Oleh : Arief Maulana

Id Blog Network atau IBN kita biasa menyebutnya adalah revolusi baru di dunia advertising. Memang banyak layanan sejenis dengan IBN, namun yang rasanya hanya IBN yang benar-benar menghargai potensi para blogger. Seperti yang saya singgung sedikit di ulasan Blogilicious de Surabaya, sebuah review saja bisa dibayar antara 800 ribu – 5 juta rupiah. Sementara untuk layanan paid review lainnya tidak setinggi itu bayarannya.

Mengutip ungkapan Mbak Rika di Blogilicious de Surabaya ketika menyinggung sedikit tentang potensi blog bagi para advertiser, ternyata blog kita tidak harus mengikuti trend yang sedang berkembang. Fokuslah pada karakter blog yang sudah dibangun selama ini.  

Blog Character
Blog Character

Setiap blog memiliki segmentasinya sendiri. Kalau semua blog sama, maka segmentasi pasar yang bisa dibidik oleh advertiser akan sangat sedikit. Monoton itu dan itu saja. Justru karena keberagaman blog dengan masing-masing segmen pembacanya, para advertiser bisa memperluas sasarannya. Itulah kenapa kita diminta mengisikan beberapa hal yang menjadi identitas blog kita, termasuk siapa kira-kira segmen pembaca blog kita. Tetaplah pada gaya ngeblog Anda sekarang. Rezeki tidak kemana dan kalau memang tiba waktunya, job review itu akan datang juga.

Di sisi lain, IBN memang sengaja membidik para advertiser dari kelas corporate, bukan personal. Sehingga pendapatan yang diterima bisa lebih tinggi dan tentu saja mampu memberikan bayaran yang lebih layak kepada para blogger yang tergabung dalam IBN untuk job tertentu.

Blog Rank
Blog Ranking

Tentu timbul pertanyaan blog yang bagaimana yang mendapatkan job review? Apakah harus selalu blog ber-PR tinggi dan ranking alexa yang kecil? Tidak juga. Kemarin waktu blogwalking sempat saya menemukan sebuah tulisan di blog “tergaptek” yang dikelola oleh Mas Miftah Farid. Silahkan dibaca sendiri :

Nah, bagi rekan-rekan yang emang ngeblog dengan tujuan monetizing, Id Blog Network bisa menjadi salah satu partner yang baik dan bisa diandalkan. Bangunlah blog Anda secara profesional. Rawatlah blog sebaik-baiknya. Berikan tampilan yang bagus, dll. Pokoknya dirawat itu blog. Ngga pernah ada ruginya kok aktivitas ngeblog ini, sampai terlalu sering rasanya saya share 3 keuntungan ngeblog seperti di bawah ini :

Biar semangat ngeblognya tambah, jangan lewatkan Road Blognya Id Blog Network. Kalau Blogilicious de Surabaya bisa segitu dahsyatnya, saya kira di kota-kota berikutnya ngga kalah dasyatnya. Ngeblog yuk!

IBN, Menghasilkan Uang Lewat Blog Tanpa Mengubah Karakter
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:         

72 thoughts on “IBN, Menghasilkan Uang Lewat Blog Tanpa Mengubah Karakter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,429 bad guys.