Oleh : Arief Maulana

mindset sukses, cara sukses melalui mindset, rahasia mindset suksesHati-hati dengan apa pola pikir Anda !

Menjadi orang sukses tentu menjadi idaman setiap manusia. Siapapun kita, apapun latar belakangnya tidak akan mengatakan TIDAK jika sukses tersebut datang dan menghampiri. Sayangnya sukses hanya bisa diraih bila kita memiliki beberapa komponen pendukung yang tepat, diantaranya adalah MIND SET / POLA PIKIR.

Mindset ini merupakan suatu hal yang amat penting dan sangat mempengaruhi kesuksesan kita ke depannya. Mindset juga memiliki cara kerja yang unik untuk membantu kita sukses, sebagaimana keyakinan dapat membawa kesuksesan (pernah saya bahas di artikel terdahulu). Namun sebelum saya menceritakan cara kerjanya, saya punya sebuah ilustrasi yang saya dapatkan dari sebuah audio motivasi.

Anda tahu gajah sirkus? Gajah sirkus ketika masih kecil oleh pawangnya selalu diikat dengan rantai yang dihubungkan dengan pasak dan ditancapkan ketanah.

Yang namanya gajah kecil, tentu kekuatannya tidak sehebat gajah dewasa. Sehingga setiap kali dia mencoba untuk lari, maka rantai tersebut akan menahannya dan hanya akan membuat gajah kecil tersebut merasa sakit. Setiap mencoba kabur maka yang dirasakan adalah sakit. Kabur… sakit… kabur… sakit. Lama-lama yang ada di pikiran si gajah… kalau saya kabur… sudah pasti sakit. 

Pola pikir ini dibawa sang gajah hingga akhirnya ia pun menjadi gajah dewasa yang cukup besar. Kalau kita bayangkan, gajah sebesar itu bila mengamuk bisa menghancurkan seluruh perkampungan sirkus. Namun uniknya, gajah tersebut hanya diam dengan penuh keanggunan manakala sang pawang sudah mengikat satu kakinya dengan rantai yang ditancapkan ke pasak. Dan Anda tahu, rantai beserta pasaknya yang digunakan sama dengan yang digunakan ketika gajah tersebut masih kecil.

Hingga pada suatu saat terjadi kebakaran hebat di perkampungan sirkus. Semua orang sudah berusaha menyelamatkan diri. Namun tidak dengan sang gajah. Sang gajah masih saja membawa pola pikirnya, jika saya kabur akan mendapatkan rasa sakit. Hingga akhirnya api sudah terlalu besar dan gajah tersebut sudah terlambat untuk lari (terbakar) dan mati mengenaskan. Sebelum menghembuskan nafas terakhir, gajah ini baru sadar walau terlambat. Ternyata kekuatan rantai dan pasak tersebut tidak ada apa-apanya. Tanpa banyak tenaga bisa saja dia kabur sejak dulu. Namun semua terlambat.

Apa yang bisa Anda pelajari dari secuplik ilustrasi di atas?

Pola pikir kita, ternyata bisa membawa kita pada kesuksesan atau bahkan bisa membawa kita pada kegagalan, tergantung bagaimana kita menempatkannya.

Seperti pada gajah. Andai ia memiliki pola pikir yang tepat bahwa dirinya ketika dewasa jauh lebih kuat beribu kali daripada rantai dan pasak yang mengurungnya, maka dia tentu sudah lama merasakan kebebasan. Bahkan boleh jadi tidak perlu menunggu dewasa pun (remaja) dia sudah bisa kabur. Sayangnya karena pola pikir yang salah gajah itu terpenjara dalam pikirannya bahwa “kalau saya mencoba kabur, sakit”

Perhatikan pola sederhana berikut, yang menggambarkan bagaimana pola kerja MINDSET :

cara-kerja-mindset

Mindset yang kita miliki akan mempengaruhi setiap tindakan yang dilakukan. Dan seperti Anda ketahui, action adalah salah satu penentu apakah kita akan sukses atau tidak.

Orang-orang sukses di awal perdjoeangannya kebanyakan memiliki mindset bahwa sukses adalah sebuah perjalanan panjang yang penuh dengan proses di dalamnya. Proses tersebut tidak selamanya manis, bahkan lebih banyak pahitnya. Menyadari hal ini, pada akhirnya akan membantu orang tersebut untuk memiliki power lebih dan tetap bertahan manakala hambatan dalam perjalanan suksesnya datang. Keyakinannya pun semakin bertambah. Dia sadar selama tetap bertahan dan berjuang, garis finish (kesuksesan), hanya tinggal menunggu waktu saja.

