucu, ngakunya profesional internet marketer tapi masih menggunakan fitur-fitur gratisan. Menawarkan dengan autoresponder gratisan, blog gratisan, dsb. Ya walaupun tidak salah juga, namun bagi yang sudah sedikit mengerti jadinya malah ragu dengan kredibilitas si penjual. Kecuali orang awam yang tidak tahu menahu sama sekali. Betul tidak?

Sederhanakan Pemahaman Tentang Internet Marketing

internet marketing sederhana

Banyak orang bingung dan jadi ribet sendiri dengan internet marketing, entah kenapa. Sebenarnya internet marketing itu sederhana. Bahkan ada teman-teman yang menjalankan dengan ala jalanan, street smart internet marketing, tapi masih menghasilkan banyak. Kok bisa? Karena konsep utamanya mereka paham. Kalau konsep ini udah dipahami, apapun pada produknya sebagian besar rasanya bisa dijual lewat internet.

Konsep utama yang saya maksud disini ada 3 saja sebenarnya :

  1. Produk Yang Mau Dipasarkan
  2. Toko Tempat Jualan (website atau blog jualan)
  3. Promosi

Tiga hal ini aja dulu dipahami. Tidak usah terlalu ribet. Untuk poin no.1, tentang produk. Kalau ngga ada produk apa yang mau dijual? Produk bisa macam-macam, mulai dari barang real, barang ‘halus’ (ebook, software, script, dll), ataupun jasa. Ngga punya produk? Pasarkan produk orang lain dan ambil komisi dari sana. Istilahnya sih affiliate marketing. Ini udah dasar banget.

Poin no.2, toko tempat jualan. Ngga bisa buat web canggih? Pakai blog, biar mengelolanya lebih mudah. Lagian sekarang banyak juga kok themes-themes blog yang cukup keren dan mendukung kita untuk bikin website jualan. Malah kalau butuh jalanin bisnis dengan sistem membership, itu ada Cafe Bisnis nyediain plugin wordpressnya.

Ngga bisa bikin atau buat blog mas? Ya belajar. Masa mau ngga bisa terus. Fokus sama solusinya, bukan sama masalahnya. Separah-parahnya, kalau memang ngga bisa (ngga mau bisa sebenernya) pakai social networking site macam Facebook juga bisa. Tapi jangan ngasal, biar jatuhnya ngga spam. Mainkan Facebook Marketing secara profesional.

promosi
promosi

Poin no.3, promosi. Barang bagus dan toko juga keren kalau ngga dipromosiin juga percuma banget. Mana orang bisa tahu. Cara paling lazim dan sering dibicarakan sama internet marketer biasanya Search Engine Optimization (SEO). Dengan cara ini, kita bisa dapet pengunjung gratis dari mesin pencari seperti google dkk. Yang mau belajar, bisa ke Cafe Bisnis. Lumayan kan, sekali join premium membership dapet macem-macem, mulai dari plugin blog membership sampai panduan SEO.

Tapi saya ngga mahir SEO? Sama, saya juga bukan orang yang expert di SEO. Saya biasa aja ngaplikasikan SEOnya, ngga terlalu banget banget banget kaya para master. Tapi seperti saya bilang, fokus pada solusi, bukan masalah. Kalau ngga bisa SEO yang belajar. Udah belajar masih ngga expert juga (kaya saya), ya masih banyak cara lain yang bisa digunakan untuk promosi. Beberapa yang bisa digunakan :

  • Pasang iklan berbayar, entah pasang iklan banner di web orang, adwords, atau apalah. Ngga punya duit? Ya iklan gratisan dipake. Banyak tuh sekarang situs-situs iklan gratis.
  • Blogwalking
  • Direct talk atau ngomong langsung sama orang lain tentang web kita.
  • Kartu nama, kalau lagi ada event tukeran kartu nama kan bisa. Bikin kartu nama yang unik. Ngga punya duit buat kartu nama 1 box? Print sendiri.
  • Main di forum dan tinggalkan jejak / signature ke web penjualan kita.
  • Ngiklan di social networking site macam Facebook atau Twitter.
  • Bikin flyer dan sebarin, dll.

Itu contoh-contohnya. Silahkan dikembangin sendiri. Jangan cuma karena ngga bisa SEO terus mandeg. Banyak jalan memberitahukan kepada dunia bahwa website kita itu ada. Meskipun kalau didukung dengan SEO bisa lebih bagus lagi.

Jangan Menunggu Sempurna

jangan menunggu sempurna
jangan menunggu sempurna

Satu lagi pesan saya, jangan menunggu sempurna. Jalanin aja dulu, sempurnain sambil jalan. Itu yang saya lakukan dengan web Program Diet Mudah, web jualan saya yang baru jalan dua bulanan. Ngga pake rumit, cuma berbasis blog wordpress yang sudah familiar saya gunakan selama ini.

Apakah web itu sudah selesai dan sempurna dari awal? Tidak. Saya tidak menunggu bagus dulu. Setiap saat saya menemukan konsep yang lebih baik, saya sempurnakan. Sales letter saja sudah beberapa kali ganti. Autoresponder baru saya pasang kemarin. Ke depan masih akan saya optimalkan lagi. Jadi kalau suatu ketika Anda mampir dan ternyata berantakan, berarti itu web lagi saya utak atik lagi.

Sistem yang saya gunakan adalah model semi dropshipping, untuk customer yang ada di luar domisi tempat tinggal saya. Begitu mereka pesan dan uang ditransfer, saya tinggal kontak teman dan barang pun dikirimkan. Biaya kirim, dibebankan ke customer atau tidak tergantung berapa banyak pembelian yang mereka lakukan.

Sedangkan untuk yang ada di daerah sekitar tempat tinggal saya, kalau memungkinkan, saya antar langsung barangnya. Biar bisa tatap muka langsung dan ngobrol enak. Pelayanan yang baik akan memuaskan pelanggan dan berefek pada repeat order.

Alhamdulillah sudah dua bulan berjalan, tadi pagi saya coba iseng menghitung total penjualan yang terjadi lewat web jualan yang masih belum sempurna itu. Ternyata menyentuh 8.5 juta kurang sedikit. Tentu yang saya dapatkan tidak sebanyak itu, karena bukan produk saya sendiri melainkan produk luar negeri.

Jadi jangan menunggu sempurna dulu. Langsung jalanin aja kalau ada peluang yang sekiranya bagus untuk dijalankan dengan metode internet marketing. Biar tidak stres di awal, coba baca lagi tulisan saya tentang “Memahami Peran Penjual, Pembeli, Dan Hukum Statistik“.

Duh, jadi panjang begini tulisan kali ini. Semoga Anda tidak jenuh membaca tulisan saya. Dan semoga ada manfaat yang bisa dipetik, mengingat Anda sudah membuang waktu membaca tulisan yang panjang ini. Bye…

Internet Marketing Itu Sederhana
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

73 thoughts on “Internet Marketing Itu Sederhana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,556 bad guys.