Oleh : Arief Maulana

Membangun Kebiasaan Bangun Pagi
Embun Pagi

Alhamdulillah… Senang rasanya kalau bisa bangun pagi lebih awal. Pun saya pernah membaca dalam buku “10 Kebiasaan Menciptakan Kekayaan” bahwa kebiasaan di urutan no.2 adalah kebiasaan bangun lebih pagi. Orang-orang besar pun banyak yang punya kebiasaan bangun lebih pagi.

Ini kebetulan ada beberapa manfaat yang bisa diambil ketika kita bangun lebih awal di pagi hari. Saya share sedikit beberapa hal yang sudah saya rasakan. Mungkin bisa berguna untuk Anda semua.  

Spiritual Time

Bangun lebih pagi memungkinkan saya untuk meluangkan sedikit lebih banyak waktu untuk momen spiritual, entah itu Shalat Tahajud, Shalat Hajat, berdzikir, mengaji, mensyukuri nikmatNya atau banyak-banyak memohon kepada Allah sambil menanti waktu subuh. Segala kemudahan yang saya nikmati saat ini tidak akan terjadi tanpa bantuan Allah.

Hidup Lebih Sehat

Sudah banyak yang tahu kan, kalau udara pagi jauh lebih segar dan sehat. Nah, salah satu keuntungan kita bangun lebih pagi adalah bisa menikmati segar dan sehatnya udara pagi. Buka jendela rumah Anda. Atau kalau perlu ambillah beberapa menit untuk jalan-jalan ke luar rumah. Sambil berolahraga sedikit. Tidak kuat joging, jalan kaki saja mengitari kompleks perumahan.

Mengembangkan Wawasan

Sebagian teman suka beralasan tidak punya waktu saat saya menyarankan untuk membaca buku-buku pengembangan diri ataupun buku-buku positif yang bisa membangun wawasan dan kepribadian. Ini salah satu solusinya. Bangunlah lebih pagi dan luangkan waktu untuk membaca. Tidak perlu lama-lama, cukup 10-15 menit saja. Yang penting ada manfaat dari buku yang Anda baca.

membaca buku untuk mengembangkan wawasan
membaca buku

Membuat Rincian Aktivitas Hari Ini

Saya pernah menulis di blog manajemen diri ini tentang satu kebiasaan kecil yang bisa mendukung upaya-upaya kita mencapai suatu keberhasilan. Salah satunya adalah dengan membuat list aktivitas yang akan dilakukan. Apa saja manfaat dari membuat rincian aktivitas ini? Banyak dan sangat positif. Silahkan baca lebih lanjut tulisan saya, “Langkah Kecil Untuk Sukses”.

Menyusun Strategi Goal

Pagi hari adalah saat dimana otak kita mampu berpikir lebih jernih, dengan catatan istirahatnya cukup. Jadi kenapa tidak dimanfaatkan saja untuk berpikir dan menyusun strategi dalam mencapai goal-goal yang sudah Anda buat.

Mimpi tinggallah mimpi kalau tidak ada upaya untuk mencapainya. Karena sebuah mimpi harus diwujudkan dengan tindakan agar menjadi kenyataan. Inilah saat dimana Anda bisa meluangkan waktu untuk diri Anda sendiri, bekerja untuk mimpi-mimpi Anda. Bukan mimpi bos atau atasan Anda (bagi yang masih karyawan, termasuk saya). Jam kerja pagi-sore, bagi yang karyawan, itu adalah waktu untuk bekerja bagi bos Anda. Bagi kita, waktu-waktu di luar jam kerja itu lah yang bisa dipakai mewujudkan mimpi, salah satunya pagi hari sebelum rentetan aktivitas di mulai.

Membangun Network atau Relasi

Ini juga masuk dalam kebiasaan no.1 di buku “10 Kebiasaan Menciptakan Kekayaan”. Bahasa kerennya menjalin network atau relasi. Bahasa sederhananya menjalin silaturahim. Dengan siapa? Tetangga. Bangun lebih pagi dan jalan-jalan ke luar rumah. Ada tetangga, disapa. Ajak ngobrol. Satpam juga tidak apa-apa. Yang penting bersosialiasi. Jangan sampai terjadi apa-apa sama Anda, eh tetangga tidak tahu. Padahal yang akan membantu pertama kali boleh jadi tetangga Anda.

