Oleh : Arief Maulana

Blogging for education, blog, pendidikan, edukasiBlogging For Education

Kalau biasanya saya menyajikan artikel yang agak berat, maka artikel kali ini memang sengaja saya buat sedikit lebih ringan, yaitu tentang kebiasaan ngeblog.

Kelihatannya keluar dari tema blog saya ya? Hehehe… tahan dulu deh pendapatnya hingga Anda baca artikel ini sampai habis.

Artikel ini muncul dari pertanyaan adik saya, Firman, yang saat ini tengah kuliah di jurusan Akutansi FE UNESA Surabaya. Dia tanya sama saya, kenapa sih kok saya kayanya asik banget ngeblog. Bukannya ngeblog itu cuma buang-buang waktu. Apalagi kalo kita komitmen mau konsisten ngepost, rasanya kan kaya dikejar deadline melulu.   

Pertama ya saya jawab asal aja karena hobi nulis jadi butuh penyaluran, dan otomatis karena penyaluran hobi jadi ngga ada beban. Nah, blog menjadi media yang tepat karena selama ini saya kirim artikel ke koran ngga pernah dimuat. Jadi blog ini adalah pelampiasannya, hahaha…

Setelah guyon-guyon, saya pun mulai serius menjelaskan sama Firman. Sebenarnya alasan (walau lebih tepat dikatakan manfaat) mengapa saya ngeblog ada 3. Untuk education, business, and branding.

Rekan-rekan, dengan atau tanpa Anda sadari ketika sedang ngeblog sebenarnya ada suatu proses edukasi / pendidikan disana. Terutama ketika Anda memiliki latar belakang yang jauh dari dunia penulisan.

Blog bisa menjadi sarana Anda berlatih menulis yang notabene adalah salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki kapan pun dan dimanapun Anda berada.

Misal untuk mahasiswa, Anda diharuskan memiliki kemampuan menulis yang baik untuk tugas, skripsi, dll. Sedangkan untuk mereka yang bekerja saya rasa ngga jauh-jauh dari yang namanya report / laporan dalam setiap pekerjaan Anda. Bahkan di dunia kerja ini malah penting. Kenapa? Karena ini akan menjadi nilai lebih untuk Anda agar bisa dipromosikan untuk menduduki jabatan / posisi tertentu.

Selain itu, kemampuan yang penting yang tersirat dalam kebiasaan ngeblog adalah kemampuan untuk menuangkan ide yang ada dalam pikiran kita baik itu dalam bentuk lisan maupun tulisan. Dan ini diwakili ketika Anda ngeblog.

Saya yakin, Anda ngeblog pasti berawal dari sebuah ide bukan? Nah kemudian Anda berusaha bagaimana ide tersebut bisa dikomunikasikan dengan baik dalam bentuk tulisan sehingga pembaca bisa mengerti apa maksud dan tujuan dari ide Anda tersebut.

Saudara, saya seringkali melihat ada rekan-rekan yang sebenarnya memiliki ide-ide brilian, namun tidak pernah terlaksana dan membawa suatu kebaikan hanya gara-gara yang bersangkutan tidak mampu mengkomunikasikannya.

Jadi inilah proses edukasinya. Mau bukti…? Coba buktikan sendiri, gaya menulis Anda pada saat baru-baru mulai ngeblog dengan ketika Anda sudah membuat lebih dari 50 artikel akan sangat berbeda sekali.

Kalaupun Anda melihat blog ini artikelnya sedikit tapi tulisannya terstruktur rapi, itu tidak lain karena di blog saya yang lama dulu, saya sudah menulis sekitar 50 artikel. Jadi ada kebiasaan dan proses belajar serta berubah menjadi lebih baik.

Jadi untuk bloging for education… Anda sudah dapat dua point. Pertama Anda berlatih menulis dan kedua Anda berlatih mengkomunikasikan ide Anda dalam bentuk tulisan maupun lisan (tulisan dengan bahasa lisan).

Nah, sebenarnya masih ada point ketiga untuk education ini. Apa itu? Kemampuan untuk mencari informasi, mengolahnya, dan menyajikannya kembali dengan lebih baik. Ini tercermin ketika Anda mencari support data untuk tulisan Anda agar lebih valid dan tidak menjadi opini semata.

Kemampuan pada point ketiga ini akan sangat berguna untuk Anda dalam menghadapi permasalahan yang kompleks. Kok bisa, apa hubungannya?

Ketika kita menghadapi suatu persoalan, maka penyelesaian terbaik adalah dengan menganalisa permasalahan, kemudian searching information. Dari informasi yang ada diolah dan menjadi solusi dari permasalahan Anda.

