Belajar Menjual Dari Sales Mobil Mewah

Oleh : Arief Maulana

BMW Limited Edition

BMW Limited Edition

Sebelumnya saya minta maaf dulu pada Anda semua yang menunggu terlalu lama untuk sharing lanjutan materi dari Mr. Fernando Nani Rancel, Chairman’s Club from Venezuela yang saya dapatkan di event Indonesia Spectaculars 2012 kemarin.

Saya ingat di salah satu sesi, Mr. Nani mengambil salah satu teknik menjual yang biasa dilakukan oleh para sales mobil mewah. Kita bicara tentang mobil yang benar-benar mewah. Tidak hanya sekedar Mercedez Benz, BMW, ataupun Audi atau brand apapun. Kita bicara mobil mewah yang memiliki harga minimal di atas 1 Milyar.

Apakah susah menjual mobil mewah yang sangat berkelas dan tingkat kenyamanannya sudah tidak diragukan lagi? Belum lagi dengan prestis yang didapatkan ketika memiliki mobil tersebut. Saya kira siapapun orangnya, akan menjawab susah. Tapi saya kira itu akan sepadan dengan apa yang didapatkan, ketika deal pembelian terjadi. 

High Value of The Product

Mobil mewah yang sedang kita bahas saat ini tentunya adalah sebuah produk yang memiliki nilai tinggi atau high value. Tentu saja cara menjualnya tidak bisa sembarangan seperti kita menjual obat di pinggir jalan. Kelas dan pangsa pasarnya sudah berbeda. Diperlukan sikap yang berbeda pula. Tidak asal “ngecap”.

Pertanyaannya sekarang adalah apakah produk yang Anda jual saat ini memiliki nilai yang tinggi? Menjadi kebutuhan banyak orang? Atau paling tidak Anda bisa melempar sebuah wacana bahwasanya semua orang membutuhkan produk Anda yang sangat bernilai tersebut.

Jika iya, maka selamat. Anda sudah selangkah lebih maju. Bila belum, masih ada kesempatan untuk menumbuhkan nilai tambah (added value) pada produk yang Anda pasarkan.  Namun tidak cukup hanya dengan produk yang bernilai tinggi, walau pun ini adalah dasarnya.

high value of product

high value of product

Saya jadi teringat bagaimana awal tahun kemarin, alhamdulillah, berhasil memasarkan produk senilai 40 juta. Kalau bukan karena produknya yang bagus, bernilai tinggi, dan dibutuhkan banyak orang sulit mungkin mendapatkan deal sebesar itu.

The Attitude and Mindset of Marketer

Produk berkualitas sudah Anda miliki. Sekarang, bagaimana Anda menjualnya. Sebuah produk berkelas dan istimewa, bila dipasarkan dengan cara yang salah akan membuatnya kehilangan nilai dan keistimewaan tersebut. Kalau Anda sudah menyadari betapa bernilai dan istimewa produk yang Anda jual, atau Anda adalah partner  dari perusahaan besar yang memproduksi produk tersebut, saya yakin Anda tidak akan bersikap seperti penjual obat di pinggir jalan.

Seorang penjual mobil mewah, ketika ada pelanggan yang datang ke showroom, tidak akan langsung membombardir calon pelanggan dengan sejuta promosi fitur dari mobil mewah tersebut. Ia akan mengajak pelanggan ini berbicara dari hati ke hati. Menggali, mobil apa yang sedang dibutuhkan oleh calon pelanggannya. Ia bertindak sebagai seorang teman, sekaligus konsultan bagi calon pelanggannya.

High Class Marketer

Setiap pelanggan memiliki kebutuhan yang berbeda. Seorang penjual profesional, tahu akan hal tersebut. Itulah kenapa yang ditonjolkan oleh mereka manfaat. Anda akan bisa mengetahui apakah produk Anda bermanfaat atau tidak bagi pelanggan BILA Anda sudah menggali apa yang menjadi kebutuhan mereka. Jadilah pembawa pesan ketika memasarkan produk, sampaikan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan calon pelanggan, jangan fitur-fiturnya belaka.

