Oleh : Arief Maulana

Training

Sebelumnya saya ucapkan selamat untuk Mashengky yang saat ini tengah merealisasikan salah satu wishlistnya dengan mengadakan seminar basic paypal. Infonya bisa Anda lihat di official site Seminar Basic Paypal.

Masih terkait soal seminar tsb, tadi pagi saya kebetulan melihat poster seminarnya di facebook. Tentu yang menjadi fokus kemudian selain desainnya adalah harga tiket seminarnya. Anda lihat sendiri lah disini. Komentar-komentar pun mengalir. Dari semuanya, ada 1 komentar Mashengky yang menarik perhatian saya :

Investasi dalam Seminar
Investasi dalam Seminar

Komentar itu mengingatkan saya pada artikel lama yang pernah saya publish, “Cara Sederhana Mengembangkan Diri”. Disana saya memberikan tips bagaimana mengoptimalkan seminar-seminar pengembangan diri yang harga tiketnya cenderung mahal. Tujuannya agar Anda tidak sia-sia.

Terlepas dari itu semua, saya sangat menyayangkan satu hal. Seminar-seminar seperti itu memang harganya cenderung tidak biasa. Akan tetapi, pernahkah terpikir bagaimana efeknya kepada kita. Baik itu dalam segi penambahan wawasan ataupun skill yang diperlukan untuk menunjang karir dan kesuksesan kita.

Banyak orang ingin berubah menjadi lebih baik. Memperbaiki keadaannya yang sekarang. Akan tetapi, ketika kemudian ditantang untuk berinvestasi “leher ke atas” pada keder semua. Malas dan enggan berinvestasi, padahal demi masa depannya juga.

“Tapi kan mahal mas?” Saya jawab, “Tapi kan bisa nabung. Pertanyaannya justru, mau apa tidak ikut seminar itu?”

Pernah tidak berpikir seperti ini, mengikuti seminar-seminar positif seperti itu banyak keuntungannya. Selain kita mendapatkan ilmu ataupun materi di dalamnya, kita juga bisa menemukan orang-orang yang memiliki kesamaan visi. Orang-orang yang punya tujuan yang sama, sehingga mereka berada di seminar yang sama dengan Anda.

Berangkat dari situ, kalau Anda mau, Anda bisa menjalin komunikasi dengan mereka. Entah nantinya berakhir dalam sebuah kerjasama atau sekedar memperluas social circle Anda. Enak juga kan kalau punya banyak relasi. Suatu saat Anda punya bisnis sendiri, siapa tahu mereka juga yang akan jadi investor atau malah konsumen loyal Anda.

Saya pribadi sejak duduk di bangku kuliah hobi ikut-ikut seminar, khususnya yang bertemakan leadership dan pengembangan diri. Dan ke depan masih ada beberapa seminar lagi yang benar-benar ingin saya ikuti dan saya praktekkan sepenuhnya. Ada seminar bisnis properti, Training for Firewalk Trainer, Hypnosis, dll. Harganya tiketnya pada gila-gilaan semua. Makanya saya nabung dan mikir untuk membangun bisnis biar bisa mencukupi itu semua.

Tidak hanya itu, saya pun masih memegang cita-cita saya untuk menjadi seorang trainer atau pembicara seminar di tingkat nasional, kalau perlu internasional (kalau yang skala kecil udah soalnya).

Bagamana dengan Anda, sudah pernah ikut seminar apa aja? Dan adakah perubahan yang Anda rasakan?

See You in my training,
arief maulanaspace

Ps. Untuk teman-teman yang serius ingin belajar PayPal dan punya cukup dana, saya rekomendasikan ikutan seminarnya Mashengky. Oh ya, saya tidak dibayar untuk mempromosikan event tersebut. Tapi saya yakin isinya bagus, karena Mashengky punya kapasitas yang lebih dari memadai sebagai Pembicara PayPal dengan segala permasalahannya.

Ikutan Seminar Yuk!
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:             

38 thoughts on “Ikutan Seminar Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,560 bad guys.