Blog, Sarana Melejitkan Karir Anda

Oleh : Arief Maulana

Bersiap Untuk Audit KapalSalah satu pernyataan tidak langsung dari Romi Satria Wahono, founder IlmuKomputer.com, pada saat Seminar Nasional Empowering Netpreneur pada tahun 2009 yang lalu adalah blog secara tidak langsung bisa dijadikan sarana penunjang profesi.

Hal ini diperkuat dengan kisah nyata dari Mas Romi sendiri. Waktu itu beliau menuturkan bahwa di bidang software engineering Mas Romi bukanlah pakar yang paling hebat. Masih banyak orang yang lebih mahir dan lebih canggih dari beliau. Namun setiap kali ada lomba bertemakan hal-hal yang berbau rekayasa software atau sejenisnya Mas Romi lah yang sering diundang. Bahkan untuk seminar-seminar ilmiah bidang tersebut (keluyuran ilmiah, versi Romi), beliau yang sering diundang. Padahal tentu lebih afdol jika yang lebih pakar. Kok bisa? Itulah kekuatan sebuah blog.

Lebih lanjut dalam bukunya, “Dapet Apa Dari Universitas”, Romi menceritakan untuk membantu mendapatkan pekerjaan (khususnya anak informatika) di tengah persaingan yang ketat sudah bisa dimulai sejak awal kuliah. Mereka bisa membangun sebuah blog sederhana. Posting saja semua perjalanan kuliah, mulai dari tugas, ujian, sampai persoalan skripsi. Apalagi bila dipoles pula dengan kaidah-kaidah SEO tentu akan dahsyat lagi.

Efeknya adalah, manakala mahasiswa tadi lulus dia sudah memiliki bekal sebuah blog yang berusia minimal 4 tahun (berSEO pula) tentu akan menjadi satu nilai plus manakala menghadapi para interviewer yang melamar kerja. Efek lanjutannya lagi adalah, ketika ada orang yang mencari informasi melalui search engine sesuai bidang si mahasiswa maka ada peluang yang muncul di halaman pertama daftar pencarian google adalah ya mahasiswa ini. Menarik bukan. Sayang saya baru ngeblog justru di tahun-tahun terakhir kuliah.

Dari kesemuanya itu, saya teringat sebuah posting di blog manajemen diri ini tentang “Blogging For Branding”. Dengan blog, Anda bisa membawa branding apapun yang diinginkan. Salah satunya adalah yang berkaitan dengan profesi atau pekerjaan offline Anda.

Pengalaman pribadi saya sendiri, pernah mendapatkan 3 tawaran memberikan seminar motivasi di luar kota. Sayangnya saya tolak semua gara-gara bentrok dengan jadwal ujian di kampus yang tidak ada toleransinya untuk susulan. Dan Anda tahu, rekan-rekan yang mengundang tersebut hanya mengetahui dan mengenal saya lewat blog motivasi ini. Mereka menilai dari profile di halaman “about me” dan dari tulisan-tulisan yang saya muat disini.

Jadi, ternyata blog bisa memberikan banyak dampak positif ke dunia offline kita alih-alih terus menerus diforsir ke bisnis online. Salah satunya yaitu, ke pekerjaan offline Anda. Toh masih banyak kan dari kita yang belum bisa full time di bisnis online, masih mengandalkan gaji dari kerjaan offline.

Makanya beberapa waktu lalu sempat saya singgungkan juga ke Mas Agus Siswoyo, kenapa ngga coba buat blog yang mengupas soal Cost Analysis dan Manajemen. Apalagi Mas Agus memang keliatan expert di bidang itu (saya tau lewat diskusi kecil di twitter). Kebayang arahnya? Meski yang lebih expert dari Mas Agus banyak, kalau yang sering nongkrong di google nama dan blognya udah bisa dipastiin order job pasti mengalir ke mas Agus.

Nah rekan-rekan, apa kerjaan Anda? Sudahkah Anda memaksimalkan blog untuk mendongkrak karir Anda?

