Oleh : Arief Maulana

Masih ingat postingan saya yang lalu tentang betapa pentingnya pengembangan diri? Kalau lupa, Anda bisa membacanya dulu. Jangan membaca postingan ini sebelum Anda membaca postingan itu. Karena jika rekan-rekan masih belum ngeh dengan arti penting pengembangan diri, maka apa yang saya paparkan disini akan menjadi sia-sia belaka. Pasti ngga dipraktekin. Hehehe…

Postingan ini akan saya buat berseri biar tidak terlalu panjang. Sehingga Anda dapat mengikutinya dengan step by step. Oh ya, apa yang saya paparkan disini adalah yang udah saya praktekkan selama ini dan Alhamdulillah ada hasilnya. Jadi rekan-rekan bisa mempraktekkannya atau bahkan menambahkan jika memang punya pengalaman lebih dan lebih efektif yang bisa disharingkan.

Sebagai awalan bagi yang niat untuk berubah dan siap berkomitmen untuk itu ada 3 hal yang mesti Anda penuhi. Yah, bisa dikatakan syarat awal lah. Kalau syaratnya dipenuhi, Insya Allah jadi lebih mudah dalam menjalani prosesnya. Apa aja syaratnya :

  1. Ada niat + kemauan yang kuat
  2. Mau menjalani prosesnya minimal 90 hari pertama
  3. Mau sedikit berinvestasi untuk masa depan Anda

Gimana kalau 3 syarat ini ngga dipenuhi? Ga apa-apa sih, cuma mungkin hasil akhirnya ngga optimal seperti yang dibayangkan. Mau dipenuhi atau tidak terserah Anda. Hasil akhir ditanggung masing-masing pribadi, hehehe…

|

ADA NIAT + KEMAUAN YANG KUAT

Berubah itu sulit dan tidak enak. Apalagi kalau kebiasaan kita itu sudah terdoktrin dan berakar dalam diri kita semenjak kita masih kecil. Makin sulit untuk berubah. Padahal berubah menjadi lebih baik dengan mengembangkan diri mutlak diperlukan ketika Anda ingin sukses. Butuh waktu dan proses. Bagi yang niat dan kemauannya kurang, pasti mutung dalam tiap prosesnya. Semuanya kan tidak langsung menunjukkan hasil. Ada tahapan-tahapannya.

Maka dari itu ketika kita akan memulai proses mengubah hidup lewat jalur pengembangan diri, niatkan diri dan tanamkan kemauan yang kuat. Bersiap untuk menjalani prosesnya, enak ataupun tidak enak. Toh ujung-ujungnya untuk masa depan juga. Karena Anda terlalu luar biasa untuk memiliki masa depan yang biasa-biasa saja.

|

MENJALANI PROSES MINIMAL 90 HARI PERTAMA

Saya pernah mengikuti sebuah seminar pengembangan diri. Disana salah satu pembicaranya mengatakan bahwa cara termudah menumbuhkan satu kebiasaan baru adalah melakukannya terus menerus minimal selama 90 hari tanpa terputus (konsisten). Jika suatu aktivitas baru terus dilakukan selama 90 hari berturut-turut maka pada hari ke 91 aktivitas tersebut akan menjadi satu kebiasaan baru kita.

Disini yang menjadi tujuan kita mengembangkan diri adalah memiliki kebiasaan baru yang positif dan membangun sebagai satu bentuk penunjang kesuksesan kita. Karena Anda akan melakukan banyak hal baru, maka biasanya ada sisi yang suka berontak di dalam diri kita. Menggoda kita untuk berhenti sebelum hal baru tersebut menjadi kebiasaan baru kita.

Sekali lagi ingat kuncinya? Berturut-turut. Kalau Anda sudah melakukannya selama 80 hari kemudian di hari 81 Anda bolos, maka hitungan direset dari nol lagi. Berani mencoba?

|

MAU SEDIKIT BERINVESTASI UNTUK MASA DEPAN

Wah, baru baca sekilas point ketiga ini pasti mikirnya udah duit. Ini bukan untuk bisnis tapi untuk keperluan-keperluan perubahan diri Anda. Duit dari mana mas? Kan sekarang lagi zamannya susah. Jangankan untuk yang aneh-aneh, untuk yang biasa-biasa aja susah.

