Internet Marketing Itu Sederhana

Oleh : Arief Maulana

Maulana Malik

Pada suatu sore, beberapa hari yang lalu, saya ngobrol-ngobrol santai dengan Maulana Malik. Pasti sudah pada tahu kan dia siapa? Mahasiswa yang udah bisa beli mobil Innova dll dengan penghasilan ribuan dollar, murni dari internet marketing. Maulana Malik juga populer lewat panduan internet marketing yang spesifik ke Website Flipping dan Forum Marketing.

Pembicaraan kami dibuka dari sebuah pertanyaan simpel dari Maulana Malik tentang website penjualan baru saya yang bergerak di bidang kesehatan dan tentunya masih berbasis blog. Kebetulan waktu itu saya sedang memasang status di BBM yang menuliskan alamat web penjualan tersebut beserta kalimat-kalimat pengundang traffic. Rugi dong punya Blackberry tapi ngga dioptimalkan untuk aktivitas marketing. Ali Akbar, Pakar SEO, aja mengajarkan untuk mengoptimalkan Blackberry Messenger Marketing

Obrolan terus berlanjut tentang bagaimana kondisi dan iklim internet marketing di Indonesia saat ini. Kami cukup senang, karena sekarang sudah mulai ada pergeseran produk yang dipasarkan. Walaupun masih dominasi produk-produk panduan mencari uang dari internet, namun mereka yang menjual produk-produk real pun sudah semakin banyak. Internet marketing itu ngga cuma jualan ebook atau video “How To” cari duit dari internet.

Kami juga sempat menyinggung betapa saat ini juga berkembang banyak pakar internet marketing abal-abal. Kenapa saya bilang demikian? Lha kan lucu, ngakunya profesional internet marketer tapi masih menggunakan fitur-fitur gratisan. Menawarkan dengan autoresponder gratisan, blog gratisan, dsb. Ya walaupun tidak salah juga, namun bagi yang sudah sedikit mengerti jadinya malah ragu dengan kredibilitas si penjual. Kecuali orang awam yang tidak tahu menahu sama sekali. Betul tidak?

Sederhanakan Pemahaman Tentang Internet Marketing

internet marketing sederhana

Banyak orang bingung dan jadi ribet sendiri dengan internet marketing, entah kenapa. Sebenarnya internet marketing itu sederhana. Bahkan ada teman-teman yang menjalankan dengan ala jalanan, street smart internet marketing, tapi masih menghasilkan banyak. Kok bisa? Karena konsep utamanya mereka paham. Kalau konsep ini udah dipahami, apapun pada produknya sebagian besar rasanya bisa dijual lewat internet.

Konsep utama yang saya maksud disini ada 3 saja sebenarnya :

  1. Produk Yang Mau Dipasarkan
  2. Toko Tempat Jualan (website atau blog jualan)
  3. Promosi

Tiga hal ini aja dulu dipahami. Tidak usah terlalu ribet. Untuk poin no.1, tentang produk. Kalau ngga ada produk apa yang mau dijual? Produk bisa macam-macam, mulai dari barang real, barang ‘halus’ (ebook, software, script, dll), ataupun jasa. Ngga punya produk? Pasarkan produk orang lain dan ambil komisi dari sana. Istilahnya sih affiliate marketing. Ini udah dasar banget.

Poin no.2, toko tempat jualan. Ngga bisa buat web canggih? Pakai blog, biar mengelolanya lebih mudah. Lagian sekarang banyak juga kok themes-themes blog yang cukup keren dan mendukung kita untuk bikin website jualan. Malah kalau butuh jalanin bisnis dengan sistem membership, itu ada Cafe Bisnis nyediain plugin wordpressnya.

