IBN, Menghasilkan Uang Lewat Blog Tanpa Mengubah Karakter

Oleh : Arief Maulana

Id Blog Network atau IBN kita biasa menyebutnya adalah revolusi baru di dunia advertising. Memang banyak layanan sejenis dengan IBN, namun yang rasanya hanya IBN yang benar-benar menghargai potensi para blogger. Seperti yang saya singgung sedikit di ulasan Blogilicious de Surabaya, sebuah review saja bisa dibayar antara 800 ribu – 5 juta rupiah. Sementara untuk layanan paid review lainnya tidak setinggi itu bayarannya.

Mengutip ungkapan Mbak Rika di Blogilicious de Surabaya ketika menyinggung sedikit tentang potensi blog bagi para advertiser, ternyata blog kita tidak harus mengikuti trend yang sedang berkembang. Fokuslah pada karakter blog yang sudah dibangun selama ini.  

Blog Character
Blog Character

Setiap blog memiliki segmentasinya sendiri. Kalau semua blog sama, maka segmentasi pasar yang bisa dibidik oleh advertiser akan sangat sedikit. Monoton itu dan itu saja. Justru karena keberagaman blog dengan masing-masing segmen pembacanya, para advertiser bisa memperluas sasarannya. Itulah kenapa kita diminta mengisikan beberapa hal yang menjadi identitas blog kita, termasuk siapa kira-kira segmen pembaca blog kita. Tetaplah pada gaya ngeblog Anda sekarang. Rezeki tidak kemana dan kalau memang tiba waktunya, job review itu akan datang juga.

Di sisi lain, IBN memang sengaja membidik para advertiser dari kelas corporate, bukan personal. Sehingga pendapatan yang diterima bisa lebih tinggi dan tentu saja mampu memberikan bayaran yang lebih layak kepada para blogger yang tergabung dalam IBN untuk job tertentu.

Blog Rank
Blog Ranking

Tentu timbul pertanyaan blog yang bagaimana yang mendapatkan job review? Apakah harus selalu blog ber-PR tinggi dan ranking alexa yang kecil? Tidak juga. Kemarin waktu blogwalking sempat saya menemukan sebuah tulisan di blog “tergaptek” yang dikelola oleh Mas Miftah Farid. Silahkan dibaca sendiri :

Nah, bagi rekan-rekan yang emang ngeblog dengan tujuan monetizing, Id Blog Network bisa menjadi salah satu partner yang baik dan bisa diandalkan. Bangunlah blog Anda secara profesional. Rawatlah blog sebaik-baiknya. Berikan tampilan yang bagus, dll. Pokoknya dirawat itu blog. Ngga pernah ada ruginya kok aktivitas ngeblog ini, sampai terlalu sering rasanya saya share 3 keuntungan ngeblog seperti di bawah ini :

Biar semangat ngeblognya tambah, jangan lewatkan Road Blognya Id Blog Network. Kalau Blogilicious de Surabaya bisa segitu dahsyatnya, saya kira di kota-kota berikutnya ngga kalah dasyatnya. Ngeblog yuk!

  1. mashengky | kaya dari bisnis vcc says:

    pertamax saya borong gan…. bagi yang mau menggabungkan blog dan afiliasi, bisa simak artikel di blog saya :D

  2. Setuju mas. Konten-konten blog yang kita tulis sebenarnya bisa jadi investasi yang baik di kemudian hari. Daripada ikutan tren yang dianggap sedang laris dan komersil, lebih baik fokus memperdalam topik dan minat yang memang menjadi passion kita dalam ngeblog.

    Nanti kalau sudah waktunya, review produk yang relevan juga akan nyangkut kok (walaupun saya agak kaget ketika menerima job review artis untuk blog saya yang bukan bertema artis).

    Padahal saya punya blog lain yang bertema artis/entertaiment. Masalahnya, blog saya yang lain itu belum saya daftarkan ketika menerima job review artis itu :)

  3. Wah . . . artikelnya memberi semangat baru nih Mas arief untuk ngurus blog lebih serius lagi, karena punya dampak yang luar biasa, apalagi bisa gabung sama IBN, yang pasti hal ini akan memberi energi baru buat para blogger. Thx Mas sharenya sukses selalu untuk Mas Arief. GBU.

