Fokus Pada Solusi, Bukan Masalah

Oleh : Arief Maulana

Beberapa waktu yang lalu saya memposting artikel, Bagaimana Menyikapi Masalah Dalam Hidup Kita. Salah satu metodenya adalah dengan fokus pada solusi dan hasil akhir bukan pada masalah. Nah, di kesempatan kali ini saya ingin membagikan satu kisah dari seorang musisi terkenal di Italia bernama Nicolo Paganini. Disini kita, bisa belajar dari beliau yang fokus pada solusi bukan pada masalah di konser termegahnya.

Nicolo Paganini adalah seorang pemain biola classic. Setiap pertunjukan yang digelarnya selalu dihadiri ratusan orang dan tiket yang dijual pun pasti habis. Paganini memang luar biasa. Bila biola sudah dimainkan, siapapun yang mendengar pastilah akan hanyut dalam setiap petikan dawainya. Bila dia memainkan musik bertema bahagia, maka bahagialah perasaan mereka yang mendengarnya hingga dunia terasa indah. Bagitu juga bila dia memainkan musik bertema kesedihan, maka sedihlah mereka yang mendengarnya hingga tanpa terasa meneteskan air mata. Kalau ada musisi yang selalu dibicarakan, itu tidak lain pastilah Nicolo Paganini Sang Pemain Biola. 

Suatu hari, Paganini berencana untuk mengadakan sebuah pertunjukan. Lain dengan sebelumnya, kali ini dia akan mengadakan pertunjukkan yang akan menghebohkan seantero Italia. Pertunjukan paling berkesan yang takkan dilupakan oleh masyarakat Italia hingga puluhan bahkan ratusan tahun ke depan.

Untuk hal tersebut, Paganini menyiapkan segala-galanya. Dia tidak ingin pertunjukan termegahnya itu tampil mengecewakan. Berbagai pilihan lagu yang berkualitas dicari dan dikumpulkannya. Tak lupa pula segera berita pertunjukan tersebut disebarkan ke seluruh penjuru Italia. Dengan demikian dalam waktu singkat saja, orang-orang sudah membicarakan seperti apa nanti kira-kira pertunjukan yang akan digelar oleh Paganini.

Hari H pun tiba. Seluruh tiket yang ada sudah habis terjual sejak tiga hari sebelumnya. Harganya, tentu 2x lipat dari harga pertunjukan biasa karena ini adalah pertunjukan terhebatnya. Para audience pun tak peduli meski mereka tidak mendapatkan tempat duduk (karena penuhnya). Mereka hanya ingin mendengar alunan dawai biola Sang Paganini.

Pertunjukan dimulai. Untuk malam itu, Paganini menyiapkan 10 lagu terbaiknya. Dia yakin malam itu akan menjadi malam yang tidak terlupakan. Satu demi satu lagu yang telah dipersiapkan sebelumnya dia mainkan. Suasana tribun silih berganti. Kadang penuh dengan senyum kebahagiaan. Kadang penuh dengan isak tangis para penonton. Ini semua tergantung tema musik yang dimainkan oleh Paganini. Semua berjalan lancar pada awalnya.

Ketika Paganini memainkan lagu ke-10, tiba-tiba saja musibah itu terjadi. Satu dawainya tiba-tiba putus. Pertanda apakah ini? Seluruh penonton pun berdiri dan memberikan tepuk tangan. Mereka menyerukan kepada Paganini bahwa mereka mengerti dan akan menunggu Paganini untuk mengganti dawai  biolanya terlebih dahulu. Namun apa yang terjadi? Paganini berkata melalui microphonenya, “Paganini dengan 3 dawai biola.” Dia pun memainkan lagu ke-10 tersebut dengan 3 dawai saja.

Lagi-lagi kesialan itu datang. Dawainya kembali putus hingga tersisa 2 buah saja. Namun tetap saja Paganini hanya berkata, “Paganini dengan 2 dawai biola.” Dan dia pun memainkannya dengan dua dawai biola yang tersisa. Penonton pun semakin larut dalam permainannya yang sungguh menggugah hati.

