Beranikah Anda Berinvestasi Untuk Sukses?

Oleh : Arief Maulana

Investasi Untuk Bisnis AndaJangan Takut Berinvestasi Bila Tujuannya Adalah Berkembangnya Bisnis Online Anda.

Pagi ini ketika sedang joging di GOR Sidoarjo, saya tiba-tiba teringat sebuah artikel yang pernah ditulis oleh Mas Hengky di blog lamanya, yang judulnya “Jangan Pelit Uang Untuk Ilmu”. Tulisannya singkat dan intinya adalah jangan pelit mengeluarkan uang untuk menambah ilmu demi perkembangan bisnis Anda. Disamping itu kemarin, saya juga baru beli dua buku cetak baru terkait masalah SEO dan Google Adsense for advance user.

Dari kedua peristiwa ini, seakan membawa ingatan saya ketika jaman pertama dulu gambling membeli panduan membangun bisnis internet (untung panduannya bagus). Dulu waktu hunting mencari panduan yang pas (karena banyak sekali penawaran di internet), salah satu pernyataan yang sering dikeluarkan kurang lebih adalah :  

”Saya sudah menghabiskan ribuan dollar / jutaan rupiah untuk belajar dan mendalami ilmu internet marketing. Dan sekarang Anda tidak perlu seperti saya, hanya dengan Rp.***.000,- Anda sudah bisa mendapatkan semua ilmu yang saya pelajari selama ini.”

Saya yakin, buat Anda para internet marketer juga pasti sering menemui kata-kata seperti itu. Betul? Kali ini yang akan saya soroti adalah dari segi investasinya.

Benarkah para pebisnis online menghabiskan uang sedemikian banyak? Jawabnya bisa ya, bisa tidak.

Yang menjawab tidak kemungkinan adalah para pebisnis yang kerjanya copy paste dan membajak produk orang lain. Silahkan dibuktikan sendiri (maaf ini bener-bener subjective dari benak saya).

Kenapa saya mengambil kesimpulan seperti itu?

Rekan-rekan, bisnis online memiliki satu karakteristik yang berbeda dengan bisnis konvensional. Di bisnis online perkembangan baik itu dari segi strategi, informasi, teknologi, dll. berjalan sangat cepat sekali.

Artinya kita sebagai internet marketer profesional dituntut bisa mengikuti arus perkembangan yang cepat tersebut. Bagaimana caranya? Dengan selalu berkembang dan mengupgrade kapabilitas atau kemampuan diri kita, baik itu dari segi wawasan ataupun kemampuan dari segi teknis. Anda dituntut untuk selalu berkembang dan up to date.

Dan agar bisa selalu up to date, akan selalu ada biaya investasi yang dikeluarkan. Entah itu untuk riset, trial error, beli script baru lagi, beli produk baru lagi, beli buku, dll.

Anda akan selalu mengeluarkan uang. Kalau ingin bisnis berkembang, maka uang yang Anda keluarkan pun akan semakin banyak. Ini berbanding lurus. Tapi sisi positifnya adalah ketika bisnis kita berhasil, tentu incomenya juga akan semakin besar.

Bagi yang sudah malang melintang di bisnis online saya kira tidak akan kaget. Mungkin kalau mereka membuka berapa aliran cashflow setiap bulannya, Anda bisa tambah shock. Sedangkan untuk Anda yang baru, paling tidak walaupun tidak seperti mereka, ini bisa memberikan gambaran bahwa akan selalu ada investasi yang harus Anda keluarkan secara rutin demi perkembangan bisnis Anda.

Ingat, bisnis seseorang tidak akan berkembang bila pebisnisnya enggan mengembangkan dirinya (kemampuan teknis dan non teknis, serta wawasan).

Kalau Anda bertanya darimana saya bisa mendapat uang sebanyak itu untuk investasi di bisnis online? Apa saya minta ortu? TIDAK. Urusan bisnis saya tidak pernah sama sekali melibatkan dana dari ortu. Bahkan kalau bisa uang kuliah saya bayar sendiri.

Terus uangnya darimana? Ingat hukum proses rekan-rekan. Tentu tidak semua pengeluaran di atas saya keluarkan dalam satu tempo waktu. Semuanya bertahap.

Ketika ada keuntungan masuk, maka saya sisihkan untuk 3 hal :

  • Investasikan lagi ke bisnis online
  • Untuk memenuhi kebutuhan have fun (biar gimana anak muda kan butuh have fun). Kebetulan have fun saya adalah koleksi buku-buku motivasi dan pengembangan diri. Kadang-kadang nonton juga, hehehe….
  • Sisihkan sebagian untuk mereka yang membutuhkan. Ingat, di sebagian penghasilan kita, ada hak orang lain yang mesti kita keluarkan. Jangan sampai Allah menutup pintu rahmat gara-gara kita pelit dan tidak mau berbagi. Ini salah satu faktor yang saya rasakan bikin bisnis jadi lancar.