Tetangga masih tidur, Mas? Tetangga online juga tidak apa-apa toh. Malah mungkin mereka punya kebiasaan produktif yang sama dengan Anda. Bangun lebih pagi untuk lebih produktif dalam beraktifitas. Ajak saja ngobrol via chatting. Siapa tahu dari sana nanti ada ide kerjasama atau apa gitu.

membangun relasi bisnis
menjalin relasi

Menulis Blog

Save the best for last. Yap, dengan bangun lebih pagi jadi ada waktu untuk menulis di blog. Seperti yang saya lakukan saat ini. Artikel ini saya tulis pagi-pagi loh, demi Anda semua. Demi membangun kebiasaan positif bersama, hahaha…

Bangun lebih pagi, pikiran masih jernih. Cari ide dan eksekusi jadi sebuah tulisan di blog. Jangan sia-siakan potensi blog Anda. Bangun kualitas blog dan kalau mau, Anda bisa monetisasi. Apalagi sekarang kan ada ID Blog Network, dimana kita bisa menghasilkan uang lewat blog tanpa mengubah karakter blog. Lagipula koneksi internet di pagi hari biasanya kencang. Enak kan jadinya.

Intinya, ada lebih banyak waktu dan aktivitas yang bisa kita lakukan saat bangun lebih pagi. Ini untuk yang jam biologisnya normal loh ya, dimana aktivitas banyak dilakukan di pagi-sore hari. Seharian kita beraktivitas, maka malam hari memang sebaiknya untuk beristirahat. Tidur lebih awal dan bangun lebih pagi pun sudah banyak yang memaparkan manfaatnya baik dari segi kesehatan. Termasuk kesehatan rezeki. Tidak percaya, silahkan baca buku “7 Keajaiban Rezeki” karangan Ippho ‘right’ Santosa.

Mari mulai membiasakan diri untuk bangun lebih pagi dan menjadi lebih produktif! Jangan lupa share dengan teman-teman Anda yah!

Bangun Lebih Pagi dan Menjadi Lebih Produktif
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

82 thoughts on “Bangun Lebih Pagi dan Menjadi Lebih Produktif

  • Mas Arief kalo tidur biasanya jam berapa ya mas? kan bangunnya pagi tuh (kalo sampe bisa tahajud nih sekitar jam 3 sih dugaan saya)…

    saya kalo bangunnya terlalu pagi (jam 3) tuh pas dikantor ngantuk banget…padahal tidurnya jam 9/10 malem loh…biasa ngebisnis ol dulu abis ngantor…udah gitu gak doyan minum kopi pula…punya saran gak mas buat ngelawan ngantuk kaya gitu?
    zaki recently posted..MotoGP Stream Online 2011My Profile

    1. @zaki, aku biasanya sih tidur jam 9 atau jam 10an. Bangun, lebih sering jam 3.30. Pokok belum masuk subuh kan udah bisa tahajud tuh.

      Semua cuma masalah kebiasaan. Karena jam tubuh belum biasa makanya ngantuk. Bisa diakali dengan minum kopi atau permen kopi.

      Atau pas lagi kerja dan mulai ngantuk, coba cuci muka, gerakin badan, atau apalah untuk ngilangin ngantuknya.

      Nanti kalau sudah biasa dan jam biologis udah kebentuk lama-lama biasa kok. Bahkan termasuk bangun tidur tanpa alarm.