Hingga… Tus…, putuslah dawai ketiga. Kini hanya tersisa satu dawai saja. “Petaka apa ini?”, pikir Paganini. Reaksi penonton kali ini terdiam. Mereka memberikan tepukan tangan perlahan. Mereka terus memberikan segenap dukungan pada Paganini sembari menyerukannya untuk mengganti biolanya. Mereka memaklumi itu semua. Namun, apa reaksi Paganini?

Dia hanya berdoa dalam hati dan berkata, “Paganini dengan 1 dawai biola.” Dia tahu itu sulit. Tapi dia terus meyakinkan dirinya bahwa Paganini akan menampilkan pertunjukan yang takkan terlupakan. Dia fokus pada tujuan akhirnya, konser yang sukses. Dengan susah payah, dia mencoba menemukan permainannya yang bisa terdengar indah hanya dengan 1 dawai. Dia tidak fokus pada masalah putusnya 3 dawai.

Luar biasa… ibarat sebuah keajaiban, permainannya menjadi sangat indah. Permainan yang bahkan lebih bagus dan memberikan kesan mendalam dibandingkan dengan 9 lagu sebelumnya. Dan pertunjukan itu dia tutup dengan manisnya sembari mengucapkan terima kasih pada penonton yang selalu mendukungkan. Banjir air mata dan suara tepuk tangan pun tak terelakkan lagi.

Maka semenjak pertunjukan termegah malam itu, tak pernah ada musik yang dibicarakan selain permainan Sang Pemain Biola 1 Dawai… Siapa lagi kalau bukan Nicolo Paganini.

Nah, sepengal kisah hidup Paganini Sang Pemain Biola 1 Dawai sudah saya sharingkan. Sekarang waktunya kita bedah pelajaran apa yang bisa diambil di dalamnya.

Ketika memainkan biolanya, dawai Paganini putus satu persatu. Itu tentu merupakan sebuah masalah. Namun, lihatlah bagaimana Paganini bersikap. Dia tidak peduli dengan masalah itu. Paganini tidak memfokuskan dirinya pada masalah. Dia memilih untuk bersikap tenang dan fokus bagaimana solusi pemecahan dari masalahnya. Sekali lagi bukan pada masalah, tapi fokus pada solusi.

Paganini bisa melakukan itu semua karena dia memiliki sebuah keyakinan yang mendalam serta visi yang begitu berakar di dalam hatinya. Visinya adalah menjadikan pertunjukan malam itu menjadi pertunjukkan yang tidak akan terlupakan sepanjang masa dan dia yakin pasti bisa mewujudkannya.

Ngomong-ngomong, kalau kita senantiasa fokus pada solusi ketika masalah datang, maka kita memberikan kesempatan pada otak kita (khususnya sisi kreatifitas) untuk bekerja dan mencari jalan keluarnya. Kalau ini sering dilakukan maka sama artinya kita melatih otak untuk kreatif dan inovatif.

Sebaliknya, manakala kita fokus pada masalah yang ada, maka kita menutup jalan otak kita untuk bisa berpikir dan berkembang. Ujung-ujungnya, hanya mengeluh dan selalu merasa tidak pernah ada jalan keluar untuk masalah ini. Kalau Anda tertarik mempelajari hal ini lebih dalam, silahkan baca buku “MANAGE YOUR MIND FOR SUCCESS” karangan Adi W. Gunawan.

Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat.

Salam Sukses,
Photobucket
space

  1. Benar-benar peristiwa yang luar biasa apa yang dialami seorang Nicolo Paganini.

    Seorang pemain biola terkenal, namun bisa tetap fokus dan tenang dalam memainkan biola meski hanya dengan dawai yang tinggal 1.

    Ini penting, dimana kita melakukan sesuatu sebenarnya harus fokus pada goal yang udah direncanakan. Jangan sampai hanya karena ada sebuah permasalahan menjadikan kita terhenti dan tertunda untuk mencapai goal tersebut.

