Oleh : Arief Maulana

Tadi pagi saya mencoba membuka salah satu situs yang kata banyak orang bisa digunakan untuk mengetahui apakah ada yang menduplikasi content di situs kita, tanpa mengindahkah copyright atau hak cipta, Copyscape. Ternyata kegelisahan saya terbukti benar adanya. Ini mengingatkan saya pada kejadian yang sudah cukup lama, dimana waktu itu saya berhasil menutup sebuah website yang melanggar hak cipta artikel-artikel yang saya tulis di blog Arief Maulana.com ini.

Waktu itu saya sudah mencoba kontak admin web yang bersangkutan. Ternyata ngga ada respon. Karena waktu itu si plagiat menggunakan wordpress.com maka langsung aja saya kontak pihak wordpress. Cukup dengan menyodorkan beberapa bukti, akhirnya keesokan harinya web tersebut ditutup (disuspend). Itulah manusia, mau enaknya dan cepatnya saja.

Sebenarnya tidak ada masalah kalau mau mengutip artikel di blog ini. Hanya saja, link ke artikel aslinya WAJIB DICANTUMKAN dan JANGAN MENGKLAIM artikel tersebut adalah buatan sendiri. Cantumkan nama penulis asli artikel yang dikutip. Hargai mereka yang susah payah membuat artikel tersebut. Karena kita tidak pernah tahu ada proses apa saja yang terjadi di balik pembuatan artikel tersebut. Kadang-kadang ada yang melakukan proses searching informasi dulu, kemudian diolah, dipoles, hingga akhirnya artikel nyaman untuk dibaca.

Dan jangan lupa juga, hukum karma selalu berlaku. Kalau kita biasa asal copas dan ngga menghargai penulis artikel sebenarnya, maka jangan heran kalau nanti ketika kita sudah mampu menulis sendiri, artikel kita banyak dicopas manusia-manusia ngga bertanggung jawab.

Apalagi kalau itu digunakan sebagai penunjang bisnis. Bisa-bisa rezeki kita macet hanya gara-gara tindakan yang mungkin keliatannya sepele, just copy and paste. Tapi Tuhan tidak tidur bukan. Mereka yang ‘bermain’ curang tentu akan menerima balasannya, hanya tinggal menunggu waktu saja.  

Selain bisnis yang kurang berkah hasilnya, efek dari tindakan copas yang tidak bertanggung jawab ini bisa melebar kemana-mana. Bahkan bisa sangat merugikan.

Pertama jelas, dari segi branding si Pemilik situs ataupun bisnis yang dijalankan akan jatuh. Kenapa? Karena menjalankan bisnisnya dengan cara yang tidak etis. Ini mengingatkan saya pada kasus Mashengky yang ketika meminta blog WP.comnya di unsuspend, oleh Mark diminta menghapus link ke situs tertentu karena situs bersangkutan adalah SPAM Site.

Kedua, akan melebar lagi ke pihak penyedia layanan hosting. Makanya tidak heran bila ada hosting tiba-tiba menutup sebuah website / blog secara tiba-tiba. Bisa jadi ada yang melaporkan bahwa situs tersebut melakukan tindakan kriminal / tidak menyenangkan. Demi nama baik hosting, maka ditutuplah situs tersebut.

Jadi pertimbangkan dengan baik sebelum Anda mengcopas artikel orang lain. Lebih bernilai artikel yang kita tulis sendiri dengan jerih payah walau hasilnya sederhana, daripada copas artikel orang lain. Toh seiring dengan berjalannya waktu, kalau kita rajin menulis kualitas tulisan pun akan terbentuk.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Ps. Yang mengcopas tulisan saya sudah memperbaiki kesalahannya. Jadi bukti saya hapus. Terima kasih juga kepada pihak hosting Sitekno, yang membantu mengingatkan usernya dan memberikan jaminan suspend bila tidak ada tindakan apapun.

Salam Sukses,
arief maulana
space

Hargai Hak Cipta Orang Lain, Jangan Asal Copas
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:         

243 thoughts on “Hargai Hak Cipta Orang Lain, Jangan Asal Copas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,431 bad guys.