Oleh : Arief Maulana

Rasanya keputusan saya untuk mengambil cuti kerja 10 hari sejak tanggal 11 Mei 2011 ngga sia-sia, lantaran ditengah-tengah liburan ternyata ada acara Blogilicious de Surabaya yang diselenggarakan oleh ID Blog Network dalam rangka Road Blog 2011. Awalnya saya juga tidak tahu. Untung sempat melihat twit dari Sibair, salah seorang teman di twitter.

Sesuai namanya, event blogilicious mengusung misi khusus yaitu menggaungkan kepada khayalak umum bahwa sebenarnya kegiatan ngeblog itu cukup mengasyikkan dan membawa banyak manfaat yang cukup positif. Disini berbagai blogger dengan latar belakang, blogger profesional maupun newbie, semua berkumpul jadi satu dan saling berbagi.

Adalah suatu kebanggaan tersendiri manakala Surabaya menjadi kota pertama dari serentetan road blog ini. Tidak hanya pemateri dari luar kota, ID Blog Network ternyata juga memberdayakan para blogger-blogger profesional lokal untuk ikut berpartisipasi memberikan materi. Saat ini mungkin saya masih jadi peserta. Tapi boleh jadi, next road blog saya jadi pemateri hue hue hue… (ngarep.com).

Materi-materi yang diusung dalam Blogilicous de Surabaya cukup lengkap. Liat aja gambar di bawah ini :

 

Materi Blogicilious de Surabaya
Materi Blogicilious de Surabaya

Makanya saya sempat nyeletuk di twitter kalau tiket event ini terbilang cukup murah bila dibandingkan dengan materi yang didapatkan. Cuma Rp.25.000,- apa ngga kebangetan coba. Bahkan beberapa teman yang diusung oleh komunitas blogger tertentu sepertinya gratis (dibayarin komunitasnya gitu).

Ada point penting yang saya dapatkan dari event ini di luar konteks materi semi workshop yang diberikan oleh para pemateri :

POTENSI BLOG MASIH SANGAT LUAR BIASA

Ngga bisa dipungkiri saat ini blog memang terlihat sedang turun pamornya. Kalah dengan social networking site macam Twitter dan Facebook. Banyak blogger yang pada akhirnya berhenti ngeblog karena terlalu fokus di soc.networking site.

TAPI… tahukah Anda, fenomena tersebut tidak menyurutkan potensi blog khususnya dalam hal monetize. Masih banyak corporate di luaran sana yang senang memberdayakan blog dalam campaign mereka. Dan nominal yang diberikan untuk setiap campaign ngga main-main. Misalnya sebuah job review yang diberikan oleh ID Blog Network, itu bisa dibayar Rp.800.000 – Rp.5.000.000. Blogger benar-benar dihargai. Ngga seperti review biasa yang cuma mentok Rp.50.000 / review.

Lho kok bisa, alasannya? Kukuh TW, salah satu founder IBN menyampaikan dalam materi “Blog Monetizing” :

  1. Jumlah traffic yang masuk ke blog bila dibandingkan dengan situs-situs portal online jauh lebih besar (ada data statistiknya).
  2. Blog cenderung memiliki segmentasi khusus. Keberagaman blog di Indonesia tentu memiliki segmen pembaca tertentu juga. Dan inilah yang dimanfaatkan para corporate (advertiser) untuk membidik segmen-segmen tertentu dalam memasarkan produknya.

See, manfaat ngeblog luar biasa bukan. Itu dari segi monetizing. Belum dari segi edukasi dan branding seperti yang pernah saya tuliskan di artikel :

Secara keseluruhan Blogilicious de Surabaya saya nilai sangat baik, keren dan berhasil. Semangat peserta (300 Blogger) dan panitia selama 2 hari seakan tidak ada habisnya. Semoga begitu juga dengan road blog Blogilicious di kota-kota lainnya. Dan teman-teman yang kotanya dikunjungi event Blogilicious ID Blog Network, jangan sampai kelewatan.

Harapan saya, semoga Road Blog ini tidak berhenti disini dan menjadi agenda rutin setiap tahunnya. Banyak yang sudah memulai kegiatan ngeblog, tapi masih banyak pula yang belum menyadari potensi luar biasa dari sebuah blog. Mari kita majukan dunia blogging Indonesia.

Vivat Blogger Indonesia…!

Beberapa Foto Dokumentasi :

 

Blogicilious de Surabaya
AM and RIKA, founder of ID Blog Network

 

Blogicilious de Surabaya
Amril TG - Tips Blogging

 

Blogicilious de Surabaya
Ajeng Muslimah - Etika Ngeblog

 

Blogicilious de Surabaya
Setyo Budianto - Mobile Blogging

 

Blogicilious de Surabaya
Alderina - Social Media (6 Kebohongan Social Media)

 

Blogicilious de Surabaya
Novianto - Blogpreneur Dengan NLP

 

Blogilicious de Surabaya
Gempur - SEO

 

Blogilicious de Surabaya
Rika and Kukuh TW - Blog Monetizing (Founder IBN)
Blogilicious de Surabaya – Roadblog IDBlogNetwork 2011
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

116 thoughts on “Blogilicious de Surabaya – Roadblog IDBlogNetwork 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,431 bad guys.