Oleh : Arief Maulana

Cara cepat untuk suksesHati-hati, Salah Cuci Anda Bisa Gagal

Sebelumnya saya mau mengucapkan selamat kepada Anda. Kenapa? Karena program cuci otak sudah berjalan dengan baik. Parameternya darimana? Dari ketidaktahuan Anda bahwa saat ini mungkin saja otak Anda sedang dicuci, termasuk dicuci oleh tulisan saya. Hehehe… Bingung ya… baca aja terus.

Otak senantiasa kita gunakan untuk berpikir, betul? Tapi pernahkah kita memikirkan apa yang mempengaruhi pola pikir kita. Padahal selama ini sekecil apapun tindakan yang kita lakukan tidak pernah lepas dari pola pikir otak kita.  

Sebagus apapun tindakan orang lain, kalau sudut pandang kita berbeda tentu kita akan memandangnya tidak bagus. Jadi kuncinya adalah persepsi atau cara kita memandang sesuatu.

Tanpa kita sadari, suka atau tidak suka, semenjak kita kecil kita selalu dijejali doktrin-doktrin oleh lingkungan di sekitar kita. Tentu saja ketika kita masih kecil, yang paling dominan adalah orang tua kita. Dan seiring berkembangnya usia, dominasi orang tua pun berkurang berganti dengan lingkungan (teman, pacar, tetangga, dll).

Doktrinasi, baik positif ataupun negatif, akan sangat mempengaruhi perkembangan pola pikir kita. Bila kita biasa dijejali dengan pikiran, ungkapan, berita, dan hal-hal negatif lainnya semenjak kita kecil, maka biasanya kita akan cenderung menjadi orang yang tidak prestatif. Kecenderungan ini dipicu karena setiap langkah yang akan kita ambil, yang dipikirkan selalu kegagalannya. Akibatnya kita TIDAK BERANI MENGAMBIL LANGKAH PERTAMA.

Sebaliknya, jika semenjak kecil kita biasa dijejali dengan hal-hal yang positif maka setiap langkah yang akan kita ambil akan selalu terfokus pada kesuksesannya di kemudian hari. Ini tentu mendorong kita untuk tetap semangat dan selalu termotivasi. Akibatnya kita akan cenderung memiliki pola pikir prestatif. Segala sesuatu yang diawali dengan pikiran positif, tentu akan berakhir baik.

Biar asyik kita eksperimen sedikit, sebagaimana saya selalu memberikan eksperimen ketika membawakan materi-materi latihan keterampilan manajemen mahasiswa. Caranya mudah dan bisa Anda lakukan dengan santai di waktu senggang.

Cobalah tengok kanan kiri Anda. Temukan seorang saja teman Anda yang memiliki perilaku / sikap tidak baik, selalu pesimis, dll. Kemudian bila sudah ketemu targetnya, Anda wawancarai dia dengan cara yang halus.

Tanyakan padanya, bagaimana cara dia menghabiskan waktunya selama ini. Atau bisa juga Anda tanyakan bagaimana kondisi keluarganya ketika dia masih kecil. Saya jamin Anda pasti menemukan hubungan bagaimana lingkungan mempengaruhi cara berpikirnya, yang ujung-ujungnya mempengaruhi sikap / perilakunya.

Lingkungan positif akan membawa pola pikir positif yang berdampak pada perilaku dan sikap yang positif. Begitu juga sebaliknya lingkungan negatif akan membawa pola pikir negatif yang berdampak pada perilaku dan sikap yang negatif pula.

Inilah yang saya maksudkan dengan istilah ”cuci otak”. Dan ini berlangsung semenjak kita masih kecil. Kondisi ini di perparah lagi oleh dunia di sekitar kita yang kerapkali menjejali kita dengan hal-hal yang bersifat negatif ketimbang yang bersifat positif.

Akibatnya, trauma dimana-mana. Ketakutan dan kecurigaan merajalela. Pesimisme pun ikut serta berpesta di otak kita, dan secara global Bangsa Kita ngga maju-maju juga gara-gara hal ini.