Dan akhirnya semua itu terbayar. Tercover dari pendapatan affiliate marketing saya. Ya, belum bisa dibilang sukses sih, masih terlalu jauh. Perjalanan saya menuju sukses masih sangat panjang. Income belum rutin. Tapi untuk sekedar tabungan, ada peningkatan lah.

Jadi sekali lagi saya mengingatkan, jangan pernah takut untuk berinvestasi bila memang dengan cara itu bisnis Anda bisa terus berkembang. Dan bagi rekan-rekan yang lebih sukses dari saya, bisa sharing bagaimana pengalamannya. Saya juga butuh belajar dari Anda semua.

Maaf bila postingnya terlalu panjang. Semoga jerih payah mata Anda membaca posting ini bisa terbayar. Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat.

Salam Sukses,
Photobucket
space

  1. Hmm…..di bisnis online ini kita harus pasang target Mas. Dan untuk mencapai target itu, perlu yang namanya perencanaaa, bahkan perlu modal investasi. Jangan takut untuk investasi kalau kita sudah yakin kalau bisnis itu jalan. Tentunya tetap berdoa yach mas. Manusia khan hanya berencana.
    Namun kalau saya dalam bisnis online ini, penghasilan yg masih dikit saya investkan lagi lho mas. Sudah BEP sech, tapi karena saya yakin bakal berkembang. Maka saya invest lagi aja, toh saya belum butuh uang bgt. Hasilnya bisnis affiliatenya lebih berkembang. Hehe.. Thanks udah kasih tulisan yang sangat memtivasi. Keep Action

    • Seep. Jadi ingat pepatah pebisnis cina. "Siap hidup prihatin hingga benar-benar passive income". Artinya adalah income yang ada, walau jumlahnya kecil, jangan langsung diorientasikan untuk have fun.

      Ada baiknya menunda kesenangan sesaat demi kemajuan dan perkembangan bisnisnya.

  2. yups, bener sekali mas, jangan takut berinvestasi dibisnis online, semakin banyak uang yang kita keluarkan, maka kita akan merasa bertanggungjawab akan uang tersebut, maksudny jangan samapi sia-sia belaka investasinya.hehehe

    salam sukses

  3. satriyo yudiarto says:

    Ada 3 hal untuk bisa lebih sukses mas…
    1. Kendaraan Yang Tepat
    2. Komunitas yang hebat
    3. Pelatih yang Luar biasa

    Temukan ketiganya hanya di…..

  4. Sharing ya Mas Arief..Berdasar pengalaman, besar investasi biasanya berbanding lurus dengan hasil yang diterima. Setelah saya investasi untuk blogging, penghasilan langsung meningkat pesat.
    Lebih dari itu, ada kebahagiaan tersendiri yang tak bisa diukur dengan materi. Bisa sering ngobrol dengan Mas Arief dan teman-teman lainnya. Jadi tambah teman dan jaringan.

    • Pak Joko, saya mau bilang kalau investasi 200.000 untuk SMUO itu lebih tepat untuk membayar materi yang anda tulis di blog anda… karena bobotnya jauh lebih bagus daripada produk..

      saya tetap kagum dengan SMUO dan ebooknya, tapi jelas2 sebenarnya anda sudah berbagi ilmu ribuan kali lebih banyak lewat tulisan anda, dan ini tidak disadari oleh para pengunjung..

    • Wah…. master komennya singkat dan padat… betul mas joko, salam kenal di blog ini. yang paling mengesankan adalah punya kebahagiaan tersendiri.. uang bisa di cari tapi kebahagian dari blog sulit ditemukan.
      intinya cari ilmu setiap hari, penghasilan bisa mengikuti…
      trims mas arif.. blog ini bisa jadi media fasilitator…

  5. betul mas perdana mentri singapura pernah bilan "SENJATANYA ORANG SINGAPUR ADALAH OTAK" jadi tepat investasi yang tidak akan pernah rugi ya untuk knowladge kita….saya juga sejak 2004 aktip ikut seminar NLP,S-EFT,FIREWOKS,MAIN MAP,BAHKAN SEMINARNYA PA TUNG sudah saya ikuti sampai 20 kali nah….untuk internet marketing baru 3 bulan mas…ada saran buat blog tradisional saya ? ..eh…jangan lupa "jurus anti stress" ada di sebelah..

