Blogging for Education, Business, & Branding (2)

Oleh : Arief Maulana

Blogging For Business

Artikel ini adalah lanjutan artikel sebelumnya, yaitu bloging for education, business, and branding (1). Kalau sebelumnya saya udah bahas panjang lebar manfaat ngeblog dari sisi edukasi, maka di artikel ini saya melanjutkan dari sisi bisnis. Dari segi bisnis saya rasa rekan-rekan udah pada tahu semua. Blog bisa menjadi sarana yang efektif untuk bisnis dan menghasilkan uang.

Sekarang paradigma blog sudah berubah jauh dengan awal kemunculannya dulu. Kata para blogger senior, dulu awal kemunculan blog dikarenakan ada keinginan besar dari orang-orang untuk punya website pribadi. Cuma karena website ribet, maka lahirlah blog yang user friendly. Jadi awal-awal kemunculannya, blog banyak dipakai untuk sekedar sharing dan curhat.

Lain dulu lain sekarang. Blog masa kini lebih banyak diefektifkan untuk bisnis, baik itu secara langsung ataupun tidak langsung.

Blog yang digunakan untuk bisnis secara langsung biasanya blog yang dipakai untuk jualan produk atau pun publisher iklan. Ciri-cirinya adalah ada produk / iklan dipajang disana. Tujuannya tentu agar pengunjung yang datang pada beli produk yang dipajang atau mengklik iklan yang dipajang (PPC).

Cuma terkadang yang bikin rese’ dan males dateng ke blog orang adalah ketika blognya menjadi “ETALASE” (meminjam istilah mashengky). Anda ngerti maksud saya? Di blognya kebanyakan produk atau iklan dipasang.

Efeknya ketika membaca artikel yang ada kita jadi ngga nyaman. Jangankan baca artikelnya, mungkin buka blognya aja udah males karena loadingnya lama (makanya pengunjung blog ini dikit).

Ini yang menjadi alasan mengapa saya mengubah konsep dasar Blog Motivasi Arief lama menjadi Blog Motivasi Arief yang sekarang ini. Bandingkan saja sensenya antara www.MotivasiArief.blogspot.com dengan www.AriefMaulana.com ini. Kelihatan kan bedanya.

Nah untuk blog yang digunakan untuk bisnis secara tidak langsung maksudnya adalah blog yang tidak dipakai untuk jualan / pasang iklan macem-macem, melainkan untuk mensupport website utama.

Contohnya www.JokoSusilo.com yang mensupport Formula Bisnis. Anda bisa lihat disana tidak ada produk macam-macam dipajang ataupun iklan aneh-aneh dipasang. Blognya murni untuk sharing sekaligus mengalirkan pengunjung ke web resellernya. Contoh lain www.Mashengky.com yang mensupport  VCC-Indonesia. Ngga ada pajangan macem-macem. Just for share. Simpel namun langsung mengarah pada website utamanya.

Blog yang digunakan untuk bisnis bisa blog yang sifatnya gratisan ataupun yang bayar. Walaupun gratisan, belum tentu penghasilan dari blog monetizingnya ataupun bisnisnya lebih kecil dari blog bayar. Itu tergantung bagaimana kita mengelola dan mengoptimalkannya.

Sebelum hijrah ke blog dengan hosting dan domain bayar ini, saya juga dulu pakai blog gratis (blogger.com). Dan itu udah cukup untuk membiayai operasional bisnis online di awal, termasuk finalnya membackup kelahiran blog ini. Jadi sebenarnya blog bisa dijadiin apa dan bagaimana sekali lagi adalah dari cara kita mengelola dan tujuan awal blog tersebut dibangun.

Oke… blogging for business cukup sampai disini dulu. Artikel blogging for branding saya bawakan di artikel berikutnya.