Beberapa sumber berikut mungkin Anda sangat mengenalnya. Sumber-sumber yang membuat Anda menjadi orang yang tidak produktif dan tidak prestatif. Sumber-sumber yang mencuci otak Anda. Apa itu, ini beberapa diantaranya :

  • Berita-berita kriminal (baik media elektronik maupun cetak).
  • Film atau sinetron yang menggambarkan kesulitan hidup yang mendalam.
  • Iklan-iklan di TV.
  • Nasihat-nasihat negatif. Contohnya : (1) Mimpi jangan tinggi-tinggi, nanti kalau tidak tercapai sakit rasanya. (2) Ah, kamu ngga mungkin bisa mencapai itu. Ngga usah muluk-muluk lah. (3) Dll. Hehehe….Teman-teman yang biasa berpikir negatif, dan masih banyak lagi, dan masih banyak lagi hal-hal negatif di luaran sana.

Oh ya, sekedar informasi. Coba Anda cek situs-situs web orang sukses. Anda baca biografi singkatnya. Anda akan melihat bahwa mereka cenderung untuk mencuci otaknya dengan hal-hal positif.

Adi W Gunawan misalnya (Re-Educator & Mind Navigator No.1 Indonesia). Beliau jarang sekali menonton program TV yang isinya hal-hal bernada negatif. Beliau menuturkan bahwa kalaupun ada program yang ditonton, itu tidak lain serupa acara ekstravagansa, dll.

Beliau lebih cenderung menghabiskan waktunya dengan membaca buku-buku positif, mendengarkan audio cerita sukses, motivasi, peluang usaha positif, dll. Beliau juga lebih senang bergaul dengan orang-orang yang memiliki citra positif baik dari sikap maupun pola pikirnya.

Jadi kesimpulannya Anda hanya punya dua pilihan buat otak Anda. Pertama, otak Anda dicuci oleh lingkungan Anda dengan hal-hal yang negatif. Atau, Anda yang mencuci otak Anda sendiri dengan hal-hal positif yang bisa merangsang Anda untuk berprestasi.

Kalau saya pribadi, saya lebih memilih pilihan kedua. Daripada membuang waktu ngga jelas (seperti yang banyak dilakukan oleh rekan seumuran saya), lebih baik saya menghabiskan waktu untuk membaca buku-buku pengembangan diri, motivasi, mendengarkan audio success story, dan berkumpul dengan orang-orang yang lebih bijaksana. Karena dari sana wawasan berpikir kita bisa lebih luas dan kedewasaan berpikir pun bertambah.

Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat buat Anda. Seperti kata pepatah (yang dipopulerkan media cetak Kompas), TIDAK PERLU TUA UNTUK MENJADI BIJAKSANA. Bagaimana dengan Anda…?

Salam Sukses,
Photobucket
space

Cuci Otak Anda Untuk Sukses
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

58 thoughts on “Cuci Otak Anda Untuk Sukses

  • Benar sekali mas arief, berkumpul dengan orang-orang sukses akan bisa menular kesuksesanya kekita, seperti yang saya lakukan sekarang berkumpul dengan orang-orang yang sukses seperti mas arief, mudah-mudahan kelak saya bisa mengikuti kesuksesan mas arief.

    sukses selalu mas.

  • Tapi perlu juga difikirkan solusi untuk yang otaknya sudah terkomtaminasi tuh mas..gimana caranya kalau dia mau bangkit lagi…

  • Saya benar2 salut dengan tulisan anda mas, seusia mudah seperti anda tapi udah bisa berpikir dan bersikap bijaksana. saya belum kenal anda 100%, tapi dari tulisan-tulisan anda sudah tampak bahwa termasuk golongan orang2 yg berpikir positif. mas arif, sebarkan terus cara-cara anda ini. sebab tidak hanya berguna pada pribadi orang per orang, tapi juga pada masyarakat, yang lebih penting lagi untuk bangsa dan negara ini. sekali lagi, republik ini butuh orang2 yg bijak seperti anda. salam sukses buat anda. m sinal di malang

  • Insya Allah akan terus saya sharingkan apa yang saya dapatkan dari guru-guru kehidupan saya mas.
    Silahkan subscribe aja emailnya biar bisa dapet info terbaru…

  • Waduh anak muda seperti anda terutama orang2 Indonesia ini sangat sedikit sekali, seusia anda biasanya hura-hura, kuliah cuma cari status, tapi anda membuat langkah-langkah yang produktif. Saya kira anda sudah atas 30an.
    Salut saya sama anda, semoga makin Sukses……….
    Tolong mampir ke blog saya ya ? http://www.gardubisnis.co.cc dan minta pendapatnya..
    karena walopun usia saya jauh diatas anda tapi saya mesti belajar banyak dari anda…(maklum telat mulainya..hehehe)
    Trims, mas arief

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Terima kasih pak… saya juga bersyukur neeh bisa belajar banyak dari kehidupan dan mensharingkannya dengan rekan-rekan semua. Semoga Allah masih terus memberikan kesempatan kepada saya untuk bisa selalu berbagi.