Mindset juga bisa membuat Anda menjadi gagal. Sebagai contoh masyarakat kita. Kebanyakan dari masyarakat kita (semoga Anda tidak) sebagian besar memiliki mindset INSTAN. Segala sesuatunya kalau bisa instan. Begitu ada peluang bisnis yang menawarkan kesempatan untuk mempercepat proses menuju sukses, yang terbayang adalah saya join, usaha dikit, duit mengalir deras.

Ketika dicoba ternyata kenyataan tidak seindah apa yang dibayangkan. Sudah berbulan-bulan berusaha tidak menunjukkan hasil. Akhirnya frustasi sendiri dan berhenti. Yang lebih parah lagi, sudah gagal menjelek-jelekkan sistem yang diikutinya. Apakah Anda juga seperti itu?

Bagaimana jika mindsetnya tepat, yakni tidak ada sesuatu yang instan di dunia ini melainkan semuanya adalah hasil sebuah proses, maka tidak akan ada istilah putus asa. Apalagi kita memiliki Allah Yang Maha Besar melebihi besarnya masalah kita.

Mindset ini sendiri tidak terbentuk begitu saja. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Bila kita sering dekat dengan faktor-faktor yang positif tentu mindset kita akan baik, begitu juga sebaliknya. Ini akan saya bahas pada postingan berikutnya.

Last question, bagaimana MIND SET Anda terhadap sebuah kesuksesan?

Salam Sukses,
Photobucket
space

Bagaimana Mindset Mempengaruhi Kesuksesan Kita
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:                     

67 thoughts on “Bagaimana Mindset Mempengaruhi Kesuksesan Kita

  • Artikel yang sangat bagus. Saya suka bacanya Mas! Dan patut dibaca oleh semua pebisnis, baik pemula maupun yang sudah lama.

    Ya, mindset memang menjadi salah satu poin paling fundamental untuk menggerakkan semua bentuk action kita. Dan ilustrasi yang dipaparkan Mas Arief di atas sangat tepat. Kombinasi antara MINSDET + ACTION akan betul-betul membawa kesuksesan dalam hal apapun. Dengan begitu, andai ada yang masih mengalami masalah dalam perjalanan bisnis seseorang, tidak perlu susah payah cari penyebabnya. Coba tengok kembali dua poin tersebut pada orang tersebut, sudah bener apa belum?

    Hehehe…btw, untuk membuat MINDSET pebisnis sukses yang kuat perlu teknik juga, tidak bisa sembarangan, bagaimana ini mas arief? bisa diberi masukan!

    1. @Umar Puja Kesuma, diikuti aja serialnya mas. Kalau ngga saya masukin di serial kedua… berarti requestnya mas Umar jadi serial ketiga, hahaha…

      Jangan lupa unsur keyakinan mas… dia artikel sebelumnya itu… hehehe
      :uhuk:

      1. @arief maulana, Sepakat mas. Unsur keyakinan itu sangat penting. begitu kita yakin berhasil, maka kita akan bersemangat melakukannya. sebaliknya kalau yakin tidak berhasil, pasti malas ACTION.

  • Artikel yang meggugah kita untuk selalu berpikir sukses mas. Benar bahwa bila tindakan kita didasari oleh pikiran untuk sukses dan keyakinan untuk mencapainya, maka ‘waktu’ akan memberikan apa yang kita rencanakan.
    Perlu kita sadari bahwa semua itu adalah hukum alam yang berikan kepada semua umat didunia.

    -salam sucses-

  • Kalau kita ingin hidup Bahagia, ingin Sukses dalam segala bidang Usaha dan lain sebagainya semua ada di Mindset, cara berfikir kita.
    Terima kasih Mas Arief Artikelnya sangat memotivasi, maaf baru sempat mampir.
    Salam Sukses.

    1. @Iwan Epianto, Benar adanya mindset sangat berpengaruh. Apalagi Mindset “cepet sukses ala instant” ngga banget. Karena yang namanya kesuksesan itu semuanya butuh proses.

  • Halo Mas Arief, artikel yang luar biasa.

    Jika boleh saya menambahkan, Orang bermental sukses memiliki mindset/pola pikir yang sangat jelas, akan kemana dia 1 tahun, 5 tahun, 10 tahun mendatang. Jalan mana yang harus ditempuh, menggunakan apa dan siap menghadapi resiko apapun.

