Disiplin Dalam Upaya Pencapaian Sukses

Oleh : Arief Maulana

Disiplin Dalam Upaya Pencapaian Sukses
Disiplin

Suatu hari saya terlibat sebuah percakapan singkat di twitter dengan Mas Yunus Bani (@YunusBelajar), founder KursusBlogging.com. Waktu itu Mas Yunus sempat ngetweet tentang tidak ada jaminan pasti bahwa mereka yang mengikuti kursus internet marketing pasti bisa sukses dan meraih penghasilan besar, apapun kursusnya (termasuk kursus yang beliau kelola).

Ada peserta kursusnya yang sukses dan mulai merasakan penghasilan, namun tidak sedikit pula peserta kursus Mas Yunus yang gagal. Dan sudah bisa ditebak alasan kegagalannya. Itu yang membuat pengakuan justru peserta kursusnya sendiri. Apa itu? Ketidakdisiplinan untuk konsisten membuat 20 artikel dalam 5 hari. Praktis kalau mau mendapatkan hasil sehari mesti memaksakan diri untuk menulis sebanyak 4 artikel. Ini khusus untuk blog baru. Kalau tidak percaya, silahkan tanya sendiri ke Mas Yunus. Berat yah :p  

Saya jadi ingat awal perjalanan nyemplung di intenet marketing dulu, pertengahan tahun 2008. Sebagian sudah saya ceritakan di ebook The Simple Internet Selling (TSIS) (Anda download gratis dengan mengisi nama dan email di sidebar blog ini).

Waktu itu saya mencoba untuk mendisiplinkan diri, minimal seminggu sekali pergi ke warnet. Baik itu untuk publish tulisan di blog maupun untuk mempromosikan link-link affiliate marketing saya dengan metode sederhana dan gratisan yang ada di The Simple Internet Selling. Jangan dibayangkan kondisinya seenak sekarang yang notabene ada laptop dan modem sehingga bisa menjalankan bisnis internet darimana saja. Dulu hanya ada komputer PC jadul yang isi programnya paling banter dan penting cuma MS.Office dan Winamp saja.

Kadangkala terasa capek. Belum lagi harus bolak balik ke ATM untuk ngecek kalau ada yang transfer. Tapi seperti yang saya pernah tuliskan, perjalanan sukses seperti layaknya pesawat ulang alik nasa. Di awal justru malah butuh banyak energi. Untuk itu diperlukan sikap disiplin. Tidak apalah capek dulu di awal, hitung-hitung sambil menggenjot penghasilan dan membangun personal branding hingga lahirnya ebook The Simple Internet Selling yang ditulis dari apa-apa yang sudah saya kerjakan.

1 tahun berlalu, 2 tahun berlalu, 3 tahun berlalu, kini hasilnya mulai terasa walaupun belum maksimal. Personal branding mulai jalan. Job-job mulai berdatangan. Baik itu panggilan mengisi materi training motivasi kecil-kecilan, review produk advertiser kelas corporate, ataupun menjadi buzzer di social networking site (twitter), disamping income dari affiliate marketing yang sesekali masuk. Sumber duit semua itu sodara-sodara.

Penghasilan Dollar
My 500 Dollars

Yah, walaupun seperti yang saya bilang belum melimpah hingga jadi jutawan. Masih sebatas penghasilan tambahan. Belum lagi produk-produk karya Internet Marketer Indonesia yang bisa saya nikmati gratis karena diberi akses ke member area oleh foundernya. Subhanallah… Alhamdulillah… Eits jangan lupa, yang gratis sudah saya bayar di awal loh lewat personal brand building :)

Disiplin Untuk Sukses, WAJIB!

Anda mungkin sudah punya goal. Mungkin juga mindsetnya sudah tepat. Tapi pertanyaan berikutnya, apakah kita sudah mendisiplinkan diri dalam setiap upaya-upaya yang mendukung pencapaian sukses kita? Berapa lama waktu yang kita bisa luangkan untuk mengerjakan apa yang seharusnya menjadi fokus kita?

Kedisiplinan bisa mempercepat pencapaian goal-goal kita. Ada banyak orang yang saat ini mungkin punya goal yang sama dengan Anda. Mereka bisa saja lebih disiplin dalam proses-prosesnya, baik itu :

  • upgrade kemampuan diri sesuai kebutuhan goalnya
  • mempraktekkan apa-apa yang mestinya dilakukan atas bimbingan para master yang mereka anggap sebagai guru.