  • Woww… keren abis dech tulisan-tulisan di Amal. Saya suka sekali dengan tulisanmu yang berjudul “Cuci Otak Anda Untuk Sukses”.
    Jangan lupa buka websiteku ya di : http://www.rignaphotography.co.cc
    Salam sukses selalu dari Keluarga Madura..

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Wah… terima kasih udah mampir mas Redy. Salam juga untuk keluarga Madura.

    Dan untuk rekan-rekan yang bingung…, saya di rumah memang di panggil AMAL, singkatan dari kata ARIEF MAULANA. Kata ortu, harapannya supaya saya senantiasa selalu berAMAL. Hehehe…

  • Menanggapi Mas Wawan, bila sudah kadung terkontaminasi :
    1. Sadari bahwa Anda sudah terkontaminasi.
    2. Satu-satunya jalan adalah mulai merubah sikap dan kebiasaan Anda.

    Untuk lebih lengkapnya, saya sangat menyarankan Anda membaca buku MANAGE YOUR MIND for SUCCESS karangan Adi W. Gunawan.

    Disana Anda akan diajari bagaimana caranya memrogram ulang otak dan cara pikirnya. SImpel dan praktis…

    Semoga bisa menjawab…

  • ibarat firus flu
    berkumpul dengan orang kena flu … kita lambat laun akan ikut flu.
    berkumpul dengan orang positif, akan ketularan positif
    jangan takut berkumbul dengan orang pandai, ketularan kan bagus. hehehe.

  • Tuh kan bener. TV lebih dominan dampak negatif daripada positifnya.
    Setuju boss. :)

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Thanx udah mampir mas Abbie…
    Btw, tv addict ya mas? hahaha…

  • Kalau susah cari lingkungan sukses… maka carilah blog yang mensupport Anda untuk sukses…

    Dimana lagi kalo bukan BLOG MOTIVASI ***** (tebak aja dewe) hehehe…

  • 86 mas di lanjut, tv memang kadang mlh ga mendidik dgn senetron2 yg ga berbobot hny krn alasan klise nyari ratin, komersil, kejar tayang, mereka ga pkrn apa akibatnya u yg nonton, wlo dah di kasih label petunjuk u siapa acara tsb, tp pndpt saya ttp sama, mereka hny mengejar rating dan popularitas, aib org di sebar2, trimakasih.

  • Kalo mas arief sukses…berarti saya juga sukses..
    Dan semoga temen2 juga semua sukses…artinya mengakui kesuksesan orang lain artinya sukses itu sendiri…
    Masalah cuci otak, harusnya sedari kecil otak kita harus dicuci dengan kesuksesan…sehingga tidak ada kata untuk tidak sukses, blegitu ya mas arief…?
    Hehehehe…Sukses Buat kita!!

  • hati-hati!! virus positif sedang menyerang anda.

    ck…ck..ck…
    bener mas sinal.. kalo lihat umur seh emang muda, tapi mentalnya luar biasa neh mas arief..

  • Pengaruh kuat memang pada keluarga. Lingkungan jelek seperti apapun di sekitar kita, kalau keluarga sudah menanamkan norma-norma positif yang kuat. Insya Allah akan selalu membentengi dari pengaruh-pengaruh negatif yang selalu mengincar. Betul gak mas?

  • Saya sependapat dengan tulisan mas arif di atas..
    Saya sudah membuktikannya..
    ada manusia yang berada di lingkungn negatif dan juga positif dan itu secara langsung maupun tidak mempengaruhi cara pandang dan pola pikir seseorang..
    namun menurut saya yang harus dilakukan adalah mengubash kebiasaan yang negatif menjadi positif dimanapuin kita berada, baik itu di linkungan positif maupun negatif..