      1. @arief maulana, iya kali ya, saya sih baru ngejalanin bangun pagi banget tuh sekitar seminggu…

        nah kalo minum kopi itu saya yg gak bisa, cium baunya aja dah mo muntah mas…makan permennya kalo keseringan takut jadi ngerusak gigi…nih lagi cari2 gantinya kopi, yang biar gak ngantuk juga (ngemil biji kelereng kayaknya biar gak ngantuk ya.hahaha)

        tapi emang kayaknya emang belom terbiasa aja kali ya *halah balik2 lagi*
        zaki recently posted..MotoGP Stream Online 2011My Profile

  • hebat ya , mamang semuanya harus mulai di biasakan ya , saya kalo bangunnya kepagian di jalan bawa kendaraan nguantuk banget jadi ngeri, mau tidur lebih awal pulag kantornya malam ..

    moga-moga ada solusi buat keadaan ini, biar bisa tahajud juga …amin
    AirMinumSehat ARNOL recently posted..Link SahabatMy Profile

    1. @Air Minum Sehat, hal-hal yang baik tidak ada salahnya dijadikan kebiasaan mas. Yang saya tuliskan disini memang sifatnya umum bagi orang kebanyakan. Kalau saya sih prinsipnya sebisa mungkin tidur 6-7 jam saja. Tinggal menggeser waktu tidurnya. Dan ngomong-ngomong soal tahajud, jangan dibikin berat lah. Ambil saja 30 menit sebelum subuh. 2 Rakaat cukup. Yang penting konsisten. Jadi bangunnya tidak terlalu dini kan.

  • Mantaps..>>Menurut para ahli di bidang kesehatan, udara di sepertiga malam yang terakhir—apabila malam dibagi menjadi tiga bagian waktu—sangat kaya dengan oksigen dan belum terkotori oleh zat-zat lain sehingga sangat bermanfaat dalam mengoptimalisasikan metabolisme tubuh.

    1. @Zein, ah gpp kok kalau curhat. Memang kembali lagi pada masing-masing pribadinya. Yang penting jaga kesehatan aja lah mas. Itu aset terpenting. kalau ngga sehat, ngga bisa ngapa-ngapain loh.

  • Bermanfaat,..! idealnya begitu mas. Hidup teratur dan disiplin untuk meraih kondisi yg sempurna sehat jasmani and rohani

  • Nice Post mas Arief. Bagi umat Islam bangun pagi suatu keharusan ( Kewajiban ), karena ada kewajiban Shalat Shubuh. Waktu pagi adalah waktu yang Allah berkahi ( bukan berarti waktu lain tidak Allah berkahi ). Lebih afdhol jika menyempatkan dzikir pagi ( 10-15 menit ) lalu baca Qur’an 5-10 menit. Setelah itu baru baca buku2 yang bermanfa’at. Jika bisa merutinkannya insya Allah banyak kebaikan dari Allah atas apa yang kita lakukan sepanjang hari.Inilah sebagai bentuk rasa syukur kita pada Allah. Syukur itu dengan taqwa, tidak cukup dengan ucapan Alhamdulillah. Wallohu ‘alam.
    Jazakallah mas Arief.
    rohiman recently posted..Tablet Android Honeycomb Terbaik MurahMy Profile

  • Banyak sekali manfa’at bangun pagi, tapi tentunya harus juga membiasakan tidur lebih awal. Agar bisa bangun pagi berdo’alah sebelum tidur, niatkan tidur kita agar bisa bangun untuk Shalat Tahajud, shalat shubuh tepat waktu. Insya Allah, tidur yang mubah bisa jadi kebaikan juga.
    Terima kasih mas Arief atas sharenya yang bermanfa’at.
    Abu Salman recently posted..Pengertian AkhlakMy Profile

    1. @Abu Salman, terima kasih tambahannya Pak. Memang terasa sekali bedanya saat tidur berdoa minta dibangunkan agar bisa ibadah tengah malam dengan tidur tanpa berdoa. Rasanya lebih fresh dan tidak seberat ketika kita tidak berdoa.

    1. @Gembrit, ehm… Kalau gue sih menggeser jam tidurnya chick. Jadi waktu tidur tetep ± 7 jam. Cuma agak sulit sepertinya u/ warga Jakarta yang pulangnya cenderung malem.

