Blogilicious de Surabaya – Roadblog IDBlogNetwork 2011

Oleh : Arief Maulana

Rasanya keputusan saya untuk mengambil cuti kerja 10 hari sejak tanggal 11 Mei 2011 ngga sia-sia, lantaran ditengah-tengah liburan ternyata ada acara Blogilicious de Surabaya yang diselenggarakan oleh ID Blog Network dalam rangka Road Blog 2011. Awalnya saya juga tidak tahu. Untung sempat melihat twit dari Sibair, salah seorang teman di twitter.

Sesuai namanya, event blogilicious mengusung misi khusus yaitu menggaungkan kepada khayalak umum bahwa sebenarnya kegiatan ngeblog itu cukup mengasyikkan dan membawa banyak manfaat yang cukup positif. Disini berbagai blogger dengan latar belakang, blogger profesional maupun newbie, semua berkumpul jadi satu dan saling berbagi.

Adalah suatu kebanggaan tersendiri manakala Surabaya menjadi kota pertama dari serentetan road blog ini. Tidak hanya pemateri dari luar kota, ID Blog Network ternyata juga memberdayakan para blogger-blogger profesional lokal untuk ikut berpartisipasi memberikan materi. Saat ini mungkin saya masih jadi peserta. Tapi boleh jadi, next road blog saya jadi pemateri hue hue hue… (ngarep.com).

Materi-materi yang diusung dalam Blogilicous de Surabaya cukup lengkap. Liat aja gambar di bawah ini :

 

Materi Blogicilious de Surabaya
Materi Blogicilious de Surabaya

Makanya saya sempat nyeletuk di twitter kalau tiket event ini terbilang cukup murah bila dibandingkan dengan materi yang didapatkan. Cuma Rp.25.000,- apa ngga kebangetan coba. Bahkan beberapa teman yang diusung oleh komunitas blogger tertentu sepertinya gratis (dibayarin komunitasnya gitu).

Ada point penting yang saya dapatkan dari event ini di luar konteks materi semi workshop yang diberikan oleh para pemateri :

POTENSI BLOG MASIH SANGAT LUAR BIASA

Ngga bisa dipungkiri saat ini blog memang terlihat sedang turun pamornya. Kalah dengan social networking site macam Twitter dan Facebook. Banyak blogger yang pada akhirnya berhenti ngeblog karena terlalu fokus di soc.networking site.

TAPI… tahukah Anda, fenomena tersebut tidak menyurutkan potensi blog khususnya dalam hal monetize. Masih banyak corporate di luaran sana yang senang memberdayakan blog dalam campaign mereka. Dan nominal yang diberikan untuk setiap campaign ngga main-main. Misalnya sebuah job review yang diberikan oleh ID Blog Network, itu bisa dibayar Rp.800.000 – Rp.5.000.000. Blogger benar-benar dihargai. Ngga seperti review biasa yang cuma mentok Rp.50.000 / review.

Lho kok bisa, alasannya? Kukuh TW, salah satu founder IBN menyampaikan dalam materi “Blog Monetizing” :

  1. Jumlah traffic yang masuk ke blog bila dibandingkan dengan situs-situs portal online jauh lebih besar (ada data statistiknya).
  2. Blog cenderung memiliki segmentasi khusus. Keberagaman blog di Indonesia tentu memiliki segmen pembaca tertentu juga. Dan inilah yang dimanfaatkan para corporate (advertiser) untuk membidik segmen-segmen tertentu dalam memasarkan produknya.

See, manfaat ngeblog luar biasa bukan. Itu dari segi monetizing. Belum dari segi edukasi dan branding seperti yang pernah saya tuliskan di artikel :

Secara keseluruhan Blogilicious de Surabaya saya nilai sangat baik, keren dan berhasil. Semangat peserta (300 Blogger) dan panitia selama 2 hari seakan tidak ada habisnya. Semoga begitu juga dengan road blog Blogilicious di kota-kota lainnya. Dan teman-teman yang kotanya dikunjungi event Blogilicious ID Blog Network, jangan sampai kelewatan.

Harapan saya, semoga Road Blog ini tidak berhenti disini dan menjadi agenda rutin setiap tahunnya. Banyak yang sudah memulai kegiatan ngeblog, tapi masih banyak pula yang belum menyadari potensi luar biasa dari sebuah blog. Mari kita majukan dunia blogging Indonesia.

Vivat Blogger Indonesia…!