  6. Agung Jatnika says:

    Wah buka bukaan nih mas Arief…Saya kira pulsa harus dimasukin juga tuh untuk follow up calon members dan akhirnya tetap menjalin ikatan dgn member. Berinvestasi lewat ilmu tidak harus mendapat BEP dgn cepat…Tetapi justru utk jangka waktu yang lama…mungkin hal ini yang sering tidak kita sadari…

    Salam…

  7. Tukang Sound System says:

    Investasi untuk bisnis di Internet kaya main judi mickey mouse. Makin kalah makin nafsu keluarin duit lagi nah kalau Bisnis Internet makin dapetin uang makin nafsu kita berinvestasi buat belajar lagi…tapi ngomong2 mas Arief suka Joging neeh….waduh mas mending ga usah lah, ntar nambah kurusan kan ga keliatan kaya bos gitu….he…he…he…

  8. Investasi untuk sukses? Setuju nih, kalau kita mau belajar sesuatu harus berani investasi, baik dari segi waktu maupun uang.
    Cara tercepat untuk belajar adalah dengan berguru pada yang sudah ahli. Tapi bukan berarti begitu semua rahasia dibeberkan, langsung kita bisa jadi ahli dalam sekejab, terlebih bila kita masih pemula, ilmu yang kita pelajari masih baru. Selalu perlu perjalanan dan perjuangan menuju sukses.
    Mending investasi secara bertahap, sesuai kemampuan kita dalam menyerap ilmu. Biar hasilnya lebih maksimal. Wah kok kesannya jadi menggurui ya…Salam sukses.

    • arief maulana says:

      @Yusi, bener mbak. Step by step namun penuh kepastian. Jadi ingat kata seorang motivator di kampus…

      Berjalanlah dengan tenang karena Allah…! :uhuk:

  9. Oh tentu berani mas, berinvestasi apalagi untuk sukses. Tapi menurut dosenku dulu (sekarang kuliah sdh selesai sih). Dalam berivestasi kita juga harus berfikir secara konservatif, artinya tidak hanya profit yang kita harapkan. Tetapi kita juga harus siap menanggung kerugian. nah disinilah dibutuhkan kemampuan kita, bagaimana mengoptimalkan profit dan bagaimana meminimalkan rugi sekecil mungkin.

    Oy ya mas, saya ada posting baru, kunjungin yah.

  10. Bambang Nugroho says:

    benar juga mas Hengky, apalagi saya yg jauh diperantauan pingin gaul dgn yg udah bisa cari uang di rumah harus ngerogoh 20$ per 200 menit,tapi ga apa2, yg penting saya dah tahu mas Joko, mas Arif,mas Hengki ,mas Davit bu Ane Ahira dan laen-laen yg dah ngeraup dollar ga perlu pakai datang ke AMRIK….
    Salam sukses Mas Arief atas artikelnya…

  11. Sepakat mbak yusi. Investasinya memang harus bertahap. Dengan demikian, tidak terjadi overload ilmu dan informasi.

    Saya memang pantas belajar dari mbak kok. Kan mbak masih survive kursus sama Ahira, hehehe…

    • Kita sama-sama belajar aja deh, saling tukar info. Ada topik yang Arief jauh lebih tahu, ada yang saya menang karena ikut kursus. Buku yang kita baca pun ada yang sama, ada yang berbeda. Tidak ada orang yang sempurna khan… Lebih enak kalau punya teman untuk berbagi.

  12. He..he mas arief buka-bukaan nih.. bagus untuk referensi para pemula. Memang benar secara umum buku yang dibeli tentu lebih berkualitas daripada free dan itu sangat membantu meningkatkan kemampuan kita dengan cepat.

    Blog Bisnis Online

    • Mau yang gratisan sih sebenarnya ngga apa-apa mas. Cuma jangan terlalu berlebihan. Ada kalanya kita perlu sesuatu yang mengorbankan sesuatu pula.

      Dengan demikian, hidup jadi lebih hidup.

  13. tul…no pain, no gain. thanx dah buka kartu. paling tidak saya jadi tau, Mas Arief menjadi seperti ini jalannya lewat mana saja. btw sorry Mas. pe-ernya belum kegarap. lagi kejar tayang neeh…….

  14. Salam kenal mas, saya sangat terkesan dengan sharing-nya, saya malah belom jadi-jadi mas. smoga jadi inspirasi nich, trims mas ya. Maaf, templatenya bagus banget, boleh tahu mas, templatenya dibeli ato apa ada yang free seperti ini. eh…jadi malu nich.