  • Bener banget mas sumartono…
    Selama ini yang membentengi saya dari hal-hal negatif adalah keluarga.
    Saya bersyukur banget kedua ortu support dan memberikan sistem pendidikan yg berbeda. Jadi saya pun tumbuh menjadi seperti sekarang ini…

    Nah, untuk yg baru berkeluarga, mungkin bisa belajar banyak dari mas sumartono…

  • Buat mas arief, saya jadinya malu nih… suruh belajar sama saya. Saya juga baru married, anak 2 masih TK semua. Masih mentah rasanya saya,,, kalau dimintain nasehat.
    Lain dgn mas arief, ibarat cabe rawit, masih muda tapi sudah bermanfaat.

  • Salam Kenal Mas Arief.. :).
    Setuju bgt dg tulisannya Mas Arief, kalau kita terbiasa mikir positif, pastinya hasilnya juga positif.. :D. Btw gak bikin produk sendiri Mas?, kyknya sdh waktunya.. :)

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Sebenarnya udah ada, bahkan udah 20% jadi. Cuma berhibung sering crash dengan kuliah, ya mo gimana-gimana ujun-ujungnya menangin kuliah lah… jadi cuma bisa sabar dan mengelus dada.

    Sementara ini, saya fokus di affiliate marketing dn menjadi master affiliate berbagai produk reseller.

  • Hati bersih pikiran bersih pasti tindakannya juga bersih.. setuju mas arif

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Jadi inget lagunya AA’ Gym – Jagalah hati, jangan kau nodai. Jagalah hati lentera hidup ini….

  • saya salut pada mas arief, blog anda bisa mendapatkan komentar yang banyak seperti ini..

    kelihatan benar bahwa anda lebih pandai menulis dibandingkan saya hehehe, juga lebih fleksibel dalam menjawab komentar..

    pastinya, komentar saya lebih banyak yg aneh bin ajaib dan pedas.. cucok jadi jaksa neh wakakaka

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Biar gimana, mashengky lah salah satu inspirator saya.
    Saya banyak belajar dari Mashengky.
    Makanya saya sering mampir biar dapet inspirasi. hehehe…

  • Enjoy Your Life

    Thanks mas arief…about epriting…
    Semuanya menjadi terbuka…i get the point…hahahahahahaa….

    Yang baru dari OWN LEADERS
    Setelah mempelajari Formula The Best nya Pak Joko, akhirnya kenal mas arief dengan Klik Adsensecamp dapat Rupiah…wow funtastic…!!!

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Sama-sama Mas…

  • wah… wah… wah…
    rupanya dsni tmpatny orang2 sukses yaa…
    smuga cpet sukses yaw mas… udh kliatan smpean ikuw clon2 org pmbngun bangsa nie… amien

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Ayo Rob… tunjukin sama dunia, anak FTK ngga cuma bisa berkutat di dunia perkapalan dan maritim aja.

  • mas arif kasitau aku cara bikin tataletak blog biar bisa kaya begini. aku ada di http://solverblog.blogspot.com

    susah banget ngatur gngatur layoutnya

    letak letak postinganku jadi gak jelas.
    ntar artikel mas arif aku minta masuk ke blogku ya
    thanks alot (tank memang alot)

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Semua itu tergantung themesnya mas. Paling leluasa ya kalau hosting and domain dewe.

  • Mas Putu… kalo pusing ya minum oskadon… hehehe..

    Tidak ada website yang salah. Banyak cara untuk menyuguhkan motivasi, pengembangan diri, dll. Ikuti saja yang Anda rasa pas dihati. Dan jangan lupa, tipsnya dilakukan …

    Semua kecap memang no.1, kan enak malah kita dapetnya produk the best melulu. Lagipula semua butuh kecap bukan… (cara positif menyikapi sesuatu)

  • Buat saya tidak masalah tuh di cuci otak…tapi di cuci yang bener,maksudnya boleh tuh datang ke seminar-seminar motivasi.

    Ya…buat orang negatif terhadap seminar pasti bilang cuci otak di seminar.
    tapi buat saya toh…kalau pikiran kita sering nonton sinetron2 indonesia yang
    penuh dengan negatif kenapa gak kita cuci otak kita dengan yang bener(red.positif)
    Setuju? hehhehehe

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Sepakat mas

    Tjandra Danny
    http://www.DanieCorp.com

  • hehe…..daripada blog kosong n lg gak da ide.

