Bijak Pada Diri Sendiri

Oleh : Arief Maulana

Tidur Untuk Kesehatan
Tidur Untuk Kesehatan

Sore ini, selepas melaksanakan tugas survey kapal saya mengistirahatkan sejenak tubuh yang lelah bersimbah keringat sembari membaca beberapa blog kawan lama yang juga lama sekali tidak saya kunjungi. Saya tertarik dengan salah satu tulisan Mas Lutvi Avandi yang judulnya, “Malam Itu Untuk Beristirahat, Bro!

Dia menyingsingkan pagi dan menjadikan malam untuk beristirahat, dan (menjadikan) matahari dan bulan untuk perhitungan. Itulah ketentuan Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. (QS. Al-An’am: 96)

Konsep ini sejalan dengan edukasi gaya hidup sehat yang sedang saya lakukan, bersamaan dengan bisnis distribusi makanan sehat Herbalife. Karena semua orang tentu ingin hidup sehat mengingat kesehatan adalah aset yang paling penting, namun paling sering diabaikan dan tidak disyukuri kebanyakan orang.

Saya suka berpesan sekaligus untuk mengingatkan diri sendiri ketika menyampaikan informasi tentang gaya hidup sehat, bahwasanya istirahat yang cukup itu penting. Saya senantiasa menyarankan kepada rekan-rekan untuk sebisa mungkin sudah tertidur pulas di antara jam 11 malam s/d 3 pagi. Kenapa? Karena ini ada hubungannya dengan proses regenerasi sel dan perbaikan-perbaikan yang dilakukan tubuh kita. Dan ini tidak bisa digantikan di siang hari.

Coba Anda bandingkan. 2 orang yang jam tidurnya sama. Yang satu tidur di malam hari dengan maksimal. Yang satu lagi, lebih suka begadang dan menghabiskan waktu tidurnya lebih banyak di siang hari. Meski jam tidurnya sama, biasanya kondisi tubuhnya lebih bugar yang menggunakan malamnya untuk tidur dan beristirahat. Maha Benar ALLAH, dengan segala FirmanNYA.

Sebagai bahan referensi, Anda juga bisa mencari buku “Staying Young” karangan dr. OZ yang mengulas tentang anti aging alami untuk memudakan usia sel kita, dimana di dalamnya dikupas juga pentingnya istirahat yang cukup.

Dan sedikit mendukung tulisan Mas Lutvi, saya juga pernah menulis tentang manfaat bangun pagi terkait dengan produktivitas kerja kita. Anda juga bisa membaca kembali, sekedar untuk menyegarkan ingatan.

Bagaimana Kalau Pekerjaan Saya Di Waktu Malam ?

Pertanyaan ini kerap saya dapatkan juga. Tapi saya hanya bisa menjawab bahwasanya semua itu kembali pada masing-masing orang. Itu tentang pilihan hidup atau pilihan pekerjaannya. Yang, jelas Anda sudah tahu konsekuensinya terhadap kesehatan Anda. Sebagai manusia, kita pun sudah diberi akal untuk berpikir dan memilih, tentu saja diiringi dengan kesiapan kita menerima konsekuensinya.

Di akhir saya ingin berpesan, sekaligus untuk diri saya sendiri. Bijaksanalah pada diri kita sendiri. Berikan hak tubuh untuk beristirahat. Karena menjaga pola hidup sehat adalah bagian dari upaya kita untuk mensyukuri nikmat yang diberikan oleh ALLAH dalam bentuk nikmat sehat. Dan percayalah, ketika hak tubuh untuk beristirahat kita ambil maka tubuh akan melakukan pemberontakannya sendiri. Mungkin tidak sekarang, saat Anda mampu menahannya. Tapi nanti ketika Anda sudah menjadi renta dan tidak sekuat dulu lagi.

Mari hidup lebih sehat. :)

  1. Pola hidup sehat memang mengatur segala sisi. Tidak hanya masalah mengatur pola makan saja, tp jg pola istirahat dll. utk yg belum terbiasa mungkin terkesan jd banyak aturannya, padahal fitrahnya memang harus begitu. Hanya perlu dibiasakan. Selanjutnya hidup akan bisa kita nikmati
    Blogger Bahagia recently posted..Tuliskan dan Cuek AjahMy Profile

  2. Betul mas, tidak terasa sekarang tapi pasti nanti saat usia kita sudah lanjut. Seperti saya sendiri 8 tahun lalu rutin berolahraga bulutangkis di malam hari sepekan 3 kali, pulang olahraga langsung mandi dan ini berlangsung selama 3 tahun, saat berhenti olahraga 2 tahun kedepan, tepatnya 3 tahun lalu saya kena paru paru basah. Semoga kita jadi sadar bahwa apapun itu yang kita lakukan pasti ada akibatnya.
    agus roma recently posted..Pengertian dan Kriteria Tanah TerlantarMy Profile

  3. betul mas, kita harus bijak dan menghargai diri sendiri. ada waktunya kita untuk beribadah, ada waktunya kita untuk bekerja, ada waktunya kita untuk istirahat…. dan kesemuanya sudah ditentukan waktunya.

    manusia punya siklus biologis yang bekerja secara otomatis.

    jika kita mengikuti siklus biologis tubuh, insyaallah tubuh akan sehat. tapi kalau siklus biologis tubuh dipaksa mengikuti keinginan kita, kebugaran dan kesehatan kita akan terganggu.