Tentu akan sangat berbeda hasilnya dengan Anda yang lebih memilih nyaman dengan leyeh-leyeh dan berpikir, “Ah besok aja deh nyobanya.” Keesokan harinya ada lagi alasan lain, “Ngga sekarang deh. Gpp lah, ntar kalau udah ada waktu tak genjot habis-habisan.” Atau masih banyak lagi alasan-alasan lain yang Anda gunakan untuk menunda.

Awas, saya Cuma mengingatkan kembali kepada Anda. Jangan suka menunda, lakukan yang terbaik saat ini juga.

Anda mau suksesnya lama atau makin lama? Itu pilihan.

Kalau Anda punya Koleksi Audio Life Revolutionnya Tung Desem Waringin, akan ada pesan yang senada. Disiplin mengerjakan PR yang diberikan oleh Tung Desem Waringin lewat audio tersebut setiap hari. Kalau tidak, hidup tidak akan berubah dan audio tersebut sia-sia.

Yuk kita sama-sama mendisiplinkan diri dalam upaya pencapaian sukses kita! Ada yang punya pengalaman soal disiplin diri? Share dong!

  1. Memang benar, disiplin menjadi sebuah ujian terberat dalam memulai usaha.

    Belum lagi tanpa jaminan berhasil, makin lengkap sudah emosi kita “diobok-obok”

    Mana tahan :hiks:

    • @Blogger Bahagia, iya mas. Kemarin bersih-bersih link. Page link exchange juga tak hapus. Banyak yang blognya jarang update + ga nyambung kalau ditelusuri dari kesamaan tema tulisan. Pengen lebih memaksimalkan aja untuk pengunjung-pengunjung disini. Yang penting blogwalking tetep jalan mas. Kalau ada waktu selalu saya sempatkan mampir ke blognya temen2 yg komentar.

    • @rohiman, santai saja Pak. Yang jauh lebih penting adalah kita menikmati prosesnya. Saya dulu awal-awal seminggu cuma 1x. Walaupun mungkin kalau frekuensinya ditambah, hasilnya bisa jauh lebih maksimal.

    • @Sigit, kuatkan motivasi pada goal yang ingin dicapai. Kalau lagi malas, inget ada goal yang mesti dikejar. Makanya ada yang bilang membuat deadline untuk setiap goal itu bagus, Memaksa kita untuk berada dalam kondisi terdesak dan ga sempat malas.

  2. pas baca ini “Ah besok aja deh nyobanya.” Keesokan harinya ada lagi alasan lain, “Ngga sekarang deh. Gpp lah, ntar kalau udah ada waktu tak genjot habis-habisan.”
    arghhhhhh,,,saya banget,,, :hiks:

  3. Saya selalu melihat hal yang paling penting untuk meraih kesuksesan adalah disipilin tinggi, artinya bila kita mengerjakan sesuatu apapun itu namanya tanpa disiplin, maka pasti suatu saat akan terhenti ditengah jalan, atau pekerjaan itu akan terbengkalai. itu yang saya rasakan dalam mulai membangun Bisnis Online, menyadari ini semua barulah kembali mulai komit untuk terus disiplin. Thx Mas sharenya. GBU.
    Franky T recently posted..Cara Mengganti Template BloggerMy Profile

  4. Salam Hangat,
    Disiplin !!! Teori yang Mudah namun aplikasinya Butuh Berjuang melawan Kemalasan.
    Menurut mas klo kita bangun Pagi2 bagusan menonton TV (Yang Positif seperti Ceramah Pagi) atau Membaca BUKU yang POSITI.
    Seperti bagusan mana melatih MATA (Menonton TV) atau melatih OTak Berpikir dengan MEMBACA.
    Namun ada saja masalah di PAGI yaitu klo jenuh Nonton/membaca Nguantuk.
    :hihi:

    Mohon masukannya Mas!!!
    Terimakasih.:sip:
    Marchel recently posted..Mengapa Yahudi Pintar? Dan Mengapa Israel Takut Pada Penghafal Al Quran?My Profile

    • @Marchel, tidak pernah ada yang mudah saat kita mau membentuk satu kebiasaan yang positif. Antara nonton ceramah dan baca buku2 (+), dua-duanya menurut saya sama-sama bagusnya. Selang-seling aja gpp. Atau dua-duanya. Toh baca buku (+) 10 menit / hari sudah cukup asalkan fokus dan memahami apa yang dibaca.

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,719 bad guys.