Surveyor Masa Depan

Salam Sukses,
arief maulana
space

  1. sudah pasti mas, tapi di lingkungan saya sepertinya dunia internet cuma dipake buat FB, hiks sangat menyedihkan. Cuma sedikit yang menghargai pekerjaan saya.

    Saya ingat pada suatu hari, saya ngumpul dengan teman – teman dan saya menerima sebuah SMS dari sebuah bank isinya tentu, ada transfer masuk ke rekening saya. saya katakan pada teman teman saya jika inilah hasil dari saya ngeblog, mereka hanya terdiam dan sepertinya tidak percaya.

    Tapi terserahlah, yang pasti saya sudah mulai dikontak beberapa orang yang minta tolong untuk buat blog.

    Jadi jalani aktivitas ngeblog sebagai hobi yang menyenangkan dan ikhlas menjalaninya.

    Dan yang pasti jangan sampai mengganggu lapak orang lain.:sip:

  2. Sama persis sprti mas dian… saya mengalami hal yang sama, smntara utk update blog sendiri aja trkadang lupa tapi, beberapa rekan meminta utk dibikinin blog, jadi senyum simpul dah…
    Alhamdulillah sudah ada imcome dari blog tuh…

  3. betul banget nih info. DI tempat saya juga orang2 sangat bangga bisa maen FB termasuk juga bagian IT. Bahkan saya ajak ngeblog buat cari tambahan beli susu kaga mau, katanya tidak punya waktu, tapi maen FB kok status OL terus. BTW aq koment kok yg lama kaga muncul yach? apa dispam?:nangis:

    • arief maulana says:

      @jarno, ga ada tuh mas. SPAM folder selalu saya cek kok, klo-klo ada koment nyasar kesana.

      Tapi ga ada, berarti waktu koment emang ga masuk!

    • @jarno, Memang mas… FB sudah dianggap kebutuhan…lagian bisa update status pake HP, klo ngeblog mesti pake ini pake itu… apa lagi update artikel… haha… (Pembela FB):hihi:

  4. iya neh, blog emang dasyat.. biar cuma tulisan tapi bisa bikin orang berubah 180 derajat.dari yang minder buat nulis jadi penulis handal ya gara2 blog, yang miskin jadi bisa kaya ya karena blog.he.he.:sip:

    • arief maulana says:

      @lucky, lebih pas lagi karena orang yang punya dan menulis di blog… :hihi:

      Kalo blog ngga diapa-apain ya ngga menghasilkan. Tul ngga? :hihi:

  5. Blog memang membawa manfaat utk diri kita dan tentunya org lain juga tentunya walaupun belum bisa menghasilkan dollar darinya

    • arief maulana says:

      @Udin Hamd, saya juga ga menghasilkan dollar kok mas. Cuma rupiah… :mataduitan::mataduitan::mataduitan:

      *sayang, ga ada icon mata rupiah, adanya mata dollar*

  6. nanti, kalau sudah mulai menuai respon yang signifikan. baru deh bisa merasakan efek emosionalnya.

    apalagi yang kasih gambaran ini seorang yang memang tepat. seperti mas Romi.. maknyus bgt

    tks mas Arief, sudah menjaga motivasi blogging kita semua..:sip:

  7. tapi sayangnya banyak orang yang nggak sadar kalau blog bisa digunakan sebagai sarana melejitkan karir mas :baca:,, seperti yang ditulis diatas, kebanyakan mereka terjebak pada rutinitas pekerjaan offline .. sebenernya sih biarin aja ya, kalau mereka mulai sadar ntar banyak pesaingnya … :sikut: ,, nah mumpung blm banyak, ayo dominasi Google dengan tulisan kita :yoyo:

  8. Muhammad Arifin says:

    nah bener pisan mas, wong ada system yang bekerja buat kita 24 jam 7 hari nyala terus, kenapa engga di manfaatkan, mungkin edukasi kesana belum merata kali ya mas…:mikir:

  9. Roi Lukman Saputra says:

    Wah, benar juga mas….
    Memang benar salah satu manfaat blog adalah membranding diri, bukan hanya untuk kepentingan dunia online, tetapi juga untuk kepentingan dunia offline.