    Untuk memiliki pola pikir seperti yang Mas Arief ceritakan, memang tidak semudah membalikkan tangan. Kadang perlu berbulan-bulan bahkan setahun untuk merubah pola pikir.

    Membaca artikel-artikel seperti di blog Mas Arief, mendengar kaset-kaset motivasi atau mengikuti seminar motivasi secara konsisten adalah langkah-langkah yang perlu diambil untuk merubah pola pikir.

    Terima kasih atas sharingnya Mas Arief.

    Salam sukses luar biasa.

    1. @Arswino Sonata, sedikit memperbaiki, itu visi mas. Jadi visi itu apa yang ingin kita capai dalam skala besar.

      Dispesifikkan lagi menjadi goal-goal kecil.

      Adapun mindset dan keyakinan akan lebih berpengaruh pada attitude.

      untuk memliki mindset yang tepat pun memang butuh waktu. Saya tahu persis hal ini karena turut menjalani proses pembentukan mindset dan keyakinan.

      Salam sukses juga mas!

      1. @arief maulana, Halo Mas Arief, sebelumnya terima atas masukannya. Mungkin masing-masing dari kita mendapat sumber yang berbeda tentang pola pikir.
        Bagi saya penentuan visi, misi dan goals adalah hasil dari sebuah pola pikir. Jika kita mempunyai pola pikir yang salah, apa yang kita targetkan beserta strategi yang kita susun pun akan menjadi salah juga.
        Pola pikir sangat menentukan apa yang akan kita wujudkan dan bagaimana cara kita mewujudkannya.

  • emang benar mas arif, hal yang paling awal harus dipersiapkan adalah mindset kita, kalau mindset kita bagus InsyaAllah perjalanan kita agak lebih mudah, dan kita juga bisa menikmati proses yang ada, sukses selalu mas arif

    1. @aliyusrie, 1st = Vision, 2nd = Mindset, 3rd = believe system, 4h = action and 5th = congratulations…you are the winner
      :sip:

  • pola pikir yang salah memang dapat berakibat fatal bagi hidup kita di masa datang. Dapat melahirkan sifat dan sikap ragu2 untuk melangkah

  • Hello Mas Arief, ini kunjungan balasan saya. anda sudah mampir di http://www.inspiero.com.

    Saya sangat setuju dengan anda. mind set adalah kunci pembuka terhadap segala kemungkinan yang baik. tentu di sini adalah mind set yang mengubah seseorang ke arah positif.

    kebanyakan orang2 kita berpikir begini ‘ah itu sudah takdir saya. ga usah report2.’

    payah sekali bukan? trims atas ide brilliant anda..

    1. @Haris, terima kasih kunjungan baliknya mas. saya sepakat dengan Anda, banyak orang berpikir sukses adalah takdir…

      padahal kesuksesan itu sendiri adalah sebuah pilihan hidup!

      ini pernah saya ulas juga di artikel lama!

  • bergegas untuk mengubah pola pikir… dan sukse adalah bagaimana kita bisa menikmati prosesnyam, untuk mencapai suatu tujuan

  • ah.. makin lihai aja pola pikirnya.. 100% sepakat Mas.

    sedikit berkomentar, sukses adalah Pola pikir yang terarah disertai action yang konsisten…

  • Memang benar POLA PIKIR akan mempengaruhi kesuksesan kita. Namun juga berfikir bukan satu-satunya cara mendekati kenyataan yang ada di dalam atau disekitar kita, tetapi bisa dengan cara merasa, menghendaki dan ACTION.

    1. @sumartono, itu sebabnya action menjadi jembatan antara pola pikir dengan kesuksesan…

      Visi boleh kuat, keyakinan boleh mendalam, dan mindset boleh tepat, namun tanpa action… ZERO!

  • ilustrasi yang tepat mas… mindset action lalu sukses….

    semua saling berkaitan…

    thanks wejangannya

  • Pikiran manusia memang memiliki kekuatan super… Super Mind Power.

    Oleh karena itu, kita harus hati-hati dalam mengunakannya. Apapun yang kita pikirkan, apalagi disertai dengan penuh perasaan emosi, maka bisa dipastikan segera berwujud menjadi kenyataan.