Ngga bisa bikin atau buat blog mas? Ya belajar. Masa mau ngga bisa terus. Fokus sama solusinya, bukan sama masalahnya. Separah-parahnya, kalau memang ngga bisa (ngga mau bisa sebenernya) pakai social networking site macam Facebook juga bisa. Tapi jangan ngasal, biar jatuhnya ngga spam. Mainkan Facebook Marketing secara profesional.

promosi
promosi

Poin no.3, promosi. Barang bagus dan toko juga keren kalau ngga dipromosiin juga percuma banget. Mana orang bisa tahu. Cara paling lazim dan sering dibicarakan sama internet marketer biasanya Search Engine Optimization (SEO). Dengan cara ini, kita bisa dapet pengunjung gratis dari mesin pencari seperti google dkk. Yang mau belajar, bisa ke Cafe Bisnis. Lumayan kan, sekali join premium membership dapet macem-macem, mulai dari plugin blog membership sampai panduan SEO.

Tapi saya ngga mahir SEO? Sama, saya juga bukan orang yang expert di SEO. Saya biasa aja ngaplikasikan SEOnya, ngga terlalu banget banget banget kaya para master. Tapi seperti saya bilang, fokus pada solusi, bukan masalah. Kalau ngga bisa SEO yang belajar. Udah belajar masih ngga expert juga (kaya saya), ya masih banyak cara lain yang bisa digunakan untuk promosi. Beberapa yang bisa digunakan :

  • Pasang iklan berbayar, entah pasang iklan banner di web orang, adwords, atau apalah. Ngga punya duit? Ya iklan gratisan dipake. Banyak tuh sekarang situs-situs iklan gratis.
  • Blogwalking
  • Direct talk atau ngomong langsung sama orang lain tentang web kita.
  • Kartu nama, kalau lagi ada event tukeran kartu nama kan bisa. Bikin kartu nama yang unik. Ngga punya duit buat kartu nama 1 box? Print sendiri.
  • Main di forum dan tinggalkan jejak / signature ke web penjualan kita.
  • Ngiklan di social networking site macam Facebook atau Twitter.
  • Bikin flyer dan sebarin, dll.

Itu contoh-contohnya. Silahkan dikembangin sendiri. Jangan cuma karena ngga bisa SEO terus mandeg. Banyak jalan memberitahukan kepada dunia bahwa website kita itu ada. Meskipun kalau didukung dengan SEO bisa lebih bagus lagi.

Jangan Menunggu Sempurna

jangan menunggu sempurna
jangan menunggu sempurna

Satu lagi pesan saya, jangan menunggu sempurna. Jalanin aja dulu, sempurnain sambil jalan. Itu yang saya lakukan dengan web Program Diet Mudah, web jualan saya yang baru jalan dua bulanan. Ngga pake rumit, cuma berbasis blog wordpress yang sudah familiar saya gunakan selama ini.

Apakah web itu sudah selesai dan sempurna dari awal? Tidak. Saya tidak menunggu bagus dulu. Setiap saat saya menemukan konsep yang lebih baik, saya sempurnakan. Sales letter saja sudah beberapa kali ganti. Autoresponder baru saya pasang kemarin. Ke depan masih akan saya optimalkan lagi. Jadi kalau suatu ketika Anda mampir dan ternyata berantakan, berarti itu web lagi saya utak atik lagi.

Sistem yang saya gunakan adalah model semi dropshipping, untuk customer yang ada di luar domisi tempat tinggal saya. Begitu mereka pesan dan uang ditransfer, saya tinggal kontak teman dan barang pun dikirimkan. Biaya kirim, dibebankan ke customer atau tidak tergantung berapa banyak pembelian yang mereka lakukan.

Sedangkan untuk yang ada di daerah sekitar tempat tinggal saya, kalau memungkinkan, saya antar langsung barangnya. Biar bisa tatap muka langsung dan ngobrol enak. Pelayanan yang baik akan memuaskan pelanggan dan berefek pada repeat order.

Alhamdulillah sudah dua bulan berjalan, tadi pagi saya coba iseng menghitung total penjualan yang terjadi lewat web jualan yang masih belum sempurna itu. Ternyata menyentuh 8.5 juta kurang sedikit. Tentu yang saya dapatkan tidak sebanyak itu, karena bukan produk saya sendiri melainkan produk luar negeri.

Jadi jangan menunggu sempurna dulu. Langsung jalanin aja kalau ada peluang yang sekiranya bagus untuk dijalankan dengan metode internet marketing. Biar tidak stres di awal, coba baca lagi tulisan saya tentang “Memahami Peran Penjual, Pembeli, Dan Hukum Statistik“.