    Salam Sukses.:sip:

    • arief maulana says:

      @Handoko Tantra, dan goal itu sendirilah yang menjadi obat bius manakala masalah yang menyakitkan datang untuk menghentikan derap langkah kita

  2. Intinya, saat kita terjebak pada suatu kesulitan yang terjadi, pemikiran kita harus bergerak menuju solusi untuk memecahkannya bukan dengan malah terjebak pada kesulitan tersebut. Inilah efek dari pemikiran THINK OUT OF THE BOX:hehe:

    • @Handoko Tantra, Yang penting kerjakanlah satu demi satu, fokus pada solusi, kerjakan dengan cara yang paling mudah.Salam kenal!

    • arief maulana says:

      @Handoko Tantra, dan juga perencanaan yang matang dengan memprediksikan masalah apa yang mungkin datang di tengah perjalanan kita.

  3. Sangat Inspiratif.. Ya Manakala Kita fokus pada solusi kita akan lebih kreatif, saya pernah dengar audio dari donald trump,10 think big, dan salah satunya focus at the solution not the problem.. Great Article Mas Arief…

  4. Di Indonesia kejadian serupa pernah menimpa Idris Sardi dan beliau tetap melanjutkan penampilan dengan tiga dawai. Mungkin itu pula sehingga beliau dijuluki biola maut.
    Tapi saya merasa hal ini hanya dapat dilakukan oleh mereka yang memiliki ketrampilan tingkat enam, yaitu para master atau expert. So, jadilah expert :)

    • arief maulana says:

      @Bang Dje, terima kasih tambahannya mas. Bener sekali, kita harus selalu berkembang dan menuju ke arah expert.

      Saya banyak belajar sama Bang Dje!

  5. ALHIJR ADWITIYA says:

    ..Bener Mas..,, kalo Kata Aa Gym, 3 S, Semangat Kebersamaan, Solusi, Semangat Sukses Bersama,

    KEEP SMILING

  6. :hiks::sip:..tidak ada yang lebih luar biasa ketika kita mampu menyelesaikan masalah yang sangat berat dan ternyata sukses, dan semuanya terletak pada mental dan pengalaman kita sendiri. Luar biasa Paganini..

  7. sangat mantab, selama ini di sekitar kita, jika terjadi masalah seringkali terlalu larut menikmati masalah itu, maksudnya sibuk mencari kambing hitam, seharusnya biarkan masalah itu, memang udah jatahnya :) hehe.. dan kita pikirkan solusinya…

  8. Fokus pada solusi bukan pada masalah. Seperti kutipan pada sekuel The Secret bahwa “Apa yang kau pikir itulah yang akan kau dapat”.
    Saat kita fokuskan pikiran pada masalah maka masalah baru yang akan kita dapatkan. begitupun sebbaliknya.
    Nice post mas,

    Keep Work

    Ricky
    Businessman

  9. Saya jadi ingat, kita barusan memperingati Hari Kebangkitan Nasional.

    Seandainya semua orang fokus pada solusi untuk memecahkan masalah negara ini, saya yakin negara ini akan adil dan makmur.

    Seandainya wapres/cawapress membaca tulisan Anda? mungkin ada terjadi perubahan. :melet:

    • arief maulana says:

      @firza abdi, yup. Bisa diteladani mas! Dan seperti kata Bang Dje, akan sangat mudah bila kita expert.

      Maka, jadilah expert di bidang kiat masing2!

  10. Suguhan kisah yang luar biasa dan inspiratif.
    Yang pasti, saya akan belajar dan belajar terus untuk bisa selalu fokus pada solusi.

    Setiap manusia pasti dilengkapi dengan masalah, dan hampir setiap manusia terlalu fokus pada masalah itu sendiri.

    Dan mas Arief hari ini telah mengajarkan yang terbaik bagi kita semua, yaitu fokus pada solusi.
    Terimakasih banyak, dan…

    Salam istimewa!

