Oleh : Agus Siswoyo

Ciptakan moment yang tepat dan melangkahlah di jalan kesuksesanArtikel ini saya awali dengan mengutip hukum kelembaman dari Issac Newton yang menyatakan bahwa:

Sebuah benda yang bergerak akan cenderung terus bergerak dan benda yang diam akan cenderung untuk diam.

Ternyata hal tersebut berlaku tidak hanya untuk benda mati. Pada manusia juga berlaku, khususnya blogger. Bahkan Michael Le Boeuf Ph. D mengibaratkan dengan kalimat sederhana berikut. Bila orang yang suka bersantai sedang dalam keadaan diam, maka bagian yang paling sulit untuk melakukan perubahan adalah saat akan memulainya.

Karena bila sekali bergerak, kita akan cenderung terus bergerak. Hal tersebut sama sulitnya dengan meninggalkan tempat tidur yang hangat menuju ke sebuah ruangan yang dingin. Tetapi sekali kita bangkit, berarti hari telah dimulai.

Lalu, bagaimanakah cara memulainya? Ada beberapa hal yang saya sarankan:

1. Menyadari bahwa sikap bersantai adalah hal yang sia-sia.

Dengan bersantai, berarti kita telah menempatkan diri pada kondisi emosi yang tidak ada manfaatnya sama sekali.

Apakah kita bisa bersantai dengan jumlah komentator blog yang sejumlah hitungan jari tangan? Tentu saja tidak. Tidak seorang blogger pun yang menginginkan hal tersebut terjadi.

Jika kita membiarkan diri bersikap menunda setiap tindakan atau tidak melakukan tindakan apapun juga sampai tahap tertentu, maka tanpa kita sadari kita telah mengundang sisi gelap dari kehidupan kita untuk masuk.

2. Mengerjakan langkah yang pertama.

Perjalanan ribuan mil selalu dimulai dari langkah pertama. Tanpa langkah pertama, mustahil tercipta langkah kedua, ketiga, keempat dan seterusnya. Hal ini adalah proses alami yang wajib dijalani.

Dalam kaitannya dengan bisnis online, tidak mungkin kita langsung menjelma menjadi super affiliate tanpa melalui proses newbie-sasi. Bahkan untuk menuju ke arah kematangan berpikir, ada yang harus dikomentari sampai berdarah-darah oleh preman blogger.

Memang tidak mudah merintis jalan kesuksesan. Harus babad alas dan mengatasi lingkungan yang terlanjur memanjakan dan menciptakan tipuan.

3. Mempersiapkan emosi untuk menerima keberuntungan.

Mungkin di awal mengerjakan langkah pertama tersimpan pernyataan “Lagi males nih, lagi nggak pengen ngapa-ngapain”

Mungkin kita sedang tidak ingin menulis posting baru hari ini, padahal artikel terbaru sudah publish tiga hari yang lalu. Lalu, apakah kita bersedia ‘jalan-jalan’ sebentar sekedar mencari ide baru. Bisa berupa blogwalking, browsing Google atau hanya membaca quotes yang tampil di update Twitter.

4. Bertekad untuk menjadikan setiap hari bermakna.

Life is so short. Kehidupan itu terlalu singkat untuk diboroskan tanpa melakukan tindakan apapun. Masa depan adalah satu detik ke depan. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi.

Kita harus mempunyai tekad untuk menikmati langkah hari ini, sekaligus melakukan tindakan nyata yang menjadikan hari esok lebih baik. Setiap detik merupakan harta yang harus dipergunakan dengan bijak dengan mengambil langkah besar untuk mengakhiri tindakan bersantai.

Dan, kesimpulannya…

Demikian pula dalam bisnis online. Menjadi sukses itu gampang-gampang susah. Tapi harus dijalankan. Dapatkan moment yang tepat untuk memulai, maka hal tersebut akan masuk dalam daftar penyelesaian.

Maka tidaklah mengherankan melihat banyak pebisnis online melesat dengan cepat dibanding blogger seangkatan. Ada pula yang ‘sukses’ tergerus ganasnya arus blogosphere dan menjadi pensiun dini.

Apa yang membedakannya? Sekali lagi, mereka yang berhasil memanfaatkan moment kebangkitan diri adalah calon penguasa ranah online Indonesia. Bukan the loser yang mudah puas dengan keadaan diri.

Semoga artikel ini bermanfaat. Ngomong-ngomong, sudahkah teman-teman menemukan moment tersebut?

space

Ciptakan Moment yang Tepat dan Melangkahlah di Jalan Kesuksesan
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

215 thoughts on “Ciptakan Moment yang Tepat dan Melangkahlah di Jalan Kesuksesan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,560 bad guys.