    Mnrut Pak Joko Susilo kan kudu buat jaringan k blog yg trafficnya tinggi.Saya anggap kn mas Arif blognya keren =)

    iya saya liat dulu penawaran mas

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Sudah diaktivkan itu mas… trims karena membeli SMUO Formula Bisnis dari link saya…

  • ass
    slm kenal mas arif
    hari ini baru pertama saya singgah di web mas wah ternnyata
    banyak hal yg bisa sy pelajari n saya juga salut buat mas.

    d umur yg masih muda sudah bisa memberikan inspirasi buat
    orang lain salah satu nya saya …..

    mas mnta sarannya dunk agar sy bs lebih semangat dalam
    diri saya ne. klo blh tau ym mas apa mas? sapa tauu bisa tnya2 klo mas lg ol
    mksh mas ……….sng bs knal ma mas

  • Sama-sama mas Yusd…

    Semangat sebenarnya bisa muncul dari dalam diri kita tanpa disupport orang lain. Kuncinya adalah Anda memiliki motivasi diri yang tinggi.

    Saya jarang YM kalo ngga di warnet mas.
    kalo mau konsultasi via email aja…

    Dan terakhir, stand by disini aja…

  • Saya tahunya mah BRAINWASH minuman cocktail yang keras,saking kerasnya sampai bener2 dicuci otak kita,hehe…,anyway,its such good article.

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Sekali-kali jangan minumannya yg brain wash, tapi pemikiran dan sikap juga di brain wash demi kehidupan yang lebih baik. Terima kasih sudah mampir.

  • gw binggung mendapatkan bermacam pilihan hidup yg terkadang buat gw jadi takut kalau salah langkah yg bisa menyebabkan kegagalan jadi tolong gw minta saran agar mental gw lebih kuat dalam memilih tolongnya.
    seremmania@yahoo.com kalo ada yg mau kasih saran makasih.

    1. Saran dari saya :
      1. Dari sekian banyak pilihan hidup, coba pilih yg paling enak dan enjoy untuk dijalani
      2. Jangan takut gagal, karena setiap orang sukses pasti ada fase gagalnya. Coba baca buku Bili PS. Liem “BERANI GAGAL”
      3. Sering2 baca biografi orang sukses untuk menguatkan hati. Disana Anda akan melihat banyak kegagalan yg dialami sebelum akhirnya benar2 sukses.

      Salam Sukses

  • dari articel yg di atas cukup bagus utk membangkitkan smangat gw yg lg tengah drop..

    tp mas,, ngomong2 alamat emailnya apa??? mngkin gw lain kali bs konsultasi..

    makasih..

  • kalo saya memilih pilihan yang ke 3,yaitu tidak mengikuti perkataan anda, karena secara tidak langsung anda telah mencuci otak saya.

  • cuci otak, hal yang sangt bgus skli, dan smg bangsa kita cepat mencuci otaknya masing2 terutama para ortu agar mencuci otak anaknya sedini mungkin dg hal2 yang pstif. mksh sheringnya…

    1. @fatahillah, amin semoga kedepannya seperti itu. Saya pribadi nanti sih, kalau udah punya anak mau tak cuci otaknya dengan hal2 positif. Biar perkembangan mental dan pola pikirnya senantiasa positif dan konstruktif :)

  • trima ksich sx ucpkan kpd mas arif atas smua perkataan xg jelas mgjak kt berfikr fositip. Tp sx mau tnxa bagaimana sich caranx sya truh sja ortu sx tau dilingkungan sx sdah jelas dominan ke negatif . Trus trang sx jg disini trmasuk didalamx . Pertnxaan sx bgamana cra sya mrubah prilaku sx xg slalu brpikir negtip . Dan bgaimana cra kt memberi tau org tua kt bhwa beliau slah dalam menanamkan nilai2 xg positip. Trmksich kp mas arif mohon pendapatnx sx tng2u.

    1. @Hendra Wahyudi, btw lain kali nulisnya biasa aja yah. Bacanya jadi pusing. Hehehe…

      Caranya, banyak-banyak baca buku positif untuk memfilter pikiran kita. Kemudian, cari teman yang baik. Baik dalam perilaku maupun pola pikirnya untuk mengimbangi pergaulan kita yang negatif selama ini.

      Tunjukkan saja dasar argumentasi / pendapat kita. Kalau orang tua tetap nyeyel ya sudah, mau bagaimana lagi. Yang penting sikap kita tetap positif. Jangan lupakan juga sopan santun kepada mereka. Walau bagaimanapun, mereka tetap orang tua Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,551 bad guys.