Pada saat Anda berkomunikasi dengan calon pelanggan, apakah Anda terlalu banyak bicara? Bagaimana sikap atau pembawaan diri Anda ketika berbicara? Intonasi, nada suara, ataupun bahasa tubuh yang Anda gunakan. Ini berpengaruh. Ketika Anda menyadari betapa istimewanya produk yang Anda pasarkan, mestinya Anda bisa bersikap seakan-akan berada satu level di atas pelanggan Anda.

Masih ingat tulisan saya tentang peranan penjual, pembeli dan hukum statistik? Tugas utama penjual adalah menyampaikan informasi, dan itu berupa manfaat dari produknya ataupun hal-hal terkait dengan produk yang dipasarkan dengan penyesuaian kepada siapa informasi itu disampaikan.

Bagaimana melakukan penyesuaian agar yang disampaikan bisa pas, tentu saja dengan cara mengajak calon pelanggan Anda berbicara baik-baik dan menggali apa yang menjadi kebutuhan sekaligus solusi atas permasalah mereka. Ketika kita mampu menjadi “jembatan”, percayalah deal itu akan terjadi. Sayangnya lagi-lagi untuk memiliki kemampuan seperti ini, butuh jam terbang. Mencoba dan terus mencoba, itu kuncinya. Mudah karena biasa, bukan begitu? Karena keberhasilan menjual ataupun keberhasilan di bidang apapun tidak ada hubungannya dengan bakat.

Selain itu, apakah niat Anda ketika menyampaikan informasi kepada calon pelanggan? Menghasilkan penjualan ataukah membantu mereka? Niat yang ada di pikiran akan mempengaruhi ucapan dan tindakan kita. Ini dengan mudah terbaca melalui bahasa tubuh kita. Kalau dari awal yang kita pikirkan hanya “Ayo, kamu harus beli! Biar saya untung!” maka jangan kecewa bila yang terjadi hanyalah kegagalan menjual.

http://o.aolcdn.com/os/autos/photos/people/consumer-car-dealer-salesman-people-614nm-062910.j

sharing, not selling

Sebaliknya, bila niat membantu akan berbeda hasilnya. Setidaknya bila memang tidak terjadi penjualan kita sudah membantu mereka dengan memberikan informasi yang bermanfaat sekaligus berinvestasi jangka panjang dengan sikap ramah kita. Percaya atau tidak itu terjadi dan saya mengalaminya sendiri. Tidak perlu saya ceritakan disini ya, biar tulisan ini tidak terlalu panjang. Cukup saya share dengan rekan-rekan yang sempat bertemu langsung. :D

Sudah terlalu panjang yang saya tulis, waktunya Anda praktekkan. Semoga bermanfaat.

76 Responses to Belajar Menjual Dari Sales Mobil Mewah

  • Mau saya bantu tampil menarik dan berduit??? :hihi:
    Fenny Ferawati recently posted..Jatuh cinta dalam 99 Hari …My Profile

    arief maulana Reply:

    @Fenny Ferawati, No Thanx. Udah keren, menarik, dan berduit. Hahahaha…. *Pede tingkat dewa*
    arief maulana recently posted..Belajar Menjual Dari Sales Mobil MewahMy Profile

  • Menjual barang mahal memang butuh keahlian tambahan..
    Thanks mas… Artikelnya bermanfaat banget

    arief maulana Reply:

    @indra kurniawan, tapi ilmunya bisa dipraktekkan tidak hanya untuk barang mahal.

