Oleh : Arief Maulana

Dinamisasi Bisnis
Dinamisasi Bisnis

Seperti biasa kalau tidak ada aktivitas apa-apa, saya menghabiskan waktu pagi hari dengan membalas komentar yang masuk di blog, baca berita online dan juga bermain di social media site. Banyak informasi lalu lalang. Tapi ada 1 update status yang cukup menarik buat saya dilontarkan oleh Mas Agus Siswoyo.

Awalnya di twitter. Kemudian dilanjutkan dengan share link di facebook, sebuah situs dimana kita bisa mengakses secara online hampir semua radio yang ada di Indonesia. Streaming tentunya, jadi kalau koneksi Anda kurang bagus ya ngga tahu lagi (coba cari provider internet yang oke punya), hehehe… Cek disini untuk streaming radio!

Itu hanyalah sebagian contoh kecil bagaimana radio bisa survive di tengah gempuran fasilitas internet. Mungkin sudah pernah ada yang survey kali ya, kalau peminat sekaligus penikmat radio jumlahnya sudah mulai berkurang. Anak muda sekarang, sudah enggan lagi mendengarkan radio dengan gaya seperti orang tua dulu. Lebih asik bersocial media ataupun browsing.

Apa yang akan terjadi, seandainya bisnis radio tidak melakukan adaptasi dan dinamisasi dalam bisnisnya? Tergilas oleh zaman. Kebutuhan market setiap waktu selalu berubah. Pun strategi bisnis (termasuk marketing) sudah berubah total. Mereka yang bisa menyesuaikan diri akan berkembang, sedangkan yang tidak ya say good bye. Ini juga mungkin yang menjadi alasan Hermawan Kartajaya menulis buku “New Wave Marketing”.

Dalam bisnis internet pun demikian. Mesti dinamis. Misalnya : dulu mungkin ebook laku keras, tapi sekarang market cenderung beralih ke video tutorial. Orang tentu lebih nyaman menikmati sajian video. Begitu juga di bisnis affiliate marketing. Sekarang dengan dulu tidak sama. Untuk berhasil perlu menjadi affiliate marketer yang punya kelebihan tertentu alias affiliate marketer plus plus.

Jadi buat Anda yang sekarang sedang berbisnis, sudah siapkah dengan perubahan zaman dan pola konsumsi market yang juga ikut berubah? Siapkan diri dan bisnis Anda. Siapa tidak mampu mengikuti, akan tertinggal. Semoga bermanfaat.

Ps. Bagi pengguna twitter bisa follow @hermawank (Hermawan Kartajaya) untuk tweet-tweet new wave marketing dan @tuhunugraha (Tuhu Nugraha) untuk tweet-tweet market insight.

Salam Sukses,
arief maulana
space

Dinamisasi Dalam Bisnis
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:                 

119 thoughts on “Dinamisasi Dalam Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,416 bad guys.