Cara Memaknai Kehidupan


Sudah dua hari ini, saya mendengarkan AUDIO CD Happines Revolultion yang dibawakan oleh Pak Tung Desem Waringin. Sesuai judulnya, isinya ya tentang bagaimana menjalani hidup tetap hepi, apapun kondisinya. Kalaupun ada hal yang bikin ngga hepi, ngga perlu waktu lama untuk berubah jadi hepi lagi.

Dari sekian banyaknya materi yang disampaikan (durasi kurang lebih 5 jam), ada satu bagian yang menurut saya cukup menarik, yaitu tentang bagaimana kita memaknai kehidupan. Kalau dalam bahasa Pak Tung, ilmu memberi arti.

Singkat kata,

“Kehidupan itu sejatinya NETRAL dan tidak memiliki makna sampai kemudian kita memberi makna di situ.”

Jadi agar menjalani hidup jadi enak dan penuh makna, sekalipun ketika kita mengalami kejadian tidak enak, maka Pak Tung sendiri memberikan rumusan ILMU MEMBERI ARTI dalam bentuk 3 pertanyaan. Dimana 3 pertanyaan ini, kalau bisa kita jawab, maka hidup akan punya arti dan kita terpacu untuk punya kualitas hidup yang lebih baik lagi ke depannya.

Apa saja 3 pertanyaan ini?

#1 Apa Yang Saya Syukuri?

Lengkapnya adalah, “Apa yang bisa saya syukuri dari kejadian yang menimpa saya ini?”

Pak Tung mengatakan bahwa sejatinya selalu ada yang bisa disyukuri. Contoh, ketika papa beliau meninggal, beliau tetap bisa bersyukur bisa punya papa, sementara ada orang lain yang bahkan tidak tahu siapa orang tuanya. Beliau juga bersyukur masih ada mama dan mama mertuanya, artinya masih ada kesempatan untuk membahagiakan kedua orang tuanya. Cari apa yang bisa Anda syukuri.
_

#2 Apa Yang Bisa Saya Pelajari?

Lengkapnya adalah, “Apa yang harus saya pelajari, dari kejadian ini, yang akan membuat saya jadi lebih baik?”

Hanya bersyukur saja tidak cukup rupanya. Karena kalau sekedar bersyukur, cenderungnya membuat kita tidak bergerak kemana-mana dan tidak termotivasi menjadi lebih baik ke depannya. Oleh karena itu, selain bersyukur, cari apa yang bisa dipelajari, agar ke depan hal yang tidak enak itu tidak terjadi lagi atau kehidupan kita jadi lebih baik lagi.
_

#3 Apa Yang Harus Saya Lakukan?

Lengkapnya adalah. “Apa yang harus saya lakukan sekarang, yang akan membuat saya :

  • Merasa lebih baik atau feeling good?
  • Benar-benar jadi lebih baik?
  • Orang banyak yang mengenal saya, ikut jadi lebih baik?
  • Direstui Tuhan?

Intinya adalah setelah kita dapat pelajaran utamanya, ya langsung bangkit dan action lagi. Namun petakan dulu apa yang perlu dilakukan, agar tidak salah jalan. Dengan memetakan tujuan kita, maka sambil jalan kita juga bisa belajar ilmu-ilmu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Tujuan akhirnya, tentu saja agar kita punya kehidupan yang lebih baik lagi dan lebih bahagia. Masa iya, sudah hidup belasan hingga puluhan tahun seperti saat ini, ke depan tidak mau jadi lebih baik dan lebih bahagia.

Semoga bermanfaat.


Disclaimer : Sampai saat ini, penulis pun sedang dalam tahap proses belajar untuk selalu memberi makna kehidupan agar lebih indah dan lebih baik untuk dijalani. Sama-sama belajar ya Gaes.
  1. Setuju banget sama poin di atas, terutama di poin apa yang bisa saya pelajari.

    Saya sering lakukan ini bersama dengan istri, jika ada orang / kejadian di sekitar.

    Yang sekiranya dari prestasi kami kalah, kami langsung buat analisa sementara.

    Lalu pelajari lagi, hingga dapat kesimpulan sederhana.

    Baru kita petakan untuk dijadikan sebuah pembelajaran bagi kita kedepannya.
    Ikhwan recently posted..Akun Instagram Diblokir? Ini Cara MengembalikannyaMy Profile

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 473,036 bad guys.