  4. bagi saya blog untuk melatih menulis..padahal setelah dibaca sendiri..kalimatnya lucu..tapi gak apa..pisau kalau terus digesek2 ke batu akan jadi tajam..semangat ngeblog..

  5. Memang manteb deh IBN, PTRnya menggiurkan dan bener2 dibayar bukan omong kosong doang.. Blogger2 berkualitas pantes mendapat apresiasi dari IBN…

  6. formula bisnis mlm says:

    Jadi Pengen nGeblog nih, mau mulai yang sederhana di blogspot atau yang lain yang gratisan Temanya yang belum nemu:sip:

    • @Riswana, untuk review semuanya adalah hak prerogatif dari para advertiser untuk memilih blognya dengan rekomendasi dari IBN mungkin. Yang bisa kita lakukan cuma memantaskan blog biar layak untuk menerima job review. Coba aja dibaca link2 hasil investigasi “tergaptek”. Liat bagaimana karakter dari blog-blog yang menerima job review.

  7. Saat BW ke beberapa blog sahabat, dalam pikiran terlintas pertanyaan “Apaan ya IBN? Blog Sahabat-Sahabat koq pasang banner IBN!”
    Nah, pertama kali tau tentang IBN dari blog Mas Iskandaria, lalu di Sini.

    Ternyata peluangnya bagus juga ya :)

    • @T.A. Yogaswara, ayo bro ngeblog lagi. Ehm itu alternatif aja mas. Kalau pengen cepet diapprove sama IBN, bisa cari rekomendasi dari blogger² yg udah masuk IBN. Mereka cukup ketat seleksinya.

  8. Peluang Usaha says:

    Saya udah gabung, tapi waktu mau melangkah lebih jauh baru saya sadar, saya harus memperkuat blog saya dulu :)

  9. Masalah fokus dalam proses ngeblog tetap mendominasi tujuan blogging mas. Semakin fokus artikel atau content blog maka semakin senang pula pengunjung dalam berbagi :hihi::sip:

  10. joko muryanto says:

    menarik skali ulasan mas arief, membuat sy bersemangat kembali utk ngeblog. toh hasilnya memang tdk kita nikamati sekarang tp yg akan datang:sip:

    • @joko muryanto, benar sekali pak. Ngeblog itu investasi jangka panjang. Saya yang 3 tahun lalu memulai perjalanan ngeblog juga tidak pernah menyangka bisa seperti sekarang. Yang penting ngeblog dan ngeblog aja lah

  11. Pingback: Twitter Buzzer | Catatan Arief Maulana
  12. Mnatap dan sangat menarik mas ulasan yang ada sampaikan. Dan sebagai seorang pemula saya sangat terinspirasi dengan ini…terimaksih & salam kenal

  13. Hmmm . . . Jadi tetep tergantung Advertiser juga ya . . .
    Kalo Blogku masuk kualifikasi layak dapet Job apa ga ya . . . :D hehe . . .

    Semoga kedepannya bisa dapet kesempatan ngerjain Review dari IBN . . . Ganbattee
    :belajarkeras:

    • @Miftahur, iya. Karena advertiser tentu punya kriteria segmentasi mana yang mau dibidik. Misalnya nih, produknya pembalut wanita. Masa blogger cowok diminta ngereview. hahaha…

  14. Sungguh keberuntungan diberi kesempatan menjadi member IBN, walaupun blog belum layak dapat job review masih ada yang lebih berharga lagi bagi blogger newbie seperti saya, yaitu belajar dan belajar untuk menjadi blogger yang menghasilkan karya positif dan berkualitas.

  15. mas arief masih sering dapet job review gak?
    baru aja gabung di idbn, kemudian dapet job review, setelah di kirim ke admin sampai sekarang belum ada pemberitahuan untuk publish post tersebut. apa memang harus lulus seleksi dulu ya?
    *bingung*

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,744 bad guys.