  10. Temenku juga ada yang dapet kerjaan karena dia ngeblog. Si pewawancara kagum ama blognya, trus alhasil temenku berhasil ngalahin semua pelamar. :sip:
    Pas aku dulu lamar kerja, gak ditanyain bisa buat blog ato nggak, jadi gak masalah pas itu aku belum punya blog :hihi:

    • arief maulana says:

      @turisuna, nah itu awal saya ngeblog dulu. Ada temen yg bilang, “Klo punya blog enak. Pas HRD ingin tahu lebih lanjut, referensikan saja blog kita”

  11. Kalo saya mulai ngeblog udah pada saat kerja mas.. cuma belum berdampak tuch ama karir saya… mungkin karir ama tema blog saya beda kali ya….

    • arief maulana says:

      @dodypku, jelas mas. Saya di naval architecture & shipbuilding. Tapi karena blog isinya soal motivasi, bisnis, manajemen diri, maka dampak karirnya ya yg terkait itu. :hihi:

  12. Saya belum sampai sejauh itu. Memang potensi blog memang luar biasa. Tapi semua tetap berpulang kepada konten yang disajikan.
    Saya tidak heran kalau Mas Arief sampai mendapat undangan karena telah menyajikan artikel yang bermanfaat dan bermutu. Itu pula yang coba saya sajikan dalam topik yang berbeda tentunya.

  13. blog buat nulis pribadi aja kadang saya ga konsisten, dulu pernah buat, trus males, sekarang buat lagi yang baru…ga tau deh neh bisa pertahankan ketertarikan ga yaa…

  14. Mending mas, saya justru ngeblog pas udah kerja, beristri dan memiliki buah hati, tapi ga ada yang terlambat toh? penunjang profesi? tentu mas, karena dikerjaanku menulis mempunyai angka kredit yang gede, nulis sekali bisa ngalahin kerjaan biasa selama 2 tahun…

  15. joko santoso says:

    Yah.. walaupn belon banyak dapet, tapi saya cukup puas kok pendapatan dari blog, tapi yang nggak ternilai adalah kepuasan

    • arief maulana says:

      @joko santoso, good. 1 kepuasan membuat kerja makin semangat. Kerja semangat, hasil makin tokcer. Ini lingkaran malaikat :sip:

  16. nah…ini yang saya maksud (dan saya inginkan tentunya)
    bukan hanya mengandalkan hasil dari biz OL semata, tapi efek thd karir dan biz offline juga, barulah susah payah upaya branding sesuai imbalannya.
    :sip:

  17. llianawati natawijaya says:

    YA BETUL TAPI SAYA KURANG SERIUS PRAKTEKKANRASANYA HARI2 DAN JAM BERLALU BEGITU CEPAT JADI TERIMA KASIH INFONYA

    • arief maulana says:

      @Cara Dapat Uang, tidak ada kata terlambat. Kalaupun merasa ketuaan lanjutkan saja. Siapa tau bisa diwariskan ke anak cucu :hihi:

    • arief maulana says:

      @Enutd, balik lagi neeh tujuan blognya apa? Ngeblog buat apa?

      Ntar klo itu udah kejawab baru deh bisa dicari langkah-langkah ngoptimalkan blog :sip:

  18. Dunia blogging indentik dengan silaturahim.Selain bisa menjadi salah satu sumber penambahan pendapatan. Juga menjadi tempat penambahan wawasan dan ilmu. sip

    • arief maulana says:

      @MasterClickCom, betul betul betul. Dan artikel ini memang pengembangan dari artikel inti, blogging for branding!
      :hihi:

  19. sejak awal saya memang punya niat buat blog atau situs sesuai bidang yg pernah saya geluti / hobby
    tapi kayaknya sih bukan di IK.com