  11. iklan baris gratis says:

    Untuk itu semua kita harus mempunyai tujuan dan keinginan, jika kita sudah mempunyai tujuan dan keinginan maka dalam menjalankannya kita harus fokus untuk mencapainya, dengan demikian maka kita akan bisa menghadapi masalah yang kita hadapi meskipun sulit!

  12. Fadly Muin says:

    Sangat Bermanfaat Mas Arief!

    Fokus pada solusi adalah sebuah kunci keberhasilan.

    Akan Tetapi…..
    Ibarat sebuah Pohon “Fokus pada Masalah” sudah menjadi kebiasaan yang mengakar kepada karakter sebagian orang. Dan Hari ini Anda mampu memberikan sebuah ramuan sakti yang mampu menggoyangkan akar-akar itu. Semoga saja bisa mancabut akar-akarnya di kemudian hari

    Luar Biasa Dahsyat Sobat!

  13. bambang nugroho says:

    selamat pagi mas Arief pa kabar…

    artikelnya mengingatkan saya akan blueprint kesuksesan,”energi negatief akan menarik energi negatif dan energi positif akan menarik energi positif dari luar ” jadi jangan fokus ke masalah tapi fokuslah ke solusi …begitu kan mas Arief…

  14. Wah wah mantab nih, tapi ko kayaxa dejavu ya :hihi:, pernah liat gitu di youtube, hehe..
    sep dah kali ini ga naxa, di ambil saja ilmunya :hihi:

    • arief maulana says:

      @GIlank, liat apanya mas? Videonya?

      Ini saya repeat beberapa kali :
      1. Oleh mentor bisnis saya ke saya
      2. Saya ke rekan2 di blog lama
      3. Repost di blog ini

      Hehehe.. dejavu berkale-kale…
      Yang penting bermanfaat

  15. sayapun terhanyut membaca tulisan mas.

    hebat mas:hore:

    setelah membaca artikel tentang kebangkitan nasional, artikel ini bisa menjadi inspirasi agar kita bisa benar-benar bangkit untuk fokus pada solusi.

    salam sukses

  16. Sungguh Paganini telah memberikan inspirasi.. :nangis:
    Bahwa cobaan yang datang bukanlah halangan yang kita takuti. Karena kesuksesan kita juga berkat adanya cobaan tersebut..:jedug:

  17. Kita memang harus belajar dari orang2 hebat seperti Paganini dan sebenarnya karena kesulitan 3 dawai putus itulah yg menyebabkan namanya smakin diingat dan konser saat itu tak akan terlupakan

  18. Tulisan yang sangat mengharukan mas,apa bisa aku jadi paganini??Benar-benar orang yang sangat hebat.Tapi aku yakin kita pun bisa menjadi paganini-paganini selanjutnya.
    Salam sukses

  19. Arswino Sonata says:

    Halo Mas Arief,

    Cerita yang berbobot bagaimana seseorang tetap fokus pada solusi meskipun masalah menghujamnya bertubi-tubi.
    Dalam kehidupan sehari-hari banyak kita jumpai kejadian semacam ini, dimana orang-orang bukannya prioritas pada tindakan-tindakan perbaikan dan hasil akhir, namun meratapi mengapa masalah ini menimpanya atau malahan mencari siapa yang salah. Sama sekali tidak ada tindakan maju.

    Salam sukses luar biasa Mas Arief.

  20. Sangat menginspiratif saat membaca kisah nicolo paganini diatas. Menggambarkan bahwa tidak ada masalah yang tidak bisa dipecahkan. Asal kita bisa fokus pada cara pemecahannya.
    btw, blognya tambah penuh sesak pengunjung saja mas :sip:

    salam sukses

    • arief maulana says:

      @Ricky, iya mas. Alhamdulillah. Apalagi kalau produk gratis ‘The Simple Affiliate Marketing’ tak launching…

      hehehe…

  21. Satu tambahan lagi setelah fokus pada solusi : BERUSAHA MENIKMATINYA, walaupun sangat tidak kita harapkan. Sebab salah satu penghalang kebahagian dan kedewasaan plus kematangan adalah selalu mengeluh ketika tertimpa masalah.