  4. Setelah begadang biasanya saya merasa lesu, kemungkinan karena kurang darah. Selain itu kadang-kadang juga terbawa mengantuk sepanjang hari. Kekurangan tidur di malam hari tidak dapat digantikan dengan tidur di siang hari. Untuk mengatasi rasa lesu itu saya justru berkegiatan. Tujuannya untuk memompa adrenalin sehingga rasa kantuk akan hilang dengan sendirinya.
    Sekadar melengkapi. Selain tidur dengan durasi yang cukup (sekitar 4 – 6 jam) tiap malam, sebaiknya juga jangan tidur di waktu subuh. Yaitu sejak terbitnya fajar shidiq hingga terbitnya matahari. Bagi yang sedang sakit sebaiknya berusaha tetap terjaga pada jam ini walaupun dalam posisi berbaring.
    Bang Dje recently posted..Mode: Adventure – ONMy Profile

  5. terimakasih nih pak arief buat artikel nasihatnya ini,, saya orangnya suka sekali dengan aktifitas browsing,cari info pa lg skrg dah punya blog ya sering sekali deh tidur larut malam, efeknya ya selama beberapa hari ini, sakit deh,, hehe,,,

  6. Setuju banget mas…Salah satu nikmat yang harus disyukuri adalah nikmat sehat…dengan sehat kita bisa beribadah dengan maksimal…apalagi ada perintah dari Allah SWT…sami’na wa atho’na…:sip:

  7. Informasi yang menarik, tidur memang salah satu rutinitas yg selalu harus kita lakukan untuk melepaskan lelah dan mengembalikan energi, saya pernah menonton video seminar kesehatan yg menyarankan agar tidur antara jam 9-10 malam dan sehari setidaknya tidur 7 jam…

  8. Masih muda dan kuat cari uang tanpa peduli kesehatan

    Setelah tua, uang yang terkumpul untuk kesehatan

    Kesehatan adalah ANUGRAH yang sangat berharga…jagalah !!

  9. bungsanjaya,com says:

    terimakasih pak sudah diingatkan,,dengan artikel yang sangat bagus sekali,, mari kita jaga kesehatan kita tidur awal dan bangun awal,,

  10. Saya sendiri lebih suka bekerja pada pagi hari ketimbang malam hari. Sebab, koneksi internet saya kalau malam itu lelet banget. Sebaliknya, kalau pagi, alhamdulillah lancar. Maklum, pakai modem dan paket internet yg cukup murah, hehe….

  11. Karena kebiasaan begadang dulu waktu awal2 belajar IM jdnya keterusan smp sekarang. Memang istirahat yg plg tepat adalah di malam hari dimana sel-sel yg rusak digantikan oleh sel2 yg baru. Jd mulai pelan2 deh ngerubah jam tayang yg sdh salah kaprah ini.

    • @Khasiat Kulit Manggis, kembali lagi pada motivasinya kerja untuk apa.

      Yang jauh lebih penting sebenarnya adalah apakah mbak menikmati pekerjaan yang baru itu. Karena ketika kita menikmati pekerjaan, rasa lelah pun terasa puas.

      Masih muda kok udah gampang capek. butuh nutrisi lengkap itu tubuhnya. Hehehe
      arief maulana recently posted..Life SignsMy Profile

  12. roedy_okta says:

    Istirahat untuk tubuh memang sangat diperlukan terutama jam tidur yang harus diperhatikan… jangan merasa kuat sehingga kita memaksakan diri u. beraktifitas malam…. buat saya begadang
    tidak masalah tetapi tidak harus rutin…. melainkan hari tertentu aja.. seperti begadang malam minggu… yang terpenting adalah menjaga kesehatan tubuh kita…. dengan perlakuan kita masing2:sliweran::sliweran::sliweran::puyeng:

    • @roedy_okta, yup. Saya pribadi pun tidak menafikan hal tersebut. Kadang tuntutan pekerjaan memaksa untuk begadang. Hanya saja saya juga mencoba agar tidak tiap hari begadang. bisa runyam soalnya siklus tidur. Hahaha
      arief maulana recently posted..Life SignsMy Profile

  13. Artikel yang memberikan pencerahan bijak akan diri sendiri sangat penting dan harus di praktekkan apa yang di tuangkan dalam artikel ini membantu merubah main set positive supaya menjadi manusia yang disiplin waktu, betul mas arief ?
    ibnu recently posted..Badut Lucu SurabayaMy Profile

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,719 bad guys.