      Cobain aja sampai rumah setelah mandi, minum coklat. Itu lumayan bikin rileks dan siapa tahu bisa segera terlelap. Tips lainnya, browsing aja ya. :D

    1. @Kasur Angin Bestway, allow juga. Kalau tidur malam sih katanya yang bagus ± 7 jam. Kalau tidur siang, 15-30 menit sudah cukup. Lebih dari itu yang ada malah lemas dan pusing :)

    1. @Kaget, sepertinya begitu. Coba digeser jam tidurnya. Tidak mudah memang, karena jam biologisnya sudah terbiasa tidur larut bangun siang. Makanya perlu dipaksa di awal :)

    1. @M. Ibrahim, masih pak. Kalau sudah tidak mantap ya saya bakal pindah hosting. Beberapa minggu yang lalu saya malah upgrade paket hosting ini untuk blog saya yang lainnya.

      Disamping itu, saya juga nyaman bekerja sama dan konsultasi dengan tim teknis Kunci Host Pak.

    1. @Muhammad Arifin, mungkin beberapa tips ini bisa dicoba :
      – Jangan tidur siang
      – Beraktivitas penuh di siang hari, sehingga tersisa lelah di malam hari
      – Shalat isya
      – jam 9, stand by di kasur. Jauh2 dari gadget apapun, matiin lampu biar gelap.
      – Bawa dzikir sampe terlelap.

      Awalnya sulit karena jam biologisnya udah kesetel begadangan. Tapi kalau dipaksa berubah, ga ada yang ga mungkin :D

  • BETUL MAS ARIEF ENAK MEMANG KALAU TERBIASA BANGUN PAGI LALU KE LAPANGAN TERBUKA DAN OLAH RAGA SENAM 1 JAM LALU JALAN2 DAN SARAPAN BUBUR AYAM ASYIK TQ UNTUK SHARINGNYA

  • Istirahat yang cukup seperti kebiasaan tidur tidak terlalu malam, lalu kemudian bisa bangun pagi jam 3.30 atau jam 4.00,sebenarnya sebuah pola hidup yang baik untuk terus dijalankan setiap hari. Karena bila pagi kita bangun lalu memulai aktifitas pertama kita dengan membangun hubungan dengan Tuhan, kemudian berolahraga dan selanjutnya melakukan aktifits yang lain dengan kondisi tubuh yang fresh akan lebih terasa nyaman dan penuh gairah untuk kerja. Jadi harus punya slogan bangun pagi itu hal yang terindah. Sukses selalu Mas GBU.
    Franky T recently posted..Cara Mengganti Template BloggerMy Profile

    1. @Franky T, setiap kali kita bangun tidur, itu satu kesempatan yang diberikan oleh Tuhan untuk dimaksimalkan. Makanya di awal, kita mesti bersyukur dulu sudah diberi kesempatan hidup. barulah kemudian kita maksimalkan :)

  • betul sekali mas bro, bangun lebih pagi emang banyak manfaatnya. semenjak kuliah aku punya kebiasaan belajar justru dipagi hari, daripada melek sampe malam, mendingan bangun jam 2-3 trus melek sampe pagi. spiritualnya dapet, waktu belajar berkualitas juga dapet.

  • betul banget mas arief, tetapi di jakarta gak terasa kebiasaan, setelah subuh malah tidur lagi..:puyeng: gara2 tidurnya terlalu larut, Kalau bangun pagi biar rejeki gak di patok ayam, daerah tempat tinggal saya tidak ada ayam kok:ngakak:
    apa pun manfaatnya , tetep benar mas arief bangun lebih pagi better for the future lah :sip:
    andhika ahmad recently posted..Seberapa Yakinkah Anda Pada KesuksesanMy Profile

  • Kalo saya sih sering tidur kemaleman, tapi karena sidah terbiasa bangun pagi dan nyuci baju, ngantuk lagi deh, jadi kurang terus tidurnya…. :puyeng:

  • Tidur Awal dan Bangun Awal

    Ahad, 31 Oktober 2010

    “Early to bed and early to rise makes a man healthy, wealthy and wise.” (Tidur awal dan bangun awal membuat seseorang sehat, sejahtera dan bijaksana), demikian kata-kata mutiara yang mengandung hikmah dalam bahasa Inggris menyebutkan.

    Segera tidur di permulaan malam dan segera bangun tidur sebelum fajar adalah pola hidup Islami. Islam menuntun manusia untuk menjalani hidup sesuai dengan sunatullah dan secara alami, Islam juga memberikan pedoman pola hidup yang sehat, dan bahkan mengajak manusia untuk hidup sehat.

