Oleh : Arief Maulana

Bersiap Untuk Audit KapalSalah satu pernyataan tidak langsung dari Romi Satria Wahono, founder IlmuKomputer.com, pada saat Seminar Nasional Empowering Netpreneur pada tahun 2009 yang lalu adalah blog secara tidak langsung bisa dijadikan sarana penunjang profesi.

Hal ini diperkuat dengan kisah nyata dari Mas Romi sendiri. Waktu itu beliau menuturkan bahwa di bidang software engineering Mas Romi bukanlah pakar yang paling hebat. Masih banyak orang yang lebih mahir dan lebih canggih dari beliau. Namun setiap kali ada lomba bertemakan hal-hal yang berbau rekayasa software atau sejenisnya Mas Romi lah yang sering diundang. Bahkan untuk seminar-seminar ilmiah bidang tersebut (keluyuran ilmiah, versi Romi), beliau yang sering diundang. Padahal tentu lebih afdol jika yang lebih pakar. Kok bisa? Itulah kekuatan sebuah blog.

Lebih lanjut dalam bukunya, “Dapet Apa Dari Universitas”, Romi menceritakan untuk membantu mendapatkan pekerjaan (khususnya anak informatika) di tengah persaingan yang ketat sudah bisa dimulai sejak awal kuliah. Mereka bisa membangun sebuah blog sederhana. Posting saja semua perjalanan kuliah, mulai dari tugas, ujian, sampai persoalan skripsi. Apalagi bila dipoles pula dengan kaidah-kaidah SEO tentu akan dahsyat lagi.

Efeknya adalah, manakala mahasiswa tadi lulus dia sudah memiliki bekal sebuah blog yang berusia minimal 4 tahun (berSEO pula) tentu akan menjadi satu nilai plus manakala menghadapi para interviewer yang melamar kerja. Efek lanjutannya lagi adalah, ketika ada orang yang mencari informasi melalui search engine sesuai bidang si mahasiswa maka ada peluang yang muncul di halaman pertama daftar pencarian google adalah ya mahasiswa ini. Menarik bukan. Sayang saya baru ngeblog justru di tahun-tahun terakhir kuliah.

Dari kesemuanya itu, saya teringat sebuah posting di blog manajemen diri ini tentang “Blogging For Branding”. Dengan blog, Anda bisa membawa branding apapun yang diinginkan. Salah satunya adalah yang berkaitan dengan profesi atau pekerjaan offline Anda.

Pengalaman pribadi saya sendiri, pernah mendapatkan 3 tawaran memberikan seminar motivasi di luar kota. Sayangnya saya tolak semua gara-gara bentrok dengan jadwal ujian di kampus yang tidak ada toleransinya untuk susulan. Dan Anda tahu, rekan-rekan yang mengundang tersebut hanya mengetahui dan mengenal saya lewat blog motivasi ini. Mereka menilai dari profile di halaman “about me” dan dari tulisan-tulisan yang saya muat disini.

Jadi, ternyata blog bisa memberikan banyak dampak positif ke dunia offline kita alih-alih terus menerus diforsir ke bisnis online. Salah satunya yaitu, ke pekerjaan offline Anda. Toh masih banyak kan dari kita yang belum bisa full time di bisnis online, masih mengandalkan gaji dari kerjaan offline.

Makanya beberapa waktu lalu sempat saya singgungkan juga ke Mas Agus Siswoyo, kenapa ngga coba buat blog yang mengupas soal Cost Analysis dan Manajemen. Apalagi Mas Agus memang keliatan expert di bidang itu (saya tau lewat diskusi kecil di twitter). Kebayang arahnya? Meski yang lebih expert dari Mas Agus banyak, kalau yang sering nongkrong di google nama dan blognya udah bisa dipastiin order job pasti mengalir ke mas Agus.

Nah rekan-rekan, apa kerjaan Anda? Sudahkah Anda memaksimalkan blog untuk mendongkrak karir Anda?

Surveyor Masa Depan

Salam Sukses,
arief maulana
space

Blog, Sarana Melejitkan Karir Anda
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:             

170 thoughts on “Blog, Sarana Melejitkan Karir Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,556 bad guys.