Di buku “Kaya Ala Orang Tionghoa” saya pernah membaca salah satu falsafah orang Cina yang kurang lebih bunyinya, “Orang Cina bersedia hidup prihatin hingga mereka benar-benar sukses”. Artinya apa? Tentu ada pengorbanan finansial. Tapi kalau ujung-ujungnya sukses dan semua itu terbayar berkali-kali lipat ga apa-apa toh, hehehe…

Sebenarnya kita bukan tidak punya duit. Namun, seringkali kita tidak menganggap investasi masa depan itu sebagai sesuatu yang penting. Sebagai contoh : kebanyakan dari kita kaum muda lebih suka menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak penting, sekalipun kondisi kita bener-bener seret bin kanker (kantong kering). Liat aja orang yang lagi kasmaran. Untuk ngedate pinjem sana pinjem sini. Hasilnya? Kesenangan sesaat. Ada juga yang seneng nabung untuk nonton konser. Ada lagi yang hobi main PS (sewa karena ngga punya PS) berjam-jam. Dan masih banyak lagi.

Coba renungkan juga, kita suka sekali menginvestasikan uang ke banyak hal yang ngga penting (cuma memenuhi gaya hidup belaka). Namun, sangat jarang sekali kita menginvestasikannya untuk otak kita (buku, seminar, dll). Akibatnya ya hidup kita begini-begini aja. 10 tahun tiba-tiba berlalu, namun ngga ada sedikitpun dari diri kita yang berubah kecuali umur yang kian bertambah. Apa itu yang Anda mau? Tentu tidak. Lagi pula Saya hanya mengajak Anda untuk menginvestasikan pendapatan Anda (gaji, saku dari ortu, honor, dll) 5-10% saja. Untuk apa? Untuk mengupgrade diri Anda.

Oke, cukup ini dulu untuk postingan kali ini. Next, langsung kita praktekkan apa dan bagaimana langkah kongkret dan sederhana untuk mengembangkan diri, meskipun tetap saja membutuhkan waktu. But, berubah untuk hidup yang lebih baik, why not?

Salam Sukses,
Photobucket
space

Artikel Lanjutan :
Cara Sederhana Mengembangkan Diri (2)

Cara Sederhana Mengembangkan Diri (1)
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

65 thoughts on “Cara Sederhana Mengembangkan Diri (1)

  • asyik bener, sebagai sarapan hati di pagi hari mas Arif… falsafah orang Cina di atas benar sekali, mereka rela menunfa kesenangannya, demi menuju kesenangan yg lebih besar di kemudian hari… patut sekali kita contoh, salah satunya dengan berinvestasi dalam program2 pengembangan diri.. sukses untuk kita semua :sip:

    1. @Lendra Andrian | New Blog, iyah mas… ntar lain waktu coba deh aku cari bukunya di gramed… trus tak share falsafah2 yg lainnya.

      Ga heran banyak orang Cina yg sukses kalau udah berbisnis. Prinsip mereka bagus banget..

  • Hallo Mas Arief, salam kenal dari saya. Artikel yang bagus Mas. saya sering mengikuti postingan Mas Arief, banyak manfaat yang sudah saya petik. trimakasih Mas, sukses selalu untuk Anda….

    1. @suyono, salam kenal Pak Suyono. Terima kasih karena sering mampir dan mengikuti artikel disini… sukses juga untuk Anda.