    Barang biasa pun, ketika kita bisa menunjukkan high valuenya bisa menggunakan strategi yang sama.
    arief maulana recently posted..Belajar Menjual Dari Sales Mobil MewahMy Profile

  • jadi apakah intinnya tergantung dari sales skil kita atau produknya….

    kalau produk kita tidak menjawab kebutuhan pasar, apakah kita harus ganti produk??

    n pertanyaan penting…
    msh di tg.priok ga mas??
    :)
    radan stromer recently posted..Karisma dan WibawaMy Profile

    arief maulana Reply:

    @radan stromer, dua-duanya.

    Kalau produk tidak menjawab kebutuhan pasar, saya akan bertanya bagaimana riset produk dilakukan?

    Kalau tidak bisa menjawab, kenapa harus bertahan? Kecuali bisa memunculkan wacana sehingga yg tadinya tidak dibutuhkan menjadi “seolah-olah” penting dan dibutuhkan.

    Sementara ini masih di Tg.Priok sambil menunggu kabar lebih lanjut.
    arief maulana recently posted..Belajar Menjual Dari Sales Mobil MewahMy Profile

  • Franky T says:

    Cara seperti ini yang harus terus dikembangkan dalam menjual sebuah produk. Karena bila pelanggan merasa dia mendapatkan manfaat yang lebih dari pesan yang kita sampaikan tentang produk tersebut pasti terjadi transaksi. Saya juga menjual beberapa produk fisik secara online dan dengan memberi value yang lebih selalu terjadi transaksi. Thx Mas Arief. GBU.

    arief maulana Reply:

    @Franky T, wah mantab pak Franky. Sepertinya saya juga perlu belajar dari Anda
    arief maulana recently posted..Belajar Menjual Dari Sales Mobil MewahMy Profile

  • Betul sekali mas arief. Saya suka sekali dengan istilah “High Class Marketer”. Sudah pasti caranya berbeda, ibarat menembak, sang high class marketer mencoba membidik dengan 1 kali tembak. Oleh karena itu membidiknya pun lama… Thanks mas telah berbagi motivasi
    Syarif Winata recently posted..Cara Memberi Format Cell Otomatis Sesuai Dengan Isi Cell Pada Ms ExcelMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Syarif Winata, ah analogi yang sama Pak Syarif dengan yg diajarkan oleh mentor kita.

    Snipper tentu berbeda dengan tentara biasa yang menghabiskan banyak peluru (resource) untuk mencapai tujuannya.

    Snipper lebih efektif. Resource sedikit, hasil maksimal.
    arief maulana recently posted..Belajar Menjual Dari Sales Mobil MewahMy Profile

  • dani wibawa says:

    :nangis: artikelnya makin HOt aja mas…Gak tahu harus berkata apa, saya baru sadar “pembawa pesan ketika memasarkan produk” itu memang harus saya miliki khususnya dan kita semua kalau mau nilai jual kita naik dan punya nilai manfaat lainnya, GOOD JOB mas SUKSES untuk anda.
    dani wibawa recently posted..BLAKBLAKANMy Profile

    arief maulana Reply:

    @dani wibawa, kalau memasarkan dengan mindset pembawa pesan, bebannya jadi berkurang. Tidak terbebani berapa harus menjual.

    Tugas utama : menyampaikan informasi. Simpel kan.
    arief maulana recently posted..Belajar Menjual Dari Sales Mobil MewahMy Profile

  • john says:

    terima kasih mas atas tulisan yang membuka wawasan berjualan..dan kita siap belajar lebih lagi untuk berjualan,cara berkata-kata yang mengerti kebutuhan seorang pelanggan atau pembeli :sip:

    arief maulana Reply:

    @john, sama-sama Pak John. Terima kasih sudah mampir ke blog saya
    arief maulana recently posted..Belajar Menjual Dari Sales Mobil MewahMy Profile

  • Dimas AM says:

    Jadi makin menarik aja artikel untuk dibaca apalagi di sharing. Saya malah jadi tambah paham terhadap bisnis tersebut.
    terima kasih.

    arief maulana Reply:

    @Dimas AM, sip. Senang rasanya kalau tulisan yang sedikit ini bermanfaat
    arief maulana recently posted..Belajar Menjual Dari Sales Mobil MewahMy Profile

  • Nilai produk dan cara menjual harus menjadi sangat penting ya mas. Alhamdulillah dapat ilmu lagi dari blog ini. Makasih mas Arief. Barakallah fiika.
    Toko Sepatu Futsal recently posted..Sepatu Sepakbola Adinova IV TRX FG Black/SilverMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Toko Sepatu Futsal, benar sekali Pak. Nilai produk ini lah yang akan menjadi suatu pembeda dengan produk-produk sebidang dari kompetitor kita
    arief maulana recently posted..Belajar Menjual Dari Sales Mobil MewahMy Profile

  • mantaf….. betul sekali mas, yang penting kita sudah memberikan informasi yang bermanfaat dan bersikap ramah. Kalaupun ada rezeki yang mampir, sesungguhnya karena Allah menganggap bahwa kita memang pantas mendapatkannya…..
    Blogger Bahagia recently posted..Rezeki Tak Akan Pernah Salah AlamatMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Blogger Bahagia, inilah yang aku mesti banyak belajar dari Mas Octa
    arief maulana recently posted..Belajar Menjual Dari Sales Mobil MewahMy Profile

  • Yuga Eko says:

    seperti apa yang sering dilakukan guru saya waktu bernegosiasi, yang dilakukan cuma ceritaaaaaaa, aja, ntah apa yang disampaikan yang jelas memberi nilai lebih baik kepada si penjual, ataupun barang yang dijual.. not selling, but sharing.. :sip:
    Yuga Eko recently posted..Tentang Public Speaking MagicallyMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Yuga Eko, dan ini butuh jam terbang. Tapi kalau tidak praktek, ya tidak terasah jadinya
    arief maulana recently posted..Belajar Menjual Dari Sales Mobil MewahMy Profile

  • trisna says:

    Betul mas, walau punya barang berkualitas tp salah dalam cara penjualannya justru bisa bikin pelanggan ngacir. Pelanggan belum tentu akan membeli pada kedatangan pertama, tp dengan dibekali informasi tentang produk, tidak mustahil pelanggan itu akan datang lagi dan akhirnya membeli produk tersebut.

    arief maulana Reply:

    @trisna, itulah yang saya maksudkan dengan investasi jangka panjang.

    Orang belum beli sekarng, tentu ada alasan. Mungkin saja dia sedang ada prioritas.

    Seharusnya kita sebagai penjual mengerti akan hal ini. Mengerti kebutuhan mereka juga. Jangan hanya mementingkan diri sendiri, asal barang terjual.
    arief maulana recently posted..Belajar Menjual Dari Sales Mobil MewahMy Profile

  • Ditter says:

    Wew, panjang juga ya tulisan kali ini, hehe….

    Lumayan, nambah ilmu. Saatnya praktik :-)
    Ditter recently posted..Iklan Lowongan PekerjaanMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Ditter, hahaha… maafkeun. Sudah tak edit padahal. aslinya malah lebih panjang.
    arief maulana recently posted..Belajar Menjual Dari Sales Mobil MewahMy Profile

  • Kaget says:

    Kebanyakan sales2 mobil cuma mengejar target. bahkan mobil yang boros dikatakan paling bagus, padahal tak sesuai karakteristik yang dicari pelanggan.
    Ya intinya,… sales takut tak jadi beli dan minggat ke kompetitor:merokok:
    Kaget recently posted..Ketika Sandal Tak DiperlukanMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Kaget, padahal kalau pelayanan bagus, boleh jadi pelanggan tadi datang kembali ke kita.

