Blogging for Education, Business, & Branding (3)

Oleh : Arief Maulana

Blogging For Branding

Artikel ini adalah lanjutan artikel sebelumnya, yaitu blogging for education dan blogging for business. Pastikan Anda sudah membaca keduanya karena ini adalah alasan ketiga mengapa saya bela-belain ngeblog dan berbagi dengan Anda semua.

Sebagaimana kita tahu bahwasanya di zaman yang serba sulit seperti sekarang ini, mencari manusia berkualitas sangat susah. Jangankan berkualitas, yang benar-benar jujur dan bisa dipercaya sudah jarang sekali.

Ini tentu memberikan efek tersendiri bagi kita dalam melakukan aktivitas yang sifatnya berhubungan dengan orang lain, baik itu sifatnya antar personal maupun kita dengan instansi / organisasi tertentu (katakanlah perusahaan).

Maka, peranan blogging disini adalah menjembatani itu semua. Dengan blog kita bisa membangun kredibilitas dan kualitas kita lewat tulisan. Bukankah ada pepatah yang mengatakan bahwa tulisan seseorang mencerminkan kepribadiannya.  

Lantas, bagaimana blogging bisa menjadi jembatan sukses dua dunia, termasuk dunia offline? Prinsip kerjanya adalah seperti iklan. Anda tahu berapa besar sebuah perusahaan menghabiskan biaya operasional untuk iklan? Sekitar 60-70%. Kenapa mereka rela merogoh kocek sedemikian dalam? Karena iklan tersebut berdampak pada pembelian produk yang ujung-ujungnya adalah meningkatkan keuntungan perusahaan.

Analogi di atas tentu tidak jauh berbeda dengan diri kita. Kita juga butuh ”mengiklankan” diri kita agar seluruh dunia tahu siapa dan bagaimana kualitas kita sebenarnya. Dan ini bisa dilakukan dengan dana yang sangat minim, yaitu dengan blogging.

Ketika Anda serius dan menjadikan blogging sebagai hobi positif layaknya joging, maka dampak yang timbul akan mengguncang dua dunia sekaligus. Dunia online dan dunia offline.

Untuk dunia online, saya tidak akan menjelaskan panjang lebar karena saya yakin rekan-rekan sudah pada tahu efek dari branding yang sukses terhadap bisnis online.

Sedangkan efek pada dunia offline, kurang lebih bisa menjadi batu loncatan dalam setiap perjalanan karir sukses Anda. Salah satu ikon sukses yang sangat top di dua dunia adalah Romi Satria Wahono (founder www.IlmuKomputer.com).

Pada awal karirnya, keinginan untuk menjadi dosen tinggi sekali. Namun ketika mencoba melamar di berbagai perguruan tinggi beliau selalu ditolak mentah-mentah (walaupun pada akhirnya gantian Romi yang menolak berbagai tawaran yang datang memintanya menjadi dosen).

Sebagai seorang lulusan di bidang IT (information technology), Romi tidak serta merta membiarkan keahliannya. Pada saat kuliah di Jepang, beliau pun mencoba menjalankan bisnis online gaya lama ala E-Bay (menjual barang bekas lewat situs yang dibangunnya). Cukup laris juga mengingat kemampuan di bidang disain grafis juga sangat tinggi hingga bisa memoles gambar dan membuat barang tampak baru.

Sekembalinya di tanah air, karir Romi Satria Wahono mulai menanjak ketika dia mendirikan www.IlmuKomputer.com (silahkan dibuka sendiri). Disamping itu, bagian terpentingnya adalah ketika Romi membangun personal brandingnya lewat www.RomiSatriaWahono.net.

Di dalam kedua situs tersebut, Romi menjual kompetensi intinya. Akibatnya banyak orang yang mulai mengenal siapa Romi sebenarnya. Puncak dari semua itu adalah, Romi menjadi jauh lebih terkenal dan sering diundang mengisi berbagai acara yang memang sesuai dengan kompetensinya. Padahal di luar sana banyak orang yang ilmunya sebenarnya jauh lebih baik dan lebih tinggi dari Romi. Dahsyat bukan efeknya. Lihat saja bagaimana publikasi terhadap Romi Satria Wahono. Dan kini ketika kita berbicara tentang rekayasa software engineering, maka nama yang akan dikenal dan dikenang di penjuru nusantara adalah Romi Satria Wahono.

