Hargai Hak Cipta Orang Lain, Jangan Asal Copas

Oleh : Arief Maulana

Tadi pagi saya mencoba membuka salah satu situs yang kata banyak orang bisa digunakan untuk mengetahui apakah ada yang menduplikasi content di situs kita, tanpa mengindahkah copyright atau hak cipta, Copyscape. Ternyata kegelisahan saya terbukti benar adanya. Ini mengingatkan saya pada kejadian yang sudah cukup lama, dimana waktu itu saya berhasil menutup sebuah website yang melanggar hak cipta artikel-artikel yang saya tulis di blog Arief Maulana.com ini.

Waktu itu saya sudah mencoba kontak admin web yang bersangkutan. Ternyata ngga ada respon. Karena waktu itu si plagiat menggunakan wordpress.com maka langsung aja saya kontak pihak wordpress. Cukup dengan menyodorkan beberapa bukti, akhirnya keesokan harinya web tersebut ditutup (disuspend). Itulah manusia, mau enaknya dan cepatnya saja.

Sebenarnya tidak ada masalah kalau mau mengutip artikel di blog ini. Hanya saja, link ke artikel aslinya WAJIB DICANTUMKAN dan JANGAN MENGKLAIM artikel tersebut adalah buatan sendiri. Cantumkan nama penulis asli artikel yang dikutip. Hargai mereka yang susah payah membuat artikel tersebut. Karena kita tidak pernah tahu ada proses apa saja yang terjadi di balik pembuatan artikel tersebut. Kadang-kadang ada yang melakukan proses searching informasi dulu, kemudian diolah, dipoles, hingga akhirnya artikel nyaman untuk dibaca.

Dan jangan lupa juga, hukum karma selalu berlaku. Kalau kita biasa asal copas dan ngga menghargai penulis artikel sebenarnya, maka jangan heran kalau nanti ketika kita sudah mampu menulis sendiri, artikel kita banyak dicopas manusia-manusia ngga bertanggung jawab.

Apalagi kalau itu digunakan sebagai penunjang bisnis. Bisa-bisa rezeki kita macet hanya gara-gara tindakan yang mungkin keliatannya sepele, just copy and paste. Tapi Tuhan tidak tidur bukan. Mereka yang ‘bermain’ curang tentu akan menerima balasannya, hanya tinggal menunggu waktu saja.  

Selain bisnis yang kurang berkah hasilnya, efek dari tindakan copas yang tidak bertanggung jawab ini bisa melebar kemana-mana. Bahkan bisa sangat merugikan.

Pertama jelas, dari segi branding si Pemilik situs ataupun bisnis yang dijalankan akan jatuh. Kenapa? Karena menjalankan bisnisnya dengan cara yang tidak etis. Ini mengingatkan saya pada kasus Mashengky yang ketika meminta blog WP.comnya di unsuspend, oleh Mark diminta menghapus link ke situs tertentu karena situs bersangkutan adalah SPAM Site.

Kedua, akan melebar lagi ke pihak penyedia layanan hosting. Makanya tidak heran bila ada hosting tiba-tiba menutup sebuah website / blog secara tiba-tiba. Bisa jadi ada yang melaporkan bahwa situs tersebut melakukan tindakan kriminal / tidak menyenangkan. Demi nama baik hosting, maka ditutuplah situs tersebut.

Jadi pertimbangkan dengan baik sebelum Anda mengcopas artikel orang lain. Lebih bernilai artikel yang kita tulis sendiri dengan jerih payah walau hasilnya sederhana, daripada copas artikel orang lain. Toh seiring dengan berjalannya waktu, kalau kita rajin menulis kualitas tulisan pun akan terbentuk.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Ps. Yang mengcopas tulisan saya sudah memperbaiki kesalahannya. Jadi bukti saya hapus. Terima kasih juga kepada pihak hosting Sitekno, yang membantu mengingatkan usernya dan memberikan jaminan suspend bila tidak ada tindakan apapun.

Salam Sukses,
arief maulana
space

        • arief maulana says:

          @IHSAN, nah ini mas. Makin lama orang tersebut merespon. Makin lama bukti di artikel ini nongkrong.

          Tinggal tunggu aja, ratusan pembaca disini membaca dan membuktikan sendiri.