Nah, ternyata ngeblog banyak untungnya kan…? Untuk bloging for business and branding akan saya bahas di artikel berikutnya agar tidak panjang.

Salam Sukses,
Photobucket
space

Blogging for Education, Business, & Branding (1)
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

113 thoughts on “Blogging for Education, Business, & Branding (1)

  • Kalau saya sekarang justru nyoba nulis di blog karena lebih ringan dibanding nulis di koran. Setidaknya hobi nulis tersalurkan, meskipun tdk dapat honor spt dulu ketika nulis di koran.

    Ntar bikin katgori khusus tentang nulis di koran deh…. di http://www.javasecret.com

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Wah… udah pernah keterima di koran mas? Salut… saya direject melulu, hahaha…

  • NIce post nih, sesuatu yang tanpa kita sadari bahwa sebenarnya dengan menulis satu artikel pun…kita sudah belajar cukup banyak…terutama untuk support data. kita harus browsing, surfing, blogwalking hanya sekedar unntuk mendapat informasi yang kita inginka..
    So, keep posting will make your education up….

    salam…

    http://agunawanika.com

  • hahaha, senasib ni mas umar, bapak saya juga heran, kog duit saya ada terus, padahal saya sehari-harinya ngutak-ngatik komputer terus..hehehe , jadi gak pernah minta duit ma ortu lagi…wah jadi curhat nich..

    1. Saya juga masih belajar menulis di blog mas Zamahsari. Ayo kita terus belajar dan kalo gak bisa menghasilkan duit di dunia online, kan masih bisa dapet duiot di dunia nyata he..he.. Gak ada kata rugi untuk belajar…

    2. Coba niatnya sedikit ditata mas… dulu ketika awal saya ngeblog yang ada dipikiran adalah duit, duit, dan duit. Akibatnya artikelnya yang saya bagikan serasa ngga sepenuh hati. Bagi kita itu biasa, tapi bagi pembaca itu bisa terlihat mas…

      Setelah agak lama, saya mulai belajar. Ketika niat kita arahkan untuk sharing dan berbagi informasi bermanfaat untuk orang lain, maka duit biasanya akan ngikuti mas.

      Kalau yang kita pikirkan duit melulu dari awal, maka Anda akan jenuh sendiri ketika duit itu ngga masuk-masuk. Ujung-ujungnya, Anda mutung dari dunia online.

      Ikuti aja artikel ini, kan masih ada manfaat lain ngeBlog selain duit. Terutama bagian ke-3 karena itu bisa membawa perubahan luar biasa dalam dunia Anda (online dan offline)…

  • Weleh-weleh judule rek, pakai part 1 segala. Lagi musim nih sekuel artikel. jadi penasaran nih part 2 nya tentang branding dan bussiness ntar seperti apa.

    Yup, apa yang mas Firman tanyakan itu percis banget sama pertanyaan mama saya. Mungkin aneh kali ya ngelihatin anaknya kok sehari-hari di depan monitoooor melulu. Kadang senyum-senyum sendiri.

    Sayang aku gak bisa menjelaskan terlalu banyak. Maklum mamaku gaptek. Ntar malah pusing lagi dijelasin. hehehe…

    Oh..mama, hanya doamu yang kupinta, agar anakmu ini bahagia.
    percayalah suatu saat kau kelak kan tahu hasilnya.


    ARIEF MAULANA menjawab :

    Kalo ngga dibuat per part, ntar kepanjangan mas… jadi pada blenger bacanya. PArt II sama III udah ada filenya kok, tinggal post aja. Jadi biar diresapi dulu aja part per part.

    Itulah kelebihan bisnis online. Nongkrong kaya orang gendeng di depan komputer eh masuk lagee.. neh duit. Kaya hari ini, Alhamdulillah masuk lagee 150ribu…

  • Blog preaxz.com yang dulu, tiap hari saya nulis, saya marah saya nulis, saya senang saya nulis dst ..

    trus saya tutup …

    sekarang blogging lagi, nulis tapi kalo bener2 ada ide maksimal .. kalo ga ada .. libur …

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Memang paling enak kalo ngeblog berdasarkan keinginan hati..

  • akhirnya bisa buka juga. beberapa hari ni kok gak bisa dibuka Mas…

    sepakat 100% Mas….
    ada lagi. ini saya rasakan 100%. kita dipaksa belajar untuk keluar dari zona nyaman. mulai dari dipkasa belajar hal-hal baru yang sebelumnya asing dengan dunia kita, belajar menampakkan diri (dengan segala konsekuensinya), belajar lebih peka dengan sekitar kita (biar dapat ide0, belajar memanage waktu, belajar mengalahkan acara tv favorit untuk ngeblog de el el.. banyak deh.. yang jelas menyenangkan mengikuti proses belajar itu sendiri..