  20. betul sekali mas.. Alhamdlillah saya ngeblog dari sebelum kuliah, tapi karena semua otodidak ya hasilnya ngga sebagus yang orang-orang lain miliki…:sip:

  21. ngeblog berat disaat memulai,tapi kalo sudah menjadi terbiasa,malah jadi suatu kebutuhan nantinya.
    Bila terlewat seperti ada yg kurang sempurna hidupnya.
    Tapi buat saya belum dirasakan kaitan antara ngeblog dengan yang lainnya,ngeblog ya ngeblog,masih begitu.
    Barangkali karena usianya baru seumur jagung ngkali ya.

    • arief maulana says:

      @masadif, coba deh Pak mulai ngeblog dengan tema-tema kedokteran.

      Paling ngga memberikan wawasan ke kita2 soal kesehatan. :hihi:

  22. forbisjutawan.com says:

    artikel bagus.

    Mas Arief, bagaimana menggunakan Advizard untuk promosi iklan baris, saya ingin menanyakan,Bagaimana menggunakan software Advizard versi terbaru, ?

    kalau bisa sekalian dengan tutorialnya, biar lebih mantap dan berguna buat pengunjung lain di blog ini, thank

    Salam Sukses dari Andi

    • arief maulana says:

      @forbisjutawan.com, wah saya ga tau mas. Jalur promosi saya ga pernah aneh2 gitu. :hihi:

      Btw, lain kali klo mo nanya2 langsung aja email mas. Kalo di kolom komentar kek gini kesannya SPAM!

  23. hmmm saya juga sering ngasih pelatihan bagi guru2 (klub guru kerja bareng dengan bloggerngalam.com) dan siswa tentang perosnal branding via blog… :) materinya saya publish di blog saya :)

  24. tambahan… cuman kalo buat pemula… harus ada asistensi yang istiqomah — mereka sukanya “dognyengen” kata orang jawa :D

  25. yah mas mauikutan bisnis internet nah sekarang lagi belajar pengen ahli di internet ada kata motivasi belajar menentukan 99% berhasil dan berdoa 1% berhasil jika 99% + 1% = ahlinya

  26. Mas Arief,terimakasih sarannya.
    Sebenernya saya ingin menghindari dunia sehari-hari saya.
    Di offline saya bicara A di online bicara A,saya takut bosan sendiri.
    Saya ingin coba bicara lain yang kebetulan saya suka (ttg motivasi),walau bukan bidang saya,gitu mas maksudnya.
    Tapi untuk bidang saya memang saya sudah siapkan blog khusus cuma belum dipublikasikan dan belum maksimal persiapannya,nanti tak kasih tau mas,blognya udah agak lama juga sih,ttg medical.

  27. Mungkin itu efek jangka panjang yang jarang terpikirkan oleh seorang blogger ya Mas. Menyimak sharing Mas Arief di atas, rasanya blogger-blogger Indonesia harus mulai bersemangat untuk terus membranding dirinya lewat berbagai tulisan di blognya.

    Sebab bukan tidak mungkin, suatu saat nanti kita akan menuai kejutan manis dari berbagai tulisan di blog kita yang kita tulis karena cinta dan dengan penuh ketekunan.

    Kesimpulan akhir, menulis halaman about ternyata tidak boleh sembarangan ya Mas. Sedapat mungkin harus mendeskrisikan kapasitas dan pengalaman kita.

    Jadi malu nih, sebab saya nulis halaman about seadanya aja. Kayak nggak minat :hihi:

    • arief maulana says:

      @iskandaria, yap. Saya justru terinspirasi menulis halaman about me ya dari Mas Romi Satria Wahono mas.

      Kalau perlu link download CV juga disertakan. Jadi kalau diminta jadi pembicara, pantia ga repot lagi minta CV :hihi:

    • arief maulana says:

      Bagus mas. Tetaplah konsisten ngeblog dengan semangat berbagi. Makin banyak kita memberi, makin banyak kita menerima.

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,855 bad guys.