          Efek viralnya ngeri loh…

          • muhammad arifin says:

            @arief maulana, :bom: iya mas ngeri efek viralnya…itu keknya bukan pake wp deh …nanti klo masih gada respon langsung ke providernya sitekno aja mas, ane kenal ama tuh foundernya..biar di banned klo masih gada tanggapan:waaa:

            • arief maulana says:

              @muhammad arifin, udah mas. Urusan udah clear. Bahkan sitekno memberi jaminan suspend kalau ngga ada tindakan dalam 2x24jam.
              :sip:

  1. mantap mas… sebenarnya copas itu boleh saja tapi bukan untuk dipublikasikan lagi dengan nama sendiri, namun untuk dipelajari secara offline (menghemat biaya internetan kalau yang pake dial-up)…. nah kalau seperti yang dicontohkan mas arif ini,,, jelas ilegal ya…

    • arief maulana says:

      @cosa, hehehe… cukup dengan artikel ini. Makin lama merespon dunia makin banyak yang tahu…

      nama baiknya dia kan ntar jatuh-jatuh sendiri… :hihi:

      • herlina mutmainah says:

        @mashengky.com, waaaaa ityu lebiih kwejeeeem hehehe, ups.. dakyu telat buka nih jadi ga liat siapanya. dari pagi buka dari ponsel ga kebuka buka blog ini, sampe penasaran.. dan teteup penasaran juga ni sekarang, karena dah di apus.

        • arief maulana says:

          @herlina mutmainah, andai ga dihapuspun udah kosong mbak. Yg punya menghapus smua artikelnya (90% copas).

          Sy jg heran, kenapa hanya blog ini yg ga pernah bs dibuka dari hp.

  2. Article Marketing Software says:

    Ya begitulah resiko punya artikel bagus…dicari banyak orang. Tapi ada saja orang yang mau enaknya sendiri tanpa mau menyertakan sumber artikel

    • arief maulana says:

      @Article Marketing Software, padahal secara jangka panjang tindakan itu berefek boomerang loh.

      Contohnya kalau ketahuan seperti yang saya paparkan di atas.

    • arief maulana says:

      @Haris_DokterBisnis.Net, langsung aja laporkan pihak hostingnya. Kalaupun sudah clear masukkan situs tadi dalam black list.

      Kita bisa awasi untuk beberapa bulan ke depan. Apakah akan terulang lagi atau ngga.

      Gunakan saja bantuan copyscape :sip:

  3. halo mas arif, saya sudah memberikan peringkatan utk pemilik blog tersebut, jika dalam waktu 2×24 jam tidak ada konfirmasi kami akan suspend atau hapus artikelnya, terimakasih dan maju terus blogger indonesia !

    • arief maulana says:

      @hasan, terima kasih Pak. Kalau ada perbaikan ataupun nantinya web itu disuspend, nanti akan saya cantumkan ungkapan terimakasih utk hosting sitekno bapak.

      • muhammad arifin says:

        @arief maulana, holoh….udah ada ya orangnya…tak pikir blum heee:phew: tapi :wooo: berikan pelajaran juga mas, mungkin gatau orangnya…

  4. ckckck tega betul si tukang copas:hiks:…..dia belum pernah tau bagaimana rasanya bikin artikel samapi berdarah-darah dan :puyeng: hehehe…(meski cuma artikel sederhana)

  5. Saya baru saja ke lokasi, kelihatannya seluruh artikel sudah dihapus.
    Sebetulnya kasihan juga dia. Karena tidak mampu menulis artikel dengan baik lalu copas tulisan orang lain yang memang berkualitas. Di sisi lain dia tidak merasakan bagaimana jungkir balik menulis artikel. Apalagi bila sudah dikejar tenggat waktu.
    Bikin kursus menulis aja, Mas.

    • arief maulana says:

      @Bang Dje, iya sudah dihapus. Yang bersangkutan juga udah SMS saya untuk konfirmasi, makanya artikel saya edit.

      Untuk kualitas tulisan, sebenarnya hanya masalah kuantitas saja. Makin banyak menulis + membaca artikel orang, nanti karakter tulisan bisa terbentuk tanpa disadari.

      Untuk kursus menulis, udah ada punyanya Mas Jonru. The Best itu. Saya koleksi dan praktekkan buku2nya.