Salam Sukses,
Photobucket
space

  1. ngejar setoran ya mas… setiap hari posting hahaha..

    salut deh dengan semangat mas arief yang terus berkompetisi dengan para blogger senior dan junior..

    bener mas, blogging juga bisa banget utk bisnis.. apalagi bisnis ikan lele dumbo kayak mas zams hehehe..

    saya tunggu laporan proposal seminar anda neh

  2. mas arif nih rajin sekali posting… nggak kenal libur …hehehe

    Betul mas sekarang kebanyakan blog-blog orintasinya ke bisnis, sambil menyelam minum air, sambil mengaktualisasikan diri dapat $$$$$ sip khan?

  3. Rajin Posting ya Mas Arief..
    Makasi atas komentarnya di blog saya..

    Kita sama-sama mahasiswa
    Sama-sama reseller SMUO
    Sama- sama punya blog motivasi..

    Tapi saya masih baru jadi mohon bimbingannya ya…

    Udah tau belum mas Investasi Terbaik 2009?

    Kalo mau tau –> liat di posting terbaru mampir di blog saya ya:
    Motivasi Bligus – Blog Motivasi dan Bisnis

    Sukses terus!!!!

  4. Saya mau bikin blog niatnya mau seperti Obama Mas..Menggalang dana untuk menjadi caleg..kok caleg2 sekarang jarang ya yang berani berkampanye lewat blog. Ini bukti mereka tidak siap dengan perubahan dan kuminitas di “dunia lain” yaitu internet..

    • Mo ikutan nyaleg ya mas… hahaha…

      Ngga usah deh, capek. Banyakan dosanya timbang kebaikannya. Sayang ngga terekspose.

      Mending juga ngeBLOG. Bisa mendatangkan uang sekaligus berkah karena berbagi ilmu dan pengalaman..

    • Kalo tahu rahasianya, ide itu bisa mengalir mas…

      Apalagi sumber ide ada dimana-mana. Yg lebih penting sebenarnya adalah bagaimana dari sekian banyak ide tersebut kita bisa mengelolanya.

      Rahasia biar ide mengalir, saya dapatkan dari "BRAINMATICS 3+4 Ide Abadi untuk bisnis, penulisan, dll. Kalau pengen tahu lebih banyak, silahkan berkunjung ke http://www.PenulisBestSeller.co.cc

      Saya kenal baik dengan foundernya…

      • Satu hal lagi… Disana Anda akan diajarkan bagaimana menjadi penulis buku-buku best seller. Sepemula apapun, ilmunya bisa dipakai dan akan sangat membantu untuk meningkatkan kualitas tulisan.

  5. saya udah pernah mampir di rumah yang lama … dan emang beda, untuk artikel ini saya gak bisa komentar mana yang lebih baik, karena ada maunya masing2 orang. buat blog juga dapat uang … mungkin begitu
    salam

    • Agung Jatnika says:

      wekekeke…udah ada tuh mas, untuk thx to nya…tinggal sedot aja…hehehhe
      Wah, kalo mas hengky sih udah mantap blognya…hehheh

  6. Kalo saya dalam blogging for business, yah memang saya format blog tersebut sebagai Money Maker Tool buat saya, anggap saja theme-nya adalah MMO. Bersama dengan itu saya seimbangkan (sebaik mungkin) dengan konten yg informatif, edukatif juga menghibur…that's why I call it blogging for business (money). Namun saya juga menseting blog yg hanya untuk sharing, disitu tidak ada iklan sama sekali.

    Maka untuk hal ini kembali ke tema blog yg kita format, sebagai blog apa? Sharing, businsess atau campur? Jika pilihan sudah diambil maka optimalkanlah.

