Ikigai: Kunci Menikmati Pekerjaan Dan Hidup Bahagia

 Konsep Ikigai, Konsep Ikigai Jepang, Pola Hidup Ikigai, Ikigai Jepang, Ikigai Konsep, Ikigai Tips, Ikigai Adalah, Ikigai Artinya, Ikigai Arti, Ikigai Indonesia.

Konsep Ikigai, Konsep Ikigai Jepang, Pola Hidup Ikigai, Ikigai Jepang, Ikigai Konsep, Ikigai Tips, Ikigai Adalah, Ikigai Artinya, Ikigai Arti, Ikigai Indonesia. (Pic Source: www,gildshire,com)

Saya termasuk beruntung, bisa bertemu dan mendapatkan sesi private coaching dari Pak Jamil Azzaini, Inspirator SuksesMulia. Dan dari sesi inilah, saya baru mengenal ada konsep hidup orang Jepang yang bernama Konsep IKIGAI. Rasanya inilah kunci agar dapat menikmati pekerjaan dan hidup bahagia.

Sesi pertama coaching kami, dilaksanakan di Griya SuksesMulia. Bahan diskusi di sesi pertama kala itu adalah menentukan visi misi hidup dan mendefinisikan kesuksesan seperti apa yang hendak saya capai ke depannya. Ini menjadi penting dan krusial, sehingga Pak Jamil minta untuk tatap muka langsung di sesi pertama ini. Karena sesi-sesi berikutnya akan tergantung pada hasil diskusi ini. Sementara sesi lanjutannya, cukup jarak jauh dengan memanfaatkan media-media teknologi yang ada.

Ketika mulai menggali apa tujuan hidup yang ingin saya capai, ternyata ada kagalauan yang saya alami. Kegalauan itu muncul, lantaran saya tengah berada di persimpangan. Berada di antara pilihan untuk mencapai tujuan yang sama-sama saya inginkan. Sehingga kerapkali yang terjadi adalah saya kehabisan tenaga untuk menjalaninya. Mudah lelah, rentan stres, dan kurang enjoy. Di sinilah kemudian Pak Jamil masuk dan mengenalkan Konsep Ikigai Jepang

Ikigai bahasa gampangnya adalah, 

“Melakukan sesuatu yang kita senangi (passion), kita kuasai (profesion), bayarannya sesuai (vocation) dan bermanfaat bagi orang banyak (mission).”

Perpaduan dari ke empat hal inilah yang kemudian sering disebut dengan pola hidup Ikigai. Keempat elemen (passion, profesion, vocation, dan mission) mesti saling bertemu di tengah. Sehingga kita bisa menikmati pekerjaan yang dilakukan (apapun bentuknya) dan semakin bahagia dari hari ke hari.

Bahagia karena memang passion kita. Bahagia karena kita menjadi ahli yang terbaik di situ. Bahagia karena duitnya juga wow. Dan terakhir, bahagia karena bisa memberikan manfaat terbaik untuk banyak orang.

 Konsep Ikigai, Konsep Ikigai Jepang, Pola Hidup Ikigai, Ikigai Jepang, Ikigai Konsep, Ikigai Tips, Ikigai Adalah, Ikigai Artinya, Ikigai Arti, Ikigai Indonesia.

Nampak terlalu muluk-muluk memang, tapi pola hidup seperti ini benar-benar ada dan masyarakat Jepang di Okinawa sudah membuktikannya. Anda boleh melakukan riset mengenai Ikigai dan pola hidup masyarakat Okinawa – Jepang.

Inilah kemudian yang menjadi PR pertama untuk saya. Menemukan apa tujuan hidup yang memenuhi kaidah Ikigai.

Saya banyak berdikusi panjang lebar dengan Pak Jamil, membedah setiap aktivitas yang saya lakukan saat ini. Mulai dari bekerja sebagai karyawan BUMN, trainer internet marketing, penyedia jasa riset online, hingga freelance online marketer. Semua aktivitas tersebut diberi score atau nilai di empat kuadran Ikigai.

Untuk membantu menemukan pola hidup dan pola bekerja sesuai konsep Ikigai, setidaknya ada empat pertanyaan yang bisa diajukan untuk diri kita sendiri. Saya menyebutnya Ikigai Tips. Pertanyaan-pertanyaan tersebut diantaranya:

  1. Apakah yang saya kerjakan saat ini adalah passion, yang mana bisa membuat saya lupa waktu dan begitu menikmatinya saat mengerjakan hal tersebut?
  2. Apakah yang saya kerjakan saat ini adalah profesi impian, yang mana saya ingin menjadi ahli di bidang itu?
  3. Apakah yang saya kerjakan saat ini menghasilkan uang yang banyak, atau kah hanya sekedar cukup bahkan kurang?
  4. Apakah yang saya kerjakan saat ini bermanfaat bagi banyak orang ataukah hanya bermanfaat bagi diri kita sendiri saja?

Coba bedah aktivitas Anda saat ini dengan menanyakan empat pertanyaan di atas. Jika jawabannya kompak, maka saya ucapkan selamat. Anda sudah berjalan di track Konsep Ikigai. Saya yakin Anda bahagia bahkan semakin bahagia dalam menjalani hidup ke depannya.

Bagi Anda yang belum menemukannya, silahkan dicari, ditelaah, dan dipikirkan mulai dari sekarang. Konon katanya, jawaban ini sebaiknya bisa didapat sebelum usia 40 tahun. Sehingga menginjak usia 40 tahun serta tahun-tahun berikutnya, bisa lebih mantap, matang, dan semakin bahagia dalam menjalani hidup. Bukan sebaliknya, yaitu semakin galau.

Kembali ke sesi private coaching tadi, alhamdulillah, akhirnya saya menemukan tujuan visi misi hidup yang pas dan memenuhi kaidah Ikigai Jepang ini.

Pak Jamil, ini kan sudah ketemu 3 poin, yaitu passion, profesion, dan missionnya. Nah vocationnya yang belum dapat. Bagaimana menyikapinya?” tanya saya di penghujung diskusi kami.

Beliau pun menjawab, “Vocation atau uang bisa dicapai sambil berproses. Sambil berproses, lakukan peran terbaik di aktivitas yang Mas Arief jalani saat ini.

Sementara itu, dalam kurun waktu menuju 40 tahun, lakukan persiapan-persiapan yang dibutuhkan. Saya yakin dengan sumber daya dan networking yang Mas Arief punya saat ini, tujuan itu sangat amat mungkin tercapai,” jawab Pak Jamil dengan mantap, untuk menangkan sekaligus meyakinkan saya.

 Konsep Ikigai, Konsep Ikigai Jepang, Pola Hidup Ikigai, Ikigai Jepang, Ikigai Konsep, Ikigai Tips, Ikigai Adalah, Ikigai Artinya, Ikigai Arti, Ikigai Indonesia.

Bagaimana bila nanti usia sudah terlanjur kepala empat? Well, masih ada kisah Kolonel Sanders dengan KFCnya yang menginspirasi kan? Hahaha…

Saya kira ini saja sharing saya mengenai Konsep Ikigai, kunci menikmati pekerjaan dan hidup bahagia. Bagi Anda yang masih muda dan sedang dalam proses mencari jati diri dalam upaya meraih kesuksesan, semoga tulisan ini bermanfaat dan ada insight yang bisa didapatkan.

Salam,

Arief Maulana
Trainer Internet Marketing
Rektor Riset – Universitas Riset Online

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 472,229 bad guys.