      Mau ikutan kursusnya belum ada waktu. Biar lebih expert gitu. :hihi:

      • arief maulana says:

        @UntungNyata!com | Budhi K. Wardhana, betul mas. Yg saya tahu di Indonesia, pemilik kelas menulis online hanya Jonru.

  6. wah benar itu mas arief, saya lumayan sering sih mengcopy tapi rasanya tidak pernah juga tanpa edit atau tidak mencantumkan lionk, minimal saya meninggalkan komentar untuk minta izin di artikel aslinya (kalau blog ) bahkan untuk artikel yang sudah di persilahkan untuk di sebarkan oleh penulisnya. Semoga saja tidak ada kelalaian dalam hal ini sehingga saya tidak di tuntut hehe ! kali ini telat ngasih koment deh haha

  7. Jalan tol aja ada yang bolong.. Apalagi jalan menuju Sukses, so pasti banyak gannguan ya Mas…
    Yuk sama2 kita mawas diri
    Sukses terus utk Mas Arief…

  8. Saya juga sering mengalami demikian, alhamdulillah sebagian banyak yg sebutkan sumbernya baik secara langsung mauoun tidak.

    Walaupun begitu tidak sedikit juga orang yg asal copas saja, saya cuma bisa bilang: “artikelnya bagus ya..(sedikit sindir), dilanjutkan, kalau mau copas ya harus sebutkan sumbernya, tapi kalaupun tidak y nggak papa kok, cuman saya nggak tahu seberapa lama bisnis Anda berjalan awet baik dari segi keberkahan ataupun citra”.

    Thx sudah posting masalah ini, semoga orang menjadi sadar akan masalah yg kelihatannya sepele ini tapi berakibat fatal.

    Insya’Allah kapan2 juga akan ulas.

  9. Wow…kasar sekali ya caranya dia:hihi:Info yang bagus Mas Arief:sip:agar kita bisa mawas diri. Semoga kejadian yang menimpa Mas Arief, membuat kita blogger2 yang ingin dijalan yang lurus lebih bersemangat dan kreatif dalam menulis. Bukan malah membuat jadi down ya mas.

    • arief maulana says:

      @candradot.com, yap. Sama Mark urusannya mudah. Tinggal sodorin bukti-bukti, besoknya sama Mark wp.comnya si plagiat dah di banned.

  10. Setuju mas. HUkum karma memang pasti berlaku buat para pelaku copas. Berkah yang diperoleh juga akan sangat kecil. Bisa jadi keuntungannya gede, tapi berkahnya yang (pasti) kecil :hiks:

      • @arief maulana: mungkin dia menerapkan pepatah “tiada rotan akar pun jadi” mas. Alias: belum sanggup menulis sendiri copy pun jadi. Tapi bukan berarti artikelmu saya sebut akar loh ya mas Arief. Kalo akar yang menopang pohon yang kuat berbuah lebat manis lagi sedap ya!, hehe..

  11. itu salah mereka sendiri mas jadi jangan enaknya sendiri.seiring berjalanya waktu,kalau kita sering menulis kualitas tulisan itu akan terbentuk .terima kasih.

    • arief maulana says:

      @Handoko Tantra, kalau itu sih ada backlinknya. Gpp lagi bisa membantu kalau kontes SEO, ya ngga mas. Eh ya, sgera dlm wkt dkt saya kasih job desk + spektel new blog. Udah deal kan.

  12. Agus Siswoyo says:

    Artikel ini mengingatkan saya pada lagi Saykoji ‘Copy My Style’ yang ngetop itu. Mungkin si plagiat kurang perhitungan, nggak mikir bahwa dengan melakukan copas sama saja dengan menggali kubur sendiri.

    Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menggali kreatifitas menulis. Semoga tidak terjadi pada blog saya.

    • arief maulana says:

      @Agus Siswoyo, sy yakin blog AS.com tdk akan mlakukan tindakan ngga bertanggung jwb spt itu. Keep post. Makin banyak nulis makin berkualitas…

  13. :hiks::hiks:saya ikut bersedih ms, tulisannya ms arief dibajak sprti itu. Kok ada ya orang yang senangnya membajak. Apa ndak ada kreatifitas yg lain shg takut akhir membajak tulisan org lain.Mungkin mrk hrs diajari ms bgm create tulisan yg berkualitas:hihi::hihi::hihi:
    Smoga berikutnya tidak ada kejadian ini lagi.Maju terus ariefmaulana.com!!