      :nyembah:

  • Bener mas…kenapa ya kalau manusia itu pas ada duit malah ingetnya banyakan buat seneng2 aja…

    1. @Kenali Dan Kunjungi Objek Wisata Di Pandeglang, yah biasalah…. investasi leher ke bawah lebih nikmat daripada leher ke atas… hehehe

  • Pelan tapi pasti, hemat pangkal kaya mungkin begitu ya Mas…
    Saya coba terapkan pelan2 Mas, dari pada tidak sama sekali. Trims ya Mas Arief sudah mau berbag :sip:

  • Halo mas Arief…Alfred…di sini salam hangat :sip::sip:
    1. ada niat dan kemauan kuat
    2. Dilakukan 90 hari nerturutan
    3 Berani invest utk masa depan..

    Hemmm yang 1 dan 3 udah tak lakukan…tinggal yang ke-2… harus lebih konsisten nieh :pukulanseribu: Mantaaaab rek
    salam hangat mas…:hore:

  • Salam kenal, artikel yang menarik. Kadang kita maunya jalan pintas tidak mau menjalani prosesnya. artikel ini mengingatkan saya kembali untuk mau fokus dan menjalani prosesnya hingga sukses.:hehe:

    1. @SimLasno, salam kenal. Sering kali jalan yg kita anggap sebagai jalan pintas justru menjadi jalan yg lebih jauh jarak tempuhnya… hehehe

  • Untuk sebuah keinginan yang kuat,seperti pengembangan diri , butuh komitmen yg kuat ya mas..
    90 hari ato 3 bulan itu harus dengan komitmen, tanpa itu pasti gugur.
    komitmen ada 2 ya mas 0 % atawa 100%, ga bisa ditawar2,so lakukan 100 % bila kita ingin berubah, artinya kita harus ngotot untuk punya kebiasaan positip yg baru, itu harga yg hrs dibayar.
    mohon ma’af mas Arief bila salah…

    1. @Fadly Muin, ya mas. Bedakan antara keinginan dengan kebutuhan. Buat apa kalau hanya sekedar pamer yg ecek-ecek. Mending sukses dulu, trus pamer yg lebih dahsyat gitu loh… hahaha

  • aku setuju dengan prinsip mas arief bahwa sebagian penghasilan kita hari ini adalah bagian dari masa depan kita, maka kita harus bijak menginvestasikannya terutama dalam hal pendewasaan berfikir dan kearifan diri hal ini dapat menanggulangi hal-hal yang menyebabkan kesombongan diri ketika kita mencapai sebuah kesuksesan, istilah jawa ” kudu ngilo karo githoke dewe” artinya kita harus selalu melihat kemampuan yang kita miliki sehingga kita dapat mengupgrade diri kita sendiri…sukses selalu buat mas arief:hihi:

  • He.he benar mas Arief, saya setuju dengan motonya “mau hidup prihatin, sampai bener-bener meraih kesuksesan”
    Tapi, bagaimana ya dengan ‘KEBAHAGIAN’? Apa perlu diperjuangkan belakangan. Apa dengan kesuksesan, kebahagian akan otomatis dapet diraih..?
    Mohn pencerahan temen yg lain donk…:hihi:

    1. @EBOOK RAHASIA SEARCH ENGINE GRATIS, mau ?, gini mas. Itu tergantung bagaimana kita mendefinisikan sebuah kesuksesan.

      Di mata saya, sukses tidak hanya berlimpah materi belaka, tapi juga bisa menikmatinya bersama orang yg dicintai hingga hidup berbahagia.

      Sayangnya, meskipun materi bukan segalanya seringkali mencapai kebahagiaan jauh lebih mudah ketika kita berlebih.

      KArena ketika berlebih kita bisa mendapatkan 1 lagi kebahagiaan, yaitu ketika bisa berbagi banyak dengan orang lain.

  • Wahhh…3 cara yang sederhana ini kayaknya rumusan yang harus dipakai semua orang yang ingin hidupnya sukses dalam berbagai bidang kehidupan. Trimakasih Mas Arif. Salam sukses

    1. @Agus Siswoyo, 1 minggu 1 artikel mas. Soale kepadatan aktivitas ngga bisa ditolerir. Hehehe…

      Tapi saya tetep komitmen kok, memberikan artikel bermanfaat setiap minggunya… :nantanggue:

  • Yang sulit itu poin yang kedua..
    :nangis:

    Dulu waktu saya dengerin audio life revolutionnya TDW, saya bangun kebiasaan setiap pagi sebelum beranjak dari tempat tidur menarik napas panjang2 lalu ngucapin “Terima kasih Tuhan, Ohhh.. Yess!!!”
    Setelah lama, lupa deh kebiasaanya..