    Makasih untuk artikelny Arif

  7. Blogging for business…?
    memang dah kebanyakan model kayak gitu untuk yang newbie
    hanya saja newbie belum bisa memanfaatkan blog untuk bisnis yang sebenarnya.
    Dulu aku pernah coba model kayak gitu buat affiliate
    tahu2nya dinonaktifkan oleh admin karena ga sesuai dengan aturan…

    • arief maulana says:

      Itu karena Anda pakai blog gratisan. Saran saya sih kalau mau serius ngeblog + Dimonetize, ya modal dikitlah… sewa domain+hosting selama setahun dulu. Setelah itu kan anda bebas, mau ngapain dengan blognya.

  8. Pingback: Efektivitas Personal Brand Building Dengan Blog (2) | ARIEF MAULANA .com
  9. Bingung nge-set blog buat bisnis atau lain2… Biar gak ribet2 mikir, jalanin aja kali ya…buat saya udah bisa posting juga udah lumayan, apalagi konsisten kayak Mas Arief. Belajar dari pengalaman orang lain dulu dan start action biar dapet pengalaman sendiri…

    • arief maulana says:

      Tul jalanin aja. Tau ngga Pak, dulu sebelum buka cabang bahasan bisnis di blog ini, sy hanya nulis soal motivasi dan pengembangan diri aja loh.

      Yg penting numbuhin kebiasaan konsisten posting dulu.

    • arief maulana says:

      Thanx.
      Sy lagi nerapin metode repetition article mas. Krn beberapa point penting justru ada di artikel2 lama. Yg notabene adalah fondasinya.

      Sementara yg baru2 kan pengembangannya saja. Biar manfaatnya kerasa semua, termasuk yg baru2 join di newsletter saya.

  10. Mas Arief… artikelnya mengenai 5 Kunci Sukses Multitasking telah diterbitkan diblog saya pada kolam khusus “berita dari blog” lain karena isinya dapat memberi pencerahan bagi yang lain. kapan tulisan berikutnya…

    • arief maulana says:

      @Eddy, Terima kasih.
      Kalau tidak salah saya sudah comment yah. Ada pencantuman link yg kurang pas, makanya saya beri masukan.

      Sementara menunggu, coba saja di AM.com klik category ‘manajemen diri’ atau ‘pengembangan diri’. Insya Allah beberapa hari kedepan saya akan posting artikel. Udah ada schedulenya.

      Tapi mungkin jenis artikelnya akan gantian, antara materi bisnis, manajemen diri, pengembangan diri, maupun motivasi.

      Salam.

  11. Pingback: Pembajakan karya tulis : sebuah krisis kualitas blogger | TIPSsukseskarir.com
  12. Betul mas. Dengan blog kita bisa mensupport blog utama kita. Hal ini juga sudah saya terapkan.
    Ada sedikit pertanyaan Mas Arief, blog yg ideal itu maksimal dipasang berapa banner/iklan? karena saya liat di blog ini juga ada bannernya.

    • arief maulana says:

      @noto, idealnya berapa banner itu terserah kita mas.

      Pertimbangkan faktor kenyamanan pengunnjung juga. Saya pasang 3 banner. Cosa Aranda malah banyak tuh bannernya.

      Dan dalam menetapkan harga, biasanya yang jadi pertimbangan alexa rank dan PR nya!

  13. Ooo ada blog di blogspot juga to, saya baru liat tadi, ebooknya banyak banget :puyeng:
    Mas Arief emang canggih, memadukan blog untuk sharing sekaligus bisnis, jadi pembacanya gak bosen
    :sip:

    • arief maulana says:

      @turisuna, yap. Jasmerah kata Bung Karnoe. Saya pernah di blogger juga kan dulu.

      And sesuai tagline : motivasi, bisnis, manajemen diri. So, tinggal muter dan dipaduin aja.

  14. Hangga Nuarta says:

    Saya sedang menjalani proses yang mas Arief jalani dulu. Menulis tentang pengembangan diri dan motivasi. Hehehe…

  15. Wah jadi semakin bersemangat saya untuk mulai belajar di internet terutama sama mas arief maulana, tak rugi saya gabung di mailing list masnya.
    Tks mas :thumbup

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,681 bad guys.