  14. lebih baikan mengolah newsletternya mas arief yang selalu setia mengirimkan emailnya, kemudian tulis dah di blog, tidak apa-apa kan mas?

    • arief maulana says:

      @Ajang, wah sama aja pak. Tp gpp kalau olahannya sdh banyak berubah. Intinya just take the idea. Hehehe…

      Kakau isinya sama, Tulis credit pointnya. Paling ngga ada keterangan, ini dari newsletter si “A”. Join aja gratis disana.

  15. herlina mutmainah says:

    kadang saya juga copas, tapi dari PLR bahasa inggris, trus terjemah ke b indonesia, terus diedit pake gaya bahasa sendiri. Ini proses pembelajaran saya menulis mas Arif, tapi semoga kedepan, bisa lebih oke nulis sendiri.

    • arief maulana says:

      @akbaralatas, dan saya berusaha mendahului hukum karma :ngakak:. Siapa yg copas, kalau ngga mau diperbaiki saya tutup webnya :licik:

  16. hmmmm….mas arief kayanya lagi emosi berat neh,bagaimana kalo saya ajak makan es campur dulu,hehe…
    smga kdepannya ga ada lg kejadian yang sama.:puyeng::puyeng:

  17. halo mas Arief..
    Selesaikan baik2 aja lah..
    Saya rasa dia “ngopas”karena ga tau resiko ato ga tau aturan main.
    Kalo saya sekarang lagi ngikuti gaya mas Arief nulis artikel, enak dibaca,bahasanya sedikit gaul,campuran,inggris nya ada jowonya ada ,sedikit lagi sundanya ada kale hi .hi..
    Kalo ngikuti gaya mah tidak melanggar ya mas..

  18. mashengky.com says:

    mau nabung ah utk modalin blog AM jadi buku cetakan.. bareng2 sama blogger lain spt candra, wawan, fadly, sumartono, dsb..

  19. Saya kalo bikin posting yang bukan hasil olah pikir saya alias copy paste dari orang lain saya sebutkan sumbernya dan saya link-kan ke sumber yang dimaksud. Malu atuh jadi plagiator, ehem…..
    Salam kenal mas.

  20. Senandung si plagiat: …malu-aku malu..
    …pada semut merah…
    …yang berbaris di dinding…
    …menatapku curiga…
    …seakan penuh tanya…
    …sedang apa di sini???:ngakak:

  21. Sugiana Hadisuwarto says:

    Saya setuju dengan apa yang Mas Arif lakukan,….semua sebagai bahan pembelajaran agar tidak seenaknya copas karya orang lain.

    • arief maulana says:

      @Sugiana Hadisuwarto, mudah2an yg terjadi pada saya dan tindakan2 antisipasi yg saya lakukan bisa bermanfaat menambah pengetahuan temen2.

  22. Blog Internet Marketing says:

    Copas boleh, asal sesuai dengan etika…tulis dong link aktifnya ke sumber tulisan tersebut. kapan ya ada gerakan moral anti copas tanpa etika?

    • arief maulana says:

      @Blog Internet Marketing, sulit mas. Makanya rata2 bergerak sendiri. Bantuan biasanya dari pihak hosting. Sodorkan bukti, minta kesediaan hosting membanned / suspend situs bersangkutan.

  23. yanhasanudinmalik says:

    setuju, memang hrs bgt, dalam kgtn apapun kan ada etikanya. Sebagai muslim kita berpegang pada moral keagamaan, jadi semua tindakan kita selalu ada pertanggungjwabannya. Nah, kalau saya gabung program affiliate atau reseller, bagaimana caranya

    • arief maulana says:

      @yanhasanudinmalik, terima kasih komentarnya.

      Bapak bisa langsung ke web panduan affiliate. Bila memang tidak punya modal sama sekali bisa download dulu versi sederhananya dari saya.

      Silahkan ke . Isikan nama dan email kemudian klik submit.

      Jangan lupa simpan dulu email saya, tim@ariefmaulana.com, agar ketika konfirmasi dikirimkan tidak masuk ke spam.