Beberapa Foto Dokumentasi :

 

Blogicilious de Surabaya
AM and RIKA, founder of ID Blog Network

 

Blogicilious de Surabaya
Amril TG - Tips Blogging

 

Blogicilious de Surabaya
Ajeng Muslimah - Etika Ngeblog

 

Blogicilious de Surabaya
Setyo Budianto - Mobile Blogging

 

Blogicilious de Surabaya
Alderina - Social Media (6 Kebohongan Social Media)

 

Blogicilious de Surabaya
Novianto - Blogpreneur Dengan NLP

 

Blogilicious de Surabaya
Gempur - SEO

 

Blogilicious de Surabaya
Rika and Kukuh TW - Blog Monetizing (Founder IBN)
  1. Fenny Ferawati says:

    Lama g’ bLogging jadi muNcuL semangat na lagi ne,,, *ngLirik bLog yang terlantar ;(

    Siap2 nuNggu event bLogLiciOus di JOgja ach,, cp tau tar mas aRIEf jD pematerinya :sip:

  2. mashengky | kaya dari bisnis vcc says:

    sayang banget mas arief tau belakangan.. coba waktu beli tiket aku dikasih tau ada event ini, pasti aku ikutan beli tiket pesawat juga, jadi bareng ke surabaya hehehe… aku pengen banget ketemu mas kukuh tw..

    • @mashengky, aku taunya juga waktu udah di surabaya. Untung ada temen di Tugu Pahlawan.com, jadi masih bisa didaftarin. Soalnya udah di close setahuku pendaftarannya. Ikutan yang di Jakarta aja mas, ntar dilewatin juga kok. Kalo ga salah di tiap roadshow mas Kukuh ikutan.

      • mashengky | kaya dari bisnis vcc says:

        @arief maulana, yowes, aku pantau terus deh, btw, info2 juga ya kalo mas denger duluan hehehe…

  3. IBN memang keren kalo ngasih harga review…Alhamdulillah aku pernah dapet job review dari IBN dan memang harganya markotop.:)

    Sayangnya di roadblog ini Kalimantan ga dapet jatah.:(

  4. Sayang banget di kota saya (Pontianak) nggak termasuk kota tempat roadshow IBN. Mungkin karena jumlah bloggernya masih sedikit. Pengen juga ketemu ama Mbak Rika dan Mas Kukuh TW.

    IBN memang luar biasa (terutama nominal pembayaran dari advertisernya..hahaha).

    Mengenai potensi blog, selama para pengguna Internet masih suka menggunakan search engine, maka selama itu pulalah blog akan tetap bisa berjaya. Yakin deh.

  5. Wah, kebetulan di kota saya (Makassar) bakal diadakan juga. Pertama baca infonya di koran kurang tertarik. Tapi pas baca “laporan” dari mas Arief ini jadi kepengen juga ikut :-)

    Mas Arief aja yg “dedengkot”nya blogger masih ikut acara ginian, apalagi newbie hehehe…

    Makasih mas laporannya… mau cari ulang dulu infonya di koran, mudah2an bisa ketemu dan segera daftar utk ikutan acara Blogilicious ini :-)

  6. Agung | Motivasi Sederhana says:

    Wew, padahal deket aja. Tapi ada kesibukkan nih di Malang gak bisa mampir ke Surabaya.

    :hiks:

      • formula bisnis mlm says:

        @arief maulana, Hi..hi aku jadi ketawa sendiri mas arief bilang njelimet mainan script php. inget kalo lagi pusing mentelengin tulisan yang mau diubah agar tampak manis tapi malah berubah2 tidak sesuai keinginan saya :puyeng: lihat kode2 html nya :hihi:

  7. Wah2 kebetulan sekali ya mas Arief, saya jadi bener2 ngiri. Saya sebenarnya kepingin banget ikutan acara2 workshop seputar ngeblog, tapi apa daya kerjaan saya keliling2 terus.

    Mudah2an nanti ada deh event sejenis ini di jayapura. Amin! :D

    • @dita, ada. Jakarta justru kota yang terakhir dari rangkaian roadshownya IBN. Ikutin aja berita atau info blogilicious dari ID Blog Network. Jangan sampe ga ikutan Dit.

  8. Waaaah . . . ! kopdar di jakartanya kapan Mas Arief . . . ? kan bisa nimbrung untuk belajar banyak dari para Master, biar bisa ngikutin jejaknya Mas Arief sama rekan-rekan yang lain, maksudnya jejak suksesnya Mas. Tapi saya percaya ada waktu Tuhan pasti suatu saat bisa kopdar di Jakarta. Sukses Selalu ya Mas Arief. GBU

  9. blog memang kalah pamor dg social network…. tapi saat ini advertiser mulai banyak yang melirik blog loh….
    dan social media seharusnya bisa menaikkan blog itu sendiri… itu yg gak dibahas kemarin… buzzer

  10. Cukup lama juga ne g nyimak obrolan seputar blogging. Terlalu asyik ngeblog jadi konsentrasi g pernah tertuju kesana.

    IBN ? memang mas, IBN patut dapatin jempol 4 dari saya. Alhamdulillah blog saya udah terpilih jadi pemasang iklan tapi masalah review belum pernah dapatin tuh, ada tips supaya kepilih menjadi pereview g mas dari IBN ?:hihi:

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,681 bad guys.