    Atau merekomendasikan ke orang lain untuk membeli lewat kita.
    arief maulana recently posted..Sepenggal Kisah Kalung EmasMy Profile

  • Bungsanjaya says:

    alhamdulilah tambah wawasan lagi,, saya tunggu postingan selanjutnya pak arief maulana, ,,…:matabelo::matabelo::matabelo::matabelo::matabelo::matabelo::matabelo:

    arief maulana Reply:

    @Bungsanjaya, sudah ada yang baru kok Pak :)
    arief maulana recently posted..Sepenggal Kisah Kalung EmasMy Profile

  • web sekolah says:

    Sama seperti berdagang konvensional. Membutuhkan kesabaran dan kegigihan. Sukses secara instan itu semu. sukses selalu untuk mas arief

    arief maulana Reply:

    @web sekolah, betul sekali. Namun mempercepat prosesnya bukan lah hal yang mustahil. :)
    arief maulana recently posted..Sepenggal Kisah Kalung EmasMy Profile

  • sigit says:

    luar biasa mas,.sangt bermanfaat,..di tunggu artikel selanjutnya,..

    arief maulana Reply:

    @sigit, terima kasih
    arief maulana recently posted..Sepenggal Kisah Kalung EmasMy Profile

  • yap,,semoga punya saya udah memenuhi beberapa,,hehe,,seperti orang membutuhkan produk yang kita jual,,pelayanan yang ramah dan menyenangkan yang membuat orang tertarik juga,,heheterima kasih mas.

    arief maulana Reply:

    @Cara Mengobati Maag Secara Tradisional, sip
    arief maulana recently posted..Sepenggal Kisah Kalung EmasMy Profile

  • M.Boy says:

    Amazing Artikel For The Best Internet Marketers…….

    arief maulana Reply:

    @M.Boy, and a good reader of course ;)
    arief maulana recently posted..Sepenggal Kisah Kalung EmasMy Profile

  • baju batik says:

    Jika saya perhatikan semua orang-orang yang mempunyai perusahaan besar, tidak ada yang tujuan utamanya uang . melainkan manfaat, manfaat dan manfaat.

    arief maulana Reply:

    @baju batik, karena mereka sudah sadar pak. Ketika yang diberikan atau difokuskan adalah manfaat maka uang akan datang dengan sendirinya
    arief maulana recently posted..Sepenggal Kisah Kalung EmasMy Profile

  • “produk anda mahal ya ?!”…. “ya, tentu saja !…. dan yang luar biasa adalah justru inilah daya tariknya”

    arief maulana Reply:

    @joko disini saja, “tentu saja, karena produk kita bukan produk murahan.”
    arief maulana recently posted..Sepenggal Kisah Kalung EmasMy Profile

  • Pingback: Praktek Tak Semudah Teori | ARIEF MAULANA.com

  • wah, saya bingung mau bilang apa ya. Artikelnya manteps banget. Tpi Saya belum bisa praktek2 nih mas. Ga bisa2 klo ga praktek kan??Rasanya kok susah banget ya memulai suatu pekerjaan yg baru…Udh mulai trus g bisa konsisten. wah tambah Kebangeten….
    Muhamad Malkan recently posted..Dinamika NarsismeMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Muhamad Malkan, aku kira masalah yang sama dengan orang kebanyakan. Memulai sesuai yang baru emang berat.

    Tapi kalau sudah berjalan, bisa lebih enak nantinya. Apalagi kalau sudah menuai hasil.
    arief maulana recently posted..Teorinya Mudah, Tapi Prakteknya?My Profile

  • Ricko Wahyudi says:

    mantap sekali.. very useful. Saya suka bagian mindset dalam menjual: niat membantu atau niat belilah produk saya!..
    Ricko Wahyudi recently posted..Suami For SaleMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Ricko Wahyudi, yap. Kalau niat membantu, biasanya peluang dealnya lebih besar.
    arief maulana recently posted..Teorinya Mudah, Tapi Prakteknya?My Profile

  • beavj says:

    Luar Biasa Benar benar mastah yg hebat,saatnya praktek.
    beavj recently posted..Cara Penggunaan Produk Herbalife Untuk Penurun Berat BadanMy Profile

    arief maulana Reply:

    @beavj, :sip:
    arief maulana recently posted..Anak Kecil Di Jalur Kereta ApiMy Profile

  • Joko says:

    Terima Kasih mas Arif, Isi web ini sangat bermanfaat & semoga bisa menjadi motifator bagi saya dalam berbisnis. :sip:
    Joko recently posted..BerandaMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Joko, amin… semoga pembaca yg lain juga demikian.
    arief maulana recently posted..Anak Kecil Di Jalur Kereta ApiMy Profile

  • yonobae says:

    ulasan yang bagus Mas, sangat informatif dan bermanfaat buat calon penjual yang sukses,,terimakasih atas infonya,,

    arief maulana Reply:

    @yonobae, terima kasih
    arief maulana recently posted..Anak Kecil Di Jalur Kereta ApiMy Profile

  • dedy wahyudi says:

    salam kenal mas,mas saya kan baru bergabung menjadi sales mobil merk nissan,,yg sy mau tanya bgmn yah mas cara menjual mobil yg banyak,dan menjadi sales mobil yg profesional?thx

    arief maulana Reply:

    @dedy wahyudi, ini yang bertanya melalui email bukan. Sudah saya jawab yah. Trims
    arief maulana recently posted..Life SignsMy Profile

  • viheri goodguy says:

    Salam kenal mas. Saya juga minta diforward jawaban untuk mas dedy wahyudi dong mas…
    “salam kenal mas,mas saya kan baru bergabung menjadi sales mobil merk nissan,,yg sy mau tanya bgmn yah mas cara menjual mobil yg banyak,dan menjadi sales mobil yg profesional?thx”

    tp saya bukan dari nissan, dari merk lain. hehe

    Thank You mas :)

  • Ilmunya sangat bermanfaat, tidak teoritis tapi applicable. thx mas atas ilmunya. saya suka istilah “sharing not selling”-nya hehe

    arief maulana Reply:

    @muhammad dian irfan, karena saya juga suka yg praktis dan applicable.

  • Ade Sujana says:

    terimakasih mas arief atas inputnya…!!
    menjadi salesman mobil merupakan pilihan saya untuk memulai karir saya, semoga dapat menjadi jalan yang membawa kepada kesuksesan. Amin
    Ade Sujana Bandung (082117532727)

    arief maulana Reply:

    @Ade Sujana, semoga sukses dan bisa menjual banyak mobil mas. :)

  • ilham says:

    maaf bos , ane baru mau jadi sales mobil,tp ane kurang cara komunikasinya alias gaptek soal sales.punya tip dan trik gak!tankz ya bos

    arief maulana Reply:

    @Ilham, segera cari informasi seminar bagaimana menjadi sales yang baik, di kota Anda. Disana akan diajarkan trik dan tipsnya yang lebih mendetail.

  • Raditya Izyar M says:

    Menurut parameter saya, sales sejati adalah :
    1. Sales yang berhasil menjual dengan harga yang mahal.
    2. Selalu mencapai target penjualan dari segala macam produk (low class, middle class dan high class) meskipun dari brand yang kurang dikenal.
    3. Jarang menerima komplain dari sisi pelayanan.
    4. Sukses menjadi problem solver bagi customer.
    Sekian dari saya, Salam 1 hati..
    Wassalam..

    arief maulana Reply:

    @Raditya Izyar M, terima kasih untuk tambahannya. ;)

  • mas bagaimana cara menghilangkan rasa takut dan malu terhadap diri kita?? thax..

    arief maulana Reply:

    @chandra permana, cara mengatasi rasa takut ya melakukan apa yg kita takuti. Coba baca buku “Berpikir dan Berjiwa Besar” karya David J.S

  • sandra says:

    thx gan..pas aku memang lagi punya produk yang agak mahal..susah dipasarin..daerahku belum pernah masuk produk seperti itu..ada masukan lagi ?

    arief maulana Reply:

    @sandra, coba sisihkan sedikit penghasilan untuk ikut seminar2 marketing. Untuk ningkatin kemampuan menjual.