Duh, jadi panjang begini tulisan kali ini. Semoga Anda tidak jenuh membaca tulisan saya. Dan semoga ada manfaat yang bisa dipetik, mengingat Anda sudah membuang waktu membaca tulisan yang panjang ini. Bye…

  1. betul, saya belajar ngeblog mulai akhir tahun 2008, dengan tertatih-tatih, alhamdulillah tahun 2009 udah ada order , dulu dapat duit 200ribu sehari senangnya bukan main, sekarang sehari dapat duit 4juta alhamdulillah sangat bersyukur dan senang buangeeet. hehe he salam action.

  2. Koreksi Atas Artikel Anda Yang Salah says:

    Kalimat anda:”Kami juga sempat menyinggung betapa saat ini juga berkembang banyak pakar internet marketing abal-abal. Kenapa saya bilang demikian? Lha kan lucu, ngakunya profesional internet marketer tapi masih menggunakan fitur-fitur gratisan. Menawarkan dengan autoresponder gratisan, blog gratisan, dsb”

    Saya akan klarifikasi bahwa tidak semua domain yang gratis itu tidak sukses. Dan tidak semua domain yang berbayar itu pasti sukses. Maklum jika anda setengah mengerti menilai demikian. Tapi bagi yang mengerti sesuatu yang gratis itu bisa diolah dengan hight profit akan lebih menyenangkan rasanya. Karena kita bisa mengolah yang gratis menjadi profitable. Dan saya bisa berikan contoh blog yang gratisan sudah banyak menghasilkan profit. Contoh blogger blogger yang sudah saya kenal banyak sekali yang sukses dari blog gratisan.

    • @Koreksi Atas Artikel Anda Yang Salah, sayang, Anda ga tulis nama panggilan. Jadi ngga tau saya manggilnya siapa.

      Saya juga kenal kok, beberapa temen blogger yg pake gratisan tapi mereka bisa meraup dollar buanyak.

      Pertanyaan saya, apa yang dijual? Rata-rata sebagian besar tidak menjual panduan mencari uang lewat internet. Melainkan bermain di publisher adsense, atau paid review.

      Biasanya yang menjual panduan sukses berbisnis internet, akan menggunakan layanan web maupun autoresponder profesional, sekalipun produk yang mereka jual bagaimana menggunakan fasilitas gratisan.

      Yang saya maksud lucu disini adalah :
      1. Blog gratisan
      2. Autoresponder gratisan, atau nyepam dengan mengirimkan email
      3. Membuat dan menjual panduan, padahal tampilan blog acak-acakan.

      Kemudian tampil seolah-olah sebagai master yang tahu banyak hal.

      Ayolah, inti dari artikel ini hanya ingin membuka mata teman-teman. Sukses tidak hanya jualan PANDUAN BISNIS INTERNET.

      Ada produk real juga yang bisa dipasarkan.
      arief maulana recently posted..Internet Marketing Itu SederhanaMy Profile

  3. Belajar Bisnis says:

    Selain mengurusi blog ini, saya juga mengurusi 2 toko online. Dari suatu blog, untuk marketing sematkan alamat website kita di helm, motor,mobil, jaket yang biasa kita pakai atau selainnya. Makasih atas sharenya. Semoga sukses untuk kita semua dunia juga akhirat.
    Belajar Bisnis recently posted..Rahasia Sukses Pengusaha Sukses IndonesiaMy Profile

  4. Article nya mas Arief sangat enak di baca,.. thanks mas pencerahannya,, saya masih dalam perjalanan menuju impia sukes,, doakan saya ya mas,.. :)
    Mz Ris recently posted..RINDUMy Profile

  5. Internet marketing. Saya juga mengartikannya simple saja, Mas. Saking simplenya saya sering menyebut internet marketing sebagai pekerjaan #NgasongOnline. He2… Yang namanya internet marketing, ya prinsipnya jualan. Bisa hanya jualan konten dengan mengais pundi dolar dari PPC, jualan content tulisan dengan mereview (PTR), jualan ebook atau barang real dan juga jual jasa dengan menggunakan sarana internet sebagai tool pemasarannya.