    Salam Sukses Penuh Berkah dari Surabaya,

    Wuryanano
    Motivational Blog – Support Your Success
    Entrepreneur Campus – Support Your Future

  • Lama ngga blogwalking, eh ketemu dengan artikel terbaru mas Arief yang bagus ini. Menurut saya mind set sukses sangat diperlukan oleh siapa saja bukan hanya bisnis, semua orang kalau mau sukses ya harus mempunyai mind set yang sukses pula. Kalau mind set-nya ngaco pasti action-nya juga ngaco pula, so hasilnya pasti bikin kecewa saja sebab jauh dari apa yang diharapkan. saya sepakat bahwa mind set sangat penting sebab menjadi landasan bagi langkah dan tindakan kita selanjutnya.
    Trima kasih mas Arief dan Salam sukses.

  • yup.. saya juga sering diingatkan oleh salah satu guru tentang hal ini. hati-hati dengan mind set yang kau bangun. karena mind set akan mempengaruhi cara mengambil keputusan. cara mengambil keputusan akan mempengaruhi action yang kita lakukan. action akan mempengaruhi habit. nah, ternyata menjadi tak sederhana lagi kan..

    1. banyak-banyak baca buku referensi, ikut seminar dan bergaul sama orang-orang yg punya pemikiran luar biasa mas. Itu kuncinya.

      Apa yg saya paparkan di blog ini kebanyakan inspirasinya saya ambilkan dari buku pengembangan diri, leadership, motivasi, dll.

  • Alhamdulillah bs mampir d blog ini mlalui jalur yg tak trduga.
    Salam kenal mas Arif. Smoga silaturahmi ini dpt brlanjut.
    Tanpa brmaksud basabasi sy mmang brsyukur bs mmbaca posting ini.

    Masalah yg mnarik karena bs jd saat ini kita sedang berada pada posisi si gajah di tengah kobaran api.

    Saya pikir bahwa pola pikir pun adalah hasil proses yang panjang. Sudah menjadi mindset kita (bila menyepakati pemaparan di atas) bahwa kita akan sukses bila kita bermindset sukses itu dapat diraih atau dikejar. Apakah dengan bermindset seperti itu kita telah berhasil meloloskan diri dari lumatan api?

    Saya pernah mendengar kisah klasik tentang kucing kecil (belia) yang mengejar ekornya sendiri. Dikisahkan kucing tersebut terus berusaha keras ingin menangkap ekornya sendiri. Namun, semakin keras ia berusaha, semakin sulit pula ia menangkap ekornya tersebut. Sampai pada akhirnya, seekor kucing dewasa berbicara pada kucing muda itu. “Sampai kapan kau akan mengejar ekormu sendiri itu? Cobalah kau perhatikan yang lain, maka ekor itu akan mengikutimu”. Ekor dalam kisah tersebut diibaratkan sebagai kesuksesan atau kebahagian.

    Di sini saya dengan kerendahan hati sekadar mengingatkan untuk tidak terlalu keras mengejar kesuksesan pribadi. Cobalah untuk menyukseskan orang lain. Namun tentu dengan pemahaman awal, kesuksesan itu sendiri untuk apa (sedikit berfilosofi)?

    Seperti disinggung di atas, hanya Allah lah Yang Maha Besar. Maka, sudah seyogyanya kita hanya menggantungkan diri pada-Nya, termasuk untuk menjadi pribadi sukses.

    1. @Abdal, sepakat mas. Justru kesuksesan itu bisa kita raih ketika kita menjadi solusi atas masalah yang dihadapi oleh rekan-rekan yang lain.

      kata Pak Tung, “Makin banyak memberi, makin banyak menerima.” (Di alqur’an pun ada yang menyinggung masalah ini).

      Dan untuk sukses dalam arti yang benar dibutuhkan 4 kecerdasan :
      – IQ
      – EQ
      – FQ (Financial Quotient)
      – Spiritual Quotient (level tertinggi)

      Dan dari semua usaha kita, selalu ada Allah sebagai faktor X yang menentukan apakah kita akan sukses atau tidak…

      Terima kasih sudah mengingatkan saya…

      Salam Sukses

  • Saya selalu berangan-angan menjadi orang sukses, tapi jalan menuju kesuksesan itu belum pernah sekalipun saya rintis. Banyak ide yang tanpa pelaksanaan yg akhirnya terbuang sia-sia. Saat ini walaupun saya sudah jadi karyawan diperusahaan besar dan memiliki penghasilan dari aktifitas saya membuat blog sekitar $90/bulan, tapi jika ingin mengembangkan masih terkendala “MALES”
    Kata teman saya harus banyak baca buku motifasi … tapi sebenarnya saya tidak butuh motifasi dari buku .. bingung juga :nangis:

    1. @Arif, bicara soal motivasi, yang terbaik memang motivasi dari dalam diri kita sendiri.

