Oleh : Arief Maulana

Carpe Diem
Carpe Diem

Anda sudah membaca buku “You Are LIKEable” (Jed Revolutia) yang pernah saya review beberapa hari yang lalu? Kalau belum silahkan dibaca karena buku itu bagus. Entah Anda mau membaca versi gratisnya atau buku cetaknya.

Di dalam buku tersebut ada istilah “CARPE DIEM”. Sebuah frase dalam bahasa latin. Jed mendefinisikannya secara umum, yaitu memanfaatkan waktu. Saya mencoba mencari arti sebenarnya lewat google, dan definisi sebenarnya dari CARPE DIEM adalah Seize The Day atau merebut hari.

Jujur saja, saya lebih suka definisi terakhir ini. Karena dalam penafsiran saya pribadi, merebut hari bisa berarti banyak hal dan mungkin saja masing-masing pribadi memiliki cara pandang yang berbeda. Buat saya merebut hari sama artinya dengan mengefektifkan semua tindakan yang kita lakukan dalam 1 hari untuk mencapai tujuan tertentu dan menjadi seorang pemenang dalam kurun waktu yang sama.

# Memulai Hari Dengan Bersyukur Dan Optimis

Carpe Diem. Hal yang pertama saya lakukan di setiap pagi adalah membuka hari dengan bersyukur dan optimis. Bersyukur karena Tuhan masih memberikan saya kesempatan untuk hidup 1 hari lagi di jalan-Nya dan melakukan yang terbaik.

Sadarkah Anda bahwa kita lebih sering mengeluhkan kekurangan kita daripada mensyukuri kelebihan atau apa yang sudah Tuhan berikan untuk kita. Seperti hidup, udara, tubuh yang normal, pekerjaan mungkin, kesehatan, atau apalah. Semua itu adalah nikmat yang tak terhitung jumlahnya. Bandingkan dengan kekurangan kita, masih lebih banyak nikmat Tuhan.

“Maka nikmat Tuhan yang manakah, yang Engkau dustakan.”

(QS Ar-Rahman : 25)

Optimis. Sikap optimis akan membawa semangat dalam menjalani aktivitas kita seharian. Tidak kenal lelah. Ketemu masalah tidak lantas lari, tapi menyelesaikannya dengan semangat. Bekerja dengan niat ibadah. Atau belajar dengan niat ibadah (bila Anda masih seorang pelajar). Yakin bahwa apa yang kita upayakan hari ini, akan mendapatkan balasan kebaikan. Mungkin tidak sekarang tapi nanti di waktu yang tepat.

# Memenuhi Semua Goal Harian

Anda sudah pernah mencoba membuat goal harian? Apa-apa yang mesti dicapai dalam 1 hari? Kalau belum cobalah membuat to do list. Sederetan daftar yang harus Anda kerjakan 1 hari. Buatlah daftar ini di malam hari, sebelum Anda tidur. Ini adalah sebuah langkah kecil yang akan membuat Anda sukses. Sukses karena setiap harinya Anda mampu mengefektifkan waktu yang ada. Tidak melakukan hal yang sia-sia dan tetap produktif, apapun aktivitas yang Anda jalani. Entah itu bekerja, bisnis, sekolah, dsb.

# Menebar Kebaikan

Saya selalu percaya, kalau kita mau setiap hari ada saja kebaikan yang bisa dilakukan. Coba diniatkan untuk menebar minimal 1 kebaikan setiap harinya. Jadilah manusia yang bermanfaat dan gemar menolong orang lain, tanpa mengabaikan tanggung jawab Anda. Yakinkan Tuhan bahwa Anda layak menjadi kepanjangan tangannya untuk membagikan berkat kepada orang-orang banyak di sekeliling Anda. Sehingga pada akhirnya Tuhan pun menempatkan Anda pada posisi atau kedudukan yang mulia, dimana disana bisa melakukan lebih banyak lagi kebaikan. Secara tidak langsung, Anda akan diposisikan untuk hidup berkelimpahan dan sejahtera.

# Renungan Harian

Setelah selesai seluruh aktivitas satu hari, luangkan sedikit waktu untuk melakukan renungan harian. Sudah seberapa efektif apa yang Anda lakukan hari ini. Bila belum coba dicari pemecahannya, agar keesokan harinya Anda bisa melakukannya dengan lebih baik lagi.

Hari esok harus lebih baik lagi. Karena kalau hari esok sama seperti hari ini, Anda sudah masuk dalam kategori orang-orang yang merugi. Apalagi kalau esok yang Anda lakukan lebih jelek dari hari ini. Bukankah kita sudah terlalu sering mendengar slogan “Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.

# Life Is A Challenge

Hidup adalah sebuah tantangan. Jangan mau hidup biasa-biasa saja. Cari hal-hal baru. Buat goal Anda dan kejar sampai dapat. Jangan sampai hidup yang sekali, Anda lewatkan dengan biasa-biasa saja. Berprestasilah! Menang kalah itu biasa.

Itu beberapa point yang saya lakukan untuk merebut hari atau CARPE DIEM. Bagaimana dengan Anda? Apa saja yang biasa Anda lakukan untuk merebut hari dan menjadi seorang pemenang? Sharing yah!

Carpe Diem
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:         

53 thoughts on “Carpe Diem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,429 bad guys.