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Masa sih mbak? temen-temen fine-fine ae kesini. BUktinya tiap hari traffic mpe 100 orang… Mungkin koneksi situ agak bermasalah… Sabar aja… Ditunggu ya lanjutan postingannya…

  • sama rief waktu awal dulu ngeblog yang saya pikirkan monetize blog saja,dan hanya sedikit yang bermanfaat.

    tapi setelah itu tahu itu adalah hal yang KURANG TEPAT tujuan saya ngeblog bukan untuk saya, tapi untuk para visitor yang datang keblog saya agar dapat materi yang bermanfaat. dengan cara learning by doing.

    slah satu hasilnya saya juga bisa ngetik lebih cepat dari dulu yang masih cupu soal komputer. dan so many perkmbangan diri dan informasi menarik baru yang bisa dipelajari dari para rekan netters in all over the world.

    ps: maaf bahasanya campur-campur

    adiwardana.blogspot.com

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Boten nopo nopo, gue juga mix mix language nya, hahaha….

  • Apalagi kalau nulis sesuai keinginan hati dan dapat duit….nyem..nyem..nyem…
    Dan semua orang kudu mengarah ke sana kalau ingin hidup bahagia. Caranya, susun strategi dari sekarang…, dengan konsep “hidup disengaja”….

  • awalnya saya juga sama dengan mas Zam.. duit duit dan duit. bagaimana mengembalikan 200% pembelian produk. kelihatannya seh sepele.
    Di dunia off line saya bisa dapatkan 200rb dalam sekali sms. di dunia on line, itu belum tentu. apalagi masih baru dan terburu-buru

    (istilah inggrisnya : kesusu… he he he)

    sekarang saya tidak memikirkan duit lagi. tapi saya berfikir bagaimana sy bisa ngeblog dengan baik, dan bisa memberikan manfaat. seperti kata-kata org hebat, ciptakan system dan biarkan system yg bekerja untuk anda.

    salam sukses buat blog ini!

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Mindset duitnya ngga perlu dihapus 100% mas. Cuma dibuat berimbang aja antara semangat berbagi dengan semangat cari duit.

  • mas arif ini cepet seklai punya tema buat di posting ya… muantap bos… comentrny ajg udah mulai tambah banyak, ntaar jangan2 bisa nyaingi p joko comentarnya hehe…

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Sebenernya saya udah ada topik posting skitar 70an mas. Cuma ngga semua langsung tak garap dan posting… Berselang beberapa hari biar temen-temen bisa ngikuti. Lagian ngeblognya nyantai aja…

  • makin joss wae nih blog.. tau2 udah 12 komentar.. tancap gas ya mas?

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Aku juga ngga tau neeh mas… rasanya begitu pindah ke AriefMaulana.com, traffic meningkat hampir 200%. Kemudian banyak yg respon.

    Hasil jerih payah mas. Tapi PR belum naik juga tuh, hahahaha… ngga kaya mashengky, dikit yg koment PR4.

  • mantab neh..dulu tujuan saya blogging for business aja tapi sekarang mungkin buat education juga..kalau yang terakhir sih kayaknya mas arief dah mulai jago…:D

  • Tapi saya yakin, kalau sekarang mas arief kirim artikel ke koran atau majalah pasti deh dimuat.
    Benar sekali hobi menulis ada manfaatnya, waktu sma saya pernah nulis cerpen , dimuat dapat honor.

    Tapi sekarang ggak lagi, habis kalau pulang kerja malam, mata terasa penat. Dari Tabloid Bola, saya pernah dapat kaos sampai dua kali, berkat tulisanku di forum pembaca.
    Salam mas,

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Ngga usahlah, sudah kadung enak ngeblog jadi males ngirim-ngirim lagi. Disini enak, artikel apapun saya bisa terbitkan. Lha wong ku foundernya… hehehe

  • huh, sebel banget, ada blog motivasi bagus knp aku baru tahu skrg. Untung Mas Arief nulis comment d webnya Mas Ebta, shg Sky jd tahu web ini. Thx mas buat pencerahannya, SALAM SUKSES
    :-)

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Terima kasih atas kunjungannya. Diambil sisi positifnya saja… Akhirnya Anda menemukan blog saya. Silahkan subscribe email Anda di sisi kanan blog ini, agar Anda mendapat pemberitahuan bila ada artikel baru. Salam Sukses

  • Mas, arief thanks commnetnya di blog ku, oh ya kalau benar ada info 29 hari kursus internet marketing dengan biaya 2 jutaan.