      Saya jadi ingat pesan mario teguh, “Pengkerdilan terkejam yang dilakukan oleh manusia adalah, mematikan otak cemerlang kita dengan sikap malas”

      Kuatkan saja dreamnya mas. Buat goal lebih besar lagi daripada sekedar 90 US$/bulan.

      kalau memang duit ada, coba cari dan ikut seminar-seminar motivasi. Atau yg gratisan, liat aja MARIO TEGUH – Golden Ways setiap hari minggu.

      Salam Sukses,
      Terima kasih berkenan mampir disini…

  • Pingback: 3 Hal Yang Berpengaruh Pada Mindset | ARIEF MAULANA .com
  • Mas Arief, tulisan anda bagus sekali. Mohon ijin untuk mengutip tulisan keyakinan dan mind set ini ditulisan saya. Saya akan menyebutkan nama Mas Arief pada referensi saya. Apakah ada persyaratan lain?
    Terima kasih sebelumnya.

    1. @djoko harmiawan, silahkan mas. Tidak apa-apa asalkan diberikan link ke artikel ini. Dengan demikian orang bisa menjejak ke artikel yang jadi rujukan mas.

      Terima kasih atas kepercayaannya

  • salam kenal buat semua…

    Mind Set bisa dibangun secara tepat, asalkan memiliki kemampuan menganalisa masalah secara cermat.
    Salah satu cara paling efektif dan cermat dalam menganalisa masalah adalah dimilikinya KESADARAN TINGGI (high consciuousness), dan kesadaran paling tinggi dapat diraih melalui instrumen RAHSA SEJATI.
    Kemampuannya melesat jauh meninggalkan kemampuan rasio. Kesuksesan tidak membutuhkan berlama-lama berfikir, namun kecepatan dan ketepatan yg disandarkan pada rahsa sejati akan mampu mengatasi, sekalipun rasio dan pengalaman blm mampu menemukan solusi.
    sukses buat semua.

    sabdalangit’s web
    “membangun kesadaran rahsa sejati”
    :plis:

  • halo mas arief,
    salam kenal.

    artikel nya sangat bagus.
    saya minta ijin artikel tersebut diatas saya muat di blog saya, dengan syarat tetap mencantumkan nama penulisnya dan sumbernya serta link ke blog ini.

    salam,
    embanun.
    :plis:

        1. Oh iya Pak, sudah saya lihat. Sedikit saran tambahan, mungkin di awal dan di akhir postingan, bapak tambahkan dengan kata-kata pengantar dan penutup. Sehingga di mata pengunjung tidak terkesan asal copas saja.

          Salam Sukses

  • Pingback: Tuhan Tahu Waktu Terbaik Untuk Kita | ARIEF MAULANA | The Next Success Leader
  • Artikel Cak Arief termasuk kategori ilmu tinggi, menurut sy pola pikir dipengaruhi juga latar belakang dan kebiasaan kita sehari-hari untuk cepat mendapatkan hasil tanpa menghargai proses berjalan, meski begitu bila kita bergaul dan berada dilingkungan yang tepat kebiasaan jelek juga bisa dirubah, menghargai proses dan tidak ada goal dengan ‘sim salabim abra kadabra’, artikel ini mencerahkan buat sy pribadi, salam dan semoga sehat selalu

  • Salam kenal mas arif dan semuanya
    mantap sekali mas Arif..
    MindSEt adalah modal terbesar kita, dan saya suka sekali dengan kata-kata bahwa saat kita masalah, tidak perlu khawatir karena kita punya Allah Yang Maha Besar, yang kesempurnaanNya jauh lebih besar dibanding masalah kita. semoga, kita adalah orang-orang yang pantang putus asa, dan diberikan kemudahan oleh Sang Pencipta.Amiiin!!!

  • Pingback: 101 Tahun Kebangkitan Nasional Bangsa Indonesia | ARIEF MAULANA - The Next Success Leader
  • Pingback: barunguik » Berkat Tuhan Datang Tepat Pada Waktunya
  • Pingback: sukses dengan sikap mental yang tepat « mbafi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,556 bad guys.