  15. Met sore mas,
    Uang memang ga bisa jadi ukuran, jer basuki mowo beyo, tapi kalu memperkirakan ga salah kan mas, kali aja ntar kantongnya tipis jadi sambil jalan sambil action juga bisa beli domain juga sewa hosting, piye mas bukan mau gratisan terus sih, tapi pinginya juga yg berbayar. jan lupa sarannya ya

  16. Mohammad Aspuri Hz says:

    Berinvestasi untuk sukses?, jangan pelit untuk ilmu ?, SIAPA TAKUT, wah kalau saya baca tulisannya Arief ini saya teringat waktu muda dulu waktu seusia Arief apalagi dengan itung-itungannya itu,sekarang jadi tambah satu tempat "diskusi" saya, rutinnya saya dengan kelima anak2 saya, yang satu dan lainnya punya kekurangan dan kelebihan, anak nomor dua Ade Shidhqi/sidhqi@yahoo.com dia rajin kirim emailnya kesaya dia lagi belajar Marketing di UPH, dia alumni FE Gunadarma, baru delapan bulan kemaren sepulang haji dikaruniai anak Kemal Sidhqi Andrea yang dia nungguin lima tahun, ini cucu saya yang ke empat. Salut dan doa saya untuk Arief saya senang dan bangga dengan anak muda yang penuh semangat menyongsong masa depan yang cerah Insya Allah.

  17. Pingback: Trik Alami Posting Agar Dibanjiri Komentar - Bagi Blogger Pemula » Penulis Blog | wp.com
  18. Bambang Nugroho says:

    hallo, mas Hengky… iam not living in the US state,but only visiting,cause i work at on board the vessel,cruise line,sometime in us area and sometime in europan,so just visit me online.but thanks you for your reply,my best regard for mas Arief,

  19. he….., melankolis dapatnya melankolis juga. saya lagi belajar agak plegmatis. biar damai. koleris dah ada dari sononya. sanguinis, belajar kali ya… biar bisa ketawa terus………..

  20. arif_motivator says:

    Investasi yang terutama adalah belajar dan belajar terus agar sukses selalu menyertai kita! betul tidak?
    Salam Sukses Selalu mas Arief!

    Portal Motivasi Sukses Blast Your Potential to Success

  21. luar biasa! rasanya semua yg akan saya katakan sudah terwakili oleh semangat rekan-rekan disini.

    salam sukses Open Your Oppurtunity

  22. rekanbisnisku says:

    investasi untuk sukses dengan penuh perhitungan dan pertimbangan

    mas arief, jujur aja saya sering online seperti ini karena ingin untuk investasi
    dari leher keatas.

    n saya dapatkan dengan cara tanpa bayar.
    (buat ngambil pesenan dari mas arief aja belum ke kumpul2 uangx)

    siang nyari2 waktu ngenet di kantor (dengan income yang puaspuasan)
    malam nyari2 gratisan yang di fasilitasi saudara saya

    saya pastinya bertanya kepada orang yang tepat
    tolong bantu saya di postingan yang baru
    tentang

    kerja keras
    or
    kerja cerdas

    tengs ya

    maaf malam2 ganggu

  23. ehm emang bener sich ilmu itu mahal harganya jadi investasi emang perlu selain investasi uang juga harus investasi waktu, cuma kadang kesel banget kan kalau udah investasi trus hasilnya gak dapet-dapet :-(

    • Itu adalah proses pembelajaran hidup mbak.
      Ada kalanya sukses dan ada kalanya gagal.

      Jangan langsung grujukan investasinya. Setahap demi setahap aja. Investasi satu dulu. Balik modal dan udah untung dikit, pake lagi invest yang lain untuk memperbesar aset.

      Btw, saya main ke blognya kok ngga bisa kasih komentar ya? Dan saya salut ternyata ada satu lagi neeh murid ahira yang main kesini selain mbak yusi!

  24. sayang saya belum bisa berinvestasi waktu secara total, karena kalo sudah mengeluarkan investasi uang secara otomatis harus berinvestasi waktu juga. dan insyaAllah mas arif akan sukses karena berani investai uang dan waktu… makasih tas artikelnya…

    • arief maulana says:

      @Tri Agung, Kalau mau tukeran link tolong diingetkan lagi di shout mix.

      Saat ini belum sempet ubek2 admin area, masih direpotkan urusan kantor.

      Saya kebetulan juga ada tanggungan pending link exchange kok.

    • arief maulana says:

      @Tri Agung, Nanti deh… tak balesi via email, sekalian alasan kenapa mas perlu berinvestasi di bisnis yang saya rekomendasikan.

  25. Pingback: Kenapa Anda Takut Berinvestasi |  Fadly Muin.Com
  26. Pingback: Jangan Jadi Pebisnis | ARIEF MAULANA .com
  27. Pingback: Rahasia Bisnis Rasulullah | ARIEF MAULANA - The Next Success Leader
  28. Pingback: 5 Cara Supaya Rajin Menulis Blog
  29. Pingback: Bisnis: Jangan Ragu Untuk Maju

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,671 bad guys.