    Jadi minimal harus 90 hari ya..
    Hem.. Oke2..

    :sip:

  • postingannya kalem tapi sarat pelajaran, saya beberapa kali coba,…cuman ada beberapa masalah teknis yang kadang mengganggu.
    contoh mas arif ya,… saya iklankan blog saya tiap dua jam pake Classify Master Enterprise v 2.02
    memang ada laporan sukses. gagal, atau time out,…
    tapi saya gak ngerti apa bener sih iklan saya terpasang? karena selama ini saya tak pernah tau cara melihat iklan saya sendiri di 1001 iklan.com atau ajangkita.com atau apasich.com
    terus bagaimana sih mekanisme orang melihat iklan kita di situs situs iklan tersebut, sebab terus terang saya saja yang sengaja mencari iklan sendiri di situs itu tidak pernah ketemu. apalagi orang yang tidak sengaja mencari.
    sampai juga di iklan baris saya pasang manually beberapa kalai,…laporannya sudah terpasang,….tapi saya mencari iklan saya itu juga tidak ketemu kecuali di dalam account saya sendiri,… gimana nihmas arif,… bisa kasih tip trik?
    atau mesti iklan dimana? sebab selama ini iklan atau tidak iklan hampir sama aja.

    tawasutra.wordpress.com bisa tampil dihalaman 1 pencarian google dengan kata kunci tawasutra tapi bukan karena iklan. Mas arif silakan mampir di tawasutra.wordpress.com disitu ariefmaulana.com juga saya pasang tautnya,…tolong kasih saran gimana biar lebih meningkat pengunjungnya dan lebih profit. kalau mas arif mau pasang taut apa saja di situ silakan, dan kalau tak keberatan saya juga akan sangat senang bila mas Arif bersedia memasang taut di arifmaulana.com ke blog saya tawasutra.wordpress.com
    terimakasih sebelumnya
    selamat idulfitri mudah mudahan allah menerima shaum ramadan kita dan segala amal kita, serta menghaps segala salah kita. thank you mas arifmaulana:melet:

    1. @rangga, gini mas. Kalau iklan baris gratis… kemungkinan pergeseran iklan itu cepet sekali.

      Jadi bisa aja mas pasang, beberapa detik kemudian hilang karena ada ratusan yg juga pasang iklan.

      Meningkatkan pengunjung yg saya lakukan, tidak pernah pake iklan mas :
      1. Bangun list building dengan autoresponder.
      2. Rajin2 blogwalking dan tinggalkan koment berkualitas
      3. Pake SEO (www.seo.ariefmaulana.com)

      Coba mas google.co.id dengan keyword blog motivasi… itu sumber traffic saya/

    1. @thalib, untuk meningkatkan traffic ada banyak cara :
      1. Blogwalking + kasih komentar berkualitas.
      2. Iklankan blog
      3. Buat squeze page untuk list building.

      Kalau mas bener-bener serius mau membangun traffic + listbuilding yang akan terus dan banyak membeli produk yg Mas Tawarkan, mungkin kawan saya bisa membantu lebih banyak.

      Beliau juga lebih profesional dan ilmu listbuilding pengundang trafficnya benar-benar dahsyat.

      Silahkan baca info lengkapnya di : http://www.listbuilding.ariefmaulana.com

      Salam Sukses

  • :belajarkeras: Terima kasih ya, postingannya membuatku semangat lagi tuk meneruskan langkah menuju cita-cita…Main2 dong ke blogku, trims..

  • :baca:
    nice….tulisan yang sangat memotivasi nich….
    dan saya suka emot2nya yg unyu2 nich…apa lagi yg ini:ngupil::ngakak::jedug:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,423 bad guys.