    Tapi ngga di charge biaya sama sekali…

    tapi yang offline ya,

    thanks

  • Betul sekali mas, blogging merupakan aktifitas yg didalamnya banyak rangkaian manfaat, karena blogging erat kaitannya dengan menulis, didunia yg maya ini, satu-satunya alat komunikasi adalah dengan tulisan atau paling tidak alat komunikasi premier, sehingga sudah tuntutan cyber agar dpt menulis dengan baik

  • Pingback: Blogging For Spirit |  Fadly Muin
  • lg trekking blog motivasi..
    memang terasa bedanya baca blog hasil pengalaman nulis sekian tulisan, bukan kalangan wartawan/jurnalis..

    walau memang ada yg bs nulis spontan dan langsung bagus aja.. :)

    tp saya sendiri masi aneh kl ngeliat ada blogger yg bs nulis sepenuh hati (terasa dari tulisannya) tanpa terasa pesona branding-nya :D

    sukses ya mas arief

    1. Salam kenal mas dani.
      Ibarat pepatah… Practice making perfect. Semakin banyak kita melakukan sesuatu hal, makin mahir lah kita disana.

      Salam Sukses

  • Pingback: Efektivitas Personal Brand Building Dengan Blog (2) | ARIEF MAULANA .com
  • Pingback: Blog Posting Management – AGunawaniKA.com | Stop Dreaming Start Action | Sharing Seputar Internet | Coverku | Produk Online
  • Satu tambahan, Mas (pakai bahasaku sendiri) blogging bagus buat orang-orang yang kuper biar belajar gaul…maksudnya yang positif, gitu. Berkomunikasi lewat tulisan, nambah ilmu dan wawasan, juga nambah teman, tanpa harus pergi-pergian jauh dan keluar banyak biaya. Tengkyu, great posting.

    1. Terima kasih. Tapi yang perlu diingat, walaupun dunia maya keren untuk bersosialiasi dan memperluas sarana pergaulan, kita juga mesti mengimbangi dengan bergaul secara real. Jangan ngelutek di depan komputer melulu, hehehe

  • betul mas arief meski baru 2 bulan ngeblog..manfaatnya sangat terasa khususnya dalam hal berlatih menulis dan penyaluran ide…^_^

    1 lagi tambahan dari opini saya pribadi, bahwa ternyata ngeblog juga bisa melatih meningkatkan rasa tanggung jawab..dalam hal ini mengenai kewajiban posting…kayanya… ada yang kurang dan janggal gitu kalo kita ndak menepati waktu posting di blog…

    salam hangat ^_^

  • Di blog yang terbilang belum seumur jagung ini sebenarnya lebih utamakan ke referensi materi belajar. meski sekarang ada BSE tapi ternyata blog banyak di gunakan urang untuk mencari referensi. Nah karena saya juga sering melakukannya, maka saya juga ingin share yang saya tahu…semoga bermanfaat, thanks mas arief

    1. Yap. Berikan yg terbaik, biarkan mereka mendapatkan manfaat terbesar dari kegiatan positif kita.

      Walau di awal mungkin terkesan 1 arah (manfaat hanya di pengunjung), tp saya yakin suatu saat akan ada balasan yg lebih baik untuk kita.

  • Wah…
    setuju banget ama ide Mas Arief. Blogging memiliki manfaat yang tidak diketahui orang lain karena mereka tidak mau mengekplorasi manfaat blog.
    :sip:
    Banyak juga yang mengatakan blog hanya buang2 waktu. jelas mereka tidak menyadari manfaat lain yang bisa diperoleh dari blogging.
    :baca:
    tul ga yah…
    :mikir:

  • Blogging is friending. He he he, maksudnya blogging tuk cari temen.
    Blom ada khan bahasa inggris “friending”, so kita perkenalkan saja yo. Ora opo-opo tho…

  • Yang jelas untuk sementar ngeblog bisa saya jadikan ajang untuk silaturahmi, walau hanya di dunia maya. ko enggak ngeblok mungkin saat ini saya belum kenal mas arief.

  • intinya adalah membiasakan menulis karena hal ini adalah suatu kegiatan yang belum banyak dikuasai masyarakat kita. Kelihatannya mudah tapi sulit. Tapi lama-lama bisa jika terbiasa :)

    1. @kerja sampingan, ngga cuma nulis mas. Tapi juga kemampuan searching informasi (bahan tulisan) dan mengolahnya menjadi tulisan baru.