  24. Pingback: Pembajakan karya tulis : sebuah krisis kualitas blogger | TIPSsukseskarir.com
  25. script gratis says:

    salam kenal mas, memang tidak menyenangkan bila ciptaan kita asal di copy paste sama mahluk yg tidak jelas, jika mau mengkopi artikel suatu blog lebih baik ijin dulu dengan penulisannya, itu lebih baik drpd diam2, itu sama saja dengan mencuri, sy lihat2 dulu blognya mas, maklum kunjungan pertama :sip:

      • @arief maulana, Kalau baca buku saya suka mas, tapi klo baca artikel di komputer suka gak kuat matanya, smakin tebel aja nie kacamata, serasa pake kacamata kuda :merokok:

  26. :hiks:

    sedih ya ternyata kalo gitu. ka kalo aku ngecopy paste punya orang pasti ijin dulu ko dan aku ngaku kalo itu copas, bukan bikinan aku. trus kalo aku dapet di internet aku bilang. cuma kalo ternyata udah bnyk beredar dimana-mana aku jadi bingung mau nyantumin alamat yg mana buat dilink di postingan yg aku bikin. takut disangka jadi penjahat.
    kalo udah gitu gmna ya ka?
    sebenrnya yg aku lakuin udah bener apa belum? :hiks:

    • arief maulana says:

      @Pia, eh ini Pia Hermesian yah? Wah jadi tersanjung neeh dikunjungi. Pdhl tulisan blog ini ga sbagus tulisan anak2 hermesian.

      Udah bener. Misalkan kasusnya terlalu banyak web yg nyebarkan (web A,B,C,D, dll) materi yg akan kita copas, ambil aja salah satu web utk kita link kesana (misal web B).

      Dgn mencantumkan link web yg kita copas, selain bentuk penghargaan sebenarnya efek positifnya adl jika suatu saat terjadi hal yg ngga diinginkan terkait materi yg kita copas, kita bisa lempar masalah itu ke web sumber copasnya.

      Simple, tapi usefull.

  27. hmmm… untungnya saya pakai konsep OpenIdea Right (turunan dari GNU/GPL) artinya tulisan saya bebas di kopi/duplikasi modifikasi dan seterusnya….

    saya hanya ingin seperti Ulama-ulama terdahulu yang memberikan ilmunya menjadi penolongnya di akhirat kelak… (meski ilmu saya nggak sehebat mereka)

    just a my thought

  28. Weh, jdi harus mencantumkan nama asli si penulis ya.:sip:

    jdi,Bleh ga nich artikel saya copas buat di mading skolah dngn link arifmaulana.com
    :senyumlicik:

    biar tmen sya pda sadar!!!
    :guayarek:

    • arief maulana says:

      @d D4n, oh gpp mas. Cantumkan nama penulis sama link lansung ke artikelnya.

      Kemarin juga sempat salah satu tulisan saya dimuat di mading ITS.

  29. bener juga… susahnya minta ampun kalo memuat artikel yang erkualitas,. saya alhamdulilah slalu menyarankan kepada teman yang mengambil subdomain saya supaya mencantumkan dari mana artikel itu berasal jika dia melakukan kopi paste… salam kenal kepada yang puya ni blogs…

    • arief maulana says:

      @kank_ripay, Salam kenal mas :nyembah:. Sip. Memang harus sering diingatkan dan dibudayakan untuk menghargai hasil karya orang lain!

  30. Tapi Mas Arief, saya sering geli juga melihat mereka yang karyanya dibajak ternyata membuat karyanya itu dengan peranti lunak bajakan. No offense to everybody. :)

    • arief maulana says:

      @dani, yap. Memang dilema. Soale harga lisensi asli mahal banget.

      Makanya saya mulai menabung. Satu-persatu perkakas bisnis online, saya beli lisensinya.

      Biar gimana pake yg asli lebih tenang…

  31. Pingback: Alfred Belajar Bisnis Online » Mencegah Kebiasaan Copas ala Catatan Alfred dot Com
  32. Pingback: Update Kontes Co-Writer | Catatan Motivasi Blogging Indonesia
  33. ngahahahaa . . sama kayak dosenku euy . . mukanya lgsg kayak gorila pas tau artikel yg diambil mahasiswanya ga diserta nama penulis aslinya :hihi:

  34. :sip:bermanfaat banget tulisannya makasih ya pak, pas banget sama tugas yang disuruh guru saya untuk mencari artikel tentang ngga menghargai karya orang lain. makasih sebelumnya dan maaf juga ni di copas tapi tenang aja ada pembuat artikelnya kok pak makasih lagi ya atas infonya haha

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,853 bad guys.