    Dari tahun 2008 awal pertama kali saya belajar apa itu internet marketing, sepertinya saya mulai menemukan jiwa (soul) saya di PPS, jualan barang dan jasa. Ini yang lebih menyenangkan. Ada rasa senang yang membahagiakan, selain penghasilan yang didapat, yaitu bisa melayani dan menyenangkan orang/klien.

    Kepuasan seperti itu tak pernah saya dapat kalau saya hanya bermain di adsense, disamping karena alasan lain mengandalkan penghasilan dari adsense kurang bisa diharapkan karena fluktuatif earningnya.
    Joko Sutarto recently posted..Maaf, Saya Kembali Memuja Dewa SEOMy Profile

  6. nice inpho gan…
    tp ane sebenernya banyak sih ide alat – alat yang pengen ane bikin sesuai dengan basic ilmu ane gan…
    tp tetep untuk memarketingkan ilmu ane, ane belum brani…
    tp dengan baca artikel ini nambah ilmu ane banget gan…
    makasih banyak

  7. Saya suka sekali yang ini mas Arief, kadang orang terlalu cepat mengatakan “tidak mungkin” padahal belum mencoba, yang terpenting adalah coba dan lakukan, dan awal yang baik untuk mencoba adalah dengan berawal dari hal-hal yang sederhana.

  8. Internet marketing, saking sederhananya … hingga membuat banyak oknum yg melakukan penipuan lewat internet dengan menjual “sesuatu yang tidak ada”. Bermodal kemampuan membuat web penjualan, beli domain, bikin sales letter yg ampuh… jadilah mereka meraup keuntungan di atas penderitaan orang lain.

    Mudah-mudahan yang seperti jangan ada yg tiru dan lakukan ya! Bersihkan ranah internet marketing Indonesia dengan menjadi penjual yang jujur. Sebab kita bukan hanya mencari keuntungan dunia semata, tetapi juga keselamatan di akhirat.

    Produk yang mas Arief jual itu produk Herbalife ya? Wah bagus tuh, apalagi habis jadi sponsor pertandingan LA Galaxy dan Timnas Selection. Brandnya sudah mendunia!
    Asnawi ST recently posted..Cara Menghasilkan Uang Lewat BlogMy Profile

  9. Banyak teman banyak rezeki says:

    Ijin nyimak mas, mantap artikelnya dan di selingi adu argumen yg menarik yg baca jadi terbawa suasana ni… Hehee…
    Salam hangat untuk semua!

  10. terkadang kita malu dengan blog kita yang masih acak2an, tapi ternyata itu ga perlu kita lakukan.. artikel ini betul2 memberi inspirasi dan membantu kita2 yg newbie. mkasih banyak bung Arief.

  11. Pembalut Herbal says:

    “Kebanyakan bertanya Internet Marketing, namun tidak juga melakukan tindakan untuk memulai bisnisnya. Katanya, internet marketing itu RIBET.”

    Haha.. saya suka kata2 itu. Persis seperti teman saya, tanya terus, gak action, besok nya dah lupa.

    Btw, kebetulan seminggu ini saya juga baru memulai jualan produk nyata. Web nya masih tahap BETA sih. Tapi Alhamdulillah sudah ada 1 orang order tadi pagi. Masih banyak yg harus di benahi, insya Allah seiring dengan waktu akan semakin baik.
    Cuma saya masih bingung mas, autoresponder yg bagus itu apa, sekalian mo buat eBook kesehatan juga tapi masih dalam tahap belajar.

    Mohon bimbingannya..