    Salam kenal mas. Blognya bagus dan berbobot.

    • arief maulana says:

      @iskandaria, indahnya sukses memang terasa manakala prosesnya rada njelimet.

      Maka dari itu daripada mengeluhkan proses yg njelimet, mending dinikmati aja

    • @rudy azhar,
      iya mas, saya juga terinspirasi olehnya.
      rintangan apapun yang terjadi kala kita menjalani sesuatu harus senantiasa FOKUS pada TUJUAN.

      Sukses, Sukses untuk kita semua

  22. habibie reza says:

    Sepertinya sumber kekuatan terbesar manusia ada pada mindset-nya yah Mas Arief? :mikir:
    Fokus pada solusi sama saja dengan melatih dan membuat otak kita memikirkan jalan pemecahan masalah yang dihadapi dengan sendirinya.

    Wow, luar biasa sekali ternyata kekuatan pikiran kita. :lompat:

    • arief maulana says:

      @habibie reza, betul mas. Pikiran kita, kalau mau dimaksimalkan bisa menjadi luar biasa.

      Hasil riset yg pernah saya baca, manusia normal rata2 hanya menggunakan 10% dari seluruh kemampuan pikirannya.

      Orang jenius (Einstein) menggunakan 15% dari pikirannya.

      Coba bayangkan kalau kita bisa up to 100%! Ngeri ngebayanginnya.

      Dan itulah karunia Allah yg luar biasa pada diri kita!

  23. luar biaa ,sungguh artikel yang penuh hikmah.seberapapun besar musibah,sesulit apapun keadaan yang kita hadapi kalau kita tetap fokus,sabar,dan bisa mengendalikan emosi ,insyaallah pasti akan ada jalan keluar. tentunya kita juga tidak boleh lupa untuk berdo’a.yakinlah dibalik kegelapan ada terang,dibalik kesulitan ada kemudahan,di balik kesusahan ada kebahagiaan.tergantung kita menyikapi dan mengambil hikmah di balik semuanya.tetap semangat dan fokus ya…..

  24. Great Posting. Focus pada solusi memang menjadikan kita menjadi orang yang lebih efektif dan berdaya guna. Ingatlah “What Your Focus On You Got”. Sukses untuk semua.

  25. Kita memang harus fokus pada solusi dan percaya bahwa setiap masalah pasti ada penyelesaian dan ilmunya.

    Orang yang sukses adalah orang berani menghadapi masalah dan berani berjuang mencari solusinya.

    • arief maulana says:

      Salam kenal juga mas Dito. Tidak apa2, saya juga suka berteman dengan newbie kok. Kan saya juga dulu pernah newbie! Sering2 aja main2 kesini mas!

  26. Bener mas arief,saya setuju sekali dengan apa yang telah di sampaikan mas di atas,dengan begitu maka kita akan selalu berusaha mencari solusi terbaik dalam mencapai satu target,kalau kita selalu terpaku pada masalahnya saja maka kita tidak akan pernah beranjak ke hal lain yang ingin kita capai,salam

  27. sangat inspiratif dan penuh motivasi mas, memang tidak ada masalah tanpa ada solusi yang menyertai, semua kembali kepada diri kita bagaimana mensikapi masalah tersebut … :hore:

  28. Setuju Mas Arief, kita memang harus fokus ke solusi dari setiap masalah dan sikapilah dengan sikap terbaik kita… ‘The Secret’ memang fenomenal, tapi kita harus ingat, kekuatan pikiran ini hanya bisa ada jika Tuhan memang meridhoi apa yang sedang kita pikirkan…

  29. arief maulana says:

    @lina, Justru karena itulah mbak, saya sering merekomendasikan teman2 untuk memiliki buku Quantum Ikhlas. Soalnya disana ada penjelasan ilmiah bagaiaman hukum daya tarik bekerja dengan bantuan Allah.

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,745 bad guys.