    Di beberapa ayat, al-Qur’an menyebutkan malam adalah untuk istirahat (tidur), sedangkan siang (baca: pagi hingga sore hari) untuk melakukan berbagai aktifitas kehidupan seperti mencari karunia Allah. Salah satu ayat menyebutkan: “Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.” (QS. 28:73)

    Rasulullah saw. telah mencontohkan pola hidup ini dengan segera tidur pada permulaan malam dan segera bangun sebelum fajar menyingsing atau tepatnya di akhir malam untuk bertahajjud (HR. Bukhari).

    Sejak diutus menjadi rasul hingga akhir hayatnya, Rasulullah saw. selalu menghidupkan akhir malam dengan bertahajjud hingga bengkak kedua telapak kaki beliau (HR. Bukhari). Beliau menyatakan makruh hukumnya meninggalkan tahajjud bagi orang yang biasa bertahajjud (HR. Bukhari). Bahkan beliau tetap bertahajjud meskipun sedang menunggang unta ketika dalam perjalanan (HR. Bukhari). Pola hidup ini membuat beliau terkenal sebagai sosok yang mempunyai kesehatan fisik dan mental yang prima, dan sebagai sosok yang bijaksana dan kata-katanya penuh dengan hikmah.

    Pola hidup ini adalah pola hidup yang alami. Suasana malam yang gelap tanpa ada sinar matahari, sunyi, tenang dan lebih dingin dibanding siang adalah suasana yang kondusif untuk bisa tidur dengan tenang dan nyenyak, Hewan adalah makhluk hidup yang menjalani kehidupan sesuai dengan sunatullah. Hewan tidak mempunyai akal dan nafsu yang menjadikan mereka mempunyai kemampuan dan kemauan melawan sunatullah. Hewan hidup menurut instingnya. Insting menuntun hewan – kecuali binatang malam seperti kelelawar – untuk tidur dan tidak beraktifitas di malam hari.

    Di zaman yang sarat dengan teknologi canggih ini – yang mampu membuat malam menjadi terang benderang, hidup dan meriah – kehidupan malam telah menjadi kebiasaan, kebutuhan, bahkan kebanggaan bagi manusia modern. Tidak sedikit manusia modern termasuk kaum Muslimin yang melakukan berbagai aktivitas di malam hari yang membuat terlambat tidur atau bahkan tidak tidur sama sekali. Ada begitu banyak aktifitas yang mereka lakukan baik yang berkaitan dengan kehidupan akhirat maupun kehidupan dunia. Ada yang penting, bermanfaat, darurat, positif dan ada yang tidak seperti menonton TV dan bersenang-senang di klub malam atau di cafe.

    Beraktifitas hingga tengah malam, dini hari atau bahkan hingga terbit fajar adalah praktek melawan sunatullah kecuali bagi mereka yang melakukan tugas-tugas penting dan darurat yang menyangkut hajat dan keselamatan hidup orang banyak dan tidak bisa tidak harus dilakukan di malam hari seperti para petugas keamanan dan petugas kesehatan. Juga bukan praktek melawan sunatullah, tidur awal dan bangun awal untuk melakukan aktivitas-aktivitas positif dan bermanfaat seperti belajar bagi penuntut ilmu, menulis bagi penulis, dan “taqorrub ilallah” (mendekatkan diri kepada Allah) bagi ibadurrahman (hamba-hamba Allah) dengan bertahajjud, memohon ampun, berdo’a, membaca dan mengkaji Al-Qur’an, dan berdzikir. Justru sedikit tidur di malam hari untuk beribadah kepada Allah di akhir malam adalah ciri orang yang bertakwa (QS. 51:15-18).

    Penulis adalah ketua FUSSI (Forum Ukhuwah Sarjana Studi Islam) di IIUM dan mahasiswa program Master Ulumul Qur’an di IIUM (International Islamic University Malaysia)
    Abdullah al-Mustofa recently posted..Menjadi Mulia dengan Memuliakan Diri di Hadapan AllahMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,556 bad guys.