    Adsense di banned no problem, masih ada Pembalut Herbal. #eh

    :jigong:

  12. :sip:
    betul sekali. sy merasakan manfaat punya warung onlen. dr yg gaptek bikin web, tp trs ngoprek. skrg omset bertambah trs. n skrg sdg bikin domain sendiri

  13. Setuju banget mas, ibaratnya dalam menjalankan bisnis di internet itu seperti menjalankan sebuah kereta api, yang pada awalnya sangat berat dan lamban untuk bergerak maju, tapi jika sudah melaju dengan stabil dan kencang maka akan sulit untuk dihentikan…

    kebanyakan dari kita sudah putus asa atau menyerah pada awal menggerakkan kereta api itu (seperti saya hehehehehe :ngakak:) lalu berhenti, padahal jika mau bersabar dan tetap fokus, maka keretapun akan jalan….

    untung saya juga mulai membakar motivasi saya untuk maju kembali…karena sudah kesengsem sama bisnis online…

    salam sukses mas, maaf klo gak nyambung hehehehe maklum sudah master…:ngakak:
    BuatJejak recently posted..Berapa Banyak Properti yang harus dimiliki?My Profile

  14. aku mulai belajar internet marketing desember 2007. baru merasakan ada hasil yang menggembirakan itu 2009. 2011 ini paling laris sejak 2007.
    mudah-mudahan kedepannya lebih laris dan dipercaya pelanggan. aamiin

  15. mantab ulasannya mas..
    nich saya lagi melakukan salah satu anjuran mas, yaitu Blogwalking.. :)

    sebenarnya bukan bisa atau gak bisa ya… tetapi MAU atau TIDAK untuk melakukan sebuah perubahan..

    bukan begitu mas arief??

  16. Lama gak berkunjung ke sini, ternyata mas Arief sudah punya usah baru. Trims tipsnya. Sederhana, tapi malah mengena tuh! Mindset saya sendiri tentang internet marketing sekarang sudah berubah lebih baik sejalan pengalaman blogging. Tapi ada satu hal yang tampaknya sering terlewatkan oleh rekan2 dan pemula pencari duit internet seperti saya: Lebih bagus lagi kalau punya blog untuk pangsa internasional. Kalau blog lokal sulit berkembang. Bener gak mas Arief?
    Bithdaddy recently posted..Buat adik kecil tertawa girang dengan AndroidMy Profile

    • @Bithdaddy, kalau menurut saya pribadi ya mas, mau membidik pasar lokal ataupun luar negeri hampir sama.

      Pada akhirnya kita harus riset juga, apakah produk yg kita pasarkan ada peminatnya.

      Karena bersaing di kancah internasional pesaingnya jg malah lebih banyak daripada di kelas lokal.

      Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. Asal ketemu niche yg oke, bisa kok.

      Bisa sih memaksa masuk di market yg agak jenuh. Tapi konsekuensinya adalah kita harus siap berdarah-darah.
      arief maulana recently posted..Internet Marketing Itu SederhanaMy Profile

  17. tentang blog gratisan… buat jualan… hmm…. itu masalah pilihan saja… dan bagi saya itu “lakumdinukum walyadin” – dan faktanya saya kenal beberapa orang yang mengoptimalakna gratisan dengan penghasilan jutaan…

    toh, konsumen juga percaya…

    jadi ya gak usah negative thinking lah… kecuali mereka NIPU dan NYOLONG duit orang :)

    IMHO :)
    tips menulis recently posted..[Cerpen] Penjual Nasi BungkusMy Profile

    • @tips menulis, benar sekali itu pilihan. Namun, yang sering dilupakan adalah profesionalitasnya. Boleh gratisan, asalkan dikemas dengan menarik dan profesional.

      Dengan demikian, tidak kerja 2x. Yang sering saya dapati adalah sudah gratisan, tampilan ngga menarik, produknya isinya tidak berkualitas.
      arief maulana recently posted..Buku : You Are The Best MotivatorMy Profile

  18. Mantaaap.
    Ane jadi semakin semangat nih utk mulai berjualan di internet. Intinya sih menerapkan 3 poin di atas. Insya Allah ‘blog jualan’ saya yg menjual buku anak akan segera launching, meski masih jauh dari sempurna, hehe….
    Ditter recently posted..6 Ciri Orang SuksesMy Profile

  19. Harooo Mas…salam kenal….:)

    Makasiih Mas….jadi semangat nih belajar internet marketingnya…:)

    yipiiie….internet marketing itu cucok buat Inspired moms and to-be-a moms biar tetep bisa dirumah urus anak, suami, rumah..tapi tetep menghasilkan….:):mataduitan: hehehe

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 472,007 bad guys.