Dari sekilas perjalanan Mas Romi, tentu Anda sudah bisa memetik nilai positifnya. Adapun mengenai tips personal branding lewat blogging silahkan baca artikel Romi disini.

Efek branding ini pun saat ini sudah mulai saya rasakan dalam dunia offline, khususnya di mata teman-teman yang dulu suka meremehkan. Hehehe… Yang paling saya syukuri adalah, saat ini bisa selangkah lebih maju dan lebih terkenal di dua dunia daripada mereka, hahaha…

Nah, dengan demikian selesai sudah serial Blogging for Education, Business, and Branding. Inilah alasan mengapa hingga saat ini saya masih ngeblog dan berbagi dengan Anda semua.

Dan jangan khawatir… ke depan saya pun akan berusaha untuk selalu menyajikan tulisan yang bermanfaat untuk Anda semua. Karena hidup adalah pilihan, dan saya memilih salah satu jalan sukses lewat blogging.

Salam Sukses,
Photobucket
space

  1. Memang mas, zaman saat ini telah berubah, kalau dahulu orang belum banyak tahu tentang internet marketing, sekarang orang udah banyak yang pandai, apalagi banyaknya blogger yang muncul dan membuat wadah belajar bisnis internet dan strategi marketing, makanya orang sekarang lebih banyak memilih web yang benar-benar bisa dipercaya dan banyak menggunakan nilai-nilai yang bersifat edukatif, setidaknya seperti yang mas lakukan

  2. saya sampai bungung mau komentar apa.

    sebenarnya saya juga sedang menyusun ebook gratis. kebetulan ada sub point yang membahas masalah blogging for branding. artikel ini membuat saya jd semakin yakin, apa yg saya fikirkan, tanpa disengaja dan direncanakan, ternyata mendapat legitimasi dari tulisan mas Arief ini. nanti saya info kalo ebooknya sdh jadi ya Mas..

    Happy Blogging!

  3. Pingback: Blog Top Komentar untuk pengunjung setia blog anda – AGunawaniKA.com - Sharing Seputar Bisnis Internet | Bisnis Online | Blogging | Motivasi | Review Buku | Buat Cover | Produk Online | Tips and anything
  4. saya selalu ikuti artikel mas arief, sangat cocok untuk membangun mental bangsa kita mas, mas tahu kan kerusakan generasi mendatang bukan dari perbuatan anak2 kecil tapi dari didikan orang dewasa.

    Orang dewasa menjejali gambar seronok, tulisan sahwat, anak SD mulai melihat, membaca di situs dan dari situ perubahan mental negatif dimulai. Semakin banyak Arief, Arief …di sini maka akan meredam kerusakan bangsa, menjadikan mental positif, membangun masa depan yang santun, berbudi luhur …

    terus kibarkan bendera kebaikan.

  5. Kesuksesan terwujud karena kita berani MELANGKAH. Kita melangkah karena dorongan niat dan semangat dalam HATI. Hati tergerak karena MOTIVASI. Maju terus Mas arief, menebarkan MOTIVASI kepada sejuta HATI…

  6. Setuju sama artikelnya. Kalau spam orang itu nyalahin niat aktivitas bloging sendiri. Saya bingung ada blog yang niatnya kampanye anti spam dan anti scam tapi malah bikin ricuh suasana sana menggangu kenyamanan orang lain. Jaadi yah..dimaklumkan saja..atau harus belajar di blog motivasi ini..

  7. Bambang Nugroho says:

    selamat, content blog motivasi dari mas bagus banget, bisa untuk memotivasi yg baca,saya sendiri baru bisa buka2 blog dari blogers kita yg contennnya jempolan semua,laen waktu kasih saya education tentang internet marketing secara keseluruhan ya, pengin jadi newbie tapi belum tahu cara merangkak apalagi jalan, salam sukses u/ blogers indonesia yg handal dan bijaksana, yuup selamat pagi dan sampai jumpa. Bambang N Florida USA

  8. Habis blogwalking di BlogMasterMind.com ada pesan menarik yang bisa dikaitkan dengan judul artikel ini. Untuk pemula yang baru terjun ke dunia blogging. Jangan langsung mengharapkan uang bisa mengalir melimpah seketika. Jangan bombardir pembaca dengan penawaran produk. Ini target awalnya : BLOG 4 EDUCATION ada di blognya Mas Arif..

