Oleh : Arief Maulana

Blogging For Business

Artikel ini adalah lanjutan artikel sebelumnya, yaitu bloging for education, business, and branding (1). Kalau sebelumnya saya udah bahas panjang lebar manfaat ngeblog dari sisi edukasi, maka di artikel ini saya melanjutkan dari sisi bisnis. Dari segi bisnis saya rasa rekan-rekan udah pada tahu semua. Blog bisa menjadi sarana yang efektif untuk bisnis dan menghasilkan uang.

Sekarang paradigma blog sudah berubah jauh dengan awal kemunculannya dulu. Kata para blogger senior, dulu awal kemunculan blog dikarenakan ada keinginan besar dari orang-orang untuk punya website pribadi. Cuma karena website ribet, maka lahirlah blog yang user friendly. Jadi awal-awal kemunculannya, blog banyak dipakai untuk sekedar sharing dan curhat.

Lain dulu lain sekarang. Blog masa kini lebih banyak diefektifkan untuk bisnis, baik itu secara langsung ataupun tidak langsung.

Blog yang digunakan untuk bisnis secara langsung biasanya blog yang dipakai untuk jualan produk atau pun publisher iklan. Ciri-cirinya adalah ada produk / iklan dipajang disana. Tujuannya tentu agar pengunjung yang datang pada beli produk yang dipajang atau mengklik iklan yang dipajang (PPC).

Cuma terkadang yang bikin rese’ dan males dateng ke blog orang adalah ketika blognya menjadi “ETALASE” (meminjam istilah mashengky). Anda ngerti maksud saya? Di blognya kebanyakan produk atau iklan dipasang.

Efeknya ketika membaca artikel yang ada kita jadi ngga nyaman. Jangankan baca artikelnya, mungkin buka blognya aja udah males karena loadingnya lama (makanya pengunjung blog ini dikit).

Ini yang menjadi alasan mengapa saya mengubah konsep dasar Blog Motivasi Arief lama menjadi Blog Motivasi Arief yang sekarang ini. Bandingkan saja sensenya antara www.MotivasiArief.blogspot.com dengan www.AriefMaulana.com ini. Kelihatan kan bedanya.

Nah untuk blog yang digunakan untuk bisnis secara tidak langsung maksudnya adalah blog yang tidak dipakai untuk jualan / pasang iklan macem-macem, melainkan untuk mensupport website utama.

Contohnya www.JokoSusilo.com yang mensupport Formula Bisnis. Anda bisa lihat disana tidak ada produk macam-macam dipajang ataupun iklan aneh-aneh dipasang. Blognya murni untuk sharing sekaligus mengalirkan pengunjung ke web resellernya. Contoh lain www.Mashengky.com yang mensupport  VCC-Indonesia. Ngga ada pajangan macem-macem. Just for share. Simpel namun langsung mengarah pada website utamanya.

Blog yang digunakan untuk bisnis bisa blog yang sifatnya gratisan ataupun yang bayar. Walaupun gratisan, belum tentu penghasilan dari blog monetizingnya ataupun bisnisnya lebih kecil dari blog bayar. Itu tergantung bagaimana kita mengelola dan mengoptimalkannya.

Sebelum hijrah ke blog dengan hosting dan domain bayar ini, saya juga dulu pakai blog gratis (blogger.com). Dan itu udah cukup untuk membiayai operasional bisnis online di awal, termasuk finalnya membackup kelahiran blog ini. Jadi sebenarnya blog bisa dijadiin apa dan bagaimana sekali lagi adalah dari cara kita mengelola dan tujuan awal blog tersebut dibangun.

Oke… blogging for business cukup sampai disini dulu. Artikel blogging for branding saya bawakan di artikel berikutnya.

Salam Sukses,
Photobucket
space

Blogging for Education, Business, & Branding (2)
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

86 thoughts on “Blogging for Education, Business, & Branding (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,416 bad guys.