Oleh : Arief Maulana

Edifikasi Dalam Bisnis Online (2)Edification is the power to increase our selling

Ini adalah artikel berseri, silahkan baca seri sebelumnya tentang apa itu edifikasi.

Di artikel ini, saya akan membahas seperti apa itu edifikasi dalam bisnis online dan efeknya terhadap peningkatan penjualan produk, baik itu produk Anda sendiri maupun produk orang lain (affiliate marketing / reseller program).

space

# EDIFIKASI DALAM BISNIS ONLINE

Cara paling gampang untuk menggambarkan bentuk edifikasi dalam bisnis online adalah trackback. Biar mudah, saya ambilkan contoh trackback yang dilakukan oleh Mas Hengky dan Mas Joko Susilo.  

Ketika menerbitkan artikel di mashengky.com, Mas Hengky sesekali memberikan link terhadap salah satu artikel blog di JokoSusilo.com. (Dalam hal ini konteksnya artikel positif. Karena kadangkala kita juga mentautkan link untuk mengkritisi sisi negatif dari artikel / pernyataan orang lain)

Nah, persepsi pengunjung blog Mas Hengky melihat adanya link tersebut adalah :

Persepsi Pertama :

Artikel Mas Hengky mensupport artikel Mas Joko Susilo. Artinya level mereka bisa dikatakan sama. Kalau pengunjung melihat sosok Mas Hengky adalah orang luar biasa maka, secara tidak langsung pengunjung juga punya anggapan yang sama ke Joko Susilo.

Persepsi Kedua :

Joko Susilo adalah orang yang lebih luar biasa dari Mas Hengky. Kalau tidak luar biasa, tidak mungkin Mas Hengky mengambil artikel Joko Susilo sebagai sumber referensi. Atau dengan kata lain artikel mas Joko mensupport artikel Mas Hengky.

Dengan timbulnya 2 persepsi ini, secara tidak langsung Mas Hengky sebenarnya sedang meng-edifikasi Mas Joko. Akhirnya, efek yang timbul adalah terjadinya aliran traffic dari Mashengky.com ke JokoSusilo.com. Dan kredibilitas Mas Joko Susilo pun semakin mantap.

Sebaliknya,

Di blognya, Mas Joko kadang merujuk pada artikel Mashengky (trackback balik). Maka pengunjung yang hadir disana (member / non member formula bisnis), akan melihat bahwa sosok Mas Hengky adalah orang luar biasa juga.

Kenapa bisa begitu? Karena mereka sebelumnya sudah melihat bahwa Mas Joko adalah sosok sukses yang luar biasa. Ketika mas Joko mereferensikan Mas Hengky, maka aliran traffic pun mengalir dari JokoSusilo.com ke Mashengky.com karena adanya kepercayaan dari pengunjung blognya Mas Joko. Disamping itu, pengunjung pun akan melihat sosok Mas Hengky sebagai orang yang sama-sama suksesnya dengan Mas Joko. Maka kredibilitas Mas Hengky sebagai pebisnis online pun naik.

Sampai disini ada pertanyaan? Jika masih belum connect, coba cari kesamaan contoh kasus di atas dengan contoh kasus pada artikel seri sebelumnya.

space

# EFEK EDIFIKASI DALAM BISNIS ONLINE

Bila edifikasi kedua belah pihak berjalan dengan baik. Maka keduanya akan sama-sama mendapatkan keuntungan berupa kredibilitas dan kepercayaan dari para pengunjung. Jika ini terjadi, maka kita seakan punya kekuatan ekstra untuk menawarkan produk yang kita miliki. Bukankah sebagian besar penjualan produk terjadi ketika kita mengenal pribadi dan percaya kepada penjualnya?

Saya sendiri pun merasakan efek positif dari edifikasi ini. Itu terjadi ketika Mas Joko beberapa kali mereferensikan artikel di blog ini dalam artikel-artikel yang dimuat di JokoSusilo.com. Akibatnya, saya menerima aliran traffic. Sisi positif lainnya adalah, banyak member baru mengira saya sudah sukses di Formula Bisnis hingga mengirim banyak email untuk bertanya / konsultasi (enaknya di charge aja kali ya!), padahal tidak juga.