      Waktu saya nyoba ngikuti ngejob jadi freelance writer / ghost writer, 2 skill ini dibutuhkan. Searching info dan menuliskannya jadi tulisan baru.

  • hmmmm…sudah sepantasnya blog ini rame lha wong artikelnya sll memberikan manfaat…dan sllu mengupas tuntas karena dibuat ber-seri.
    tak tunggu lho…!:sliweran::sliweran:

  • Wah, kebetulan kemarin sy juga comment ms arief keblognya ms fadly tuh tentang 3 fungsi ngeblog, dan ternyata anda menambahkan lebih spesifik ms manfaat ngeblog khususnya ditopik sub educationnya. Terima ksh ms, bisa nambah jadi nih karakter ngeblog saya:hihi::hihi::hihi:

    1. @arkum, iya mas. Saya memang sengaja bahas detil. Dalam rangka meng-Go Blog kan Indonesia.

      Terlalu banyak sisi positif yg terlewat kalo ngga ngeblog.

  • Wah artikelnya hebat, emang ngeblog adalah sarana untuk pembelajaran, terlebih untuk belajar menyampaikan ide dengan baik. Saya masih sering kesulitan untuk itu :hihi:

  • siap pak, sya juga sudah mulai ngeblog dengan baik dan benar.he.he.. cuma memang seringkali lupa kalau pas ada ide tidak segera dituliskan. nah saya paling males nulis di kertas, soalnya nanti harus ngetik lagi, kan jadi 2x kerja. gimana caranya ya?

  • Ini yang masih jadi kerja keras saya pak; membuat agar content blog saya itu, berbobot.
    :nangis:
    Diminati orang. Selama ini, saya masih terkait dg aktifitas saya sehari-hari.. tapi, syukur deh.. pak ArifMaulana dkk juga sempat mampir ke blog saya. BIG thanks ya
    :muach:

  • bagus sekali postingannya mas, walau kesan ringan,tp sangat bernilai.saya sebenarnya bukan malas ngeblog..cuma belum punya skill buat blog yg bagus..belajar ga bisa fokus karna masih banyak beban kerja dibelakang… moga bisa seperti mas juga ke depannya…ups.. modal buat nge-net juga masih terbatas…he..he…

    1. @sandy, skill buat blog yg bagus itu bisa belakangan. Blog saya dulu jg sama ancurnya kok. Bisa dipelajari pelan2. Yang penting nulis artikelnya dulu. Klo mau cepet, ya sewa aja webdesigner untuk menata blog biar keren dan profesional. tapi ya gitu, blog bagus tanpa content juga percuma toh. :)

  • saya sndri jg dpt mersakan manfaatnya mas dr ngeblog..meski msh sdkt,tp krn memang baru ajaran n blm terbiasa nulis..jadinya msh kaku jg untuk posting2 gt,apa lg klo lg ada sesuatu..bs2 blank mo nulis apa:phew:

  • saya juga lagi belajar ngeblok, tapi emang bikin artikel itu nggak gampang, kadang-kadang udah jadi, eh…begitu dibaca kok kelihatannya aneh, (kurang pd ni…) kalau artikelnya semrawut, kan malu ntar banyak yg ngetawain he,..he..he.. salam sukses buat mas arif

  • Bikin blog memang asik, karena selain berbagi informasi kita punya peluang mendapatkan income dari afiliasi yang ada. Saya terus ikuti blog ini, sungguh lengkap isinya..

    1. @mars salah satu blognya ga bisa dibuka. Yang bisa cuma yg saham. Penataannya udah bagus. Cuma, klo bisa sih tiap artikel dipenggal. Cukup kasih sebagian trus di ‘read more’. Jadi ga panjang sampai ke bawah blognya.

  • Sepakat sekali..Dengan ngeblog kita akan terlatih menulis, ntar klo mau bikin ebook juga gampang, sekalian jadikan mesin uang….:sip::sip:

  • wahhh sejak tahun 2008 saya buat blog..tapi tidak terlalu ke urus sekarang ngeblog lagi..tapi dengan jualan dagangan..yaa kembali ke blog for business deh hemmmm memanag harus fokus dan istiqomah…lupakan dulu D-U-I-T ya…yang penting produk yang harus dikeluarkan…artikelnya sanagat bermanfaat…sukses mas..smanagt ikhlas berbagi Ilmu.. insyaAllah yang maha kuasa juga ikhlas memberi dari arah yang tak terduga duga….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,551 bad guys.