    Tentang comen diatas, maksudnya : kita mengiklankan diri untuk membentuk branding diri kita kan, agar memiliki kredibilitas di dunia online, lalu ada orang yang mem-branding diri sebagai pengkampanye anti spam atau anti ini itu, tapi justru org itu yang jadi pelakunya sendiri (seperti kejadian di blog Joko Susilo)..Nah ada baiknya org yang melakukan cara itu harus belajar di blog motivasi ini tentang BLOG 4 EDUCATION..Smoga komennya bisa nyambung..

  9. gosh always sky rocket your skill friend and its make othe amazed to you. selalu jadi pembelajar sejati

    jadi ingat kutipan judul artikel mas cosa " learn like newbie act like master"

  10. Pingback: CopyWriting Bernilai Jutaan Rupiah. Bahkan Lebih.. » Penulis Blog | wp.com
  11. Mas Arief,.. Gimana sih caranya untuk ‘membrandit’ diri? apa harus punya blog dan sering buat artikel ??? atau bisa cukup coment2….

    • arief maulana says:

      @Alfiyah, salam kenal alfiyah.
      Bicara soal proses branding, maka intinya adalah :

      bagaimana caranya orang bisa mengenal kita

      Untuk itu, akan lebih mudah bila kita memiliki suatu wadah, dimana orang bisa mengenal kita lebih dalam dan tahu kemana harus pergi bila ingin menghubungi kita.

      Nah, solusi terbaik dan termudah adalah dengan Blog.

      Melalui blog banyak keuntungannya :
      1. Orang akan mengenal mbak lebih jauh lewat tulisan-tulisan mbak.

      2. Andaikata mbak memberi komentar di situs orang, maka yg mencari mbak tidak langsung ke situs reseller, melainkan singgah di tempat mbak.

      Point no.2 penting kenapa? karena menurut pengalaman asya 95% penjualan yang saya hasilkan semuanya terjadi karena calon pembeli percaya kepada saya. Kok bisa? mereka melihat profesionalitas saya melalui AriefMaulana.com ini.

      3. Andaikata mbak bisa menjual banyak tanpa blog… bagaimana mbak bisa meyakinkan orang lain bahwa mbak sudah sesukses itu?

      Saya bisa dengan mudah melakukannya melalui blog. Sebagai contoh silahkan baca : http://ariefmaulana.com/2009/01/beranikah-anda-berinvestasi-untuk-sukses/

      Kurang lebih itu jawaban saya. Bila ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan.

      Jadi buatlah BLOG. Tapi jangan asal ngeblog. Banyak orang membuat blog asal-asalan. Akibatnya kesan terhadap pemilik blog pun menjadi jelek.

      Bila memang serius mau membangun blog yg profesional, coba lihat informasinya di http://www.BlogBisnisInternet.co.cc

      Dari panduan itu, saya belajar dan akhirnya membangun http://www.AriefMaulana.com

      Salam Sukses,

      NB : Bila ingin berlangganan artikel disini, silahkan submit email anda di form kososng yang telah disediakan.

  12. Pingback: Efektifitas Personal Brand Building Dengan Blog | ARIEF MAULANA .com
  13. Pingback: Efektivitas Personal Brand Building Dengan Blog (2) | ARIEF MAULANA .com
  14. TRIYONO UTOMO says:

    :hihi:
    dear mas arief
    saya salut baca blog anda, salam kenal aja sy orang baru yang gaptek alias gak ngerti apa-apa ttg internet, apalagi buat blog atau web, saya suka nulis motivasi hanya kayaknya kita beda jalur, saya pengen punya web atau blog seperti sampean, untuk bisa share dengan orang lain, boleh donk ? tapi saya gak tau dari mana harus mulai and apa yang mesti saya pelajari terlebih dahulu tolong saranya dong mas, syukur kalau mas arief berkenan mengirim ke email saya, trieutomo@gmail.com
    thanks banyak mas arief semoga Allah senantiasa merahmati amiiin
    Best regard
    trie

    • arief maulana says:

      Halo mas Triyono Utomo, salam kenal.
      Kalau anda memang suka menulis, blog adalah solusi yang terbaik untuk mensharingkan itu semua. Mas bisa membuat blog di http://www.Blogger.com, disana cukup 3 langkah saja untuk memiliki dan membuat blog.