Saya juga sama-sama baru merintis bisnis online ini. Tidak seperti Mas Joko dengan Formula Bisnisnya dan Mas Hengky dengan bisnis VCCnya, atau Mas Agung dengan Produk-Onlinenya.

space

# MEMAKSIMALKAN EDIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN

Ketika Anda diedifikasi seseorang dengan trackback, maka dua hal yang akan terjadi :

Pertama, akan ada aliran traffic ke blog Anda. Kedua, akan ada aja yang datang dan berkonsultasi dengan Anda (biasanya para newbie). Jika ini terjadi, maksimalkan saja. Untuk kasus pertama, ketika Anda tahu ada trackback maka segera terbitkan artikel yang berkualitas atau edit artikel lama Anda yang dirasa kurang mantap. Untuk apa? Untuk mempertahankan aliran traffic yang sudah terlanjur masuk ke blog kita. Intinya, buat pengunjung nyaman di blog Anda.

Untuk kasus kedua, dimana Anda dijadikan bahan rujukan konsultasi maka layani saja. Satu atau dua kali konsultasi pertama, berikan solusi yang baik. Nah, konsultasi ketiga baru… soft selling dimulai. Disini Anda bisa mulai menawarkan produk Anda sebagai salah satu pilihan solusi mereka. Jangan memaksa, namun berikan tawaran yang masuk akal. Biarkan mereka memilih.

Metode inilah yang saya gunakan untuk meningkatkan penjualan produk yang saya pasarkan. Makanya terkadang ada member affiliate saya yang konsultasi, eh ujung-ujung beli produk lagi (yang lain) dari link affiliate saya. Hayo… siapa tuh… hehehe…

Oke, saya rasa udah cukup pembahasan soal edifikasi ini. Silahkan bila ada yang mau didiskusikan. Atau barangkali ada yang mau membantah…?

Salam Sukses,
Photobucket
space

Edifikasi Dalam Bisnis Online (2)
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

42 thoughts on “Edifikasi Dalam Bisnis Online (2)

  • Hmmmm…Pertamaxxxxx turun juga gak yaaa!!!! Premium dah tuh, barusan, hehehe…

    Pertama
    Senang sekali melihat tampilan blognya Mas! Dan gak lemot kayak template sebelumnya.

    Kedua
    Hmmm…Ini tho ternyata rahasianya. Sungguh edifikasi dalam bisnis online sangat bermanfaat. Hampir mirip dengan joint venture kayaknya ya?
    Btw, senior-senior kayaknya rada jual mahal masalah trackback dengan newbie. Ada apa ya?

    BISNIS GURU : Your partner Success

    1. @Umar Puja Kesuma, :hore: berarti ada kemajuan dari segi loading speed.

      Kebetulan saya juga cucok dengan themes ini :sliweran:

      JV tak terlihat mas, makanya saya bilang senjata rahasia.

      Senior jual mahal banyak. Tapi yg sering kasih trackback juga banyak.

      Mas joko sering kok. Selama artikel kita nyambung dengan artikel terbarunya dan berkualitas. Tuh, mas Zamz, dll dapet trackback juga. :no:

      1. @arief maulana, nanya nich mas…
        jika seorang newbie ( blogger, bukan bisnis ) ngetrack ke orang-orang yang sudah sukses seperti mas Arif misalnya, apa tidak berpengaruh buruk??
        Misal : ini anak ngganggu aja, bikin over incoming link.
        Karena sedikit saya punya perasaan seperti itu mas.
        Karena membaca artikel mas di atas, trackback dilakukan oleh sesama bussinesman, yang nantinya bisa meningkatkan kredibilitas masing-masing.
        maaf mas jika pertanyaan saya salah.
        :hihi:

        1. @Madhysta,
          1. Saya belum sukses, masih meniti jalan kesana:uhuk:

          2. Sekali lagi itu tergantung sama empunya blog. Kenapa ngga dicoba aja mas. Saya juga sering kok liat ada blogger (pure, not business) saling trackback demi meningkatkan traffic kedua blog.:baca:

          1. @arief maulana, oke mas, memang sudah pernah saya coba, ternyata memang ada tanggapan positif, tapi apakah mereka serendah hati mas Agung, seterbuka mas Hengky, sepolos mas Wawan, dan sebaik Mas Arif? Itu yg membuat saya ragu.
            Tapi ga papa mas, apapun tanggapan mereka nantinya, saya akan selalu coba kepada orang-orang sukses lain… eeeh siapa tahu ya mas…. saya bisa ketularan…
            :lompat:

          1. @Joko Susilo, terima kasih Master… berarti saya harus belajar menempatkan, kapan saya harus SEO minded, dan kapan saya harus Human minded. Karena kedua-duanya adalah saran dari master-master blogging, begitu Master Joko SUsilo????

