Oleh : Arief Maulana

Hidup selalu tentang pilihan rekan-rekan. Kita memilih untuk mengalir apa adanya, atau membuat pilihan sendiri. Mewujudkan mimpi-mimpi yang mungkin bagi sebagian besar orang imposible, bahkan cenderung menertawakannya. Perbedaan sikap dan hasil. Yang suka menertawakan impiannya sendiri ataupun orang lain memang cenderung tidak akan bergerak kemana-mana.

Begitu juga dengan impian. Bermimpi besar atau kecil, itu juga pilihan. Sama-sama gratisnya tapi ngga semua berani bermimpi besar. Perbedaannya ada pada upaya pencapaiannya. Impian besar tentu saja pekerjaan besar. Kalau cuma sekedar bermimpi besar tentu semua juga bisa. Tapi jauh dibutuhkan keberanian untuk mewujudkan impian Anda.  

Dream Big
Dream Big

Untuk mempermudah itu semua, coba pecah impian besar itu menjadi beberapa goal kecil yang mendukung. Yah, luangkan waktu Anda sejenak untuk memikirkan upaya apa saja yang perlu dilakukan. Baru kemudian set goal yang kecil-kecil itu dan mulailah untuk beraksi. Impian besar itu bagus, tapi jangan sampai impian itu justru membunuh Anda sendiri.

Yang perlu diingat adalah tidak pernah ada impian besar yang dicapai dengan mudah. Selalu saja ada tahapan dan proses yang harus Anda lalui. Mungkin bisa berupa kegagalan di dalam upaya-upaya Anda atau mungkin hanya sebatas hambatan-hambatan yang membuat kita down dan kehilangan semangat mengejar apa yang menjadi impian kita.

Saat impian itu tidak lagi membuat kita semangat, entah karena sudah lelah menjalani semua prosesnya, mungkin kita perlu introspeksi. Apa benar itu yang kita inginkan. Apa alasan kita perlu semua impian itu terwujud? Apa cuma karena ikut-ikutan. Cari sisi yang bisa mengusik emosi kita sehingga “terbakar” dan melaju kembali. Menjadi pribadi yang unstopable. Buat saja sebuah wishlist / dream book sederhana. Apa yang saya miliki saat ini, saya nikmati, sebagian besar pernah saya tuliskan di dream book beberapa tahun lalu dan saya yakini akan terwujud dikala itu. Entah bagaimana bisa, ada saja jalannya yang ditunjukkan oleh Tuhan.

Mysterious Way

Bosan dengan semua tulisan tentang impian dan impian lagi? Sama. Tapi dengan pengulangan demi pengulangan kita belajar. Diingatkan berulang-ulang saja ngga dilakukan apalagi ngga pernah diingatkan. Meskipun pada akhirnya semua berpulang pada kita. Seperti yang tertulis di awal… hidup selalu tentang sebuah pilihan.

Hati-hati juga dengan para pencuri mimpi. Mereka yang mencuri mimpi Anda. Membuat Anda akhirnya menyerah dan berhenti mengejar semua mimpi-mimpi yang menjadi hak Anda. Bukan orang lain. Justru malah orang-orang terdekat kita yang kita sayangi. Mereka bertindak seperti itu karena peduli. Tidak mau kita terluka karena gagal. Tapi kalau ngga nyoba, gimana bisa tahu? Kalau dicoba peluang untuk berhasil 50:50%. Tapi kalau ngga nyoba, udah pasti 100% gagal. Yap, gagal sebelum berjuang. Justru kalau Anda peduli dengan mereka, tetaplah di dalam jalur, mengejar impian Anda. Demi mereka.

Impian besar berarti sebuah pekerjaan besar. Dibutuhkan manusia yang bervisi besar, berjiwa besar, dan punya semangat yang besar untuk mewujudkannya.

Hidup dan kesempatan yang Tuhan berikan sudah sangat besar, apakah kita akan menyia-nyiakannya?

Open Your Heart for Dream
Open Your Heart for Dream
Impian Besar, Pekerjaan Besar
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:             

49 thoughts on “Impian Besar, Pekerjaan Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,432 bad guys.