      Namun, bila mas ingin benar-benar serius soal blog, maka saya sarankan mas melihat informasi di http://www.BlogBisnisInternet.co.cc. Disana ada solusi berupa buku dan video bagi rekan-rekan yang mau serius membangun sebuah blog yang :
      1. Profesional
      2. Memiliki daya jual oke
      3. Bisa sekaligus menghasilkan uang
      4. Cocok untuk pemula yang tidak tahu apa-apa sebelumnya

      Semoga bisa membantu!

  15. Manfaat blogging for branding emang sangat penting ya, buktinya Mas Arief, karena brandingnya jadi banyak teman dan pengunjung setia blog, otomatis bisnisnya pun jadi lancar…semoga tetep begitu ya Mas…amiin

    • arief maulana says:

      @ Bu Budhi, betul bu. Di dunia bisnis Internet yang kita jual sebenarnya adalah ‘kepercayaan’. Dan Branding adalah salah satu jalannya.

      Amin… Terima kasih doanya :nyembah:

  16. muhammad Jumani says:

    halo mas arief, menarik sekali artikelnya. Di dunia Internet kepercayaan sangat penting terlebih sekarang banyak penipuan makanya branding sangat di perlukan, kira2 begitu ya mas arief kalau gak salah sieh …

    • arief maulana says:

      @Muhammad Jumani, betul Pak. Tapi jangan sampai tergoda untuk menyalahgunakan kepercayaan, bila memang nantinya proses branding yang kita lakukan berhasil.

  17. Substansinya fokus buat tulisan berkualitas.Maka segala jembatan akan terbangun sendirinya entah didunia online&offline.Trims ms, ini mmng yg lagi sy tekuni ms, kalau biasanya sy buat tulisan2 dibeberapa artikel organisasi,mengisi materi2 motivasi hingga keilmuan murni, justru dionline ini ada seni tersendiri, selain terpuaskan menulisnya jg punya temen2 yg smakin banyak.WALAU TEMEN MAYA:hihi::hihi:

    • arief maulana says:

      @arkum, wow. Profil Anda luar biasa mas. Mestinya Anda lebih dahsyat lagi. Karena secara keilmuan jauh di atas saya.

      Saya mesti banyak belajar dari mas. :baca:

  18. Branding lewat blog emang asik, itung-itung promosi secara halus. :hihi:
    Jadi penasaran, setelah jilid tiga habis, mas Arief mau kasih kejutan apa lagi ya :bom:

    • @Abdul Ghofar, bener mas. Saya dari blog jadi banyak yang ngenal. Besok kamis (13 Januari 2011) insya Allah diundang jadi pembicara talkshow di salah satu radio swasta di Surabaya. kalau bukan dari blog ga bisa itu mas :)

  19. Terima kasih mas, artikelnya informatif sekali. Kalau saya amati di Indonesia ini blogging for branding ini umumnya digunakan untuk personal branding saja, klo untuk corporate branding jarang sekali, kalaupun ada blognya tidak terurus. Padahal kalau kita lihat perusahaan-perusahaan Fortune 500 banyak yang menggunakan blog tidak hanya untuk branding tetapi juga untuk engagement. Saya berharap semoga perusahaan-perusahaan di Indonesia semakin menyadari pentingnya ngeblog untuk kelangsungan bisnis mereka :)

    • @Alvie, itu sangat disayangkan sebenarnya. Apalagi untuk kelas-kelas corporate, saya kira untuk menyewa seorang ghostwiter atau penulis freelance bukan hal yang sulit.

      Melalui media blog, kita bisa membangun kepercayaan lewat edukasi ataupun product knowledge yang diberikan. Lewat blog pula kita memberikan update informasi yang lengkap kepada customer, bukan semata info2 sekilas ala-ala social media.
      arief maulana recently posted..Jangan Salah Memilih AsuransiMy Profile

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,855 bad guys.