          2. @Madhysta, Betul Madhysta. Tapi yang penting niatkan pertama untuk orang, bukan mesin pencari. Karena ketika orang sudah sudah senang dengan blog kita, mereka akan selalu mengingatnya dan tak perlu memakai mesin pencari.
            Sebaliknya, mungkin sering kita kesasar ke situs web atau blog yang ada di halaman depan Google, tapi isinya tak sesuai yang kita harapkan. dan pasti seketika itu juga kita akan menutupnya. Blogging pertama untuk saling sharing. SEO mengikuti setelahnya.
            Salam ACTION!

          3. @Joko Susilo, Siap Ndan, saya laksanakan… saya jadi bingung mau manggil apa ke Pak Joko… Master, Ndan, Bapak, … besok apa lagi yah…:nyembah:

  • Waduh terimakasih mas arief….sdh mengedifikasi saya…yang jelas2 semuanya saya belajar dari Mas Arief sang motivator ini…
    Sukses selalu mas….
    Btw, Makin keren themenya….dan loadingnya juga memang lebih cepat…congrats…

  • realitas saling mengedifikasi sebenarnya sudah terjadi di diri kita dan orang2 di sekitar kita. hanya saja kita tidak menyadarinya.

    kemampuan memaparkan dalam bentuk tulisan, telah dilakukan oleh mas Arief.

    jarang orang memiliki kualitas yang praktis dan adaptif seperti mas arief. sekali lagi, anda luar biasa rief (sesekali ga pake mas ah.. he he he)

  • Salam kenal mas arif, artikelnya pas sekali dengan dunia saya sekarang ternyata mas Arif dulunya juga dari MLM ya ? kalo boleh tau MLM nya apa ? kbetulan saya juga masih menjalankan bisnis MLM sekarang nyambil Online

    1. @alie, saya di Tianshi *4 (harusnya *5 karena omzet masuk, cuma leg kurang). Mending fokus salah satu saja mas. Agak berat menjalankannya sekaligu. Tapi kalau mas sanggup :sip: luar biasa.

      Sebenarnya tidak ingin break dari MLM, cuma karena kepadatan kuliah mulai menjadi2, jadinya saya cari pelarian bisnis yang ngga butuh banyak waktu. Akhirnya ya bisnis online.

      Di MLM kalo mau sukses, harus mensukseskan orang lain (downline). Nah untuk itu kan perlu waktu banyak nemeni member baru. Itu yang saya ngga bisa belakangan ini.

      MAs sendiri dimana? :uhuk:

      1. @arief maulana, kalo saya di K-Link mas, Alhamdulillah sy masih jalanin di sana dan akan terus sy jalankan, kalo bisnis online masih dalam tahap belajar soalnya masih baru, sebatas jadi reseller, mudah2an mas arif mau sedikit berbagi pengalaman untuk bisnis onlinenya, biar bisa ngikutin jejaknya, amin

  • Tadi ng-drag-nya kecepetan Mas, jadi baca edifikasi part 2 kelewat:ngelamun:
    Saya yg newbie ecek-ecek aja udah ngerasain efek edifikasi, belum dahsyat, tapi sudah patut disyukuri. Cuman penyakit kronik kambuh nih, mau trackback ke Wawan Purnama belum kejadian juga!

  • Mas Arif, salam kenal mas, sesama orang Surabaya, luar biasa itu kata yang bisa saya ucap mas,setiap membaca posting Pak Joko selalu ada mas Arif, sekarang saya jadi tahu apa itu edifikasi, maklum mas, masih newbie
    salam sukses

  • Salam kenal mas, saya seorang newbie yang baru belajar blogging dan agak nyrempet”dikit belajar bisnis online :D. Artikelnya mas ni bikin saya dapat hal baru lagi, meski kenal blognya dh dari jaman SMA, tapi masih belum tau apa2 juga, hehehe..

    1. Salam kenal juga. Gpp. Proses belajar memang begitu, ngga bisa langsung express. Saya bisa begini karena terus belajar dan belajar… + praktek :hihi:

  • Web dengan Artikel yg sangat menggoda.. kapan saya terjun dalam bisnis online ya?

    Belum tertarik Kang..

  • Pingback: 3 Langkah Menjadi Tahan Banting Di Dunia Blogging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,556 bad guys.