Komunitas Jualan, komunitas marketing, komunitas pemasar

Belajar Jualan Dengan Memanfaatkan Komunitas Kecil

Oleh : Arief Maulana

Terinspirasi oleh Shembah dengan komunitas facebooknya, beberapa hari yang lalu, saya bersama kawan saya mencoba membangun sebuah komunitas kecil yang sifatnya private dan membernya dibatasi. Tujuannya adalah sebagai wadah untuk memfasilitasi proses diskusi dan pembelajaran, khususnya bagi pemula yang belum pernah pecah telor dari jualan online. Maklum, tidak semuanya mengerti bagaimana caranya mempraktekkan ilmu jualan yang mereka peroleh, termasuk di dalamnya cara memfollow up calon pembeli hingga terjadi closing penjualan.

Selang beberapa hari berjalan nampaknya apa yang kami bangun tidak sia-sia. Satu per satu member di dalam komunitas kecil itu mulai pecah telur. Mantabs. Padahal yang kami lakukan sederhana saja. Apa itu?  

#1 Saling Menyemangati Satu Sama Lain

Setiap orang tentu memiliki prosesnya masing-masing hingga akhirnya bisa pecah telur dan mendapatkan penjualan pertamanya. Nah, selama masa proses tersebut kerapkali masalah yang hadir ataupun penolakan demi penolakan dari calon pembeli sering membuat down. Kondisi ini kalau dibiarkan lama-lama akan membuat kita menjadi malas yang berakhir pada menyerah.

Gunanya member di dalam komunitas adalah saling menyemangati satu sama lain apabila ada yang terlihat down. Dengan begitu semua bisa tetap terjaga semangat dan bisa terus maju serta berkembang bersama-sama.

#2 Saling Berdiskusi Masalah Yang Langsung / Sedang Dihadapi

Punya masalah, jangan sungkan-sungkan untuk share di komunitas Anda. Harapannya tentu akan ada masukan-masukan dari mereka yang sudah jago jualan, meskipun tetap hasil akhir ada di tangan masing-masing member yang mengeksekusinya.

diskusi dalam komunitas marketing

Yang baru, belajar dan meneladani yang sudah jago. Yang sudah jago pun tidak pelit berbagi ilmu dan sharing pengalamannya. Kalau sudah begini, komunitasnya akan hidup dan member di dalamnya akan berkembang bersama-sama hingga berhasil.

Contoh kecil seperti member di dalam komunitas saya. Ketika ada kesulitan dalam memfollow up calon pembeli, maka yang sudah jago pun urun memberikan masukan bagaimana sebaiknya dalam memfollow up. Saran dan masukan yang ada dipilih yang terbaik untuk dipraktekkan si penanya. Hasilnya pun memuaskan, member yang bertanya pecah telur dan mendapatkan komisi penjualan pertamanya.

#3 Saling Bertukar Strategi Yang Terbukti Works

Anda punya strategi jualan yang dirasa kurang greget mengkonversi calon pembeli menjadi pembeli, coba bongkar itu di komunitas Anda. Minta masukan kepada yang sudah jago, kira-kira kurangnya apa. Sehingga bisa diperbaiki lagi cara jualannya.

Jangan pasif dan hanya mau menunggu. Itu namanya Anda manja dan tidak praktek. Coba dulu dengan strategi yang Anda miliki sebagai hasil pembelajaran dari panduan jualan yang Anda beli. Kalau sudah mentok, baru deh lontarkan ke forum komunitas Anda untuk didiskusikan kira-kira kurangnya apa.

Bagi rekan-rekan yang saat ini masih belum pecah telur dari jualan online, coba cari rekan-rekan senasib sepenanggungan. Entah itu untuk segmen produk yang sejenis atau pun berbeda jenis. Bentuk komunitas kecil kalian dan mulailah saling berbagi. Jangan pelit dan egois, hanya mencari untung semata. Jadi lah member yang aktif.

Semoga dengan begitu, teman-teman bisa segera pecah telur dari jualan online, bahkan bisa meningkatkan volume penjualan bagi yang sudah pecah telur. Semoga mencerahkan dan bermanfaat.

— P.S. —

Ngomong-ngomong saya juga saat ini sedang membentuk komunitas kecil baru yakni, Group 10 Hari Belajar Jualan. Di sana kami saling berbagi tips dan trik marketing praktis yang bisa dipraktekkan untuk jualan, khususnya jualan online. Tapi ada syaratnya. Anda cukup membeli salah satu (atau semua) produk berikut dari link referal saya :

Masing-masing produk di atas juga punya komunitas private member sendiri. Jadi Anda akan mendapatkan 4 keuntungan ;

  1. Dapat ilmu marketing dahsyat dari salah satu produk di atas
  2. Dapat membership private group dari salah satu produk di atas
  3. Dapat e-Book “10 Hari Belajar Jualan” dari saya senilai Rp.250.000,-
  4. Dapat membership private Group “10 Hari Belajar Jualan” dari saya senilai Rp. 250.000,-

Selamat belajar.

  1. Ternyata komunitas juga bisa menjadi tempat keluh kesah tentang perjuangan di bisnis online ya. Dan keuntungannya bisa menemukan jawaban atau solusi agar bisa lebih baik dalam berjuang utk memecah telor.
    Terima kasih

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 472,007 bad guys.