  • membombardir dengan segudang kata² promosi malah bikin calon pelanggan mual..harus dgn soft selling ya ternyata, mantapp :sip:
    pengusaha sukses recently posted..Strategi Pemasaran Usaha MebelMy Profile

  • keep power says:

    :koprol:

    manteub, manusiawi skali.

    i like this.

  • Jefry says:

    nggak gampang lo menjual mobil mewah dan pembelinya pasti hanya orang2 tertentu saja. kalau kita bisa mengambil pelajaran dari bagaimana teknik menjualnya pasti barang yang sulit dijual bakalan mudah terjualnya
    terima kasih atas ilmunya, sangat bermanfaat bagi saya
    Jefry recently posted..Toilet Salah Satu Area Paling Berbahaya di RumahMy Profile

  • hyden07 says:

    Betul Mas Arief….Seorang pembeli mau mengeluarkan uangnya karena sudah tahu manfaat dan kegunaan dari produk yg akan di belinya…
    terima kasih
    hyden07 recently posted..Tentang Peluang Job Graphic DesignMy Profile

  • dimas says:

    nice …
    terimakasih setelah membaca artikel ini bisa lebih percaya diri, dan terus mencoba belajar agar bisa …

    karena semua itu akan MUDAH jika TERBIASA… :D

  • wahyu wijayanti says:

    Thanks atas sharringnya akan saya pratekkan di Bisnis saya

  • amir says:

    Salam kenal pak, saya berencana untuk menjadi sales mobil. Beberapa hal yang ingin saya tanyakan :

    - Menurut Anda, perusahaan apa yang cocok untuk pembelajaran bagi pemula seperti saya ?
    - Usia saya sekarang 30, apa masih bisa berkarir di sales mobil ?
    - Pengalaman rekan saya sebagai sales mobil di AUTO2000, setiap pagi ada meeting / briefing, di situ banyak sales yang dimaki oleh manajemen, apalagi di akhir bulan bila tidak mencapai target, makian nya bisa lebih parah lagi. Apa memang seperti itu perlakuan yang diterima sales di perusahaan otomotif apapun ?

    Terima kasih

    arief maulana Reply:

    @amir, saya jawab satu persatu :

    1. Perusahaan yg cocok utk pembelajaran bagi pemula adalah perusahaan apapun yg mengharuskan Anda berjualan dan berinteraksi dengan customer. Ilmu menjual pada dasarnya hampir sama. Yg membedakan adalah karakter dari produk yang dijual. Bahkan perusahaan MLM yg sering diledek oleh orang-orang pun mengajarkan ilmu menjual yg hebat.

    2. Bidang sales / penjualan tidak pernah terikat oleh usia. Kalau tidak bisa jadi sales mobil, masih banyak produk-produk lain yang bisa dijual, asal jeli melihat peluang.

    3. Itu sih tergantung manager cabangnya saja. Beberapa branch manager yg saya kenal dulu malah memiliki pendekatan yg berbeda dalam memotivasi maupun mengevaluasi timnya, tanpa harus memaki kasar atau marah-marah tidak jelas.
    arief maulana recently posted..Keluargamu Atau Keluarga Orang Tuamu ?My Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 382,717 bad guys.

Advertisement

Daftarkan diri Anda di newsletter saya secaca GRATIS & saya akan berikan informasi yang akan membantu bisnis pertama Anda, mulai dari sekarang.

First name

E-mail address

Privasi Anda sangat penting buat saya & Anda boleh mengundurkan diri setiap saa.t

Kategori Tulisan
Arsip